Daftar Isi [Tampilkan]

Kenal Melawai Plaza, tempat nongkrong, cuci mata, wisata belanja dan kuliner populer kawula muda pada zamannya? "Jalan sore, kita berjalan-jalan sore-sore," lirik lagu Denny Malik mengingatkanku pada Jalan Melawai yang melegenda, kawasan anak gaul Jakarta era '80-'90an berkumpul. Sabtu pagi, 5 Juni 2021 lalu, aku dan suami ngukur jalan naik vespa, kebetulan melewati Melawai Plaza. 

Nostalgia Melawai Plaza Blok M dan Wisata Kuliner Legendaris Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog

Naik Vespa PX150 Arco Baleno 

Aku dibonceng Aa Rahmad, suami tercinta naik Vespa PX P150XE warna exclusive blue. Vespa ini keluaran tahun 1988, termasuk tipe Arco Baleno yang merupakan pengembangan dari series PX sebelumnya. PX150 memiliki inovasi kunci setang yang sudah menyatu dengan stop kontak mesin serta pemisahan bahan bakar dan oli samping. Ada tool box di bawah setang yang lumayan berkapasitas besar bisa untuk menyimpan botol minuman dan sebagainya. 

 

Nostalgia Melawai Plaza Blok M dan Wisata Kuliner Legendaris Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Naik Vespa P150XE Arco Baleno 1988
 

Tak Sengaja Lewat Jalan Melawai

Sebenarnya kami ga berniat berkunjung ke Melawai Plaza, hanya lewat, ga sengaja hehehe 😃 Soalnya kami baru aja kekenyangan santap pagi sate ayam dan sate kambing RSPP yang lezat dan legendaris itu. Sesungguhnya hihihi aku ga kepengen pepotoan di sana, eh malah suamiku yang ingin ada rekam jejak nostalgila ish ish ish nostalgia di Melawai. Zaman pacaran dulu kami suka naik bajaj orens sekadar melewati jalan raya dan ngemall di sekitar Blok M. 

 
Nostalgia Melawai Plaza Blok M dan Wisata Kuliner Legendaris Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog

Nostalgia Melawai Plaza

Di Melawai Plaza, awalnya banyak kios dagangan mulai dari pakaian, tekstil, pasar swalayan, toko buku, mainan, perhiasan hingga toko obat. Dulu ada gerai restoran cepat saji McDonalds hits banget di sana, tetapi sudah lama juga sih digantikan oleh Kentucky Fried Chicken (KFC). Pamor Melawai Plaza meredup sejak tahun 2000-an karena kalah bersaing dengan pusat perbelanjaan lain yang lebih modern.

Kios-kios di Melawai Plaza kini lebih banyak didominasi oleh pedagang perhiasan dan emas. Belakangan semenjak pandemi aku sekeluarga beberapa kali masuk ke dalamnya cuma beli emas hehehe. Terakhir beli emas saat bulan Ramadan tahun 2021 ini. Menabung yang banyak deh, kapan-kapan belanja lagi aamiin.

Belanja Emas Seserahan Pernikahan di Melawai

Jadi teringat ketika tahun 2004 membeli emas untuk seserahan pernikahan aku dan suami, beli cincin, kalung, giwang di salah satu toko emas di Plaza Melawai ini. Toko emas langgananku namanya Mulia Gold. Papahku yang merekomendasikannya dan kami bukan beli emas perhiasan melainkan emas batangan. 

Flash back zaman aku masih muda dulu eeeaaa….😀 Aku sempat beberapa kali shopping baju-baju lucu bersama teman-teman kuliah atau bareng mama dan calon suamiku (Sekarang sih sudah jadi suami dengan anak-anak ABG). Ada yang ingat, ga sedikit artis yang sering hunting pakaian keren dengan harga bersahabat di Melawai Plaza, seperti Dewi Sandra, model Karenina dan lain-lain.

Lokasi Strategis

Melawai Plaza adalah pusat perbelanjaan dan sentra pedagang berlian dan emas yang berdiri sejak tahun 1983. Terletak di Jalan Melawai No. 166 kawasan Blok M, Kebayoran Baru Jakarta Selatan, gedung yang dikembangkan oleh PT. Metro Realty, Tbk gampang banget dituju.  

Jika kita melangkahkan kaki atau berkendara pribadi atau naik ojek online dari perempatan Jalan Panglima Polim menuju Jalan Raya Melawai, posisi Melawai di sebelah kiri, hampir berseberangan dengan Bakmi Gajah Mada. By the way, beberapa tahun belakangan, Gojek berkantor di Gedung Pasaraya dan adik bungsuku bekerja di sana.

Kawasan Melawai dekat sekali dengan Terminal Blok M, sekitar 300 meter aja. Terminal tersebut merupakan pusat titik temu jaringan transportasi dalam kota dan luar kota Jakarta. Bisa dibilang, Melawai termasuk kawasan bisnis tersibuk di Jakarta. Lokasinya diapit oleh Central Business District (CBD) Sudirman dan Kemang yang terkenal sebagai area hangout favorit.

Fasilitas   

Fasilitas yang disediakan oleh manajemen Melawai Plaza sepertinya sederhana secara umum ya. Untuk mendukung aktivitas usaha para tenant dan pengunjung, terdapat fasilitas berupa toilet, AC, eskalator dan area parkir. Yang bikin wow adalah ternyata penampakan toiletnya masih sama seperti ketika aku masih muda dulu suka mampir ke sana hahaha 😂

Oh ya, area parkirnya juga masih jadoel dengan kapasitas kendaraan roda dua maupun roda empat yang apa adanya seperti waktu itu. Urusan memanjakan perut, ga perlu khawatir. Jika ga ingin repot mencari menu sarapan, makan siang atau makan malam, kita bisa menikmatinya di KFC, tepat di sisi kiri gedung. Di sana juga banyak banget warung kaki lima dengan bermacam pilihan makanan dan minuman. 

Daya Tarik Melawai Plaza

Apa sih yang menjadi daya tarik Melawai Plaza? Sebenarnya, masyarakat senang datang dan berbelanja di tempat ini karena lokasinya yang sangat strategis dan tentunya mudah sekali dijangkau dari penjuru Jakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Oh ya, aku baru ngeh ternyata Melawai Plaza juga punya akun Instagram lho, namanya @melawaiplaza.id

Kawasan Melawai ga hanya dikenal dengan pertokoan emas dan perbelanjaan aja, namun juga sebagai tempat makan enak. Ada masakan Korea, masakan Indonesia, coffee shop, aneka camilan lezat serta dessert-nya. Salah satu tempat kulineran favorit di Melawai adalah restoran masakan Jepang. 

Rute Bus Zaman Dahulu Menuju Melawai  

Sebelum hadir bus Trans Jakarta tipe kecil yang berlalu-lalang di Jagakarsa, dulu ada kopaja 616 dengan rute Blok M – Pasar Minggu – Cipedak, di mana aku cukup naik satu kali aja menuju Terminal Blok M. Kemudian kita bisa naik bajaj menyusuri jalan raya ke mana-mana. Ah, jadi kangen berbajaj ria deh seperti waktu itu.

Dulu sih banyak bus dan angkutan umum yang melewati Melawai Plaza seperti bus Mayasari Bakti AC 05 rute Blok M - Bekasi, Mayasari Bakti AC 121 rute Blok M - Cikarang, PPD AC 80 rute Blok M - Kampung Rambutan, Kopaja S608 rute Blok M-Tanah Abang dan Metromini S75 rute Blok M - Pasar Minggu. Selain itu, masih banyak angkutan umum lain, seperti TransJakarta rute Kota - Blok M.

Melawai Plaza, Sentra Emas dan Perhiasan yang Terlupakan

Ngomongin soal sentra penjualan emas dan dan perhiasan di Jakarta, kini kebanyakan orang akan menunjuk Cikini Gold Center. Tau ga sih, teman-teman kalau sebenarnya kawasan Melawai tepatnya Melawai Plaza udah duluan tenar di zamannya sebagai pusat jual beli emas dan aneka perhiasan? 

Aku baca di laman peluangusaha.kontan.co.id tentang sentra emas dan berlian yang terlupakan. Jika dulu jumlah kios pedagang emas dan perhiasan bisa mencapai sekitar 200 kios, kini hanya berjumlah kurang lebih 100 kios aja. Kalau dulu toko-toko menempati mulai lantai satu hingga empat dan terisi seluruhnya, kini para pedagang hanya berada di lantai dasar dan lantai satu, lainnya sudah tutup.

Sejak tahun 2005 jumlah pedagangnya menyusut karena kalah bersaing dengan pusat perbelanjaan lain. Apalagi sampai saat ini belum ada rencana revitalisasi gedung. Toko-toko mulai buka pukul 10.00 hingga 20.30 WIB. Umumnya para pedagang emas di Melawai Plaza saat ini memiliki kos sendiri, bukan kontrak. Terkenal beberapa nama toko emas yang akrab di telinga masyarakat Jakarta misalnya V&Co Jewellery, Mulia Gold, Toko Mas Menteng dan sebagainya. 

Wisata Kuliner di Sekitar Melawai

Restoran Jepang Daitokyo Sakaba

Daitokyo Sakaba merupakan restoran terkenal yang menyajikan hidangan Jepang di tempat yang mewah. Resto yang berada di Little Tokyo-nya Jakarta ini memiliki setting dan interior yang sangat otentik. Meskipun di tempat ini menyediakan makanan non halal, kabarnya alat masaknya dipisah khusus untuk muslim.

Restoran AH

Nostalgia Melawai Plaza Blok M dan Wisata Kuliner Legendaris Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Restoran AH (Foto: Zomato)
 

Restoran AH (American Hamburger) adalah tempat hangout favorit kawula muda yang berdiri sejak 1977. AH menyajikan fast food hamburger yang populer seperti spaghetti, steak, nasi dan aneka kue nikmat dan minuman segar. Dulu aku juga pernah makan burger dan menu khas lainnya bersama keluarga. Sayang sekali AH sudah ga beroperasi lagi sejak bulan puasa 2020 saat pandemi Covid-19 mewabah di Jakarta.

Gultik

Gultik atau gule tikungan yang berada di dekat Blok M Plaza ini memang bikin ketagihan. Makan di tempat ini rupanya ga cukup hanya seporsi. Nasi dengan paduan kuah dan daging gule berwarna orens serta kerupuk ini menjadi kuliner kaki lima legendaris sejak tahun 1970. Gultik buka mulai sore hingga malam hari.

Nostalgia Melawai Plaza Blok M dan Wisata Kuliner Legendaris Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Gultik (Foto: Lifestyle Okezone)
 

Dulu sih orang-orang menakut-nakuti dengan mengatakan kalau gultik itu adalah gulai tikus wkwkwkwkwk ada-ada aja. Serunya lagi, sampai sekarang aku belum pernah makan gultik ini. Mungkin suatu hari nanti harus terealisasi ya biar merasakan kelezatan daging gulenya yang khas. Dulu, suamiku tuh yang pernah menikmati gultik bareng teman-temannya.

Bubur Ayam Barito

Belum afdol rasanya jika melewati Jalan Barito kita ga mampir ke warung tenda yang menyediakan bubur enak ini. Buburnya kental, gurih dan hangat, lengkap dengan suwiran ayam kampung dan cheese stick. Ga ketinggalan ada pula irisan cakwe, taburan seledri dan bawang goreng juga kerupuknya. 

Sate Ayam dan Kambing RSPP

Dua minggu lalu aku dan suami menikmati sate legendaris yang letaknya persisi di depan RS. Pusat Pertamina. Warung sederhana yang ga pernah sepi pembelinya ini punya menu spesial yakni sate ayam dan sate kambing yang amat sangat enak! Aku paling suka sate ayam dengan bumbu kacang yang gurih. Suamiku sih doyan banget sate kambing bumbu kecap. Mau pakai nasi atau lontong, sama lezatnya hehehe. 

Nostalgia Melawai Plaza Blok M dan Wisata Kuliner Legendaris Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Sate Ayam dan Sate Kambing RSPP

Sate RSPP sudah lama banget eksis sejak tahun 1960 lho dan sampai saat ini masih bertahan dan makin banyak penggemarya. Sate ayam maupun kambing begitu empuk digigit dan dikunyah, ga perlu berantem tuh gigi-gigi kita wkwkwkwkw. Semuanya dibakar dengan kipas tradisional plus ada sih kipas anginnya supaya mempercepat kematangan daging dan bumbu meresap ke dalam.

Kedai Ayam Goreng Berkah

Nostalgia Melawai Plaza Blok M dan Wisata Kuliner Legendaris Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Ayam Goreng Berkah

Ayam Goreng Berkah sudah ada sejak 1963. Sesuai namanya, menu andalan yang disajikan adalah ayam goreng. Kita bisa memilih ukuran setengah ekor atau satu ekor ayam. Santap ayam goreng yang gurih ini dengan nasi panas, lalapan, sambal ditambah sayur asem, tahu dan tempe goreng, sup ceker ulalaaa, bakalan negah tuh perut hahaha. Kalau masih sanggup, bisa minta petai goreng, usus, sayur tahu krecek dan menu legendaris lainnya. 

Wisata Jalan-Jalan dan Belanja di Melawai

Pasaraya Blok M

Nostalgia Melawai Plaza Blok M dan Wisata Kuliner Legendaris Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Pasaraya Blok M (Foto: propertikompas.com)
 

Tahu dong Pasaraya Blok M yang lokasinya bersebelahan dengan Blok M Square? Di era 80-90 Pasaraya merupakan pusat perbelanjaan yang begitu populer dan sangat berkelas. Masih ingat ‘Bold and Beautiful? Rasanya belum keren deh kalau kita belum mampir dan berbelanja di Pasaraya. Berbagai pilihan pakaian tradisional seperti batik dengan kualitas terbaik, ada di sini. 

Blok M Mall dan Blok M Square

Nostalgia Melawai Plaza Blok M dan Wisata Kuliner Legendaris Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Blok M Mall dan Blok M Square (Foto: alamy)
 

Blok M Mall dan Blok M Square merupakan bagian dari pusat perbelanjaan di kawasan Blok M yang menawarkan berbagai pakaian, spa, makanan, minuman dan sebagainya dengan harga kompetitif. Lokasinya berada di depan Terminal Blok M yang merupakan milik PD. Pasar Jaya. Dari Hotel Neo Melawai kita bisa berjalan kaki hanya sekitar 5 menit aja lho. 

Blok M Plaza

Nostalgia Melawai Plaza Blok M dan Wisata Kuliner Legendaris Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Blok M Plaza (Foto: pakuwon.com)

Nah, kalau Blok M Plaza ini adalah mall terkemuka di mana kita bisa menemukan beragam makanan, minuman, fashion, bioskop dan masih banyak lagi. Berada di seberang Hotel Neo dan Stasiun MRT BCA, penampilan luar dan dalam mall ini ga terlalu berubah. Terakhir aku sekeluarga ga sengaja mampir hanya untuk salat ashar di lantai 5 aja, karena tanggung sedang menunggu kacamata di Optik Melawai kelar hahaha.

Stasiun MRT BLOK M BCA

MRT Jakarta telah beroperasi sejak Maret 2019. Dengan 13 Stasiun Tersedia dari Lebak Bulus Hingga Bundaran HI, MRT telah menjadikan warga Jakarta, wisatawan asing serta tamu Neo Melawai menjadi lebih mudah pergi ke mana aja. Stasiun MRT ini bisa diakses hanya sekitar 2 menit dari Hotel Neo Melawai. 

Hotel Neo Melawai

Hotel NEO Melawai terletak di area Blok M, Jakarta Selatan. Lebih dikenal orang dengan nama Little Tokyo karena banyak sekali hiburan khas Jepang semua sore sampai malam, banyak juga Restoran Jepang dan minimarket khas Jepang.

Hotel Melawai 1

Sebuah hotel cukup tua yang mudah diakses, lokasi sangat strategis dekat dengan pusat keramaian Blok M serta pusat jajanan/ kuliner. Harga ekonomis, kamar cukup luas, beberapa kamar sudah di renovasi dengan nuansa minimalis. Cocok diinapi untuk urusan bisnis dan liburan keluarga. Beberapa fasilitas lebih populer yang ditawarkan antara lain wi-fi gratis, restoran, dan lounge. 

 

Nostalgia Melawai Plaza Blok M dan Wisata Kuliner Legendaris Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Hotel Melawai Tempo Doeloe (Foto: Robert J. Steiner)
 

Hotel Melawai 2

Sebagai perluasan Melawai 1, properti ini pun terletak di kawasan Blok M yang populer dan memiliki akses mudah menuju pusat bisnis dan komersial ibu kota. Seluruh 54 kamar hotel berbintang 3 ini dilengkapi fasilitas seperti kulkas, peralatan mandi, TV, AC dan wi-fi gratis. Hotel Melawai 2 menyediakan layanan shuttle dari dan ke Bandara Internasional Soekarno Hatta dengan biaya tambahan.

Little Tokyo Blok M

Nostalgia Melawai Plaza Blok M dan Wisata Kuliner Legendaris Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Little Tokyo (Foto: travel.detik.com)

Little Tokyo adalah bagian dari Blok M Square. Di sana terdapat restoran Jepang, tempat massage, bar, karaoke dan semacamnya. Hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit berjalan kaki dari Melawai untuk sampai di Little Tokyo.

Museum POLRI  

Aku pernah berkunjung ke Museum POLRI satu kali dulu ketika anak-anak masih TK. Mencari file fotonya butuh waktu di laptop yang satunya lagi. Museum POLRI adalah museum gaya modern yang dikelola oleh Kepolisian Republik Indonesia. Lokasi ini hanya berjarak 4 menit dari Hotel Neo Melawai. 

 
Nostalgia Melawai Plaza Blok M dan Wisata Kuliner Legendaris Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Museum POLRI (Foto: Jejak Piknik)

Museum POLRI merupakan salah satu museum yang wajib dikunjungi di Jakarta, di mana kita dapat mempelajari sejarah dan perkembangan Kepolisian Republik Indonesia. Sementara kita menikmati waktu istirahat, kita juga bisa memperluas wawasan kita.

Semua tempat ini bisa dijangkau dengan berjalan kaki dari Melawai Plaza dengan waktu tempuh sekitar 5-10 menit. Itung-itung olahraga, biar ga mager bolehlah kapan-kapan kita bertemu wajah dan santap siang di kawasan Melawai. Masih banyak destinasi menarik di sekitar Jalan Melawai.

Sambil menulis cerita nostalgia ini, aku pun ingin sekali mengulang dan mencicipi wisata belanja, cuci mata sekaligus kulineran di kawasan Melawai. Bisa juga kita motoran naik vespa atau bebek 70, santai sejenak menikmati pemandangan dan suasana Melawai Plaza. Mau ikut? Yuk! 😍


96 comments:

  1. Kok aku agak bingung yaa inget2 di mana Melawai plaza ini. Kalo blok m plaza aku inget, Krn prnh sekali kesana pas pacaran. Trus Ampe skr ga prnh lagii hahahah. Blok m memang bukan daerah yg aku srg datangin sih mba. JD ga familier Ama tempat2nya.

    Beberapa tempat makannya aku tahu, kayak ayam goreng berkah, sate RSPP. Duuuh ku JD kangen Ama sate ayam RSPP. Udh lamaaaa bgt ga makan itu.

    Kalo gultik Ama bubur ayam Barito tahu, tp blm prnh cobain. Penasaran ih, masa 14 THN di JKT blm nyobain gultik wkwkwkwkwk

    Sayang yg resto AH udh tutup. Baru denger juga :D. Suamiku yg apal daerah sana. Krn kantor pusatnya di blok m ,menara sentraya, makanya dia apal banyak tempat di situ :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sate RSPP emang juicy, lezat. Beberapa kali makan dibungkus, eh pas aku dan suami vespaan jadilah dadakan makan di tempat dan ternayta enak banget. Gultik aku belom pernah, makanya ntar mauuuuu :D Mbak Fanny mungkin jarang main ke Jakarta Selatan ya hehehe :D Kulineran macem2 sampe begah adaaaa hahaha :D

      Delete
  2. wah asyiknya ya bisa bernostalgia sama paksu. wah aku kalau mau jauh banget harus ke bogor. eh, bisa nostalgia jalan2 dulu sama anak2 kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, ga senagaja pdahal hahaha :D Iyaaaaa, jangan lupa jajan yang banyak kalo kapan2 mampir ke Melawai buuuuun :D

      Delete
  3. Aish..pengalamannya sama banget. Beli baju waktu jaman kuliah ke sini. Terus beli cincin kawin di sini juga. Suka makan di McD-nya kalau kecapekan belanja. Ngeliat postingan ini jadi rindu masa lalu, saat Blok M dan Melawai ngehits banget buat nongkrong dan jalan-jalan. Entah yang kurindu tempatnya, entah masa mudanya hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss ! :D :D Rindu masa muda dan tempatnya dong yach hahahaha :D Memang kalo udah bernostalgia mah jadi keingetan zaman doeloe muda ya :)

      Delete
  4. Nostalgia nihhh
    Tapi berkali ke Jakarta, kayanya aku belum pernah sengaja jalan2 daerah sini. Padahal di zamannya pernah ngehits banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan2 mesti main ke Melawai nih mbak Wid :)

      Delete
  5. aku pernah beli emas di melawai plaza jaman tahun akhir 90-an; nah kalau sate rspp itu favorit juga

    mba nurul mupeng ih sama vespanya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, udah lama juga yaaaa tahun 90 an :D Toss, sama2 penggemar sate RSPP :D

      Delete
  6. Belum berkesempatan mengunjungi daerah blok M dan sekitarnya, tapi sekarang ada gambaran klo lagi di jakarta mo berburu emas bisa di melawai ya mbak 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes hihihi mantaplah kan udah ada gambarannya :D

      Delete
  7. Wah tulisan ini mengantarkan kenanganku saat awal-awal di Jakarta
    Sering banget main ke daerah Melawai-Blok M dan sekitarnya bareng teman-teman kos
    Tempat janjian paling strategis karena bis dari semua jurusan pasti ke sini
    Kulinernya juga juara. Segala macam ada di sana
    Jadi kangeeeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa, dulu sih aku sama mamahku suka naik kopaja dari Jagakarsa cuma sekali, praktis banget hahaha :D Enak2 semua jajanan di sekitar Melawai.

      Delete
  8. Aduh aku dari dulu penasaran banget mau mampir ke Little Tokyo itu, tapi belum kesampean. Kalau kangen Jepang kayaknya sekali” bisa usahain mampir hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku cuma lewat2in aja sih ke sana. Paling beberapa kali ke Aldiron Plaza dll seru yach kalau ingat hahaha :D Iya, coba aja sekarang kalau penasaran ke Little Tokyo :D

      Delete
  9. Duh nostalgia ke tempat legendaris bareng suami ditemani motor antik agak-agak gimana gitu ya. Romantis abisss deh! Dulu waktu ke Jakarta pernah singgah ke Melawai Plaza, ternyata sekarang suasananya sudah beda ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hahaha itu ga disengaja mbak, tau2 eh nyampe Melawai Plaza wkwkwkwkwk :) Iya, lebih sepiiiii deh :)

      Delete
  10. Aku bisa ngebayangin keseruan nostalgia seperti ini dengan kenangan bahagaia yang kembali muncul. Kujuga sering nih melakukan flasback kulinee jadul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihihi iya ya, jadi makin semangat eksplorasi destinasi zaman doeloe nih akyuh :D

      Delete
  11. Mba nurul, ajakin aku berpespa ria dong, wkwkwk asik banget liat mba nurul pake pespa, aku dari dulu kyny belum pernah deh naik pespa, tapi skrg aku pengen punya yg matic itu loh, duh kynya gayanya keren bgt kalo pake

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe yuks! Dicoba aja nih aku juga masih belajar kok wkwkwkwkw :)

      Delete
  12. Asik banget.... apalagi nostalgianya ditemenin pake vespa, jadi makin berasa feel nostalgianya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahah alhamdulillaah asyiknya bukan maiiiin, mas :D

      Delete
  13. Ya ampuun, jalan sore kita berjalan jalan sore soreee
    aku auto nyanyiik, aselik ini lagu mengandung jebakan umur :D

    Seruu ya Jakarta jaman now.
    bisa keliling satu spot, dan nemu banyaaakk bgt hal menarik!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuuuu bingits :D Jalan sore bisa, pagi2 pun nyenengiiin hehehe :D

      Delete
  14. Mau Ikutaaann..Jadi kangen sama daerah ini.. Tapi berkunjung ke Jakarta sekarang gak bisa sesantai sebelum pandemi..hehe..

    ReplyDelete
  15. aw aw aw, ini vespaan seru amat mbaa sama suami ya. Aku dan BLOK M, melawai dan jaman kuliah suka naik kopaja aja gitu ke Melawai dari kampus, balik lagi ke kosan abis itu. Beli baju di Melawai dan sepatu teplek2, baju bali gitu juga, celana cucut haha. Aku pas kuliah tahun 2005-2008. Time flies banget ya mba. Kalau Blok M Square juga udah beberapa kali kesitu..
    AH yaampun lejen semuaaa inii, duh udah lama nggak ke BLOK M mbaaa. Klo boncengan sama si dia nggak terasa ya, asiiik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi mbak hahahaha :D Banyak kenangan teramat manis untuk dilupakan yaaaaa di Kawasan Melawai Plaza :D Tempat belanja barang2 bagus tapi murah, tempat jajan makanan enak dll :D

      Delete
  16. waaaah...nostalgia naik vespaa...pasti berasaa banget nostalgianya ya mbak..
    Aku belum pernah tinggal lama di jakarta (palibg lama 3 bulan hehe), jadi nggak familier dg tempat2 di sana. Tapisering denger sih nama.Melawai ini.. Tadi pas baca awal tulisan, auto nyanyiii dooong "jalan sore...kita berjalan jalan sore2"...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abis nyanyi 'Jalan sore-sore' kapan2 kudu mampir nih mbak ke Melawai hihihihi :D

      Delete
  17. blok M dan melawai adalah 'jajahanku' saat SMA dan kuliah buat nongkrong ataupun sekedar beli baju yang lagi kekinian di masanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya pastinya : Baju2 lucuk dan murce2 ada di Melawai Plaza :D

      Delete
  18. Postingan yang sangat lengkap! Nyaris semua yang di Melawai disebutkan.
    Saya kalau jalan-jalan juga suka jalan kaki di sekitar lokasi Mbak. Misalnya pas ke Monas, mampir Museum Gajah, yang kelihatannya dekat ternyata lumayan kalau jalan kaki. Hihihi
    Kalau kisaran Blok M. saya di sini cuma kalau cari bis menuju ke lokasi lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks :D Ini baru segelintir aja mbak hehehe masih banyak yang pengen diceritain soal apa aja yang ada di sekitar Melawai Plaza :D

      Delete
  19. wkwkwk mba Nurul niih membuka memory lama deh...sebagai anak rantau yg dari sejak kuliah sampai kerja ada banyak sekali kenangan di sekitaran melawai dan blok M plaza...
    semua yg mba tulis deh kayaknya bagian dr memory ituh hahahah...
    aku klo sama suami lewat blok M langsung ketawa2.... tempat gaul anak muda jakarta pada masanya yaa... hahahaha
    dr zaman kuliah blom kenal suami smp kenal suami dan dijadiin isteri ya mainnya di blok M iniih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha seru ya kalau ingat kisah seru dan penuh memori zaman muda doeloe wkwkwkwkwkwk :D

      Delete
  20. dah lama gak ke jakarta, liat fotonya mbak nurul kok jadi kangen ya. dulu molly sering main2 ke blok m deket rumah nenek soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu ya mbak hihihi. Kapan2 kalo ke Jakarta, mampir ke Melawai lagi dong :)

      Delete
  21. kayaknya asik bener wisata kuliner di jakarta ya mb, pengen sesekali main kesana tapi sampai sekarang belum sempat, he. semoga aja tahun depan bi kesana, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. In sya allah bisa kapan2 kalau sikon aman aamiin.

      Delete
  22. Ngomongin Melawai jangan lupa juga lagunya almarhum Hari Moekti, Teh. Yang ini lho... Di Lintas Melawai, muda mudi selalu pasang aksi... hahaha kok malah nyanyi sih
    Aku jadi penasaran sama kulineran dan Little Tokyonya nih, Teh. Seru kayaknya nyobain kulinerannya di sana. Semuanya! Nyam nyam nyam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya ya ahahahaha :D Aku juga udah kangen makan2 di sekitar Melawai.

      Delete
  23. Informasi kuliner yang didului dengan cerita dengan alur bolak-balik flashback. Seru banget bacanya.

    ReplyDelete
  24. Zaman ngantor sering diajak teman ke blok M naik busway hehe kan dekat dari Summitmas kantorku, sering beli emas juga di Melawai, kangen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yaaaa? Kapan2 main ke Melawai lagi mbak, sekalian beli emas :)

      Delete
  25. wah aku juga pas masih kerja di Jakarta juga sering main kd melawai mbak
    asiknya nostalgia sama paksu sambi naik vespa

    ReplyDelete
  26. Eh Ada Museum Polri. Dulu tuh gendong anak dari museum ke blok M lho, memang deket tapi lumayan soalnya anakku udah gedean. Hahaha .

    ReplyDelete
  27. Ya Allah Mb kata Melawai itu pun sudah legend banget loh mba. Ulasanmuyang lengkap ini membutuhkan rindu juga terkenang. Ingat awal ketemu seseorang tambatan hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wooooowww... membuka memori lama yah hihihihi :D

      Delete
  28. Mbkkk keren banget sih... Ini seru banget, ceritanya pacaran ya ini ahahaha. Ajakin aku naik vespa dong mbk keliling kota, seru banget euy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe makasih :D Iya, muterin jalan, ngukur hahaha seneng aja kan jarang kayak gini naik vespa pula :D

      Delete
  29. wuaaa mba nurul.. baca postingan ini jadi seperti nostalgia banget nih zaman masih kerja. saya tinggal di menteng kerja di kebayoran lama, jadinya blok M pasti disambangi tiap hari buat ganti metromini jadinya kalau makan ya skitaran melawai ini...aniwei lihat mba nurul makan di sate depan rspp jadi ngilerr... tetiba kebayang ueanaknya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yach, Mbak Ira hehehe :D Sate RSPP memang luar biasa nikmatnyaa, apalagi kalaus antap langsung ditempatnya :)

      Delete
  30. Melawai Plaza ini jadoel banget yaa, seumuran kita mah jadinya nostalgia kalau jalan jalan ke sana. inget masa muda dulu hehe btw masih inget aja sama lagunya deny malik sih mbak hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaap hahaha seru yach kalau ingat apa2 zaman dulu jadi terkenang :)

      Delete
  31. Ini tempat nongkrong ngehits pada masanya. Yang bacaannya majalah Gadis dan Aneka pasti ngerti tempat2 ini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kangen majalah Gadis, dulu aku langganan loh.

      Delete
  32. Jadi kangen daerah Jakarta huhuh
    dulu kalau ke jaksel pasti ke blok m wkwkwk dah berasa anak gaul pokoknya main ke sana
    tapi kangen juga suasana mall begini :")
    ke sana terakhir pas jemput suami pulang kantor kebetulan dekt sana kantornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, banyak kenangan tak terlupakan ternyata ya mbak Echa tentang Melawai ini.

      Delete
  33. Ya Allah...
    Nostalgia ini bagian dari hal yang menyenangkan untuk dikenang dan diceritakan kembali seperti ini.
    Aku tau kalau Blok M, hehhee..secara kalau turun MRT di Stasiun Blok M.
    Pokoknya kalau ke Jakarta always terpesona dengan kemegahannya.

    Btw,
    Meleawai Plaza ini tempat syuting Film Bebas bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, salah satu lokasi syuting di sekitar Blok M dan Melawai ini, mbak :D

      Delete
  34. Sebagai utusan daerah yang tidak tinggal di Jakarta, aku kurang tau seputar Melawai ini mba. Hanya ingat dulu pernah ngehits lagu Lintas Melawai hehehe... ketauan banget ya umurnya kalau tau lagu ini. You sing you lose wkwkwkw...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya hehehe :D Wkwkwkwk Kapan2 kudu main ke Melawai kalo gitu :D

      Delete
  35. Mbak Nurul, sepertinya kita punya beberapa kesamaan kenangan dengan Melawai Plaza. Nih aku cerita ya. Dulu tahun 90'an, tempat aku belanja baju-baju, kulineran, atau sekedar cuci mata, ya ke Melawai ituuu haha. Meski udah diajak belanja ke Metro di Mall Pondok Indah ama tante-tanteku, tetap aja aku ngacir ke Melawai Plaza :))

    Daaan suamiku dulu beli perhiasan emas buat nikahan kami, juga di sanaaaa. Ada pula di salah satu toko di Blok M Mall. Sebelum gedungnya kebakar ya. Model Kalung, gelang, anting, dan cincin yang dibeli oleh suamiku di sana, bagusss banget, ga pernah kuliat sebelumnya, dan cuma ada di toko itu. Aku lupa nama tokonya huhu.

    Trus, suamiku sejak SMA pencinta Vespa mbak. Dia dibeliin bapak mertuaku buat sekolah. Dulu SMA nya di SMA 62 Jkt. Itu motor kesayangannya banget. Sayang udah ga ada lagi hiks. Pas abis baca tulisan mbak Nurul tentang Vespa, aku cerita ya ke suamiku, dia langsung terkenang vespanya :D

    Oh ya aku suka banget liat foto mbak Nurul naik vespa di depan tulisan Melawai Plaza itu. Khas banget. Bisa jadi kenangan yang mungkin 20 thn ke depan belum tentu ada lagi. Berduaan motoran dengan suami buat kegiatan kayak gini tuh nyenengin banget. Romantisnya dapat, jalan-jalan asyiknya dapat, konten juga dapat hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Rien, apa kabar? Wah, ternyata kita memang terkenang zaman masih muda dulu yak hahaha :D Zaman aku masih kuliah dulu, seringnya main ke Blok M, nonton di Empire, trus Pasaraya, ke Melawai dll hihihihi :) Dulu aku juga jarang ngemall ke PIM.

      Iya nih, dadakan diajak suami ngukur jalan naik vespa eh ga sengaja lewatin Melawai Plaza. Lucu banget ya tau2 kepikiran ditulis. Sayang kalau ga ada di blog ini kan wkwkwkwkwk :D Satua dua pulau terlampaui, malah lebih :D Alhamdulillaah.

      Thanks so much mbak Rien, udah mampir dan cerita banyak :D

      Delete
  36. saya pernah ke lokasi ini di awal 2010. Tempatnya menarik dan bikin kenangan.

    ReplyDelete
  37. saya pernah ke Melawai gak ya? Gak yakin .... :D :D

    eniwei saya pikir gultik singkatan dari gulai itik (bebek) karena di bandung juga ada dan sekarang bebek sama terkenalnya dengan ayam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe.... Lupa2 ingat ya hihihihi.... Kapan2 cobain gultik siniiiii mbak.

      Delete
  38. Ya ampuun Nuruuuulll...

    iya, aku sebagai "anak Melawai" (maklum, rumahku dulu di Kartika Alam Pondok Indah dan sekolahku dulu di 46) aku juga penikmat segala kuliner itu. Kalo paling sering ke AHA - ini dipalakin sama temen sekolah sendiri, karena waktu itu aku pindahan dari Tarakan.

    Psst... kok ya aku walau tau mereka itu udah berubah masih suka rada dendam dikit hahahahaha

    Sore di sabtu atau jumat adalah satu sensasi sendiri, hobi JJS - buka kaca terus teriak teriak genit di mobil sama temen temen cewek hahahhaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha seru amat cerita masa remajanya mbak Tanti :D Sering banget berarti ya mbak main ke Melawai dan sekitarnya. Temen2 ciwi emang genit manja itu lucu bingits wkwkwkwkwkwkwk :D

      Delete
  39. Aakkk, senangnyaaa kalo bisa nostalgia kayak gini ya Mbaaa
    kapan2 aku juga mau ahh, cuss ke tempat gaul jadoel di Surbayaaaaa
    naik vespa OK juga yak

    ReplyDelete
  40. Jadi teringat masa nostagia sma, sering main ke melawai bersama teman-teman, oh indahnya masa sma itu... Ingin rasanya diputar kembali hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe momen seru banreng teman2 ga bakalan terluapakan ya bun :)

      Delete
  41. Mba Nurul Sufitri tampilan blognya baru kah? Aku udah lama engga bw ke sini. Makin cantik blognya. Pastinya Melawai Plaza punya Sejarah tersendiri buat Mba, ya. Sampai belanja seserahan di sini. Mba Nurul nikah 2004, saya nikahnya 2014. Beda 10 th, hehe ...
    Naik vespa sambil keliling2 Melawai Plaza juga seru nih apalagi sambil kulineran juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Mbak Lia :) Iyaaa, sejak Februari lalu aku ganti template baru hehehe :D Makasih. Iya, banyak kenangan di Melawai hehehe :D

      Delete
  42. Vespanya keluaran 1988, wow masih awet banget ya mbak. Masih kinclong dan kuat di bawa jalan-jalan berdua, bernostalgia ke Melawai Plaza.

    Baca ini saya jadi tahu beberapa tempat "legendaris" di sekitaran blom M situ. Tahun 2000 saya pernah tinggal di Jakarta. Kalau minggu kadang jalan ke blok M, tapi ya cuma ke blok M plazanya. Muter-muter bentar, terus balik lagi.

    Aku paling penasaran ama Gultik nya itu, gule tikungan atau gule tikus? Hihi... nggak lah ya kalau dari daging tikus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya alahmdulillaah mbak wkwkwkwkwk :D Vespanya baru dibeli ko, hasil perburuan suami hahaha :D Iya deh, jadi kepengen wiskul di sekitar Melawai nih. Enaknya emang naik motor, bisa jajan banyak hahaha :D

      Delete
  43. Bernostalgia nih. Saya dulu dari daerah, kl ke jakarta ya ke Blok M pasaraya hehehe. Beli baju di emperan dan makanan jajanan jakarta, duh seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas hihihihi :D Nostalgia yang ga terlupakan tentunya di Melawai :)

      Delete
  44. Nostalgia yang mengingatkanku saat dengan mantan pacar yang kini jadi istriku...senang dari dulu hobi kuliner...bedanya lokasi saya di malang. Heheheh

    ReplyDelete
  45. Ya ampun mbak, usia vespanya udah lebih dari 30 tahun tapi masih awet dan kuat buat diajak bernostalgia jaman muda. Kurang romantis gimana lagi coba 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah hehehee yoiiii mbak 😍😍

      Delete
  46. Aku penasaran sama little Tokyo-nya mba, rasanya jadi pengen jalan-jalan ke Melawai juga. Ah iya, jangan-jangan optik Melawai yang tersebar di seluruh Indonesia itu awalnya dari Melawai Plaza ini ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu kapan gitu, kan ada festival Little Tokyo-nya. Nonton di berita tv aja sih, ga ke sana hihihihihi :) Mungkin ya...

      Delete
  47. Paling suka ke tempat belanja yang ada banyak makanannya juga. Selain belanja, kan bisa sekalian kulineran. Pulang belanja, perut kenyang. Jadinya lebih bahagia 😂😂😂

    ReplyDelete
  48. Salam kenal mbak, seneng bgt baca post ini. Sebagai mantan anak jaksel, can relate banget. JJS dll... the good old times... tapi kayanya Lipstick dsb belum kesebut yah, mungkin beda era haha... oh ya nama pakde ku jg diabadikan di Gedung PTIK 🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, mbak :) Iyaaa hehehe makasih udah mampir ke blog aku :D Memang deh kenangan di Melawai tuh banyak ya dan ga terlupakan :)

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.