Daftar Isi [Tampilkan]

Marhaban Ya Ramadan! Meskipun sudah dua kali kita berpuasa ramadan di masa pandemi, semangat tak pernah pupus. Termasuk aku yang tetap menjalankan ibadah dan aktivitas ngeblog, menulis cerita wisata, tips, info resep dan sebagainya. Berbagi pengalaman ala diary dengan memanfaatkan teknologi dan internetan lancar, kegiatan positif jadi penuh faedah.  

tips melakukan kegiatan berfaedah di bulan ramadan nurul sufitri smartfren unlimited MAXI

Aktivitas Berfaedah Menjelang Sahur di Bulan Ramadan 

Mengaji 

Buku merupakan sumber pengetahuan. Kebiasaan membaca ternyata dapat meningkatkan konsentrasi kita lho, apalagi membaca Al Qur’an, in sya allah banyak pahalanya. Kini kita bisa mengaji maupun membaca buku-buku melalui eBook melalui aplikasi yang diunduh di Google Play Store. Jadi ga ada alasan sulit atau ga punya waktu yach hehehe. 

Ada baiknya kegiatan positif ini dilakukan sebelum atau sesudah sahur, misalnya setelah salat subuh. Kan ga baik tuh kalau langsung bobo, kata dokter tidur setelah sahur bisa menimbulkan berbagai penyakit. Mengaji lewat smarftphone android sudah banyak dilakukan banyak orang kok, seperti di mushola mall dan lain-lain. Aplikasi Al Qur’an Indonesia, Umma, Al Qur’an Bahasa Indonesia, misalnya, bisa menjadi pilihan. 

Membuat Jadwal Harian 

Supaya puasa Ramadan berjalan lancar, kita bisa membuat daftar kegiatan yang berbeda, misalnya mengunjungi panti asuhan, berinfak, bersedekah dan sebagainya (meskipun kini memang serba daring). Andalkan smartphone untuk membuat agenda harian sebagai pengingat agar ga ada lagi alasan lupa, menggunakan Google Keep, Ike To Do List, Rembo dan sebagainya. 

Mengasah Bakat 

Belakangan ini aku mencoba belajar membuat video untuk pemula dan meningkatkan konten tulisan di blog. Kalau anakku sih gemar bermain game. Di bulan Ramadan ini kita mesti pandai mengasah bakat terpendam, siapa tahu menghasilkan pundi-pundi. Apalagi zaman sekarang game bisa menjadi sumber pendapatan dengan mengikuti turnamen. 

Introspeksi Diri 

Pas banget di momen Ramadan kita melakukan introspeksi diri supaya tujuan hidup kita tercapai. Apa aja kekurangan maupun kesalahan selama ini? Semoga bisa diperbaiki dan mulai mengatur keseimbangan emosi dan pikiran. Kita bisa mengikuti kelas zoom tentang motivasi diri yang marak diadakan secara online

Donasi 

Kegiatan lain yang berfaedah di bulan Ramadan adalah berdonasi. Kita manfaatkan teknologi, jam-jam menjelang dan saat sahur dengan mendukung UMKM, bantuan bencana alam, memberikan paket makan sahur maupun berbuka dan lainnya secara online. Hari gini, ga perlu khawatir soal kuota yang dipakai, kan ada smartfren Unlimited MAXI. Dengan Extra Unlimited Malam Full Speed ini kita bisa internetan sepuasnya mulai dari jam 01.00-05.00 di semua aplikasi, di mana saja, dan kapan saja di jaringan 100% 4G LTE. 

Teman-teman, aku mau kasih tahu info terkini nih. smartfren mendukung banget para generasi muda terutama Generasi Z dan content creator yang suka membuat konten-konten berfaedah. Di bulan suci Ramadan ini, berbagai kegiatan positif yang islami dengan tema #RamadanExtraFaedah tentu sudah ditunggu-tunggu masyarakat. 

Ramadhan Extra Faedah Bersama smartfren 

Hal paling sulit dilakukan saat memulai berpuasa Ramadan adalah sahur, padahal momen ini paling dinantikan. Hayooooo, ngaku aja hihihihi. Ada kalanya kita bangun kesiangan, padahal sudah jelas pasang alarm di smartphone. Semakin bertakwa kepada Allah SWT, selain salat, mengaji dan lain-lain, terkadang kita juga menyimak dakwah para ustadz.

smartfren begitu mengerti kebutuhan pelanggan setianya. Di bulan Ramadan kali ini, smartfren 4G memberikan Extra Unlimited Malam Full Speed agar segala aktivitas semakin extra dan berfaedah. Kalian sudah tahu belum, ternyata pelanggan smartfren bisa menikmati paket Unlimited dan Kuota Nonstop setiap hari mulai pukul 01.00 hingga 05.00 WIB lho. 

 

tips melakukan kegiatan berfaedah di bulan ramadan nurul sufitri smartfren unlimited MAXI
smartfren Unlimited MAXI
 

Paket Unlimited adalah paket internet dari smartfren yang memberikan layanan akses internet Unlimited di semua aplikasi dan berlaku di semua jaringan smartfren, serta tambahan benefit Unlimited Nelpon ke Sesama smartfren. Dengan paket Unlimited ini maka pelanggan ga perlu khawatir lagi akan kehabisan kuota pada saat mengakses layanan internet sehingga berselancar makin lancar. 

Cara mendapatkan Extra Unlimited Malam Full Speed ini gampang banget dan gratis pula! Horeeeeeee……! Bahagianya lagi, kita bisa internetan cepat, unlimited dan sepuasnya selama 24 jam di semua aplikasi, di mana aja dan kapan aja di jaringan 10% 4G LTE. Seru banget kan? 

smartfren Unlimited MAXI 

smartfren Unlimited MAXI adalah layanan akses data/internet, dimana pengguna dapat melakukan akses data/internet dengan kecepatan akses data hingga kecepatan tertentu dalam jangka waktu tertentu. Paket Unlimited ini terdiri dari paket Unlimited Harian (1 hari), Unlimited Mingguan (7 & 14 hari) dan juga paket Unlimited bulanan (28 hari).

  • Bisa di semua aplikasi (tanpa batasan aplikasi) 
  • Bisa di semua lokasi (berlaku nasional) 
  • Bisa di semua hari (24 jam) 
  • Bisa semua orang (pengguna lama dan baru) 
  • Ada Extra Unlimited Malam Full Speed yang berlaku mulai pukul 01.00 – 05.00 WIB 

tips melakukan kegiatan berfaedah di bulan ramadan nurul sufitri smartfren unlimited MAXI
smartfren Unlimited MAXI

 
tips melakukan kegiatan berfaedah di bulan ramadan nurul sufitri smartfren unlimited MAXI
smartfren Unlimted MAXI

Keuntungan Pakai Kartu Perdana Unlimited MAXI 28 Hari

  • Berlaku 28 hari 
  • Unlimited 24 jam (Batas pemakaian wajar 1GB/ hari) 
  • Extra Unlimited Malam (Kecepatan full speed pada pukul 01.00-05.00 WIB) 
  • Gratis Nelpon (Nelpon sepuasnya ke semua smartfren) 
 

tips melakukan kegiatan berfaedah di bulan ramadan nurul sufitri smartfren unlimited MAXI
smartfren Unlimited MAXI
 

Rejeki WOW 

Nah, ini dia keseruan yang ditunggu-tunggu para pelanggan smartfren! Rejeki WOW merupakan loyalty program yang memberikan kesempatan buat kita mendapatkan atau menang hadiah langsung setelah melakukan isi ulang atau beli paket apapun. 

Setiap pelanggan smartfren (pascabayar dan prabayar) yang memiliki nomor smartfren dengan status aktif, memiliki akun pada aplikasi MySmartfren dan memiliki kartu identitas berkesempatan untuk mendapatkan hadiah dalam program Rejeki WOW. 

tips melakukan kegiatan berfaedah di bulan ramadan nurul sufitri smartfren unlimited MAXI
Program Rejeki WOW smartfren
 

Periode program dibagi dalam 2 kategori, yaitu periode pengumpulan nilai transaksi Rejeki WOW Pulau Harta dari tanggal 24 Februari sampai dengan 24 Mei 2021 dan periode hadiah utama Rejeki WOW yang berlangsung dari 25 Mei sampai 31 Mei 2021. 

Membuat Konten Extra Faedah Bersama smartfren 

Ga sabar kepengen dapetin hadiah #RejekiWOW dari smartfren? Jangan khawatir, gaes! Semua pasti menang, pastinya. Ada bonus harian, hadiahnya dan bisa ajak teman juga. Hadiah total ratusan juta rupiah jangan sampai terlewatkan yach. 

Mau dapat SmartPoin, bonus pulsa, uang tunai, smartphone, laptop hingga motor dan mobil? Caranya mudah kok, hanya di MySF. Yuk, download sekarang! Ada bonus kuota 5 GB untuk yang baru pertama kali download aplikasi Mysmartfren lho. 

Cara Mendapatkan Kunci dan Hadiah di Pulau Harta 

Kalian akan mendapatkan hadiah setiap kali mencapai pulau. Dapatkan kunci di setiap pulau dengan mengumpulkan transaksi seperti isi pulsa atau pembayaran tagihan pascabayar, pembelian paket apa saja di outlet terdekat, e-commerce, bank maupun aplikasi pembayaran digital. Bisa juga dengan metode pembayaran yang tersedia, selain pembelian paket menggunakan pulsa/ credit limit pascabayar. 

Jika laju kapal kalian lebih cepat mencapai Pulau Harta sesuai lamanya bergabung menjadi pelanggan smartfren, maka kalian akan memperoleh kejutan spesial. Jika program sudah berakhir, kalian bisa bergabung di periode selanjutnya ya. 

Jangan bimbang dan ragu berbagi cerita dan pengalaman sahur dan berbuka. Yuk, sebarkan melalui media sosial kalian! Hati tenang dan senang pastinya jika konten di bulan Ramadan dan seterusnya menjadi berkah dan berfaedah bagi diri sendiri maupun orang lain. 

Mudah kok membuat konten penuh faedah, bisa berupa foto maupun video. Teman-teman bisa posting di Instagram, mention @smartfrenworld dan tambahkan tanda tagar #RamadanExtraFaedah dan #UnlimitedBisaSemua yach. Semangaaaaatttt! 

 

 

92 comments:

  1. Waaow paketnya menggiurkan mbak Nurul, sayang nih wilayah saya ga tercover jaringann smartfren.
    Eh, bener saya juga tahun ini bulan puasa malah makin produktif, ga ada alasan untuk malah jadi kurang semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Mbak Annisa :) Ooooh begitu. Semoga nanti jaringan smartfren di tempat mbak bisa tercover ya. Betul, banyak hal2 berfaedah di bulan ramadan ini.

      Delete
    2. Emangnya mbak Anisa ada di wilayah mana?

      Delete
    3. Entah ya, di mana dia berada hihihi :)

      Delete
  2. Berfaedah banget ya, kalau bikin konten yg bermanfaat. Apalagi di bulan ramadhan. Wah itu hadiahnya asyik banget ya mba, smartfren sering bagi2 hadiah gini ya kayaknyaaa..masya Allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadiahnya segambreng dari smartfren nih, hati senang pastinya karena semua pasti menang hehehe :D

      Delete
  3. Smartfren ini dr dulu sering membuat seneng pelanggan dengan program2nya. Pengen ikutan..tapi sayangnya di tempatku sinyal Smartfren blm begitu bagus e mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an nanti sinyal smartfren semakin baik baik di tempat tinggal mbak :D

      Delete
  4. selama bulan puasa tahun ini aku jadi cukup sering ikut kajian online, kadang di youtube kadang juga yang via zoom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah :) Berkah banget kegiatan mbak Aie ini.

      Delete
  5. Kok paketnya menggiurkan banget ya mbak, banyak pilihannya pula, tinggal sesuaikan kebutuhan aja.
    Tetanggaku byk yg pakai wifi pakai smartfren, tp aku belum coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul :) Mungkin kapan2 bisa dicoba pakai smartfren :)

      Delete
  6. Nah bener banget Mak, menjadikan intropeksi diri salah satu aktifitas untuk mengisi sahur pas bulan ramadhan ini lewat kajian online. Apalagi ditemani jaringan yang kenceng, bisa nonton asiik dan tambah wawasan jugaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, teh. Kita bisa melakukan hal2 positif berfaedah saat ini, apalagi mejelang sahur biar dapat barokah-Nya.

      Delete
  7. Wah hepi nih pelanggan Samrtfren bisa menikmati paket unlimited dan kuota nonstop dari pukul 01.00-05.00...mana aada Rejeki WOW dengan hadiah keren tipa minggunya pula. Beneran keren dan wow ini. Bakaln bisa bermanfaat untuk melakukan kegiatan berfaedah selama Ramadan pasti!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa. Apalagi ada Rejeki WOW yang hadiah2nya cakep2 semua dan semua pasti menang :D

      Delete
  8. paket extra unlimited malam full speed ini jadi teman setia nunggu sahur ya, sambil menyiapkan makanan buat sahur bisa streaming atau nonton youtube dari ustadz-ustadz terkenal. Koneksi lancar, videonya nggak keputus-putus, belajar dan bekerja jadi menyenangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi kita ga bete atau kehabisan ide ngapain aja menjelang sahur :) Untung ada smartfren ya jaringan internet lancar jaya.

      Delete
  9. Ramadan jadi lebih berfaedah dengan paket dari smartfren ya Teh Nurul.

    Saya sih kegiatan bulan ramadan ini malah lebih banyak BW 😂 biar nambah ilmu juga nambah teman.

    ReplyDelete
  10. Marhaban ya Ramadhan mba nurul

    Alhamdulillah bulan ramadhan banyak pahalanya setipa kita melakukan amalan2 yang kita kerjakan
    jadi manfaatkan ramadhan puasa ini dengan sungguh2

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap bersyukur yahh masih diketemukan dengan ramadhan tahun ini mba

      Delete
    2. Alhamdulillaah :) Iya, mbak.

      Delete
  11. berkegiatan selama puasa di masa pandemi memang akan lebih terasa nyaman jika dibarengi kelancaran internet yang gaspol...salah satunya ya smartfren ini yang makin ke sini makin upgrade kualitas diri ya mbak nurul...terlebih dengan adanya program wow yang memungkinkan penggunanya bisa berkesempatan memenangkan sejumlah hadiah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya dong. Biar kita makin semangat beribadah, kudu punya paket internet sebagai penunjangnya. Iya, silakan cobain Rejeki WOW dari smartfren yach.

      Delete
  12. Melakukan kegiatan berfaedah di bulan ramadhan juga bernilai ibadah. Btw tertarik banget nih sama paketnya Smartfren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mesti berfaedah semua aktivitas yang dilakukan selama ramadan dan seterusnya in sya allah. Sip, selamat mencoba paket smartfren :)

      Delete
  13. Kalo baca blognya mba nurul tuh selalu berfaedah.. jadi tambah berfaedah deh ya karena ramadhan sudah dipersiapkan dengan sangat baik oleh mba nurul dan tentunya ditambah lagi dukungan dari smart friend nih.. tambah banyak dapetnya.. combo lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, makasih mbak Elly :) In sya allah, dipersiapkan dengan baik :D Iya, smartfren sangat mendukung kegiatan kita dengan paket2 internetnya yang oke punya.

      Delete
  14. "Ramadhan" dengar saja orang menyebutnya, sudah terbayang akan isi-isi dibulan tersebut. Indah...

    Indah jika diisi dengan kegiatan yang berfaedah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bulan ramadan memang harus diisi dengan segala kegiatan dan amalan terbaik kita.

      Delete
  15. Pakai Smartfren Maxi di bulan Ramadan puas banget, ya. Udahlah kuota besar, dan harganya terjangkau. Bermanfaat bagi kita² yg ingin melakukan hal² berfaedah di bulan suci via jaringan mobile ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, smartfren unlimited MAXI ini emang cihuy bingits deh buat support segala aktivitas yang berfaedah.

      Delete
  16. Kalau pengin dapat kunci, ada minimal beli pulsa? Kok seru ya, jadi nggak bosan di rumah aja meskipun Ramadan.pengin dapat hadiahnya juga 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa beli paket pulsa apa aja :) Nanti kalau sudah mencapai ketiga pulau, akan memperoleh kunci. Selengkapnya akan ditayangkan di artikel kedua ya, ditunggu aja detailnya :)

      Delete
  17. Benar-benar berfaerah, intinya walaupun puasa tapi tetap bisa produktif dan berkarya sesuai dengan hobi yaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak :) Biar ibadah kita makin berfaedah.

      Delete
  18. Bersama jaringan dan service SmartFren yg cihuy, Ramadan kita makin produktif dan berfaedah yaa mba
    Sip sip markosip!
    Aku juga men-challenge diri ikutan ODOP Kompasiana dan ibadah ga boleh kendor!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuul :) Keren lah pastinya mbak Nurul mah ODOP nya kenceng hahaha :D

      Delete
  19. yng paket 40ribu lumayan ya. Sayang untuk siang harinya pake FUP 1 GB, itu 1 jam aja udah kelar tuh 1 gb :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mayan :) Hihihihi... beli aja lagi :D

      Delete
  20. Yes kegiatan berfaedahnya ini rerata pakai kuota ya mbak .. Beruntung banget ada smartfriend yang sangat tahu kebutuhan kita ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. smartfren support banget segala aktivitas berfaedah kita di bulan ramadan, apalagi ada program Rejeki WOW.

      Delete
  21. Ramadan emang waktunya untuk mengubah kebiasaan jd kebiasaan baik ya mbak, makanya kudu diisi hal2 bermanfaat nih yang berhubungan sama ibadah.
    Termasuk bikin konten, drpd bikin yang gak bermanfaat dan malah nambahin dosa, mending bikin konten yang bermanfaat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin konten yang keren2 bermanfaat tentu bagus sekali. Berfaedah dan nambah pahala in sya allah aamiin.

      Delete
  22. Semoga Ramadhan kali ini semakin berkah ya..karna banyak umat muslim yang mengisinya dengan ilmu ..kami sendiri juga lebih banyak belajar untuk mengisi waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Selama di rumah aja kita bisa belajar online kan. Pakai smartfren makin asyik, internetan lancar.

      Delete
  23. waaah, lancar jaya pakai smartfrend ya. Sayang bangeeet tempatku tinggal sekarng gak ramah dg smartfrend. Dulunya aku sih pakai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi. Semoga jaringan internet smartfren nantinya semakin meluas ke berbagai daerah ya.

      Delete
  24. Smartfren makin ke sini makin asyik banget, ya. Banyak banget perubahannya. Keren nih, aku mau juga pakai smartfren, jadi bikin kontennya enggak terganggu oleh sinyal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membuat konten bermanfaat bagi diri sendiri dan orang banyak tentu menyenangkan dan berpahala aamiin.

      Delete
  25. Di bulan ramadan ini saya lebih sering tadarus bersama

    ReplyDelete
  26. Penasaram banget sama paket unlimited nya smart fren pengen merasakan juga kencengnya provider ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk dicoba paket smartfren unlimited MAXI nya, mbak :)

      Delete
  27. Ramadan ini lebih banyak waktu baca buku hahahahahha.
    Pokoknya agak malas keluar pas siang-siang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, abis baca buku trus gowes lagi sore2 ya mas :D

      Delete
  28. Harus ada aplikasi Mysmartfrend dulu agar bisa ikut program Rejeki WOW ya. Alhamdulillah bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat dengan hal baik. Seperti berkarya menghasilkan konten positif, main game juga, mantap lah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Segala hal yang dikerjakan selama itu baik dan bermanfaat, pasti menyenangkan dan berpahala in sya allah.

      Delete
  29. Saya juga pakai smartfren, Mbak. Ini paket unlimitednya emang murah, cuma 80ribu/bulan bisa internetan sampai 1GB/hari. Mana koneksinya juga cukup oke. Happy lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik banget kan paket smartfren ini? Alhamdulillaah ya.

      Delete
  30. di bulan suci ini memang sebaik baiknya kita melakukan kegiatan yang berfaedah dan bermanfaat ya mak.. eh aku juga pake smartfren niiihhh.. lancar aman jaya buat internetan sepanjang hari. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaaap, mnak Dian :) Mendukung banget kegiatan online kita ya horeeee.

      Delete
  31. Sebenarnya banyak juga ya hal positif yang bisa kita lakukan selama Ramadhan.. Jadi gak cuma bobok aja sepanjang hari...Etapi kalo emak2 kayak kita mah gak bisa ya sepanjang hari bobok2..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya donk wkwkwkwkw :) Emak2 kayak kita 24 jam ga pernah cukup hahaha :D

      Delete
  32. Wah ini tips kegiatan berfaedahnya ada beberapa yang sedang aku lakukan, target pertama itu mau khatam Quran lagi. Nah kegiatan berfaedah lainnya tuh bikin konten yang bagus dan bisa jadi inspirasi untuk semua yang lihat. Nyatanya gak tiap hari bikin sih, heheheheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga apa2 mbak, yang penting udah niat dan diusahakan hehehe :)

      Delete
  33. senangnya pakai smartfren Unlimited ini ya mbak
    sudah jaringannya keceng, kuotanya unlimited, emang bikin malam lebih produktif.
    rezeki wow nya juga sangat menggiurkan, bisa buat THR an yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dunk :) Malam2 biasanya kita ngalong kan, apalagi siap2 sahur hihih :) Iya, yuk dicoba ikutan Rejeki WOW.

      Delete
  34. Wow paket data yang ditawarkan Smartfren ini ya. Bisa bikin ngapain aja. Pastinya di bulan Ramadan mah, yamg begini bisa semakin kreatif dan produktif.

    ReplyDelete
  35. Sayang sekali kalau kita tidak memanfaatkan waktu di bulan Ramadan sebaik mungkin yaa. Yuk ah pada semangat mengerjakan hal yang berfaedah di bulan Ramadan ini. Siapa tahu semangat produktifnya nyebar di bulan-bulan selanjutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Kegiatan produktif kita para emak di bulan ramadan makin berfaedah aja aamiin.

      Delete
  36. Semakin berfaedah kalau ada Smartfren
    Bisa nulis disambi drakor atau nonton streaming pake paketan malam Smartfren
    Aman sampe pagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia kesukaan emak2, nonton drakor malam2 sambil mewek trus ketawa2 ya hihihihi :D

      Delete
  37. Ramadan tahun ini meskipun situasinya masih di musim pandemi, tetapi aktivitas saya sudah seperti sedia kala, malahan makin sibuk karena tugas anak-anak, hehe. Beginilah kalau anak masih kicik, rempong. Tapi alhamdulillah ya, Mak. Kita masih diberi umur dan kesehatan Sehingga bisa melakukan aktivitas berfaedah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kita makin super sibuk aja nih mulai pandemi sampai sekarang. Bahagianya, kita jadi makin berkumpul bareng keluarga ya.

      Delete
  38. Ramadan kudu banyak-banyak cari hal yang berfaedah yaa, kak.
    Salut sama Smartfren yang selalu menyediakan kuota terbaik untuk para penggunanya, pas banget untuk anak sekolah dan pekerja kreatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, smartfren sangat mendukung segala kegiatan positif kita :)

      Delete
  39. mengasah bakat sepertinya kurang dilakukan oleh banyak orang....

    tulisan bermanfaat, thank you for sharing....

    ReplyDelete
  40. Bulan Ramadhan emang saatnya memperbaiki diri, memperbaiki iman.
    Lalu ngelakuin hal-hal baik dan berfaedah dan kalo bisa mengasah bakat.

    Mantap tipsnya Mbak. 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2. In sya allah berfaedah semua hal2 yang kita lakukan ya mas.

      Delete
  41. Menyenangkan pakai Smartfren, ya. Sudah layanan internet lancar, masih ditambah berbagai keuntungan yang bisa didapat pemakai. Jadi semangat berkegiatan pakai Smartfren 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, mbak. smartfren sangat mendukung segala kegiatan kita di bulan ramadan tentunya.

      Delete
  42. Yaa, tak terasa ya mbak. Sdh tahun kedua Ramadan di tengah pandemi. Tapi, setidaknya tahun ini tak separah tahun kemarin sih. Tahun kemarin kita tak dapat shalat Tarawih di masjid, tapi tahun ini sudah bisa 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah kita bisa salat Idulfitri di masjid tahun ini ya, Do. Aamiin.

      Delete
  43. Ulasan Ibu memang selalu menarik untuk dibaca. Ramadahan 1442 H selamat menunanaikan ibadah puasa Bu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Pak Eko 😊😊 Sehat dan sukses selalu ya aamiin.

      Delete
  44. Benar banget ya Mbk berdonasi itu perlu banget soalnya bulan penuh berkah ini makin banyak pahala kalau kita banyak sedekahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, in sya allah banyak berkah yang diperoleh :)

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.