Daftar Isi [Tampilkan]

Momen liburan adalah momen yang ditunggu-tunggu. Selain untuk relaksasi badan dan pikiran, salah satu alasan lainnya adalah karena banyaknya makanan enak yang menggiurkan lidah. Karena situasi dan kondisi liburan dibatasi akibat pandemi corona, bolehlah kita traveling tipis-tipis ‘mengukur jalan’ tetap berada di dalam mobil, pesan menu drive thru atau food delivery ke rumah saja.  


Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Liburan Diet Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
 

Sayangnya makanan saat liburan cenderung manis dan mengandung banyak kalori. Yang lebih disayangkan lagi adalah orang-orang biasanya mengonsumsi makanan yang tak sebanding dengan olahraga saat liburan, yang berakibat pada naiknya berat badan. Hayoooo, teman-teman, yakin rajin berolah raga rutin kah? 😀 

Berat badan yang naik setelah liburan berakibat banyak hal lho. Selain menurunkan daya tarik, selain itu juga bisa menyebabkan munculnya penyakit seperti kenaikan kolesterol atau depresi. Dibutuhkan beberapa cara yang tepat agar kita bisa menurunkan berat badan supaya tubuh kembali ideal.  

Untuk mengatasi berat badan, artikel ini akan membahas tentang berbagai cara yang dilakukan untuk menurunkan berat badan khususnya saat liburan. Yuk, simak beberapa tips yang efektif supaya kita tetap bisa makan nikmat dan tetap sehat sebagai berikut!

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Liburan

Tetap Lakukan Olahraga

Melakukan olahraga adalah cara yang paling sederhana yang digunakan untuk menurunkan berat badan setelah liburan. Selain membakar kalori, dengan berolahraga tubuh kita akan menjadi lebih sehat dan bugar. Jalan cepat, gowes santai, berenang, aerobic dan sebagainya dapat dilakukan sesuai hobi dan kemampuan. 

 

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Liburan Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Bersepeda Santai

 

Biasanya berat badan naik karena asupan makanan yang banyak ketika dikonsumsi. Untuk membuat badan tetap ideal, buat jadwal kegiatan olahraga yang disukai entah itu bersepeda, jogging, yoga atau olahraga lain yang dipercaya cepat dalam membuat badan kembali ideal. Olahraga adalah cara efektif dalam mengubah kalori menjadi energi.

Buat Batasan Pola Makan

Setelah libur panjang, kita juga dituntut untuk membuat batasan pola makan. Kita boleh makan yang banyak saat liburan, namun saat ini kita harus menjaga pola makan kita supaya ukuran tubuh menjadi tetap terjaga dan terhindar dari obesitas.  

Membuat batasan pola makan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Beberapa diantaranya dengan mengurangi karbohidrat, perbanyak sayur dan buah atau bisa juga dengan mengurangi konsumsi kopi yang kita minum setiap hari. Dengan melakukan hal ini, asupan karbohidrat, kolesterol dan lemak dalam tubuh menjadi lebih terjaga dan berat badan kita kembali normal. 

Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih juga bisa membantu menurunkan berat badan. Selain bisa mengurangi rasa haus, air putih dapat menjadi alternatif dalam menggantikan minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi seperti soda, teh manis atau minuman kaleng.

Manfaat lain yang didapat saat kita mengonsumsi air putih adalah dengan menunda rasa lapar. Air putih adalah pilihan dalam menggantikan asupan makanan, terlebih makanan tidak sehat yang akan masuk di dalam tubuh.   

Dilansir dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, orang dewasa wajib mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter agar tubuh tetap optimal. Kadar air dalam tubuh juga wajib didapat dari makanan khususnya dari sayur dan buah.

Jangan Konsumsi Junk Food

Junk Food menjadi sumber masalah karena dapat menyebabkan obesitas dan menimbulkan berbagai masalah penyakit. Namun di satu sisi, junk food seperti fried chicken lebih mudah didapat dan kadang hanya makanan itu saja yang ada di dalam suatu lokasi.  

Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk mencari makanan lokal yang bahkan bisa menyediakan menu 4 sehat 5 sempurna. Makanan lokal dianggap lebih sehat lantaran lebih alami dan tidak diproses secara kimiawi.

Usahakan Tidur yang Cukup

Agar berat badan tidak naik setelah liburan, hal terakhir yang wajib dilakukan adalah dengan memastikan kita tidur yang cukup. Bila tidak tidur yang cukup dalam sehari, kita bisa mendapatkan berbagai masalah seperti mudah stres dan membuat kulit menjadi kusam.  

Selain itu kurang tidur membuat kita lebih mudah lapar, inilah mengapa kita menjadi lebih mudah terkena obesitas. Dengan tidur yang cukup, setidaknya berat badan akan menurun apalagi bila diimbangi dengan pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur. Usahakan tidur yang cukup dengan minimal 7 jam sehari.  

 

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Liburan Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Diet Plan (Foto: Shutterstock)
 

Ada banyak cara lain yang bisa kita lakukan agar dapat menurunkan berat badan setelah liburan. Beberapa di antaranya dengan melakukan pola hidup sehat seperti sering berjalan kaki atau melakukan hal lain dengan kontrol level stres saat bekerja, modifikasi resep masakan bila ingin memasak dan kurang makanan penutup yang tinggi kalori.  

Bila melakukan hal tersebut, kita akan lebih mudah dalam menurunkan berat badan setelah liburan dan membuat penampilan lebih baik seperti sedia kala. Di balik adanya usaha menurunkan berat badan, usahakan jangan memaksakan diri untuk membuat badan harus turun secara instan.  

Bila kita gagal diet hari ini, masih ada hari esok untuk membuat rencana diet menjadi lebih baik. Itulah cara menurunkan berat badan setelah liburan, Semoga kita mendapatkan badan yang ideal setelah mengikuti hal-hal yang sudah disebutkan. Semangat ya, teman-teman! 😊


 

78 comments:

  1. Perbanyak makanan berserat (termasuk di dalamnya buah dan sayur) dan menghindari sumber lemak juga bisa membantu. Olga tuh yang males banget yak hihihi. Apalagi saat cuaca gampang banget berganti-ganti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Annie :D AKu lagi malas berolahraga nih soalnya hujan terus hahaha :D Jadi selimutan aja deh wkwkwkwk :)

      Delete
  2. Ngopi dan tidur yang tidak teratur, itu aku banget
    Tepar tiga Minggu baru terpaksa berhenti ngopi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga demen ngopi sachetan hihihii :D Wah, serem amat tepar kelamaan gitu, mas :D

      Delete
  3. Iya kalau liburan main sikat aja tanpa mikir berat badan naik. Saatnya nurunin berat badan. Yang penting konsisten melakukan diet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang soalnya kalau makanan khas terlewatkan begitu aja ya mpo hihihi :D

      Delete
  4. Takaran tidur yang cukup itu berapa jam sih mam? Karena pernah sekali waktu aku tidur cuma 4 jam udah kerasa seger banget (maksudnya udah ga ngantuk lagi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. &-8 jam sih setahu au setelah baca2 beberapa artikel kesehatan :D Wah, kayak Pak Habibie alm tuh bobonya hanya beberapa jam aja :D

      Delete
  5. Kalau aku sengaja bikin seimbang, sepedaan jauh lanjut nyate, terus sepedaan lagi ahahhahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mantap kalau Mas Sitam mah udah jadi atlet sepeda andal :D

      Delete
  6. Aku langsung dong meluncur ke sini. Karena berat badannku naik 4 kilogram dalam tiga bulan dong, Mak.

    padahal makan juga sudah aku batasi. Ngemil tak bijak sudah kuhindari. Entah kenapa kok naiknya ceopet banget.

    Oke baiklah, besok aku mencoba gowes sebelum melakukan olah raga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihii Iya mudah naik berat badannya ya mbak? Sip2 rajin gowes bagus itu :D

      Delete
  7. makasi banget banget mak bua share tips cara nurunin berat badan setelah liburan, perlu banget nih biar makin terjaga ya berat badan di batas normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2. Iya, harus dipaksa sedikit supaya BB turun hehehe.

      Delete
  8. ASik nih tipsnyaa, gampang dilakukan pula, yang susah adalah rasa malasnya cuma niat doank kebanyakan yaaa.
    Suka lucu, kalo mentemen cerita diet yang tak kunjung turun BB nya.
    Untungnya BB ku gampang naik dan turun Mak, bisa di stel sendiri. Kao kata orang sunda mah awak caieun.

    Mariiii olga terus biar tetep fit badannya yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren amat badan teh Nchie nih hahaha :D Betul, kudu niat super tinggi supaya terealisasi hasil dietnya, hehehe.

      Delete
    2. Iya nih, Teh Nchie meni cihuy badannya always langsing gitu. Kalau aku, Teh, aku nurunin berat badan dengan diet serat gizi seimbang :)

      Delete
    3. Oh gitu ya, Mbak Vicky :0 Coba ah sering makanan yang berserat tinggi :)

      Delete
  9. enah menagpa aku sekarang semakin gampang naik berat badannya susah turunya, itu terjadi setelah umur 40 tahun keatas. padahal jumlah nasi dan makan sdh dikurangi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin memang seperti itu ya bun? Hihihi... aku juga sedang mengusahakannya :D

      Delete
  10. Emang klo pas liburan itu jarang bgt mikir2 dulu klo mau makan apa aja seringnya hajar aja. .. Baru kerasanya pas pulang liburan, lhaa timbangan naekk. .. Tapi ya udah gpp kan makan juga nyenengin diri sendiri, habis itu berusaha komit jalan pagi rutin aja deh buat bakar kalori

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang banget soalnya kalau pas traveling kita ga icip2 kuliner khas suatu daerah ya mbak hehehe :D

      Delete
  11. Biasanya kalo liburan, apalagi liburan ke luar kota, suka nyobain makanan2 di kota tsb, hasilnya ya berat badan naik hahaha.
    Sudah berusaha mengurangi nasi, cuma masih suka tergoda ngemil dan olahraga juga kurang disiplin, masih suka malesnya. Ini nih yang bikin berat badan gak turun2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia hahahaha :D Banyakin lauknya, tapi low carbo aja tuh.

      Delete
  12. wkwkwk emang ya kalau liburan itu suka kalap kulineran sampe bikin timbangan geser terus ke kanan, LOL... mau ga mau emang pas lebaran selesai kudu turunin biar ga aneh badannya, balik olahraga dan tidur teratur, soalnya biasanya pas liburan tidurnya bebas ga menentu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkw iya sih. Kelar liburan sebaiknya makin giat berolahraga ya.

      Delete
  13. Kalau misal liburannya memang traveling, diriku memang lost untuk kulineran. Karena selama traveling itu, walau pakai transportasi private sekalipun, tapi di tempat wisatanya kan badannya aktif bergerak. Selain itu juga belum tentu bisa nyobain kulineran lokal daerah itu dalam waktu dekat, jadi puas2in aja. Pas balik pulang ya udah olahraga lagi dan atur pola makan lagi. Kalau liburan di rumah sih sama aja, tetap atur pola makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuuul banget. Sayang kalau jalan2 ga makan2 hihihi :D Yang penting niat lalu dipraktekkan olahraganya ya Nit hehehe :)

      Delete
  14. Berat badan saya lumayan naik banyak sejak Lebaran. Sebetulnya saya tau solusinya. Saya harus mulai olahraga dan kurangi asupan karbo lagi. Tapi, mau mulainya masih berat. Butuh penyemangat untuk disiplin lagi :D

    ReplyDelete
  15. sedih bener aku mba pasca liburan akhir tahun kemarin terus liat timbangan ga sangka BBku naiknya ga umum ga kek biasanya wkwkwk dan aku udah mager lakuin semua tips yang mba sarankan wkwkwkwk duh pengen body balik tapi mager ya sama aja yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya udah kelamaan di rumah melulu ya mbak hihihihi :D Sama kayak aku deh :D

      Delete
  16. Nah iya, selama liburan ini jadi senang ngemil dan mager. Alhasil jadi nambah berat badan. Sekarang perlu mengatur pola hidup yang sehat, memperhatikan apa yang dimakan dan rajin olahraga ya ...

    ReplyDelete
  17. Perutku rada maju kalau makannya ga terjaga nih, suka ngemil juga hahaha.... walau katanya tampak kurus tapi suka kerasa eungap kalau rada nambah sekilo aja. Olahraganya juga kendor nih padahal sempet rajin yoga tipis. Harus punya niat yang kuat nih biar sehat dan bugar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasalah kalau emak2 perutnya maju hahaha kan banyak makan kalau makanan anak2 ga habis wkwkwkwk :D

      Delete
  18. haha benar banget mbak, liburan bikin badan melar
    secara pas liburan kulineran terus, hehe
    btw mantap tipsnya mbak, bisa dicoba ni
    biar berat badan nggak nambah terus

    ReplyDelete
  19. Liat sepeda jadi kangen bersepeda deh aku. Udah lama banget gak sepeda'an. Sebaiknya olahraga yang dilakukan yang memang menjadi favorit kita ya, biar berasa passionnya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersepeda tuh enak, praktis bisa jajan juga di jalan hahaha :S

      Delete
  20. Liburan tuh nggak lengkap kalau tanpa kulineran, mumpung gitu loh berkunjung ke kota lain, segala makanan khasnya pengen di coba. Dan memang butuh usaha ekstra untuk menurunkan BB setelah liburan. Kalau aku yang paling berat tuh olahraga, emang malas gerak nih orangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sammmmaaa hahah. Pasrah aja tadinya ya. Tapi memang lebih nyaman badan dengan berat badan ideal :)

      Delete
  21. Mba Nurul . konsitsen untuk olahraga setelah liburan tuh nggak mudah. hahaha. Kebawa mager banget. Padahal ini emang penting buat menurunkan berat badan. Makasih tipsnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang iya mbak, apa boleh buat hihihi :D Sama2.

      Delete
  22. Junk food versiku receh banget Teh. Gorengan,ciki²an, cuanki dkk wkwkwk... Dah lama ga olahraga ini. Padahal awal pandemi rajin yoga tipis hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuuuuh, makanann enak seua yang teh Efi sebutin mah :D

      Delete
  23. Baca judulnya aja aku dah seneng wkwkwkw.
    Tp beneran nih aku kelebihan 5 kg sejak sejak di rumah melulu (in bisa disebut liburan gak nih? wkwkwk)
    Wuah kopi ya? Noted nih kyknya. Emang soal makan nih ya agak susah krn pas pandemi gini hiburannya pasti makan, tp herannya kalau puasa bisa menahan diri haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mayan juga 5 kg ya mbak...Bisa dong kan emang kudu berada di rumah mulu :D Kopi juga enak bener wkwkwkw :D

      Delete
  24. Makanan junk food ini memang bikin nagih sih, apalagi macam burger sama fried chicken.kayaknya harus bikin diet plan nih, biar dietnya berhasil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Burger, ayam ulalalaaaa aku syuka sekali hahaha :D

      Delete
  25. Duh duh diingatkan tetap olahraga inii, seminggu ini matahari nyumput hujan terus jadi ngga ke lapangan buat main bareng bocahku huhu

    ReplyDelete
  26. Salah satunya memang olahraga hrs rutin mba... Alhamdulillah nih pas rutin sepedaan BB jd seimbang tinggal ngecilin perut aja ini

    ReplyDelete
  27. Bener banget nih musim liburan malah makin berisi efek rebahan terus hehe. Olahraga juga rada males nih komplit deh lemak menumpuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hujan terus sih, pantas aja kita pada mager hahaha :D

      Delete
  28. mampir ke sini lagi ternyata template sudah ganti ya mba nurul

    tips di atas relevan semua

    terlebih harus bisa mengerem konsumsi makanan atau minuman dengan kadar gulgar yang tinggi...junkfood, softdrink dan yang bermicin hehehe

    juga hadus diimbangi istirahat cukup, kangan begadang dan olahraga tratur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, mbak :D Bener banget, semua dilakukan dengan niat dan kudu seimbang :D

      Delete
  29. Akutuh uda kerasa banget deh...pokonya maah...
    Kalau BB naik, pasti bawaannya maleess...lemes gak mau ngapa-ngapain.
    Heuheuu~

    Kalau BB standart, aku lebih giat.
    Memang rahasiaku itu gak makan gula banyak-banyak, aja. Soalnya hobiku ngemutin permen.
    Hiiks~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga enak perut jadi ndut ya kalau BB naik mayan :D

      Delete
  30. Soal berat badan saya mah pasrah atuh kwkw, segini aja ga naik - naik. Turun nyaris tak pernah. Tetapi bukan sis pek apalagi olah raga yang tidak serutin dulu. Namun menerapkan tips di atas (tidur teratur dan minum air putih) sangat penting untuk saat - saat ini. Bukan saja tentang berat badan namun melawan corona yang semakin ganas ini.

    Terima kasih teh sudah berbagi inspirasi, bagi saya ulasan ini bukan soal manfaat tetapi ide baru yang harus dilakukan, olah raga di teras rumah karena tempat main futsal uda pada tutup karena korona hehehe..

    Semangat selalu teh, salam sehat dan selalu diberkati dalam keluarga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, Mas Martin jangan pasrah dunk hahaha :D Minum air putih memang harus banyak, meskipun lagi ga haus :D Iyaaa, sama2 ya. Aamiin. Doa yang sama buat mas sekeluarga.

      Delete
  31. godaan terbesarku adalah junk food :') tapi lagi belajar mengurangi dengan cara ga terlalu banyak browsing online tentang diskonan makanan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Junk food memang enaknya menggelora jiwa raga hahah :D

      Delete
  32. Awal pandemi BB ku sempet naik mba, ke angka 51, padahal aku biasanya stabil di angka 46-48 paling mentok.

    Shock lah pasti wkwkwkwkw. Lgs aku bikin target workout. Supaya bisa balik lagi ke kepala 4 beratnya.

    Skr aku rutin workout, tiap malam, paling dalam seminggu aku skip 1 hari utk istirahat.

    Makanan aku menganut sistem intermitten fasting . Makan trakhir jam 7 malam. Trus ga makan lagi sampe jam 10 pagi. Hanya bisa air putih yg banyak. Membantu banget sih. Aku ga gmpang laper skr.

    Dan trakhir nimbang kmrn udh turun ke 49. Blm bisa lagi ke 48, tp rasanya aku udh seneng. Badan ga berat dan begah :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hebat amat mbak bisa makan pagi jam 10 gitu. AKu mah ga sanggup wkwkwkkwkw :D IYa ya katanya makan malam paling telat jam 6-7 aja sih :D

      Delete
  33. Setuju aku sama tips-tips yang disebutkan diatas. Itu juga berpengaruh buat aku loh mba. Jadi udah paham sekarang ngaturnya gimana hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah hihihi semoga dipraktekkan ya mbak :D

      Delete
  34. Aku merasakan banget ini tidur yang kurang sejak pandemi ini, melayani anak-anak, sampai capek haha.... tapi bersyukur aja anak-anak di rumah jadi tyetap memantau mereka. BBku juga naik nih, perlu menjalankan tips di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, PJJ anak2, orangtua ikutan lelah ya. Jadi bobonya malem pisan kayak Cinderella hehehe :D

      Delete
  35. Yg masih jadi PR buat saya nih masih kurang minum air putih mbak, apalagi selama di rumah aja mana hujan terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sama, Va. Kudu minum air putih banyak demi kesehatan kita ya.

      Delete
  36. Olahraga dan minum air putih selalu jadi andalan saya untuk maintain kesehatan sih Mak. Kalo pola makan masih cukup challenging karena masih dikit2 bawaannya ngemil ahahaha tapi Alhamdulillah olahraga dan minum air putih yang teratur bisa mbantu banget :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting jangan sampai lupa minum air putih :D

      Delete
  37. Entah mengapa aku kalo habis liburan berat badan cenderung naik (sedih)
    Saya coba tipsnya kak
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang kalau melewatkan wisata kulinernya sih hihihihi :) Sama2.

      Delete
  38. Saya juga sudah mulai nerapin hidup sehat, mba. Setelah selesai kasih ASI anak sampai usia 3 tahun akhirnya sekarang memutuskan untuk diet. Nyoteknya ke cara diet Tya Ariestya itu, doakan semoga berhasil ya, mba. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tya itu hebat ya bisa nurunin BB sampai 20-25 kg hehehe. Sip, semoga berhasil, mbak Riska.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.