Thursday, June 28, 2018

# Review # sharing

Tips Memilih Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

tips memilih mesin cuci sesuai kebutuhan


Pakaian merupakan kebutuhan sandang yang harus dipenuhi setiap hari. Paling utama sih pakaian dalam dan luar seperti kaos, kemeja, blus, rok, celana panjang, gamis, daster dan masih banyak lagi. Pakaian kotor yang menumpuk hasil sisa traveling pasti deh bikin gemes 😄 Mesti bisa dicuci bersih, dijemur hingga kering dan disetrika dengan rapi dan wangi.

Minggu lalu saya sekeluarga baru aja pulang jalan-jalan seru dari Yogyakarta. Catat ya, bukan mudik hehehe pan abdi mah urang Bandung atuh. Nah, baju, kerudung, baju renang, celana jeans dan semuaaaaa yang kotor harus dicuci dong pas sampai di rumah.

Baca: Pengalaman Saya Beenang di Kolam Renang Ceria Kukusan Depok

wisata goa pindul dan sungai oya yogyakarta
Wisata Goa Pindul dan Sungai Oya Yogyakarta (Foto: Nurul Sufitri)

seseruan nyebur di sungai goa pindul yogyakarta
Seseruan Nyebur di Goa Pindul Yogyakarta (Foto: Nurul Sufitri)

Jasa laundry di hotel kan lumayan hhhmm... jadi ga semua baju dicuci di sana. Mendingan dipakai beli baju baru deh hahahaha. Ya begitulah, kan mama pintar dan hemat 😍

Saya, teteh Rafa, ayang Fakhri dan si papa bikin saya punya PR membersihkan pakaian hasil seseruan wisata di Goa Pindul termasuk Sungai Oya serta beberapa tempat wisata lainnya. Kebayang ga sih, kotornya kayak apa? Hihihi… Ada kaos kaki, sapu tangan, handuk, legging, jeans, kaos, jilbab dan sebagainya. 

Saya kan mama rumah tangga yang super sibuk hihihi. Berusaha menggurita nih tangan dan kaki. Meskipun ada asisten rumah tangga, saya turut mengerjakan pekerjaan rumah tangga juga loh. 

Kasian juga seabrek kerjaan dilakukan sendirian si ART. Ah…kan biar saya makin langsing. Apalagi abis lebaran…wuuiih makan terus alias kulineran tanpa henti wkwkwkwk 😋

Saya punya tips membersihkan rumah dan cuci pakaian kotor nih. Untung deh alhamdulillaah saya punya sebuah mesin cuci yang bisa diandalkan. Eh ya masa mau punya lebih dari satu. Kayak laundry-an aja dong ntar hehehe.

Baca juga: Pengalaman Saya Membeli Mesin Cuci Terbaru Sharp Hole-less Tube


mesin cuci hole less tube milik nurul sufitri kapasitas 10 kg
Mesin Cuci Hole-Less Tube Kapasitas 10 kg Milik Saya (Foto: Nurul Sufitri)

 

Tips Memilih Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

Buat teman-teman yang mungkin belum memiliki mesin cuci, jangan galau ya. Nih, saya kasih tau cara pilih mesin cuci yang bagus, hemat listrik, awet dan sesuai dengan kebutuhan. Zaman sekarang kita mesti pandai-pandai memanfaatkan teknologi yang makin pesat inovasinya agar hasil cucian cepat dan mudah. 

Mesin cuci banyak macamnya dan agak sulit juga mengetahui mana mesin cuci terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kita. Apalagi di zaman sekarang tipe mesin cuci makin berkembang dan bervariasi. Belum lama muncul tipe A, ga lama kemudian diluncurkan tipe B, C dan D misalnya. Jadi makin bingung? Eits, jangan dong, yuk intip cara memilih mesin cuci terbaik di bawah ini!


tips memilih mesin cuci sesuai kebutuhan
Mesin Cuci Front Loading (Foto: Bukalapak)

mesin cuci dua tabung
Mesin Cuci Dua Tabung (Foto: Bukalapak)

Ketahui Kebutuhan Mencuci 

Ini lho hal pertama yang mesti diperhatikan saat kita hendak membeli mesin cuci. Kalau teman-teman sering banget nyuci, sebaiknya pilihlah mesin cuci yang otomatis atau 1 tabung. Dengan mesin 1 tabung ini tempat pengering dan mencuci menjadi satu dan memudahkan kita yang super sibuk dan ga ada waktu khusus untuk mencuci. 

Mesin cuci otomatis ini menghemat tenaga. Kita bisa sambil melakukan pekerjaan rumah lainnya. Ada harga, ada manfaat nih. Harga mesin cuci kayak gini lumayan menguras kantong. Tapi ga apa-apa lah ya, kan kita jadi ga capek amat. 

Buat teman-teman yang kepengen punya mesin cuci dengan harga lebih murah alias low budget, pilih aja yang 2 tabung di mana mesinnya bekerja semi otomatis. Fungsinya yang sama bisa jadi pilihan kedua dan ga membebani kantong deh. 

Konsumsi Daya Listrik 

Perhatikan konsumsi daya listrik dan air dari calon mesin cuci terbaik yang akan kita beli. Biasanya kalau orang sudah kepengen banget beli barang, ga melihat beberapa spesifikasinya, padahal itu penting banget lho. Harus paham benar daya listrik di rumah tuh berapa besarnya, jangan sampai kelebihan nanti bisa gawat byar pettt deh hehehe. 

Semakin besar daya konsumsinya maka semakin besar biaya pembayaran listriknya. Jika kita memilih mesin cuci 1 tabung yang otomatis, dia akan bekerja dengan memakan daya lebih besar dari pada 2 tabung yang semi otomatis. Tapi jangan khawatir lah, jangan sampai hal ini jadi penghalang teman-teman untuk bisa memiliki mesin cuci baru. 

Pilih aja mesin cuci yang memiliki fitur inverter. Kenapa harus inverter sih? Inverter memiliki fungsi menggerakkan motor untuk mengubah arus DC ke AC. Nah, maka penggunaan listriknya dapat dikelola dan lebih bisa ditekan. 

Konsumsi air untuk mesin cuci 2 tabung akan lebih besar daripada mesin cuci 1 tabung. Untuk menghemat konsumsi air cobalah untuk membeli mesin cuci yang punya fitur pengaturan volume air, jadi bisa kontrol deh penggunaan airnya. 

Gimana nih, sudah tahu mau beli mesin cuci yang mana? Yuk pilih mesin cuci terbaik kamu dengan bijak, yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Say bye deh mager buat nyuci!

36 comments:

  1. Seru liburannya ke Goa Pindul,kak 😁
    Sempet diceritain sama guide ngga tentang batu yang ada mitosnya ...
    Tapi ngga kujelasin disini mitosnya apa,yaaa 😅 ...
    Sstt, soalnya khusus laki-laki ...
    Wuakakakaa !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo Halo Mas Hino 😘😆 Aku tauuuuuu...aku tau cerita itu kok hahahha... papanya anak2 sempet nyentuh bajunya. Kata mas2 guide nya biar makin perkasa wkwkwkwkw 😍

      Delete
  2. saya suka mencuci cara automatik...

    banyak duit boleh sahaja hantar dobi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa itu hantar dobi ? Hihihi 😆😆 Aku sebagian cuci dg tanya langsung, sebagian menggunakan mesin cuci. Di Bukalapak banyak jenis mesin cuci. Siapa tau Mas Hanafi mau beli. Bungkuuuuusss! 😍

      Delete
  3. Aku lebih condong ke mesin cuci front load karena lebih ramah sama pakaian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooh yaaa... memang bagus tuh front loading. Sesuai lah dengan harganya hehehe.

      Delete
  4. milih mesin cuci ini ibarat nyari sahabat sejati. sejati selalu siap sedia saat emak-emak rempong tinggal klik terus beressss semua cucian. Andai ada mesin setrika yang baju dicemplungin terus langsung licin dan rapii, sungguh makin indah dunia ini, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesungguhnya aku juga berharap gitu hahahhaa 😆😘😆😘 Paling males nyetrika deh. Sprei, handuk, boneka mah masuk mesin cuci lah.

      Delete
  5. Aku lg mikir2 utk persiapan ganti mesin cuci, secara yg skr ini udh 6 thn umurnya :p. Belum rusak sih, msh sehat tp mengingat umurnya, sepertinya aku hrs siap2 :D. Jadi kalo dia rusak, budgetnya udh tersedia.. Yg aku pake skr juga front loading mba, dan lumayan hemat listriknya. Tp bisa jd krn si mbak art ga tiap hr makenya kali ya hahahah.. Nyucinya memang seminggu 2x aja biar ga terlalu numpuk yg udh kering :D

    Kalo ntr beli baru, aku jg prefer yg front loading lg sih, biar praktis aja sbnrnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooh begitu mbak Fanny 😊😘 Emang sih namanya bareng electronikelectronik ada masa lelahnya. Ibarat manusia juga kan hehehe. Coba aja cari2 di Bukalapak siapa tau Ada yang sesuai hati dan kantong 😊😊

      Delete
  6. Aku selama ini pakai yang front load mba. Dan alhamdulillah masih awet sampai sekarang mba. Memang benar deh kalau kita harus pilih2 dlu mana yang terbaik karena kan banyak pilihannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa.. karena dipake dlm jangan waktu lama ya jadi kudu pintar2 pilih mesin cucinya, mbak Al 😊

      Delete
  7. Kalau aku prefer mesin cuci 2 tabung. Memang lebih banyak menguras waktu dan air sih, tapi kalau ada kendala mesin mudah benerinnya. Sparepartnya juga murah harganya dibandingkan yang satu tabung. Soalnya ibuku ngalamin hal ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooh gitu ya..memang sih mesin cuci 2 tabung terjangkau banget harganya 😊

      Delete
  8. Kalau sekarang pingin beli mesin cuci 1 tabung, saluran kerannya yang ribet, haha... Jadi masih pakai 2 tabung. Iya memang dari sisi praktis lebih enak yg 1 tabung ya. Kualitas memang mesti dilihat ya, Mba Nurul, makanya mesin cuci di rumah juga termasuk awet sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udah cocok pakai mesin cuci 1 tabung hole-less tube 😊😀 Ga apa2 lebih mahal harganya yg penting oke.deh

      Delete
  9. Mesin cuci kayanya udah jadi kebutuhan banget di rumah saya. Selama ini pakai top load, so far so good, mau coba front load, tapi airnya harus kenceng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga pakai top loading 😉 kapasitas 10kg passes deh nyuci apa aja bisa 😘

      Delete
  10. Dulu saya awal menikah keliru, belinya yang mesin cuci satu tabung. Ternyata qodarullah rusak krn selang bawaannya gk dipakai, maklum rumah kontrakan letak kran ma space mesin cuci gk bisa diatur haha. Akhirnya beli dua tabung dan lbh bermnafaat ketika punya bayi, lumayan buat kering2in popok yng dkucek pakai tangan. Lbh gk ngabisin air pula. Jd saranku buat pengantin baru beli dua tabung dulu, yg udah pengantin lawas baru upgrade ke mesin cuci yg bukaan depan atau satu tabung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaahhh.... seru benerrr cerita mbak April 😀😀😉 Bagus nih saran buat pasangan muda baru menikah dan yang udah beranak garden hihihi 😆 Aku sejak duluuu selalu pakai yg top loading sih hehehe.

      Delete
  11. Mba Nurul, pas banget ini, lagi mempersiapkan budget dan kebutuhan, mau cari mesin cuci, rencananya pingin yang satu tabung. Btw, aku loyal sama merk, beberapa eletronik di rumah pakenya Sharp. Aku mau baca tulisan mba nurul yang mescuc sharp ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Amel 😘 Mesin cuci 1 tabung top loading pilihanku tuh awet loh. Yang kapasitasnya besar aja biar niat sampe ke sprei2 segala hehehe.

      Delete
  12. Mesin cuciku muat 20 kg dan alhamdulillah masih awet. Kalo rusak jg service centrenya sangat mudah dihubungi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooohhh syukurlah mbak Leyla... memang deh kalo kita beli langsung yg bagus kualitasnya, bakalan awet.

      Delete
  13. klo cucian lagi mengunung paling pas nyuci di mesin cuci yang otomatis, sekali tekan pakaian sudah siap untuk di jemur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuuuu...mb Hanni 😊 udah buanyaaak guru tinggal masukin deh misal yg berwarna duluan, kalo udh kelar bersih, angkat trus bagian pakaian berwarna putih.

      Delete
  14. Wah ini, pas banget mba..mesin cuci di rumah lagi ngadat nggak tahu kenapa error 4E, udah di cek semuanya oke, emang udah lama banget sih perlu di upgrade..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu siap2 beli mesin cuci baru kali gitu, mb Nunu hehehe.. sip deh liat2 aja di Bukalapak siapa tau ada yg cocok 😍

      Delete
  15. Mesin cuci kita kembaran kayaknya Mbaaa, hihi.
    Aku ada dua macam di rumah, yg satu dan dua tabung. Yg dua tabung buat dipake orang lain (kalau lagi ada yg bantuin di rumah), dan yg satu tabung khusus buat ku pakai sendiri, jadi disesuaikan dengan sikon.

    Dan iya, penting bgt mempertimbangkan beberapa tips diatas. Yang terpenting lagi adalah, jangan terlalu banyak tangan karena pengalamanku bikin gampang rusak, hiksss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss yuk, mb Hani 😀😀😀 Wah punya 2? Mantap deh...aku juga hati2 tiap pakai mesin cuci... aku yg pencet. Soalnya kalo ART ngetik rusakim wkwkwkwk.

      Delete
  16. Wah, pas banget ini mesin cuciku perlu ditanti setelah hampir 10 tahun ga ganti-ganti. Mau yang kapasitas 20kg karena anggota keluarga bertambah pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa bener mbak Eni. Belinya langsung berkapasitas 20kg. Masuk semua deh komplit pliiit 😊

      Delete
  17. Mesin cuci di rumahku dua tabung. Sebenarnya praktis yang satu tabung ya mba tapi dulu ngikutin saran ortu katanya beli yang dua tabung biasanya lebih awet. Eh ya bener aja sih masih awet nih sampai sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooohhh 2 tabung lumayan awet juga ya hehehe... yg penting perawatan juga cara pakainya harus bisa dg baik. Sip 😀

      Delete
  18. Belum ada rencana beli mesin cuci lg, mudah2an yg skrg awet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mbak Lia. Lat2 aja di Bukalapak kalo ntar mau beli 😀😀

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di 'rumah' saya. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan saya munculkan.