Wednesday, January 17, 2018

# culinary # traveling & culinary

Arisan di Restoran Gula Merah





Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu pun tiba. Pada Hari Selasa, 16 Januari 2018 lalu, saya ketemu lagi dengan emak-emak rempong zaman Fakhri se-TK Al Haamidiyah dulu,  dalam rangka arisan. Penting? Iya dong! Ga boleh ter-pending 😍 Menjalin tali silaturahmi itu kan menambah pahala 😄 Meskipun anak-anak kami sudah berpencar sekolahnya (SD), namun kenangan indah semasa TK dulu ga bisa terlupakan. Sebulan sekali kami biasanya berkumpul di tempat yang ditentukan oleh sang ‘nyonya arisan’.

Formasi lengkap sih ada sebelas orang, namun kali ini yang hadir hanya tujuh emaks aja, alhamdulillaah. Ada saya, mbak Fatma, mbak Vera, Desy, mbak Atiek, mbak Titin dan Tuti. Clara yang sejak beberapa tahun lalu pindah domisili di Kota Hujan alias Bogor, ga bisa ikutan karena anaknya sedang sakit. Begitu pula dengan Mirna, anaknya sakit, sedangkan Feni dan Eva sedang ada urusan keluarga.

Jarang banget loh arisan dihadiri personil komplit. Nanti akan ada cerita sarapan ala buffet di Hotel Aston T.B. Simatupang. Itu pas  lengkap semua mama datang. Tapi ga apa-apa kan yang utama kebersamaan itu selalu ada dan mudah-mudahan pertemanan kami ini langgeng ya aamiin. Yang penting berusaha saling menghormati, menghargai, perhatian, pengertian, saling mengisi, mengayomi dan memahami daaaaan..... ga ketinggalan saling memaafkan. Ya, kan? Jelas dong! 😚

Nah, kita nih mama-mama sibuk semua. Kayaknya kerjaan ga ada habisnya. Di sela-sela mengurus anak-anak, suami dan lain-lain, pasti lah kepengen punya ‘me time’. Biar ga stres banyak pikiran juga kan…. Lagipula memang sama-sama doyan makan.

Ini dia yang saya suka…MAKAN! 😍 Yup… Kadang suka mikir, mau makan enak atau makan tempat? Ya, kalau bisa makan enak plus tempatnya pun bagus, sehingga meningkatkan selera makan dan bisa ngobrol-ngrobrol lama.

Arisan kali ini, saya lah yang menjadi ‘nyonya’ hahahaha… 😊 Dipikir-pikir, mau seseruan di mana ya? Soal tempat ga masalah di mana aja. Di periode sebelumnya sih acara diadakan di rumah masing-masing. Namun kini lebih banyak mencari tempat di luar, biar praktis hihihi… Mama-mama mau happy ga pake bebenah dan masak-masak. Boleh kan? Haahahhahah..

Margo City Mall Depok (Foto: Margocity.com)
 
Pilihan saya jatuh ke….eng…ing…eng! Restoran Gula Merah. Di mana kah itu? Tau Margo City Depok? Betul. Masuk aja. Kalau bawa kendaraan pribadi, parkir ke arah belakang resto. Saya ambil foto dari dalam mobil. Seperti ini tampak belakang restonya.


Restoran Gula Merah di Margo City Mall Depok (Foto: dokpri)

Restoran Gula Merah
Alamat: Margonda City Lantai G No. 26, Jl. Margonda Raya, Kemiri Muka, Kota Depok, Jawa Barat 16423
Jam buka: Pukul 10.00 – 22.00 WIB 
Telepon: (021) 78871031 

Kenapa disebut Restoran Gula Merah? Karena mayoritas masakan di resto ini adalah menu-menu khas Jawa.  Hampir seluruh bahan baku untuk masakannya menggunakan gula merah. Wah, temen-teman penasaran? Yuk, ikuti terus cerita saya! 😄


Restoran Gula Merah (Foto: makanmakan.com)

Saya tiba duluan di Margo City Mall sekitar pukul 09.35 WIB dan sepertinya belum ada tanda-tanda kehidupan 😅 Sengaja juga sih datang sepagi ini, sendirian. Sebenarnya sih janjiannya pukul 09.30, saya tau lah kadang ga semua orang pakai jam besi seperti saya hahaha. Sambil menunggu teman-teman, saya lihat-lihat bazaar di sana, siapa tau ada yang memikat hati hihihi.


Ki-ka: Desy, saya, mbak Vera, Mbak Atiek, Mbak Titin dan Tuti (Foto: dokpri)

Tempat duduk dan meja di Restoran Gula Merah ini bersih, cukup nyaman dan terang. Ada 2 bagian yakni di dalam dan luar ruangan. Berhubung masih pagi, jadi pilih di luar. Hhhmm..maksud saya, luar ini hanya terpisahkan oleh pintu kaca kok. Masih bersebelahan dengan area dalam restorannya.

Pilihan Desy kali ini adalah tape keju. Itu aja. "Ayo, Des...mau pesen apa lagi? Kok segitu doang makannya?", tanya saya gemezzz. Mama cantik yang satu ini ternyata sangat menjaga berat badannya agar langsing ideal dan maksimal 😙 Soalnya kan dia semacam model gitu.. Model untuk pakaian yang diproduksi sendiri.


Tape Keju Ala Restoran Gula Merah Depok (Foto: dokpri)

Sepiring tape keju berisi tiga potongan besar tape yang digoreng terlebih dahulu, kemudian diberi taburan keju parut. Harganya yaitu Rp 19.500,- (belum termasuk pajak servis dan resto ya). Saya pun ikut mencicipinya. Rasanya enak, tapenya manis. Ada gula merah cair juga tuh disediakan oleh pelayannya. Minumannya teh jahe, seharga Rp 14.000,-.

Mbak Atiek maunya nasi bakar empal. Ga kefoto sih, keasyikan icip-icip hehehe. Pedasnya terasa, ada kacangnya, pastinya ada empal juga. Enak! Nasi bakar empal dibanderol dengan harga Rp 42.500,- ya. Pokoknya semua harga yang saya sebutkan itu belum termasuk pajak servis dan restonya.


Nasi Goreng Empal Cabe Ijo  (Foto: dokpri)

Sementara itu, saya pesan nasi goreng empal cabe ijo. Ternyata sehati deh sama Tuti dan mbak Titin. Kami bertiga pesan makanan yang sama. Minumnya juga sama, teh manis. Saya bilang sama mas pelayannya, "Saya minta panas ya teh manisnya, jangan hangat". Begitu... Kalau Tuti sih hangat. Sambil makan kan nanti juga teh panas berangsur menjadi hangat. 


Nasi Goreng Empal Cabe Ijo  (Foto: dokpri)

Harga sepiring nasi goreng cabe ijo ini yaitu Rp 45.000,- (belum termasuk pajak servis dan restonya). Terpampang nyata kan, nih nasgor ada empal pastinya, sesuai dengan nama makanannya. Ada kerupuk, irisan mentimun, tomat dan selada air. Ada terinya juga di campuran nasi gorengnya nih. Lumayan banyak juga. Pantesan asin-asin gimanaaa gitu.

Buat pecinta menu teri, nasi goreng empal cabe ijo ini boleh dicoba. Empalnya empuk, mudah digigit, dikunyah dan ditelan hehehe... Menurut saya sih gitu, sama kayak Tuti bilang. Ga tau kalau menurut mbak Titin dan mbak Fatma 😄 Yang jelas, hanya mbak Fatma yang makanannya masih lumayan bersisa.

Baca juga: Mujigae, Restoran Makanan Korea Halal

Ini nasgor saya kenapa porsinya kayak anak bungsu yak? Kelihatan bingits ga bakalan kenyang 😎 Beda banget dengan nasgor punya mbak Titin dan Tuti. Mau protes, males. Ya sudah, dinikmati aja hehehe. Besok-besok kalau saya mampir ke sini lagi mau bilang ah sama chef nya supaya porsinya beneran, kan bukan main masak-masakan 😢

Mbak Fatma Tiba Belakangan (Foto: dokpri)

Mbak Fatma juga pesan nasi goreng empal cabe ijo. Sebelum sampai mall, udah pesan via Tuti, mau makan apa dll. Biar pas tiba, makanan langsung jadi deh. Oh ya, minumannya teh manis hangat. Cocok yach!
Ada lagi nih, es campur ala Resto Gula Merah. hhhmm...kira-kira pakai gula merah juga ga ya? 

Es Campur Ala Restoran Gula Merah (Fotoq: dokpri)

Cukup merogoh kocek sebesar Rp 25.500,- untuk bisa menikmati semangkok es campur ini. Mbak Fatma hebat juga, bisa menghabiskan sebanyak ini. Haus banget ya, bu? 😄 Tapi ternyata nasgor empal cabe ijonya ga dihabiskan. "Sudah kenyang," katanya. 

Sama nih dengan mbak Vera yang pesan nasi soto Betawi dan semangkok besar sekoteng. Kasian kayaknya kekenyangan air deh hahaha... Di dalam es campur ini ada jelly, kolang-kaling, cendol dan tape. Seger banget katanya sih. Kalau ke sini lagi masih mau dong esnya 😍
 
Daftar Harga dan Menu Makanan Penutup di restoran Gula Merah (Foto: dokpri)

Daftar Harga Jus dan Minuman di Resto Gula Merah (Foto: dokpri)


Pose Bareng Sebelum Pulang (Foto: Mbak Fatma)

Oke deh, sampai di sini dulu ceritanya. Terima kasih, teman-teman sudah mampir dan baca-baca tulisan saya. Semoga bermanfaat. Wassalam.

20 comments:

  1. Owalahh di Margocity tohh, kalo itu sih hampir tiap bulan aku kesana! Tapi aku malah nggak pernah mampir ke Gula Merah ini. Lain kali aku mampir deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. C'mon mb Nindya...Icip2 manis lah di resto ini 😊😍

      Delete
  2. kreatif ya makanan-makanannya. Tape kejunya bikin lapeerr. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang kreatif koki2 restonya mbak 😆😀 Iya..yuk makan tape keju 😉

      Delete
  3. Dari dulu penasaran sama resto ini tapi selalu lolos pilih yg lain, kalau mau makan di margo. kapan2 ke depok lagi mau ah nyoba, worth it juga ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Shine, Ayuklah traktir aku ya kalo kapan2 mamam cantik di Gula Merah :D

      Delete
  4. Emak-emak semua isinya, nanti saya juga bikin arisan Bapak-Bapak supaya kekinian... hehe :D
    Semoga silaturahminya makin erat deh... berlanjut terus-terusan... :)
    Makanan dan minuman di Gula Merah juga gak kalah seruh... mantaf... dua jempol deh... :D
    Dan gak nyangka juga ternyata ada "soto Betawi"...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha ayolah mas Dedy bikin arisan bapak2 biar nyaingin ibu2 😀😀😆 Paling enak arisan sambil hang out di resto gini. Emak ga bebenah mulu di rumah wkwkwkw.. iya ada soto ayam cm fotonya ga ditampilin di tulisan. Tq mas.

      Delete
  5. Aku mupeng es campurnya, Mbak Nurul. Kayaknya enyaaak banget. Di Medan lagi agak panas niy. Kalo minum es begitu pasti maknyuss deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Es campur selalu menggugah selera ya mb Dila, apalagi kl pas panas2 hhmm... 😍😍

      Delete
  6. arisannya asyik ay di resto dan makan enak

    ReplyDelete
  7. Ini kalo berbau gula merah, aku lgs mikirnya dessert dan minuman :D. Segeeeer pasti.. Kapan2 kalo ke depok pgn mampir mba.. Di sana mah emg surga makanan semua :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk, mb Fanny :D Siapa tau kita bisa makan siang bareng hehehe..sip!

      Delete
  8. seru sekali... kesenangan tersendiri bisa ngumpul bareng temen2. makan bareng.. ^^
    moga kalian langgeng ya sahabatanya sampe nenek2..hihi..
    entar pas udah nenek2 kalin selfie deh tuh..^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin hehehe sip lah ntar kalau dikasih umur sampai jadi nenek, bakalan selfie bareng hahaha..Tks mbak/ mas :)

      Delete
  9. Tape keju.. Gimn rasanya tape dicampur keju,, #nikmat kali yaa 😂😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oohhh..nikmat bingits dong 😚 yuks!

      Delete
  10. Ya Allah harganya dasyat ya. Sepiring nasi goreng empal 45K. Ckckck.. pastinya fasilitas kenyamanan dan kualitans rasanya sesuai dengan harga ya?
    Tapi itu es campur 25K porsi besar wajar laah. Btw, di menu ada jus alpukat durian. Ga ada yg beli? Endolita bambang itu pastinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih ga ada yang pesan jus alpukat durian hehe malah es campur yang menjulang tinggi itu 😊 Menu2 khas Jawa nih, mb Ade... ya enak rasanya. Harga sesuai lah hehe apalagi kalau ditraktir pasti mauuu kan hehehe.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di 'rumah' saya. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan saya munculkan.