Tuesday, December 05, 2017

# Family's health # Review

Pengalaman Saya Berenang di Kolam Renang Ceria Kukusan Depok




Halo teman-teman, ketemu lagi dengan saya yang hobi makan, jalan-jalan dan berenang. Kali ini saya mau berbagi cerita tentang kolam renang di Kukusan, Depok, namanya Kolam Renang Ceria. Baru pertama kali nih saya berkunjung ke sini pada Hari Rabu, 1 November 2017 lalu. Letaknya bersebelahan dengan Ceria Water Park, namun pintu gerbang dan loketnya berbeda. Kalau kita mau lebih serius berolahraga air dengan luas kolam yang cukup besar, cocok deh pilih yang satu ini. Berasa miilik sendiri nih kalau datang di hari biasa. Penasaran? 

Kolam Renang Ceria
Alamat: Jl. K.H.M. Usman No. 110, Kukusan, Beji, Kota Depok Jawa Barat 16425
Jam operasional: Pukul 07.00 –17.00 WIB
HTM: Senin - Jumat Rp 20.000,- sedangkan Sabtu - Minggu dan hari libur nasional Rp 25.000,- 
Telepon: (021) 7862726

Saya berangkat dari rumah kira-kira pukul 07.30 WIB bareng teman arisan yang anak-anak kami ini bersekolah di TK Al Haamidiyah Jagakarsa. Dari sekian orang teman arisan saya ini, sepertinya yang demen 'main air' hahaha eh berenang beneran dong 😊 dan serius merealisasikannya ya cuma mbak Vera, begitu saya biasa panggil namanya. Kita bergantian tiap mau berenang, kadang mbak Vera yang bawa mobil, kadang saya. Nah waktu itu dia yang ke rumah saya naik gojek, lalu berangkat deh berdua. 

Seperti biasa, saya sih selalu sudah mengenakan pakaian renang dari rumah biar ga rempong. Paling males deh mesti ke kamar ganti baju segala. Enak langsung nyebur setelah pemanasan. Oh ya, sempat ragu sebenarnya kita tuh mau berenang di mana. Kepengen yang lebih oke kolamnya eh jauh. Ya udah lah akhirnya diputuskan berenang di Kolam Renang Ceria. 

Saya sudah pernah berenang di Ceria Water Park. Kira-kira satu tahun lalu bareng Rafa dan Fakhri bertigaan aja tuh sore-sore. Karena penasaran, katanya di kolam sebelah kita bisa berenang beneran hahaha jadiin aja deh cuuuuzzz.... Alhamdulillaah jalanan mulus tanpa rintangan berarti cie hihihi... 😄 Maksudnya 'beneran' itu ya bukan sekadar celup-celupin kaki di kolam, main-main ciprat-cipratan dll. Saya paling bisa sih gaya dada dan bebas tuh, sedangkan gaya punggung dan kupu-kupu berat banget ah capek.

Nah, ancer-ancernya nih ikuti aja Jl. M. Kahfi 2 lurus terus melewati ISTN, luruuuus lagi sampai ketemu perempatan Tugu Tanah Baru. Belok kiri arah Kukusan, nanti ketemu banyak penjual tanaman hias di sisi kiri. Nah pas pertigaan, belok kiri deh. Ga jauh dari situ, masuk ke perumahan Ceria belok kiri. 

Pondokan Kukusan Permai (Foto: rumah.com)

Nanti teman-teman akan melewati rumah-rumah penduduk mirip vila kecil maupun kos-kosan atau kontrakan. Ikuti aja deh nanti ketemu pos tiket karcis. Oh ya, kalau dari Tugu Tanah Baru tadi, kita dekat banget dengan Kolam Renang Apira yang di hari-hari tertentu bisa digunakan khusus muslimah. Jaraknya paling hanya kira-kira 400 meter aja. 

Baca deh: Berenang Cantik di Kolam Renang Muslimah Apira Sport Center

Pintu Gerbang dan Loket Kolam Renang Ceria, (Foto: dokpri)

Akhirnya sampai juga di pintu gerbang Kolam Renang Ceria. Kelihatan sepi banget. Saya sempat ragu mau parkir mobil di sebelah mana. Sempat sih masuk ke dalam jalanan seperti ada di foto. Eh, ga lama ada mbak petugas loket menghampiri dan bilang bahwa itu khusus motor dan mobil hanya bisa diparkir di luar hehehe. 


Tiket Kolam Renang Ceria Kukusan Permai (Foto: dokpri)

Harga tanda masuk (HTM) sebesar Rp 20.000,- langsung bayar di loket dan langsung masuk ke dalamnya. Kertas tiket lalu disobek separuhnya oleh mbak petugas kolam. Saya dan mbak Vera celingak-celinguk, bertanya dalam hati,"Kolamnya di mana? Ga ada penampakannya gini" 😄 Udah kesiangan kayaknya nih, sinar matahari bakalan bikin warna kulit makin gelap. Yang penting semangat aja lah, lanjuuuut!


Pintu Masuk Kolam Renang Ceria Kukusan Depok (Foto: dokpri)

Ooooohh...ternyata Kolam Renang dan Pemancingan Ceria Pondok Kukusan Permai nih nama aslinya. Tertulis tuh diresmikan oleh Pj. Walikota Depok yaitu Bapak Drs. H. Warma Sutarman, MSi pada tanggal 16 Oktober 2005.


Ada Villa dan Tempat Tertentu yang Disewakan (Foto: dokpri)

Ternyata di sini luas banget, ada villa dan kelihatan beberapa tempat yang bisa disewakan kepada instansi perusahaan, sekolah, perorangan dan sebagainya. Sebenarnya sih kalau lingkungannya lebih bersih, pemeliharaannya ditingkatkan, bakalan ramai sekali nih pengunjungnya. Eeehhh....sejauh mata memandang, kayaknya eh kayaknya saya melihat sosok yang amat dekat. Tau ga sih teman-teman, ga sengaja nih padahal.... saya ketemu mama dan papa saya lagi berenang hahahaha 😙😀

Bertemu Orangtua Saya yang Sedang Berenang (Foto: dokpri)


Saya dan Mbak Vera Sebelum Berenang (Foto: dokpri)

Teman-teman, sebaiknya pilih waktu berenang yang tepat ya, jangan kesiangan kayak saya dan mbak Vera nih. Kulit temanku yang satu ini mah bagus, dijemur juga tetap cemerlang hahahaha 😝 Kali ini rupanya siap-siap gosong deh kulit saya. Mbak Vera suka pakai kacamata renang, nih pakai baju  renang baru dia 😍 kalau saya sih ga. Padahal ada di rumah, tapi rasanya ga nyaman deh. Kapan-kapan mau beli yang lebih bagus ah kacamatanya supaya kesehatan mata terjaga dengan baik.

Entah kenapa ya, meskipun udah pakai sunblock 50 SPF, tetaaaap aja menghitamnya tampak jelas di wajah, punggung tangan dan kaki. Jangan kaget deh jika sewaktu-waktu ketemu saya tiba-tiba kayak bunglon. Ah tapi biarkan aja, bisa menghilang sedikit demi sedikit. Yang penting kan badan sehat dan ga mager alias malas gerak.

Kata dokter, kulit saya ini memang sensitif hihihi. Mudah berubah warna, mudah gatal, kalau digaruk lekas tergores lalu merah dan lukanya membekas. Malah gara-gara digigit nyamuk aja bisa berdarah kalau garukannya terlalu dalam. Ga siang, sore, malam, nyamuk bandel emang nyebelin dan bisa menyebabkan penyakit.

Baca deh: HIT Expert, Cara Basmi Nyamuk Bandel dengan Ampuh dan Aman untuk Keluarga

Panas Terik Sinar Matahari Tak Menyurutkan Kami Tetap Berenang di Kolam Renang Ceria (Foto: dokpri)

Beberapa teman saya sering tanya kenapa saya suka berenang. Nah, berenang karena selain dapat membakar kalori, juga bisa mencegah cedera fisik ketika kita berolahraga. Namun ada risiko yang cukup berdampak pada kulit saya ini, seperti yang udah saya sebut sebelumnya. Air yang mengandung kaporit selain bikin mata terasa pedih, kulit pun terasa lebih kering dan terkadang gatal-gatal lho. 

Ada beberapa cara menjaga kesehatan kulit sebelum berenang nih di antaranya:
  • Mandi atau basuh seluruh tubuh kita sebelum berenang. Hal ini untuk menyingkirkan bakteri dan klorin selama berenang. Sesudah berenang mesti mandi yang bersih ya, menggunakan sabun dan shampo yang sesuai dengan jenis kulit tentunya.
  • Tabir surya anti air. Kalau kita menggunakannya secara benar, merata, lumayan lah bisa mengurangi penggelapan warna kulit kita. Terutama kombinasi dari air yang mengandung klor dan matahari yang bisa menyebabkan kerusakan kulit lainnya. Tiap orang kan berbeda-beda jenis kulit dan sensitivitasnya.
  • Minyak kelapa tenyata cukup mampu kulit dari bakteri dan virus agar kulit tetap sehat.
  • Mengonsumsi vitamin C bisa memelihara kesehatan kulit dan tubuh kita serta membangun kekebalan tubuh dari infeksi.
  • Pelembab atau losion. Gunakan setelah selesai mandi bersih ya. Pilih pelembab yang mengandung cukup antioksidan, vitamin C juga vitamin E.


Kolam Renang Utama/ Dewasa (Foto: dokpri)

Tata Tertib di Area Kolam Renang Ceria KUkusan (Foto: dokpri)

Ada beberapa tata tertib yang harus diperhatikan oleh semua pengunjung Kolam Renang Ceria yaitu:
  1. Pengunjung dilarang makan, minum dan buang sampah di pinggir kolam renang.
  2. Anak-anak yang berenang di kolam arus harus didampingi orangtuanya.
  3. Anak-anak yang berenang jangan berada di dekat pinggir seluncuran.


Tampak Samping Kolam Renang Anak Ukuran Selutut (Foto: dokpri)

Tampak Depan Kolam Renang Anak (Foto: dokpri)

Kolam Renang Anak dan Persotannya (Foto: dokpri)

Bersama Mama (Foto: dokpri)

Bersama Papa (Foto: dokpri)

Orangtua saya rajin berenang juga loh. Jangan kalah dong sama papa mama saya yang memang sedang les privat berenang. Biasanya sih jadwalnya tiap Hari Kamis di Manggala Wana Bhakti sana, jauh ye. Memang niatnya di sana tuh nini jeung aki mah 😂 Les privat khusus buat orang yang berpenyakit jantung, bemasalah dengan tulang punggung dan sebagainya. 

Soalnya beda cara dan perlakuannya deh pelan-pelan dan ada teknik tertentu. Ga boleh asal main cepat aja berenangnya, meskipun memang pandai berenang. Malah lebih rajin daripada saya hahahaha. Kalau saya mah mau nyebur mikir dulu kira-kira besok atau beberapa hari ke depan bakalan ada acara atau ga wkwkkwkw.... gawat kan pas difoto tampak gosong gitu 😜


Toilet dan Kamar Bilas di Kolam Renang Ceria Kukusan Depok (Foto: dokpri)

Akhirnya selesai juga berenangnya nih hampir pukul 10.00 WIB. Nah ini dia yang saya dan mbak Vera sangat khawatirkan. Mandinya dimana? Caranya gimana? Wkwkwkw...soalnya kamar mandi/ bilas dan ganti pakaiannya agak ajaib sih 😎 Noh, jelas di kamar mandi berwarna hijau lah mandinya hihihi..... Jangan nyengir dulu yach, kamar mandinya sih tersedia lebih dari cukup, ada di sisi kanan dan kiri. Hanya saja di bak mandi seperti ada sesuatu yang bergentayangan gitu. Tadinya mau nyerah, ogah mandi.

Mama dan papa saya ternyata sudah pernah berenang dan mandi di sini sebelumnya. Ada trik mandi nih, caranya cabut kain sumpelan bak yang ada di pojok kanan bawah. Biarkan airnya terkuras habis. Baru deh diisi air dari kran setelah kita bersihkan dengan gayung. Wah, beneran olahraga tambahan ini. Ga apa-apa lah namanya juga pengalaman baru 😉

Kamar Mandi dan Kamar Bilas Khusus Wanita di Kolam Renang Ceria Kukusan Depok (Foto: dokpri)

Kelar mandi, saya  dan teman saya melewati pinggir kolam renang dekat sebuah tempat yang terlihat spooky gitu. Tulisannya,'Kamar mandi dan kamar bilas wanita'. Oala, ternyata tadi kita tuh mandi di kamar mandi laki-laki kayaknya hehehe. Ga berani juga kalau sendirian dengan kondisi ruangannya sepert ini. Padahal jika dirawat kebersihan dan fasilitasnya, bakalan makin banyak pengunjung berenang di Kolam Renang Ceria.

Kantin Sederhana di Area Kolam Renang (Foto: dokpri)

Di samping aula ada kantin sederhana mirip warung yang menyediakan makanan seperti nasi goreng, mie goreng, gado-gado, soto, minuman dll. Tapi saya dan mbak Vera ga jajan di situ. Cukup minum air putih dan makan pisang goreng bekal saya 😋 Teman saya juga bawa bekal. Ga boleh kebanyakan makan, nanti lemaknya makin nambah hehehe... Eh, ga apa-apa sih kalau mau makan bakso juga, apalagi mie ayam, duuuhhh tuing...tuing!

Ada Aula di Area Kolam Renanag Ceria (Foto: dokpri)

Saya antar teman saya sampai ke rumah dengan selamat hihiihi kasian ah udah lelah, kan mau jemput anaknya yang masih TK. Saya mah mau cepat-cepat ngeringin rambut pakai hairdyrer di rumah, udah gerah gitu. Oh ya, bisa nih kalau mau bawa pengering rambut, beda lagi kolam renangnya.

Baca yach: Liburan Seru Bersama Keluarga di Kolam Renang Hotel Bumi Wiyata

Teman-teman, itulah cerita seru saya berenang bersama mbak Vera di Kolam Renang Ceria 😍 Yang mau gabung renang bareng, boleh kok hehehe. Semoga bermanfaat ya. Salam nyebur! Wassalam.


Facebook: Nurul Sufitri
Email: nurulsufitri@gmail.com
Instagram: @nurul_sufitri
Twitter: @Nurulsufitri
Linked In: Nurul Sufitri
WA: 08129634587

40 comments:

  1. Wah asyik ya mba kalo didekat tmpt tinggal kita ada kolam renang khusus muslimah GT. Jadi lebih nyaman berenangnya. Kebetulan di tmpt ku, belum ada. Sekalipun ada, itu jauh banget. Dekat rumah mba Echa... Huhhuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yg di Apira ada hari2 khusus muslimah tapi di Ceria ini ga ada, umum saja 😊

      Delete
  2. Enak nih berenang disini. Sudah ke bagian yg wahana airnya blm? Itu buat anak2 dibawah 10 tahun enak.

    Ade juga sukanya berenang di bagian yg ada villanya. Urusan mandi.. Hahaha.. ade ga pernah bilas mandi di ceria. Paling ganti baju aja. Mandinya pas pulang aja. Nggak papa agak lengket dikit, yg penting nyaman mandinya.

    Tapi hampir setiap berenang selalu mandi di rumah. Kecuali kolam renangnya jauh banget. Kayak di PIK atau di THE JUNGLE.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiiihh...mestinya kpn2 kita berenang bareng nih mb Ade 😀 Ga enak mbak abis berenang kok mandi di rumah wkwkwkwk udh kebutu gatel2 aku mah. Kulit sensitif banged. Udah gitu kan capek di rumah maunya beres semua tinggal leha2 😀

      Delete
  3. Depook... Sy rekom buat tante yg ada di sana ah 😁

    ReplyDelete
  4. kukusan pnya kolem renang juga ya kak.. mantap

    ReplyDelete
  5. Mbak nurul, saya kalau ruang bilasnya kayak gitu udah nangis kali, malah dari awal ga jadi berenang 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berenang buka cuma keberanian fisik tapi juga mental hahahah ayuk lah Ninna wkwkwkek jgn takut lihat kamar bilasnya 😊😀

      Delete
  6. DI Meruya, kolam renang weekday 45 ribu, weekend 50 ribu Mbak..Lebih kecil dari itu areanya..Cuma kamar bilasnya sudah shower jadi nggak perlu main kuras lagi...hihi

    Saya sih cuma nungguin anak saja atau main air karena nggak bisa berenang..hahaha..maklum dulu anak kampung di gunung. Tapi kayaknya les masih kekejar kali ya..masa kalah sama Mama Papanya Mbak Nurul :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkekek.... ada harga ada kualitas dan kenyamanan pasti ya 😀😀 ayo..les privat berenang mbak. Ga ada kata terlambat untuk belajar. Rugi kalo cuma nontongin yang berenang hehehe tks ya.

      Delete
  7. Luas banget itu kolam ny mbak
    ini mnah enak kalo berenang rame2 baren teman atau keluarga

    Enaknya dateng lbih pagi, jd gk terlalu menyengat di kulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idealnya mulai berenang pagi pukul 6 atau 7 ya. 1-1,5 jam renang udh cukup sebenarnya asal ga banyak selingan hahaha kayak ngobrol2, nyemal-nyemil dll 😀

      Delete
  8. Kalau ada aturan jangan kencing selagi berenang bagus juga kali ya. Soalnya banyak kolam renang yang ternyata ada kandungan air kencingnya. kolamnya bagus ya tampak luas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih...meskipun misal ada tulisan tsb tetep aja namanya pengunjung kolam masih ada yg nakal mungkin hehe. Iya cukup luas mas 😊

      Delete
  9. Wah, kolam renangnya bersih kelihatan nya tuh. Sayang kurang Deket dr rumah. Hihi biasa, kalo renang pulangnya pengen cepet2 sampe rumah, lalu tidur. Mantab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kolamnya lumayan bersih hanya tempat bilasnya ga cihuy hahaha makan dulu setelah berenang trus bobo cantik 😀

      Delete
  10. Kolam renang Ceria, namanya bagus biar yg berenang tetep ceria wkwk. Karena ortu suka renang. Akhirnya nular ke anak ya mbak biar sehat dan bugar kayak mb nurul. Ehh ternyata anak2 suka renang juga ya ikutin mamanya. Jadi berenang sore pun cuss ngikut. Btw kalo org hobi renang pakaian renangnya pun g cm 1 pastinya lebih dong ya hehe kayak mb Vera wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar yg berenang ceria semua wkwkwkwk 😀😀😀 iya dong aku punya lebih dari 2. Ada 4 sih tapi yg sering dipakai ada 2. Mau beli lagi nih 😘 Semua anggota keluarga harus bisa renang. Dulu aku pas SD kan les berenang di GOR Ragunan

      Delete
  11. Mbk nurul di perempatan itu tugu tanah baru kl ga salah namanya.😁. Aki blm pernah ke ceria euy. Dejet padahal. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya udh aku betulin namanya Tugu Tanah Baru ya. Kalau Beji kan masih sanaan hehe tks mb 😊 ayuk lah ke sana bareng hehehe.

      Delete
  12. Mbak nurul kapan2 ajak lah aku berenang, sekalian ajarin juga soalnya aku baru bisa dikit, itu pun otodidak, mau dung diajarin mbak nurul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mariiiii aku mah any time asal pagi dan ga ada meeting korlas sekolah anakku atau acara lain nyok aja 😀

      Delete
  13. MBa itu kolam renangnya dekeet banget dari rumah aku loh. Kami sekeluarga biasanya weekend ke waterparknya. Sekalian mengenalkan bayi biar suka berenang. Hehe. Pas ke sana pertama kali bulan Ramadhan, sepiiii berasa kolam milik sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sepiiiii jauh dari jalan raya. Tapi banyak rumah2 dan vila yg dikontrakkan atau disewakan loh bagus2 😊 ooh mb Eska suka ke sini juga donk ya mantap.

      Delete
  14. KOlam renangnya sepii. Besok mau main ke Depok tapi kayaknya nggak sempat ke Kukussan deh. Asik nih banyak pilihan kolam renang ya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepi berasa milik sendiri hahaha makin demen aku 😊 Iya banyak pilihan dam HTM nya murce bener kan...

      Delete
  15. Mantaps ya hobi tersalurkan nggak perlu jauh2. Kapan-kapan berenang bareng yuk di Matoa. Gaya meluncur aja sih hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sering tuh berenang di Matoa. Enak. Ada showernya dan air panas. Zaman dulu kan keren bgts tempat Pah Harto alm main golf kan 😊

      Delete
  16. Waaah seru yaa berenang bareng keluarga. Jadi inget kalau udah lama nggak berenang. Di deket rumahku juga ada mbak kolam renang dan harganya kurang lebih sama dengan kolam renang Pondok Kukusan Permai ini. Soal mandi/bilas setelah berenang itu emang pe-er banget sih. Rata-rata kolam renang yang harga tiketnya segitu memang kamar mandinya kurang cihuy.

    Berhubung si kolam renang ini deket sama rumahku mbak, jadi aku pulang ya masih basah2an pake baju renang. Anak2 paling ganti baju aja. Terus mandinya di rumah deh. Hehehe.

    ReplyDelete
  17. Ini sih deket rumah aku mbak. Cuma aku ga bisa berenang jadi ga pernh kesitu lagi.

    ReplyDelete
  18. Wah ternyata kolam rennagnya udah lama ada ya? Sejak 2005. Huhuhu ku belum pernah nyobain.
    Btw merk tabir surya anti air seperti apa mbak contohnya?

    ReplyDelete
  19. Mbak Nurul, saya request, tolong buat postingan tentang pakaian renang muslimah yg baik dong (seimbang antara harga dan kualitas). Saya memang ga bisa berenang, tp harus sering2 menemani bocah berenang. Mau beli baju renang, maju mundur cantik terus nih hehehehe

    ReplyDelete
  20. Untuk sekelas water park ini tiket masuk nya murah juga ya mba.. apalagi ada tempat penginapan plus pemancingan segala.. tapi kok agak sepi gitu yah mba, padahal kolam renang nya sepertinya bersih

    ReplyDelete
  21. Anakku sering nih berenang di Ceria. Diajak Tantenya dan anakku cukup senamg dg Ceria ktnya bersih dan nyaman.

    ReplyDelete
  22. Kayaknya semuanya yang di Depok kolamnnya udah di cemplungin sama mba yah hihihi. Fav kalau yang Depok depan Giant itu. Tertutup biar gak item hahaha. Di kukusan murah euy tiketnya penasaran juga

    ReplyDelete
  23. wah tempatnya emang deket n murah didaerah saya ini

    ReplyDelete
  24. waah ini tempat berenang anak-anak saya juga mba, tapi di bagian yang beda sih kayaknya yaa, seru ih lihat mama papanya masih gagah semangat berenang..keren

    ReplyDelete
  25. Hahahha mbaaa, aku lgs geli geli gimana liat kamar bilasnya wkwkwkw... :p. Eh dulu itu aku bisa berenang mba, pas SD. Kan ikut les renang brp thn. Tp sjk smp dilarang ama papa, krn dianggab udh gede. Zaman dulu mana ada baju renang muslimah :p. Udh gede gini, udh males deh berenang lg. Apalagiiii, akupun lbh mengkuatirkan kulitku makin item gara2 renang, hahahaha... Jd lbh milih olahrga yg lain :D

    ReplyDelete