Daftar Isi [Tampilkan]

Halo teman-teman! Saya mau berbagi cerita tentang aktivitas olahraga air yang saya sukai. Udah bisa tebak kan jenis olahraganya? Hehehe.... Nah, berenangnya bukan sama teman seperti biasanya. Kali ini saya mengajak teteh Rafa, ayang Fakhri dan papanya ikutan seru-seruan bareng. Apalagi pas si papa masih libur cuti lebaran di Hari Senin, 3 Juli 2017 lalu, langsung deh manfaatin family time nya 😍

Liburan Seru Bersama Keluarga di Kolam Renang Hotel Bumi Wiyata

Hotel Bumi Wiyata (Foto: dokpri)

Sebelum berangkat tentu kami sarapan dulu. Jangan sampai mau berenang perut belum diisi, ntar pengsan lagi wkwkwwk. Biar ada tenaga dan ga loyo lah. Makannya sedikit aja jangan kebanyakan nanti malah begah. Misalnya nih sarapan roti, camilan, lontong sayur ups hahaha atau nasi dikiiiiit aja porsinya. 
 
Kami berangkat dari rumah di bilangan Jagakarsa kira-kira pukul 07.00 WIB cuuuuuuzzz ke Hotel Bumi Wiyata. Ga jauh kok dari rumah, rutenya lewatin Desa Putera Yonzikon, putar balik di gardu dekat KFC sebelum Universitas Pancasila. Melawan arus, jadi ga pake macet deh alhamdulillaah. 

Tentang Hotel Bumi Wiyata
Alamat: Jalan Raya Margonda, Kemiri Muka, Beji Kota Depok 16423
Telepon: 021-7778040
Jam Operasional: Senin - Minggu pukul 06.00 - 21.00 WIB
HTM: Senin - Jumat Rp 27.500,- sedangkan Jumat, Sabtu dan hari libur nasional Rp 37.500,-
           
Jika naik kendaraan umum dari Terminal Depok, teman-teman bisa naik angkutan kota No. 112 jurusan Kampung Rambutan atau No. 04 Jurusan Pasar Minggu atau D11 jurusan PAL lalu turun di depan hotel. Jika dari arah Pasar Minggu, banyak jenis kendaraan umum jurusan Depok yang hampir semuanya melewati Hotel Bumi Wiyata.

 
Taman dan Lingkungan Asri dan Bersih di Hotel Bumi Wiyata (Foto: dokpri)

Dari pintu masuk hotel, ga langsung ketemu kolam renangnya tuh. Jadi kita mesti lurus dan belok lagi mengikuti jalan yang ada kurang lebih 100m dan jelas juga kok arahnya. Area yang luas banget, taman yang asri dan indah, bersih tanpa sampah adalah pemandangan yang bikin segar sejauh mata memandang. Makin semangat aja anak-anak berenang di sini 😃

Oh ya, saya sebelumnya juga udah pernah sih berenang dan fitness di Hotel Bumi Wiyata tapi duluuuuu, zaman masih muda hahaha 😁 Pas masih kuliah dulu, saya sama teman s-SMUN 38 namanya Winda, seseruan di sini. Lupa deh waktu itu harga tiketnya berapa, coz udah luamaa bangeeed deh.


Area Parkir Mobil dan Motor di Kolam Renang (Foto: dokpri)

Parkir mobilnya di sekitar area masuk kolam renang. Nih di sini aja, kebetulan ga begitu ramai karena mungkin Hari Senin, harinya orang-orang mulai pada ngantor. Itu teteh Rafa lagi jalan, ada Fakhri dan papanya mulai masuk ke dalam area kolam.


Sport and Recreation Kolam Renang Hotel Bumi Wiyata (Foto: dokpri)

Di pintu masuk area kolam renang ada tulisannya tuh "Sport & Recreation". bersih kan.... ga ada sampah, bagus deh paling bunga dan daun yang berguguran aja yang keliatan di jalanan.


Lokt Pmbayaran Kolam Rnang Hotl Bumi Wiyata (Foto: dokpri)

Nah, sampai deh kita di 'Pool Ticket' alias loket kolamnya. Cukup memadai lah meskipun terlihat udah agak berumur tempatnya. Tersedia beberapa loker lho. Jadi barang bawaaan kita bisa dititipkan di sini. Kuncinya dibawa kita dong, digelangkan biar ga tercecer ke mana-mana saat berenang. Oh ya, penitipan barang di loker udah termasuk dengan HTM yang kita bayarin. Lumayan kan free gitu jadinya hehehe.
  
Pool Ticket Kolam Renang Hotel Bumi Wiyata (Foto: dokpri)

 Harga Tiket Masuk (HTM) Hari Senin hingga Jumat yakni Rp 27.500,- per orang, anak dan dewasa sama aja.  Untuk weekend Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional adalah Rp 37.500,-. Ini dia penampakan tiketnya. Ada stempel '3 Juli 2017' jelas ya.


HTM Hotel Bumi Wiyata (Foto: dokpri)

Fitnss Center di Hotel Bumi Wiyata (Foto: dokpri)

Fitness Center di Hotel Bumi Wiyata (Foto: website Hotel Bumi Wiyata)

Di dalam hotel ini fasilitasnya masih banyak lagi lho, Ga hanya kolam renang, fitness center dan outbond. Semua fasilitasnya terbuka untuk umum, bukan hanya tamu hotel aja. Asyik kan? Baca aja yuk di websitenya hotelbumiwiyata.com 


Outbond di Hotel Bumi Wiyata (Foto: dokpri)

Ada 3 kolam renang dengan ukuran berbeda di Bumi Wiyata yaitu kolam untuk anak kecil, kolam anak dengan perosotan biasa dan kolam dewasa ukuran olimpik (olimpic size).

Kolam Renang Olimpik di Hotel Bumi Wiyata (Foto: dokpri)


Kolam Renang Ukuran Olimpik di Hotel Bumi Wiyata (Foto: dokpri)

Kolam Renang Olimpik (Foto: dokpri)

Kolam Renang Anak di Hotel Bumi Wiyata (Foto: dokpri)

Kolam renang anak ada 2 nih. Ada perosotan juga di masing-masing kolamnya. Sayangnya, sepertinya perosotan yang satu ga bisa dipakai deh. Lagi pula teteh Rafa dan Fakhri udah gede, ga cocok lah berenang di tempat cetek yang sedengkul gitu hihihi ga ada tantangannya. Sesuai lah kalau usia batita dan balita main-main air di kedua kolam anak ini.


Kolam Renang Anak di Hotel Bumi Wiyata (Foto: dokpri)

Ada Kafetaria di Pojok Area Kolam Renang (Foto: dokpri)

Ternyata ada kafetaria nih di pojok area kolam renang. Tapi kita ga sempat mampir ke situ. Nanti deh kalau kapan-kapan jajan asik ditambahin di sini ceritanya, ada apa aja makanan yang tersdia 😙


Jadwal Kelas Aerobik 2017 di Hotel Bumi Wiyata (Foto: dokpri)





Biaya individual Rp 45.000,- per kunjungan. Ingin lebih hemat? Silakan bergabung menjadi anggota dengan membayar Rp 300.000 per orang/ single per bulan. Kalau mau beramai-ramai bisa pilih 'family' bayarnya Rp 800.000,- per bulan. Fitness center buka mulai pukul 06.00 - 21.00 WIB. 

Kita bisa berenang setiap hari lho sampai puas. Kita juga mendapatkan fasilitas fitness center, aerobic, yoga dan belly dance dengan jadwal yang telah ditentukan. Seperti terlihat di foto jadwal di atas, berikut lebih jelasnya ya. Senin ada mix impact aerobic. Selasa jadwalnya aerobic BL dan yoga. Rabu khusus Belly dance dan arobic BL. Kamis ada mix impact arobic dan pillates. Jumat ada zumba dan Sabtu ada step aerobic. 

Silakan hubungi nomor telepon untuk lebih jelasnya, karena ada kemungkinan jenis aktivitas maupun jadwal olahraga bisa berubah sewaktu-waktu.
 



Duo Jagoan Lagi Diskusi di Kolam (Foto: dokpri)

Fakhri dan Papanya di Kolam Renang Hotel Bumi Wiyata (Foto: dokpri)





Fakhri Jagoan Mamah (Foto: dokpri)



Anak-anak memang pernah les berenang kira-kira 3 tahunan yang lalu di daerah Warung Silah Jagakarsa. Bahkan Fakhri dari ga mau mukanya kena air, sampai akhirnya suka berenang ya memang karena guru renangnya juga termasuk oke. Sabar banget melatih anak-anak lho. 



Teteh Rafa, Fakhri dan Papa Suka Berenang (Foto: dokpri)

Kalau saya? Gaya dada dan bebas aja lah 😊 Saya juga pernah les berenang di GOR Ragunan ketika masih kelas 3 SD wkwkwkwk. Orangtua saya selalu bilang supaya kita bisa menjaga diri, menyelamatkan diri plus olahraga kan...bikin badan sehat, segar dan bugar ditambah mempererat rasa sayang pada keluarga. Yuk, nyebur lagi!



Pose Sejenak Ketika Berenang Bersama Anak-anak (Foto: dokpri)
Alhamdulillaah anak-anak saya nih bisa renang gaya dada alias katak, gaya bebas dan cukup lumayan gaya punggung. Tinggal gaya kupu-kupu sih yang belum dikuasai, susah sih berat gitu angkat kedua tangan dan badan sendiri hehehe.
Peraturan Changing Room (Foto: dokpri)

Kamar Bilas di Kolam Renang Hotel Bumi Wiyata (Foto: dokpri)

Kamar mandi/ bilas yang menyatu dengan toilet di dalamnya cukup luas nih. Penerangan cukup terang. Lantai sebaiknya dipel lebih sering supaya lebih bersih dan kering. Saya khawatir aja kalau anak-anak kecil terpeleset karena licin ada air yang masih melekat pada lantai keramiknya. Tapi sejauh ini sih cukup ok. Saya sudah kasih masukan ke mbak penjaga loketnya tentang hal ini dan ditanggapi dengan baik.


Kamar Bilas dan Toilet Kolam Renang Hotel Bumi Wiyata (Foto: dokpri)

Pintu Kamar Bilas (Foto: dokpri)

Oh ya, pintu kamar mandinya memang bagus dan bersih, tapi cantelan pakaiannya tinggi banget, sehingga sulit dijangkau orang dewasa apalagi oleh anak-anak. Mendingan bawa tas yang bertali agak panjang deh. Biar lebih mudah begitu ganti pakaian.
 
Kamar bilas menjadi satu dngan toilet yang ada di dalamnya. Terbilang cukup bersih meskipun di beberapa sudut masih ada bekas kemasan sabun, sampo, losion dll. Pas tanya ke mbak penjaga loket, itu karena saking ramainya liburan lebaran jadi masih keliatan kurang brsih. Ya semoga sekarang udah lebih bersih ya kan biar makin nyaman mandi dan ganti bajunya.

Shower Kamar Bilas (Foto: dokpri)

Shower di kamar bilas berfungsi dengan baik. Air mengalir cukup deras pas banget buat kita mandi sampai bersih..sih...sih, mulai sampoan, sabunan, pakai baju dsb. Ga ada fasilitas air panas di sini. Tapi asik aja kan mandi air dingin justru bikin badan sehat dan segar lho 😀


Ada Stop Kontak di Kamar Bilas dan Ganti Baju. Bisa Digunakan untuk Kabel Hairdryer Jika Perlu (Foto: dokpri)

Buat teman-teman yang abis mandi kepengen ngeringin rambut, jangan khawatir. Ternyata ada satu stop kontak nyempil di bagian bawah dinding nih. Lumayan kan? Apalagi buat muslimah yang berhijab, kan kurang nyaman kalau rambut masih basah gitu langsung pakai jilbab atau kerudung. Ada solusinya kan? Cakep deh. Oh ya hair dryer-nya bawa masing-masing dari rumah ya hehehe.

Taman Bermain di Hotel Bumi Wiyata (Foto: dokpri)

Taman Bermain di Hotel Bumi Wiyata (Foto: dokpri)

Namanya anak-anak kayaknya meskipun lelah tapi masih adaaa aja maunya. Mampir dulu deh sebentar ke taman yang indah dan bersih ini. Ada perosotan, jungkat-jungkit, ayunan, dll. Lumayan banyak juga kok jadi bisa puas main di sini. Ga pak antre nunggu giliran hehehe 😄


Taman Brmain di Hotl Bumi Wiyata (Foto: dokpri)

Teman-teman, itulah cerita saya berenang bersama keluarga menghabiskan waktu liburan saat lebaran lalu. Gimana? Seru kan lihat kolam renangnya? 😚 Bagus, ada ukuran olimpiknya. Kalau lapar bisa cemal-cemil di kafetarianya. Kamar bilas dan ganti bajunya lumayan bersih. 

Oh ya, jangan heran ya kalau pas ketemu saya terkadang kulit wajah dan punggung tangan keliatan lebih gelap atau terang. Maklum, ibarat bunglon hihihi kulit saya termasuk sensitif. Kalau abis berenang, bisa iteman dalam beberapa hari. Besok dan seterusnya nya lagi kembali ke warna normal 😃

Kamar Bilas Terbaru, Ada Air Panasnya (Foto: dokpri)
Teman-teman, ada tambahan nih, pas saya dan seorang teman berenang di awal November 2017 lalu, ternyata di kamar bilas sudah terpasang water heater nih. Cihuyyyy!

Yuk, kapan-kapan janjian sama saya kita berenang rame-rame hehehe. Sampai jumpa di kolam renang berikutnya 😍 Wassalam.