Daftar Isi [Tampilkan]

Usai melahirkan, banyak ibu menyusui mengonsumsi daun katuk yang diyakini bisa meningkatkan produksi Air Susu Ibu (ASI). Dalam sayuran hijau ini terdapat kalsium melimpah untuk menjaga kesehatan ibu menyusui. Kandungan nutrisi selain kalsium ada pula protein, serat, lemak, karbohidrat, fosfor, zat besi, kalium, zinc serta vitamin A dan vitamin C.


Manfaat Daun Katuk dan Sido Muncul Natural bagi Ibu Menyusui

Sayangnya, tak semua ibu menyusui memiliki ASI yang banyak. Terkadang ASI yang diproduksi sedikit maupun kurang lancar. Padahal busui sudah cukup banyak mengonsumi daun katuk dan makanan bernutrisi seperti pada umumnya. Just FYI, ada produk herbal yakni Suprasi yang dapat membantu meningkatkan dan melancarkan ASI bagi ibu menyusui yakni Sido Muncul Natural.

Hal yang sudah banyak diketahui dan dilakukan para busui adalah “suplai dan permintaan menyusui”. Cara ini sudah teruji untuk memproduksi dan mempertahankan ASI dengan mengeluarkan ASI sesering mungkin dan benar caranya. Teman-teman, mari kita bahas manfaat daun katuk terlebih dahulu, yuk! 

7 Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Menyusui

Daun katuk dikenal memiliki banyak manfaat, terutama bagi ibu menyusui untuk memperbanyak Air Susu Ibu (ASI). Berikut adalah 7 manfaat daun katuk untuk busui, yakni:

1. Meningkatkan produksi ASI

Senyawa alami Papaverine dalan daun katuk dapat meningkatkan kadar hormon oksitosin dan prolaktin yang mendorong produksi ASI.

2. Memperluat tulang

Daun katuk mengandung protein, kalsium dan fosfor yang bisa membuat tulang lebih kuat. Bahkan kandungan kalsium dalam daun katuk lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Daya tahan busui lebih meningkat berkat kandungan zinc, protein serta vitamin A dan vitamin C.

4. Menurunkan berat badan setelah melahirkan

Ternyata dalam daun katuk  atau nama lainnya adalah Sauropus Sndrogynus (L) Merr, terdapat serat yang mampu memberikan efek kenyang sehingga bisa menekan keinginan untuk ngemil makanan tidak sehat. Selain itu juga dapat mengurangi lemak berlebih. Tentu saja busui harus tetap rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan rendah kalori dengan nutrisi terbaik. 

5. Membuat tubuh lebih berenergi

Busui disarankan mengonsumsi daun katuk bersama karbohidrat seperti nasi atau kentang sebagai campuran lauk pauk supaya tubuh lebih berenergi.

6. Mencegah anemia

Ibu menyusui biasanya lupa makan dan sulit memilih waktu untuk tidur dan mengurus dirinya sendiri. Ririkonya, busui jadi kekurangan zat besi dan akibatnya timbullah penyakit anemia. Suami atau anggota keluarga terdekat bisa membantu busui dengan membuatkan sayur daun katuk ditambah jagung yang diolah menajdi sayur bening dalam menu sehari-hari. 

7. Memperbaiki jaringan tubuh yang rusak

Jaringan tubuh busui yang rusak maupun penyembuhan luka akibat operasi caesar saat persalinan dapat diperbaiki dengan makan daun katuk secara rutin. Dalam 100 gram daun katuk terkandung 6,4 gram protein dan 164 mg vitamin C. 

Suprasi dan Manfaatnya

Suprasi adalah suplemen yang diproduksi oleh PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul dalam bentuk kapsul. Produk ini bermanfaat untuk meningkatkan dan melancarkan ASI terutama bagi ibu menyusui yang produksi ASI-nya sedikit dan kurang lancar. Suprasi mengandung ekstrak daun katuk dan vitamin B12. 

Daun katuk yang terkandung dalam Suprasi dapat meningkatkan aktivitas kelenjar areola sehingga meningkatkan produksi ASI. Secara empiris, daun katuk membantu meningkatkan produksi ASI dan kandungan polifenolnya berperan aktif dalam merangsang alveoli payudara untuk memproduksi ASI.

Sido Muncul Natural Suprasi

Aku punya rekomendasi untuk para ibu yang baru melahirkan untuk mengkonsumsi Sido Muncul Natural Suprasi. Produk ini merupakan suplemen herbal khusus bagi ibu menyusui yang dapat membantu melancarkan Air Susu Ibu, dengan kandungan daun katuk dan vitamin B12. 

Siapa yang perlu mengonsumsi Sido Muncul Natural?

  • Ibu menyusui dengan permasalahan produksi ASI yang sedikit.
  • Ibu menyusui yang memiliki masalah produksi ASI yang kurang lancar.

Manfaat Daun Katuk dan Sido Muncul Natural bagi Ibu Menyusui
Sido Muncul Natural Suprasi (Foto: sidomuncul.com)

Kandungan

Produk ini memiliki komposisi ekstrak sauropus androgynus folium 300 mg yang setara dengan 24.000 mg daun katuk segar. Selain itu terdapat kandungan vitamin B12 sebanyak 0,2 mg (AKG 715% berdasarkan kebutuhan energi ibu menyusui 2.615 kkal). 

Ibu menyusui sebaiknya mengonsumsi 1 kapsul 3 kali sehari Sido Muncul Natural Suprasi. Untuk pemeliharaan 1-2 kapsul sehari, sedangkan untuk pengobatan 2x2 kapsul sehari. Simpan pada suhu di bawah 30 derajat Celcius. Jangan lupa selalu baca aturan konsumsi/ pemakaian yang tertera pada kemasan produk.

Daun katuk menjadi ASI booster bagi ibu menyusui. Meskipun demikian, mengonsumsi daun katuk bukan satu-satunya cara untuk memperbanyak ASI, ya. Terapkan pola makan yang benar, gaya hidup yang baik dan menyusui si kecil secara berkala. 

Pastikan kebutuhan nutrisi lain tercukupi seperti konsumsi buah-buahan. Asupan paling baik adalah gizi seimbang dengan kalori terjaga sekitar 2.800 kalori per hari. Konsumsi Sido Muncul Natural Suprasi untuk membantu meningkatkan dan melancarkan ASI bagi ibu menyusui. Salam sehat selalu.


6 comments:

  1. Ini bisa bagi ibu muda yang persiapan untuk bayinya, mbak :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa :D Buat siapa saja boleh dong. Tentu daun katuk khasiatnya bagus untuk kesehatan :)

      Delete
  2. Aku dulu juga pake suplemen asi biar banyak. Tapi ada juga suplemen yg walo bikin banyak tp juga buat aroma badan jadi aneh, jadi bau jamu 🤣🤣. Bentuknya teh. Aku males tuh mba. LGS stop

    Akhirnya yg jenis pil aja. Walopun ujung2nya aku cuma 1.5 bulan aja KSH asi, Krn setelahnya kena babyblues parah, tapi at least ngerasain 🤭.

    Sayangnya produk yg dari Sido ini dulu blm ada. JD ga coba sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seandainya zaman dulu produk ini sudah ada, bakalan dikonsumsi tuh ya.

      Delete
  3. Daun katuk emang bermanfaat banget iya Mbak Nurul buat produksi Asi lancar. Baik yang masih utuhan dan tinggal dimasak biasanya kalau dulu pas mbul menyusui si Kakak dan si Adik mbul jadikan bening, biasanya mbul tambahin juga dengan daun kelor atau bayam...atau katuk aja enak kransci soalnya...terus mbul tambahin kencur yang banyak..biar seger, dan kini ada ekstraknya supaya praktis langsung berkhasiat...menjadikan payudara cepat mengkal atau penuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Daun katuk dimasak sayur bening juga enak tuh ditambah jagung pipil.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.