Daftar Isi [Tampilkan]

Lasik, sebuah kata penuh makna dalam kesehatan mata yang dapat meningkatkan kualitas hidup manusia. Tak sedikit orang yang awalnya berkacamata maupun lensa kontak kini dapat beraktivitas dengan pandangan jauh lebih jelas berkat lasik. Penasaran bagaimana persyaratan, tindakan dan biaya lasik? Yuk, simak artikel ini!

Operasi LASIK Mata, Bagaimana Proses, Syarat dan Biayanya?

Apa Itu Lasik?

Apa kabar, teman-teman? Semoga sehat wal’afiat ya, aamiin. Barangkali masih banyak di antara kita yang bertanya-tanya soal lasik, sini aku kasih tahu! Lasik dapat mengobati kelainan refraksi yang meliputi rabun jauh hingga -12 Dioptre, mata silinder +/- 6 Dioptre, rabun dekat hingga 8 Dioptre.

Lasik atau Laser Assisted In-Situ Keratomileusis merupakan sebuah tindakan medis yang memanfaatkan laser untuk mengobati kelainan refraksi seperti rabun jauh/ mata minus (miopia), rabun dekat/ mata plus (hipermetropia) dan Mata silinder (astigmatisme) dengan mengubah ketebalan dan kelengkungan kornea. 

Sejarah Singkat Lasik

Zaman dahulu, lasik konvensional masih menggunakan pisau mekanik. Nah, zaman sekarang teknologi sudah semakin canggih dan berbagai inovasi dilakukan dalam dunia kedokteran, maka lasik ga pakai pisau lagi. Ada kombinasi dua buah alat yang dikenal dengan “Lasik tanpa pisau” yaitu Femtosecond Laser dan Excimer Laser. Wah, hebat ya!

Inovasi lasik dilakukan dengan penelitian dan percobaan selama puluhan di bidang perawatan mata melalui pembedahan. Lasik diperkenalkan pertama kalinya pada tahun 1990 dengan penggunaan laser excimer untuk pembentukan kornea. Kemudian muncul teknologi muka gelombang yang dikombinasikan dengan laser excimer pada tahun 1999. Proses lasik ini memberikan penglihatanyang jelas tanpa perlu menggunakan kacamata maupun lensa kontak lagi. 

Langkah-Langkah dalam Tindakan Lasik

Ada tiga langkah dalam tindakan lasik yang dilakukan yakni sebagai berikut:

1. Pemetaan Kornea secara 3D (3D Corneal Mapping)

Langkah pertama lasik yakni 3D Corneal Mapping yang berfungsi menentukan ketajaman penglihatan. Menggunakan analisis muka gelombang untuk mengumpulkan gambaran visual 3D di mana adanya definisi tinggi dari jalur visual setiap mata. Caranya dengan membandingkan cahaya yang melalui mata dengan pola cahaya dari mata yang sempurna.

2. Penciptaan Flap Personal

Pembuatan flap menggunakan metode IntraLase. KMN EyeCare menggunakan iFS™ Advanced Femtosecond Laser dengan  pendekatan yang 100% terdiri dari laser, tanpa menggunakan pisau. Yang dimaksud flap lasik adalah lapisan jaringan yang tipis yang dilipat kembali untuk membentuk kornea mata secara hati-hati. Teknologi laser ini hanya memakan waktu 10 detik jika dibandingkan dengan laser femtosecond lainnya sekitar 30-40 detik. 

3. Koreksi Penglihatan Personal

Langkah terakhir adalah membentuk kembali kornea secara hati-hati menggunakan Laser Excimer. Berdasarkan pengukuran analisis muka gelombang (Wavefront). Selain itu dokter akan memposisikan ulang flap yang akan melekat otomatis pada lapisan strombus di bawahnya.  

Lasik Tidak Menyakitkan

Teman-teman, proses lasik berlangsung cepat dan ga menyakitkan. Begitu juga masa pemulihannya bisa cepat dengan hasil yang menakjubkan dan membuat hati sangat bahagia. Sebelum lasik, calon pasien akan menjalani 8 pemeriksaan apakah layak atau tidak menjadi kandidat lasik seperti pemeriksaan refraksi, pengukuran tekanan intraocular, topografi (pemetaan) kornea, produksi air mata, ketebalan kornea, specular microscope, pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan mata secara fisik.

Beberapa temanku pernah melakukan tindakan lasik. Pasien akan diberikan obat bius topical dalam bentuk obat tetes mata. Jadi ga disuntik lho. Pasien pun tetap sadar selama prosedur berlangsung. Di KMN EyeCare, sekitar 20 menit lasik bisa selesai dimulai dari oasien masuk hingga meninggalkan ruang operasi. 

Syarat Menjadi Kandidat Lasik

Keberhasilan lasik bergantung pada pasien itu sendiri. Seseorang yang ingin lasik mata harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter sesuai prosedur untuk menentukan apakah dia bisa menjadi kandidat lasik atau tidak. Jadi ga sembarangan tiba-tiba dilasik matanya, teman-teman. Berikut adalah beberapa persyaratan menjadi kandidat lasik:

  • Telah berusia 18 tahun atau lebih
  • Memiliki mata yang sehat
  • Memiliki penglihatan yang stabil
  • Tidak sedang menyusui atau hamil
  • Tidak menderita diabetes
  • Menanggalkan softlens selama 2 minggu sebelum operasi
  • Menanggalkan hardlens selama 3 minggu sebelum operasi

Pemulihan Mata

Setelah menjalani lasik, pasien harus mengikuti prosedur adaptasi mata dengan penglihatan baru seperti tak boleh menggosok mata, pakai make up di area mata, hindari debu dan membiarkan air masuk ke dalam mata. 

Proses penyembuhan lasik bersifat objektif dan bergantung pada kondisi tiap pasien. Secara umum kira-kira 2-3 jam setelah lasik, penglihatan agak berkabut dan rasanya kurang nyaman. Setelah 24 jam ketajaman penglihatan akan meningkat tetapi masih terasa efek seperti lingkaran cahaya. Nah, setelah 1 minggu, mata akan melihat lebih tajam lagi namun masih belum stabil. Setelah dua minggu dan seterusnya pasien sudah dapat melihat dengan normal dan nyamandengan ketajaman penglihatan lebih tinggi. 

Biaya Lasik

Biasa dibilang biaya lasik itu ga murah, tetapi kata “mahal” juga relatif ya. Biaya lasik sangat tergantung pada teknologi yang digunakan. Begitu pula dengan kualitas pelayanan dan fasilitas yang disediakan rumah sakit atau klinik. Sebaiknya teman-teman cari tahu terlebih dahulu soal ini sebelum melakukan tindakan lasik. 

Merawat mata merupakan sebuah investasi. Apalagi jika telah terlalu lama pakai kacamata maupun lensa kontak, kemudian dapat terbebas dari ketergantungan, tentu biaya lasik tak bisa diukur dengan uang. Oh ya, aku cek biaya lasik di KMN EyeCare dengan komitmen untuk memberikan kualitas layanan terbaik dengan harga terjangkau, sebagai berikut:

  • Satu mata: Rp14.000.000
  • Dua mata: Rp28.000.000
  • Pemeriksaan pra lasik: Rp7.000.000

Biaya tersebut sudah termasuk biaya administrasi dan biaya pemeriksaan awal. Jadi biaya lasik untuk dua mata adalah Rp35.000.000 namun belum termasuk biaya konsultasi dokter. 

Teman-teman, sampai di sini dahulu penjelasan singkat mengenai tindakan lasik dan biayanya, khususnya di KMN EyeCare. Buat kalian yang niat melakukan lasik, silakan persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga sehat dan sukses selalu aamiin. 


40 comments:

  1. Jadi tau persiapan yang harus dilakukan sebelum menerima perawatan Lasik Mata ini. Selain itu, jadi tau jga biaya yang perlu dipersiapkan untuk mendapatkan perawatan Lasik Mata. Sempat membicarakan topik ini dengan pasangan beberapa waktu yang lalu. Niatnya sih segera, semoga bisa dikabulkan dan dilancarkan.

    ReplyDelete
  2. Salah satu syaratnya punya penglihatan stabil maksudnya apa mba? Soalnya mau lasik itu kan Krn memang penglihatan ga jelas.

    Kalo setelah LASIK ga bisa kena air, berarti wudhu tayamum dulu? Cuci muka juga gimana ya? 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stabilitas refraksi, kondisi kesehatan mata yang stabil dan perubahan hormon. Nah, yang cuci muka harus ditanyakan ke dokternya langsung :)Tayamum kayaknya. Aku juga lagi cari info nih buat Fakhri. Tq mbak Fanny :)

      Delete
  3. Soalnya kalo cuci muka kan udh pasti air kena ke mata, walopun berusaha pejam mata.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih sharing dan infonya mbak. Menurut info yg sudah pernah lasik, katanya setelah lasik penglihatan jadi lebih jernih dan terang, ngg perlu pakai kacamata lagi ya.

    ReplyDelete
  5. Dari dulu pingin lasik biar bebas dari kacamata, tapi masih maju mundur karena takut 🤣🤣🤣 akhirnya sekarang mataku udh mulai plus, minusnya kayak ditutup hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang harus dipertimbangkan dan dipikirkan masak2 dan cari info sebanyak-banyaknya dulu soal lasik mbak. Good luck.

      Delete
  6. Wah, baru tahu aku tentang lasik, mbak. Menarik sih tapi biayanya lumayan jg hehe^^

    ReplyDelete
  7. Pernah dengar tentang lasik ini, bayanginnya ngeri. Tapi sekarang kan teknologi kedokteran sudah lebih modern dan canggih, insyaAllah lebih aman. Dan ternyata biayanya lumayan ya, sepadan untuk investasi kesehatan mata dalam jangka panjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepadan sekali. Iya, teknologi makin canggih dan banyak inovasi lasik 👍

      Delete
  8. Biayanya lumayab juga ya mbak. Ada sepupuku yg udah pernah nyobain lasik ini dari kecil matanya udh minus gede skr setelah tindakan lasik blas ga pake kacamata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah ya, bahagia banget pasti sepupu mbak 😍

      Delete
  9. Wah 2 Minggu penghilatan langsung tajam, dan gak sakit. Tertarik sih buat mataku yang minus, plus dan silinder. Tapi duh dua mata plus dokter dll bisa2 hampir 50 jutaan..kali ya ..
    Sehat itu mahal banget ya , Mbak .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Investasi kesehatan, bun. Insya Allah ada rezekinya aamiin.

      Delete
  10. Biayanya lumayan ya..tadinya mau mencoba untuk paksu tapi menurut dokter sudah tak perlu lasik lagi

    ReplyDelete
  11. Terima kasih informasinya bermanfaat banget untuk yang membutuhkan lasik untuk matanya, detail dan lengkap banget

    ReplyDelete
  12. Wah pas banget saya juga habis ikut talkshow soal Lasik
    Cuma karena waktu terbatas jadi ga bisa tanya tanya
    Akhirnya baca ini sedikit tercerahkan

    ReplyDelete
  13. Mbak, itu kan syaratnya meninggalkan softlens dan hardlens selama sekian minggu. Berarti pakai kacamata dulu, ya? Pengen sih buat anak saya. Dia lumaya tebel minusnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih detailnya bisa ditanyakan ke dokter saat konsultasi karena beda kondisi bisa beda juga treatment-nya.

      Delete
  14. Wow!
    Untung ikut sesi BW kali ini, jadi lebih teredukasi tentang operasi lasik mata dan ancang~ancang gambaran biayanya.

    Jadi sama seperti operasi lainnya, lasik juga punya resiko ya, jadi penting untuk mengetahui beberapa hal seputar Lasik sebelum menjalaninya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti dipelajari lebih lanjut mbak. Iya, supaya lebih yakin menjalani lasik :)

      Delete
  15. Oh sebelumnya ada pemeriksaan dulu yaa cocok untuk pengobatan lasik atau tidak karena ga semuanya bisa selesai dg lasik. Proses penyembuhan pun sekitar 1- 2 minggu jadi perlu luangkan waktu untuk kurangi aktivitas.

    ReplyDelete
  16. Impian banget bisa lasik.
    Sejujurnya, aku uda pingin lasik sejak masih kuliah dulu. Tapi, Ibu gak mengijinkan karena mungkin yaa.. teknologi Lasik kala itu masih ada plus minusnya. Kalau sekarang, bisa dengan mudah dan aman di KMN Eye Care karena pastinya studi yang dilakukan uda semakin banyak.

    Nuhun infonya, ka Nurul.
    Terbantu sekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami2, mak Lendy. Iya, teknologi zaman now makin canggih jadi ga worry ya :)

      Delete
  17. Ada harga ada kualitas yaa kak nurul.. jujurly aku masih ngeri-ngeri sedap sama operasi lasik hehe.. tapi dj Bandung ada rumah sakit lasik dan banyak banget yang rekomendasiin lasik center itu buat adikku tapi sampe skrv masib maju mundur ngumpulin niat dan biaya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget. Iya, butuh persiapan fisik, mental dan dananya hehehe.

      Delete
  18. Pengen juga bisa operasi lasik begini tapi kudu nabung banyak ya, mengingat gak murah. Pas kapan liat nikita willy juga operasi begini.

    ReplyDelete
  19. Ya lasik nih solusi apik ya untuk yang tak ingin pakai kacamata lagi tapi karena pakai prosedur operasi mungkin jadi pada takut padahal aman ya dan perawatan setelah operasi relatif mudah

    ReplyDelete
  20. Dari dulu kepingin banget operasi lasik, soalnya mataku minus dan silinder tapi aku paling nggak suka pakai kacamata karena bikin pusing dan pegel. Pakai softlens pun nggak jadi solusi. Sayangnya harus mundur teratur karena biayanya. Semoga nanti ada rezeki dan dimudahkan untuk bisa operasi lasik, yang penting udah tahu perkiraan biayanya dan do's & don'ts kalau mau menjalankan operasi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, insya allah dimudahkan operasi lasiknya ya mbak.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.