Daftar Isi [Tampilkan]

Doyan makan jengkol? Toss dulu dong! Sebagian besar masyarakat Indonesia mengenal jengkol sebagai bahan pangan. Walaupun tak semua orang tahan dengan bau dan rasanya, jengkol merupakan makanan yang lezat dan bikin ketagihan. Kali ini aku mau berbagi info tentang kedai serba jengkol yang enak banget, empuk dan beraroma sedap. 

 

Kuliner Republik Jengkol yang Enaknya Nampol Nurul Sufitri Travel Blogger
 

Bagi sebagian orang, mendengar nama jengkol mungkin langsung menutup mulut dan hidung. Pasalnya, makanan yang satu ini biasanya si pembuat gara-gara bau yang menyengat. Saking terlalu bau, banyak orang yang ga berani mencobanya walaupun penasaran.  

Bagi penyuka jengkol, bisa jadi menganggap makanan yang disantapnya kurang lengkap jika belum ada jengkolnya. Aku sendiri begitu menyukai semur jengkol buatan mamaku. Tetapi aku belum berani untuk memasaknya sendiri. Cukup menjadi penikmatnya saja hahaha.

Pertama kali aku mengetahui tempat kuliner serba jengkol ini adalah pada tayangan kuliner di televisi swasta. Adalah sebuah kedai makanan bernama “Republik Jengkol” yang memiliki dua cabang yakni di Kramat Jati dan Ciracas, Jakarta Timur. Rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 2012.

Sebenarnya sudah cukup lama aku ingin sekali mencicipi makanan di Republik Jengkol yang memiliki tagline ‘Sensasi Makan Jengkol Enak dan Tidak Bau’ ini. Mengajak suami dan anak-anak, eeeh belum terealisasi. Akhirnya aku ajak saja seorang teman baikku, mbak Ade Ufi yang juga gemar masak dan makan-makan hehehe. 

Pada 29 Juni 2022 sekitar pukul 10.30 WIB, dari rumahku di bilangan Jagakarsa, aku mengendarai mobil dan janjian bertemu dengannya di sebuah minimarket di depan Stasiun Tanjung Barat. Eeeeh penantian cukup lama, ternyata mbak Ade salah turun, malah di Stasiun Lenteng Agung wakakakak kocak ini. Akhirnya kelihatan juga batang hidungnya 😂

Lokasi

Republik Jengkol yang kami datangi berada di Jalan Kerja Bakti No. 16 Kramat Jati, Jakarta Timur. Jam buka kedai ini mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB hari Senin hingga Minggu, kecuali Jumat tutup). Nomor handphone yang bisa dihubungi adalah 0813-8691-7070. Adapun cabang Ciracas berlokasi di Jalan Raya Bogor KM. 24 No. 27 Jakarta Timur dengan nomor HP 0811-8009-008 belum kami kunjungi.  

 
Kuliner Republik Jengkol yang Enaknya Nampol Nurul Sufitri Travel Blogger
Lokasi Kedai Republik Jengkol Strategis di Sisi Jalan Raya

Kedai Republik Jengkol menjadi langganan para artis, lho. Patokannya mudah saja, berada di depan Masjid Attarbiyah, Pusdikkes, Kramat Jati. Memang ga tersedia area parkir kendaraan. Kebetulan di dekat kedai ada tempat bimbel GO yang cukup luas area parkirnya. Alhamdulillaah kami boleh menitipkan mobil sebentar untuk bisa menikmati menu-menu di sana. Si bapak petugasnya bahkan baik dan ramah.  

Hebat sekali sang pemilik Republik Jengkol ini, mengolah bahan dasar jengkol dengan telaten sehingga yang ga suka jengkol ga akan mengira ia mengonsumsi jengkol 😀 Ada nasi goreng jengkol, jengkol lada hitam, tongseng, semur, balado dan masih banyak lagi.  

Daftar Menu dan Harga

Berikut daftar menu dan harga di kedai Republik Jengkol (dapat berubah sewaktu-waktu):

  • Soto Betawi Rp 25.000,-
  • Tongseng Jengkol Rp 30.000,-
  • Jengkol Lada Hitam Rp 25.000,-
  • Jengkol Sambal Ijo Rp 25.000,-
  • Balado Jengkol Rp 25.000,-
  • Rendang Jengkol Rp 25.000,-
  • Semur Jengkol Rp 25.000,-
  • Nasi Goreng Jengkol Rp 20.000,-
  • Mie Goreng Jengkol Rp 20.000,-
  • Nasi Goreng Biasa Rp 15.000,-
  • Mie Goreng Biasa Rp 15.000,-
  • Bebek Jengkol Rp 25.000,-
  • Pasta Jengkol Rp 25.000,-
  • Nasi Balado Belut Jengkol Rp 30.000,-
  • Nasi Sambal Ijo Cumi Jengkol Rp 30.000,-
  • Nasi Sambal Ijo Ikan Asin Jengkol Rp 30.000,-
  • Nasi Ayam Goreng Sambal Gledex Rp 25.000,-
  • Nasi Puyuh Rica-Rica Jengkol Rp 30.000,-
  • Bakso Jengkol Rp 20.000,-
  • Nasi Putih Rp 5.000,-
  • Teh Manis / Es Teh Manis Rp 5.000,-
  • Jeruk Panas / Es Jeruk Rp 7.000,-
 
Kuliner Republik Jengkol yang Enaknya Nampol Nurul Sufitri Travel Blogger
Daftar Menu dan Harga di Republik Jengkol
 

Nasi Goreng Jengkol 

Aku dan mbak Ade sama-sama pesan nasi goreng jengkol pedas. Entah kenapa kok bisa satu selera hahaha. Kalau aku sih penasaran dengan cita rasa nasi gorengnya dengan jengkol pedas. Ini karena si bapak petugas parkir bimbel GO merekomendasikan bahwa menu yang paling enak  di Republik Jengkol menurutnya adalah nasi goreng jengkol. 

 

Kuliner Republik Jengkol yang Enaknya Nampol Nurul Sufitri Travel Blogger
Nasi Goreng Jengkol Pedas
 

Sajian pertama untuk mbak Ade, karena kebetulan dia yang pesan duluan. Sedangkan aku masih kebingungan, rasanya ingin mencicipi semua hahaha 😂 Nah, gemasnya, porsi nasi di piringku ternyata lebih banyak dibandingkan nasi mbak Ade wkwkwkw. Soal tingkat kepedasan, aku minta yang pedas banget, lebih pedas dibandingkan dengan nasi pesanan mbak Ade.

Saat nasi goreng jengkol disajikan, bau dan rasa jengkol yang pekat berganti dengan gigitan kenyal dari jengkol yang diolah dengan telaten oleh sang pemilik kedai. Potongan jengkol berbaur menjadi satu dengan si nasi goreng pedasnya. Asli lezatnya bukan main, aku suka sekali dan lahap makannya. 

 
Kuliner Republik Jengkol yang Enaknya Nampol Nurul Sufitri Travel Blogger
Menikmati Nasi Goreng Jengkol Bareng Mbak Ade Ufi

Jengkol Lada Hitam

Selain nasi goreng spesial, olahan jengkol yang paling laris adalah jengkol lada hitam. Teman-teman jangan bingung hihihi, ternyata selain daging maupun kepiting, jengkol juga bisa dimasak dengan bumbu lada hitam, lho. Terlihat sekali kuah berwarna hitam dengan taburan lada hitam giling kasar. Potongan jengkolnya pas disantap, ga kebesaran atau kekecilan.  

Untuk anak-anak dan mama papaku, aku pesan jengkol lada hitam, jengkol sambal ijo dan balado jengkol untuk dibawa pulang. Oh ya, ketika menikmati nasi goreng jengkol di kedai, minuman pilihan kami adalah es jeruk. 

 
Kuliner Republik Jengkol yang Enaknya Nampol Nurul Sufitri Travel Blogger
Jengkol Lada Hitam

Tips Jengkol Empuk

Aku baca di laman food detik, pemilik kedai Republik Jengkol, Fatoni, memilih jenis jengkol asal Jepara, Sulawesi dan Bandar Jaya Lampung. Supaya rasa jengkol tetap enak dan tak berbau, jengkol yang dipilih berbentuk bulat, bergelembung dan beratnya maksimal. Jika ukurannya besar namun gepeng, maka rasanya akan ada pahit-pahitnya. 

Ada tips agar jengkol bisa menjadi sangat empuk versi Fatoni. Rendam jengkol semalaman dan dimasak dengan panci bertekanan hingga 1 jam. Ini khusus untuk panci presto berkapasitas 7 kg. Maksud perendaman ini untuk membantu pengelupasan kulit jengkol sehingga sudah bersih ketika dimasak. 

 
Kuliner Republik Jengkol yang Enaknya Nampol Nurul Sufitri Travel Blogger
Kedai Republik Jengkol di Kramat Jadi Patut Dicoba 😋

Berbagai Manfaat Jengkol bagi Kesehatan

Kepandaian memasak jengkol dengan baik akan membuat baunya yang kurang sedap itu berkurang. Selain dapat memuaskan nafsu makan, jengkol memiliki kebaikan bagi kesehatan, yakni:

  1. Mencegah Penyakit Kronis. Jengkol mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh. Jenis antioksidannya adalah polifenol, flavonoid, terpenoid dan alkaloid. Radikal bebas menjadi salah satu pemicu penyakit kronis seperti kardiovaskular hingga kanker.
  2. Mencegah Penyakit Diabetes. Jengkol mampu menurunkan kadar dula darah setelah makan. Bahkan jengkol baik untuk mencegah penyakit diabetes dan mengendalikan gula darah pada penderita diabetes.
  3. Mencegah Sakit Maag. Ekstrak jengkol mengandung manfaat untuk mencegah masalah lambung.
  4. Mengurangi Peradangan. Eksrak daun jengkol memiliki sifat antimikroba. Sejumlah mikroorganisme yang terbukti mampu diatasi oleh ekstrak daun jengkol ini termasuk Staphylococcus aureus, Staphylococcus epidermis, dan Microsporum gypsum. 
  5. Mencegah Anemia. Kandungan zat besi pada jengkol cukup banyak sehingga dapat membantu mencegah anemia.

Tips Aman Makan Jengkol

Selain banyak manfaatnya, jengkol juga dapat membahayakan kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Makan jengkol secukupnya saja supaya kita terhindar dari keracunan jengkol (Peristiwa yang langka). Jengkol mengandung nitrogen yang cukup tinggi sehingga berisiko menimbulkan gangguan fungsi ginjal dan masalah pada sistem perkemihan. Adapun gejala keracunan jengkol diantaranya adalah nyeri perut, anyang-anyangan, kencing berdarah, dan tekanan darah tinggi.

Bagi teman-teman penggemar jengkol, Republik Jengkol wajib disambangi ya.  Berbagai pilihan menu jengkol tersedia di sini. Pastinya bakalan memuaskan hati dan memanjakan perut. Menurutku, rasa jengkolnya enak, teksturnya empuk dan benar-benar tak beraroma bau, lho.

https://food.detik.com/rumah-makan/d-3571155/republik-jengkol-penggemar-jengkol-di-sini-ada-jengkol-ikan-asin-dan-lada-hitam-yang-sedap
https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-jengkol-untuk-kesehatan/


80 comments:

  1. Saya tertarik menu nasi goreng jengkol. Tak pernah makan dan ingin mencuba. Jengkol memang sedap. kami biasa rebus hingga empuk dan makan dengan kelapa parut.

    ReplyDelete
  2. Dulu ya mba aku ga suka blaaas jengkol. Nyentuh aja ga mau 😄. Padahal mama ku doyaaan banget.

    Tapi jadi berubah pas kerja, waktu ditempatin di cabang mangga dua, ada OB ku yg jago masak. Dan dia pinter bangr bikin olahan jengkol 😍😍. Di balado, rendang, semur, enak semua, juga ga bau 👍. Dari dia tuh aku jadi ketagihan jengkol Ampe skr 🤣.

    Duuuuh ini mau banget aku datangiiiiin. Suami sih untungnya bisa makan jengkol tapi ga doyan2 amat. Kalo ada menu lain, dia lebih milih yg lain . Jengkol lada hitam udh kebayang sih enak 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga awalnya engga suka karena baunya Mba. Eh Pas nyobain semur kok enak ya, engga terlalu bau sih. Ngolahnya berarti bagus. Hehe ... Selama ini makan nyicip aja jarang full banyak makan jengkol. Bikin juga belum pernah. Cuman nyicip aja kalau mama bikin..

      Delete
    2. Wah, keren banget kepiawaian si OB meramu jengkolnya, mbak Fanny jadi doyan deh hehehe. Iya, jengkol lada hitam enak banget tuh. Kudu ke Republik Jengkol kapan2 ajak suami :)

      Delete
    3. Mbak Lia, semur jengkol tuh enak banget ya. Kadang ditambahin kentang hhmmm maknyuzzzz.

      Delete
  3. Wah aku bukan oenyuka jengkol. Tapi aku lihat gak semua jengkol ya, ada soto betawi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe :D Kemon dicoba dong bun, jengkolnya.

      Delete
  4. Sekilas itu jengkol di nasi gorengnya jadi kayak bakso deh hahaha. Aku bukan penyuka jengkol sih tapi republik jengkol ini menarik banget tempatnya, ibuku pasti seneng sih diajakin ke sini secara suka banget sama jengkol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya :D Menarik banget dong. Mamanya ajak deh, pasti seneng :D

      Delete
  5. Aku termasuk yang ga mau coba walau penasaran.
    Warungnya sederhana, porsinya banyak dan rasanya lezat. Layak banget sih diicipi suatu saat.

    ReplyDelete
  6. Ternyata jengkol banyak juga manfaatnya yaaah, tapi aku termasuk yang gak tahan kalo makan jengkol nih mbak. Mungkin kalo gak dikasih tahu kalo itu jengkol aku baru berani makan deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya :) Wkwkwkwkwkwk, berarti jangan dikasih tau dulu :D

      Delete
  7. Aku bayangin nasi goreng jengkol super pedes pesenan Mba Nurul pasti mak nyosss sedapnya. Jujur aku enggak biasa makan jengkol. Karena di kampungku di Kediri, Jatim, saat ku kecil ga ada. Kami makannya pete, banyak pohon pete di sana. Nah, aku tahu jengkol saat pindah ke Jakarta, tapi sampai kini cuma icip aja belum pada fase menikmati...Mungkin harus ke Republik Jengkol dulu ya biar makin kenal dekat dengan jengkol...hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedeppp pissan, mbak Dian! Hihihihi....Oh, di Kediri banyak banget petai ya, seru juga. Enak loh makan jengkol :) Iya hahaha kuy lah ajak anak2 dan suami makan siang di Republik Jengkol!

      Delete
  8. Wah, kedai Republik Jengkol ini bener-bener bikin penasaran juga, hahaha... sebagai orang yang tidak suka jengkol jadi penasaran juga nih, menu-menu jengkolnya variatif banget ya, enggak kalah sama menu kekinian yang macam-macam rasanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayoook, biar ga kepo buruan disambangi kedainya.

      Delete
  9. Lohhh kok ternyataa faedahnya banyaakkk

    AUto muupeeenggg buat nyobaiin.
    kebayanh sedapnyaaa
    p

    ReplyDelete
  10. walaupun namanya Republik Jengkol tapi ada juga menu pilihan non jengkol ya.. hehehe kebetulan aku memang belum pernah icip jengkol nih mba

    ReplyDelete
  11. Ya Alloh ya Rob...aku pecinta jengkol pake banget...belom sama temannya petaai xixixixi

    itu nasgor alamak bikin ngiler parah...apalagi kalau bisa request pedesnya..tapi kalau aku bisanya level nol mba nurul alias level pedes baby hahahhaha...ga kuat aku kalau pedes pedes...takut sakit perut

    kapan kapan aku harus ajak keluarga makan di sini sih...soalnya deket ma rumah sodaraku nih hahahhah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gituuu Mbul wkwkwkw :D Iya, pas buka aja udah stand by di sana biar ambil posisi uenak haha :D Enakan jengkol pedes loh :)

      Delete
  12. Aku belum pernah makan jengkol, mba. Tapi bagi penikmat jengkol ini bisa jadi pilihan terbaik. Aku kalaupun kesini bakalan coba beragam menu yang ditawarkan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu coba beberapa variannya biar puas hahaha :)

      Delete
  13. Aku jarang makan jengkol. Gak tahan dan takut bau nya. Eh ternyata ada Republic Jengkol ya. Jadi penasaran nih. Kayaknya dekat juga nih Kramat Jati dari rumah. Kapan kapan coba ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan kalau di Republik Jengkol, jengkolnya ga bau :)

      Delete
  14. Dulu banget gak suka jengkol. Sampai akhirnya jadi penggemar jengkol, bisa masak jengkol.
    Kalau ada sisa jengkol matang sering saya buat nasi goreng. Kalau di kalimantan ada menu jengkol rebus dicolet dengan santan kental (seperti pare), biasanya jadi kudapan. Kalau saya lebih suka dimasak bumbu. Etapi, belum kepikiran bikin jengkol lada hitam. Patut dicoba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaaap! Wah, kreatif banget ya. Aku juga lebih suka dibumbui pedas atau manis disemur.

      Delete
  15. wah wah wah wah.... serba jengkol ya menunya, istri saya suka ini. Kalau saya g pernah makan jengkol. hehe

    ReplyDelete
  16. Naaah ini nih rakyat Republik Jengkol, duo mama cantik yang kompak teruuuus.

    Dari tulisan ini jadi tahu ada rumah makan jualan masakan jengkol enak. Recommended banget ya buat penggemar jengkol. Aku bukan penggemar, tapi kalau diajak makan aku bisa. Ga anti tapi bukan fans berat.

    Kalau yang aku tahu, buat ngatasi mulut bau bekas jengkol dengan cara minum kopi mbak. atau kumur-kumur pakai air kopi anget. Hilang baunya.

    Kalau toilet sih paling pakai karbol ya. Karena pasti ninggalin bau kalau kencing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe :D Iya, enak banget, rasanya cocok di lidah dan jengkolnya ga bau :) Wkwkwkwkkw.

      Delete
  17. Saya suka jengkol, meski kadang makannya harus pilih-pilih dulu waktu yang tepat, hihihi... Cuma enggak kebayang itu gimana rasanya ada menu pasta jengkol juga, hihihi...

    ReplyDelete
  18. Sampai sekarang belum pernah makan jengkol. Tapi aromanya sih aku tidak ada masalah ahahahah

    ReplyDelete
  19. Ini list menunya sungguh menggoda. Kreatif sekali pemilik rumah makan Republik Jengkol. Ada variasi menu tinggal pilih yang kita suka dan mau. Mana harganya ituuuu, terjangkau sekali!

    ReplyDelete
  20. kalau orang banjar jengkol ini tahunya cuma dijadiin jaring gitu mbak namanya. jadi dia direbus trus dikasih saus kelapa. kalau dibikin semur atau masakan lainnya jarang banget ada yang makan. he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya mbak? Makin bervariasi aja masaknya ya keren!

      Delete
  21. Sebagai orang yg tingggal di Jawa timur, aku g pernah ngerasain makan jengkol
    Pernah makan sekali saat merantau ke Jakarta, menurutku seperti kentang rasanya hanya memang lebih menyengat
    Suamiku doyan banget sama jengkol mbak, untung di warteg Surabaya sekarang mulai banyak yg menyajikan jengkol
    Pasti suamiku HEPI banget nih kalau diajak ke Republik Jengkol ini
    Next kalau jalan jalan ke Jakarta aku akan mampir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kentang yang unik yach hahaha :D Warteg2 banyak yang menyajikan masakan jengkol sih. Kuy, kapan2 dimampirin kedainya.

      Delete
  22. Salah satu makanan lezat yang pernah ada. Orang Indonesia memang jago sih mengolah jengkol menjadi aneka masakan yang lezat dengan bumbu yang bermacam ragam. Nikmatnya emang ngga tergantikan kalau sudah suka.

    ReplyDelete
  23. Weh ada berbagai masakan jengkol termasuk nasi goreng. Jadi penasaran karena aku suka makanan berbau ini. Untuk masak, biasanya aku beli sudah rebusan. Jadi tinggal dibikinin bumbu aja. Kalau dari menahan, biasanya Ibuku yang olah

    ReplyDelete
  24. Balado jengkol, duh bikin boros nasi. Suka juga sih sama nasgor jengkol, enak dan jangan lupa tambahin cabe rawit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, nasi panas bisa 2 porsi bahkan lebih :D

      Delete
  25. Seumur umurr belum.pernah makan jengkol 🤭 orang jawa banget kayaknya ga dikenalin jengkol dan menganggap makanan yg bikin bau. Stigma itu sdh terngiang2 di kepala jd pete jengkol gak pernah maak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, jangan sampai nyesel mbak wkwkwkwkw :D Suatu hari pasti suka dan ketagihan wkwkwkwkk.

      Delete
  26. Seketika saya langsung ngiler baca ulasan tengang kedai Republik Jengkol. Ingin ikut nyicipin nasi goreng jengkol dan jengkol lada hitamnya. Itu bisa bikin nasi nambah terus.

    ReplyDelete
  27. Aku bukan penggemar jengkol, tapi gak nolak juga kalo disuguhi menu jengkol. Baca postingan ini kok jadi penasaran ya pengen cobain jenkol lada hitam. Kayaknya enak..

    ReplyDelete
  28. Masya Allah, kulinerannya ya 😀 Diriku tau Rep Jengkol ini dari Mas Rahab Kompasiana. Dulu pas doi punya event food blogger, sampe kita ledekin, "Makan jengkol ye, boss?" 🤣

    Kalo di kampung ini, jengkol juga gak bau nyengat. Gak perlu di-apa2in. Cukup rebus aja pake sedikit garam, biar gak hambar, 30 menit. Atau dimasak gulai kan 30 menit matang.

    Ai gak gitu doyan. Kalo mama masak aja, makan. Kalo di luar gak berani. Masih kebayang jengkol bau 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha :D Oh, ada caranya tersendiri ya mantap Nit :)

      Delete
  29. Wah wajib banget dikunjungi ini
    Varian menu jengkolnya bikin lapar semua. Keren ih idenya membuat beragam olahan jengkol kayak gini. Pokoknya masuk list kunjungan wisata kuliner deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okay, selamat mencoba kuliner Republik Jengkol :)

      Delete
  30. salah fokus ngeliatin mbak Nurul dan mbak Ade, kok mirip banget sih. kirain mbak Nurul makan sama kakak atau adiknya hihihi btw porsi nasi goreng jengkolnya besar juga yaa. Mantap dah makan di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha kayak kakak beradik ya :D Mantap dong. Yuk kapan2 ikutan maksi jengkol!

      Delete
  31. Jengkol di Bandung ini femeeess sekalii...
    Aku yang gak bisa masak suka dikirimin tetangga, alhamdulillah~
    Di sini makan jengkol sama berharganya seperti makan daging. Seneng yaa.. Kalay ada kuliner enak, makan jengkol menjadi endolitaa di Republik Jengkol.
    Menunya beragam, sesuai keinginan banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yaaa? Kapan2 dari Bandung kudu mampir yaaaa biar dine in lebih afdol hahaha :)

      Delete
  32. Kebayang nikmat banget nasi goreng jengkolnya... Pedesnya juga nendang banget itu ya, cabai rawitnya melimpah......

    ReplyDelete
  33. Duuhh aku ngiler lihat menu-menu jengkolnya, mana harganya juga ga mahal, nasi goreng jengkolnya sampe berasa kecium aromanya sampe sini dong hihi

    ReplyDelete
  34. Mbakkkk, tolonggg bungkusin 3 ya. Aku pecinta jengkol nih, apalagi kalo dimasak buat campuran nasi uduk. Adudu itu nasgornya mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, apa mau 10 bungkus jadinya? Wkwkwkwkwkwk :D

      Delete
  35. aku belum pernah tau tanaman jengkol kayak apa, dan wujudnya seperti apa :D
    di Jember juga jarang dan hampir ga pernah denger orang masak jengkol, mungkin kalau pete masih umum disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting tau rasanya aja udah cukup mbak hahahah :D Kuy, kapan2 pas ke Jakarta dimampirin nih kedainya :)

      Delete
  36. aku tim belum pernah makan jengkol, baru pete aja sama pare. hahaha
    makan di republik jengkol sambil uji nyali, cocok apa ga rasa dan aromanya heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk lah Helena uji nyali di sini, yang pedes sekalian ya :D

      Delete
  37. Aku sampai sekarang belum berani makan jengkol hahahaha. Setelah nikah baru naik tingkat ke pete aja. Nanti kalau sudah berani, aku mampir sini ah hihi.

    ReplyDelete
  38. republik jengkol di jalan kerja bakti ini dekat rumahku mba Nurul. tapi malah belum sempat icip ha3 ...thanks ya liputannya bikin ngiler deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya, mbak Dewi? Wah, kapan2 kita bisa meet up di Republik Jengkol kalau gitu :D Sama2.

      Delete
  39. Sebagai pecinta jengkol harus banget neh coba. Aduhh.. Padahal deket kantor neh, bisa mampir bentar pas makan siang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayok mbak, besok dimampirin nih Republik Jengkol. Jangan lupa bungkusin buat orang rumah hahaha 😀😀

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.