Daftar Isi [Tampilkan]

Bersama Travel Jakarta Bandung, Temukan Destinasi Tersembunyi di Kota Kembang

Siapa sih yang tidak suka kalau traveling ke Kota Kembang alias Bandung? Suasana sejuk, banyak tempat wisata kekinian, surganya wisata kuliner, penduduk yang ramah, hingga akomodasi mumpuni untuk berangkat ke sana, termasuk salah satunya Travel Jakarta Bandung.

Wisata Tersembunyi Cititrans Travel Jakarta Bandung Nurul Sufitri Travel Blog
 

Bagi warga ibu kota Jakarta, Bandung selalu menjadi destinasi favorit untuk melepas penat. Waktu tempuh dari Jakarta ke Bandung hanya sekitar tiga sampai empat jam saja. Nah, buat teman-teman yang sudah terbiasa ke Bandung saat liburan, pastinya mau dong dapat rekomendasi tempat wisata terbaru.

Kalau destinasi wisata atau kuliner hits sudah lengkap, ternyata Bandung menyimpan tempat indah yang tersembunyi, lho. Tak sampai dua jam perjalanan dari Kota Bandung, kita bisa sampai ke lima destinasi berikut ini. Saat menuju Kota Kembang, pastikan kita menggunakan transportasi aman dan nyaman seperti Travel Jakarta Bandung ya! 

 
Wisata Tersembunyi Cititrans Travel Jakarta Bandung Nurul Sufitri Travel Blog
Museum Konferensi Asia Afrika Bandung


Wisata Tersembunyi Cititrans Travel Jakarta Bandung Nurul Sufitri Travel Blog
Wisata Kota Kembang Bandung

5 Destinasi Wisata Tersembunyi yang Wajib Dikunjungi

Dengan konsep pool to pool atau tidak berhenti sepanjang perjalanan, teman-teman bisa sampai tujuan tepat waktu. Pool yang dimiliki jenis layanan transportasi ini juga terbilang strategis dan mudah dijangkau. Sudah penasaran apa saja sih destinasi wisatanya? Yuk, simak artikel di bawah ini! 

Bukit Moko

Mulai dari melihat matahari terbit sampai menyaksikan indahnya taburan bintang, Bukit Moko memang jadi destinasi wisata yang tepat! Bagaimana tidak, suasana romantis dan eksotis bisa dengan mudah didapatkan di sini. 


Wisata Tersembunyi Cititrans Travel Jakarta Bandung Nurul Sufitri Travel Blog
Bukit Moko (Foto: Hipwee)

 

Bukit Moko berada di area Cimenyan, Bandung. Dengan ketinggian sekitar 1500 meter dari permukaan laut, keindahan Kota Bandung bisa terlihat jelas. Tak hanya melihat sunrise dan menikmati puncak bintang, di sini kita bisa mencoba trekking dibawah hutan pinus yang berbaris rapi.

Bukit Moko sendiri dulunya berasal dari Kawasan Hutan Pinus yang akhirnya resmi dibuka secara umum sejak 2014 silam. Buat kalian yang mau menginap, juga tersedia camping ground dengan menyewa tanda dan kayu bakar.

Tebing Gunung Hawu

Kawasan Padalarang punya segudang wisata tersembunyi yang jarang wisatawan tahu. Seperti, Tebing Gunung Hawu. Puncak Tebing Gunung Hawu merupakan perbukitan yang terbentuk dari kapur. Tak heran bila disandingkan mirip Natural Bridge di Virginia, Amerika Serikat. 

 
Wisata Tersembunyi Cititrans Travel Jakarta Bandung Nurul Sufitri Travel Blog
Tebing Gunung Hawu (Foto: Republika)


Di Tebing Gunung Hawu, kita wajib menyaksikan sunrise yang tidak kalah cantiknya dengan Gunung Bromo dan Dataran Tinggi Dieng. Selain melihat matahari terbit, lakukan juga aktivitas menelusuri gua sedalam puluhan meter dan mencoba panjat tebing di ketinggian 15 meter atau 26 meter.

Memacu adrenalin banget bukan? Sama seperti Bukit Moko, Tebing Gunung Hawu juga cocok dijadikan tempat untuk berkemah tak biasa, yakni di tengah kedua batu terdapat hammock yang diikat tali. Untuk keamanan, tenang saja sudah ada pihak profesionalnya ya!

Stone Garden Citatah

Nah, kawasan Padalarang juga punya Stone Garden Citatah yang terletak di Gunung Masigit, Citatah, Kabupaten Bandung Barat. Destinasi wisata ini ternyata merupakan sebuah kawasan atau area pertambangan kuno. Namun, pemandangannya yang eksotis membuat Stone Garden Citatah berubah menjadi Geopark atau cagar budaya yang dilindungi pemerintah. 

 
Wisata Tersembunyi Cititrans Travel Jakarta Bandung Nurul Sufitri Travel Blog
Stone Garden Citatah (Foto: Inews)


Serunya di sini, kita bisa mencoba naik tebing-tebing batu yang aman dilakukan pemula. Setelah memacu adrenalin, manfaatkan juga berbagai spot foto instagramable, seperti Jembatan Pelangi yang berfungsi menghubungkan dua tebing. Soal waktu terbaik menuju Stone Garden Citatah, yaitu pagi atau sore hari. Pasalnya minim pepohonan di sini akan membuat kita merasa panas pada siang hari.

Hutan Pinus Batu Kuda Manglayang

Bergeser ke Bandung Timur, Hutan Pinus Batu Kuda Manglayang juga menjadi destinasi tersembunyi yang dimiliki Kota Kembang. Bertempat di Kampung Cikoneng, Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung, Kawasan Wisata Batu Kuda dikelilingi hutan pinus yang sejuk dan berada pada ketinggian 1818 meter di atas permukaan laut (mdpl). 

 
Wisata Tersembunyi Cititrans Travel Jakarta Bandung Nurul Sufitri Travel Blog
Wisata Batu Kuda Manglayang (Foto: NativeIndonesia.com)


Mitos penduduk setempat, batu kuda dianggap jelmaan kuda sembrani yang digunakan Eyang Layang Kusumah dan penguasa gaib Gunung Manglayang yang merupakan istrinya. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga, yaitu Botram, sebuah istilah Sunda yang merupakan piknik keluarga, berfoto ria, hammocking, hingga hiking. Fasilitas yang dihadirkan pengelola juga mumpuni lho, mulai dari lahan parkir, musala hingga MCK.

Gua Pawon

Terakhir, satu lagi wisata tersembunyi pada kawasan Padalarang, yaitu Gua Pawon. Berlokasi di Desa Gunung Masigit, Cipatat, Padalarang, Gua Pawon merupakan arsip sejarah yang bernilai sangat tinggi sehingga harus dilestarikan. Dilansir situs resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, berdasarkan penelitian arkeolog dunia, terdapat lima situs Manusia Purba dan salah satunya yaitu Situs Manusia Purba Gua Pawon. 

 
Wisata Tersembunyi Cititrans Travel Jakarta Bandung Nurul Sufitri Travel Blog
Gua Pawon (Foto: goodnewsfromindonesia.id)


Konon katanya, gua ini juga lekat dengan cerita rakyat Sangkuriang, di mana Dayang Sumbi pernah tinggal di dalamnya. Pada sisi gua, terdapat beberapa lubang atau kamar yang dipercaya peneliti merupakan tempat tinggal manusia bersejarah. Di sini, wisatawan bisa menikmati pemandangan gua yang indah.


Bersama Cititrans Travel Jakarta Bandung, Jelajahi Semua Destinasinya

Mau perjalanan ke Bandung aman dan nyaman? Pilih pelopor travel executive, Cititrans yang telah berkomitmen lebih dari 15 tahun. Selama pandemi Covid-19, Cititrans menerapkan protokol kesehatan ketat, yaitu wajib memakai masker, physical distancing atau jaga jarak antar penumpang. 

 
Berwisata Tersembunyi dengan Cititrans Travel Jakarta Bandung Nurul Sufitri Blog Lifestyle
Mobil Cititrans Travel Jakarta Bandung

Berwisata Tersembunyi dengan Cititrans Travel Jakarta Bandung Nurul Sufitri Blog Lifestyle
Kursi dan Interior Cititrans Travel Jakarta Bandung
 

Di dalam armada dari 8 kursi hanya diisi oleh 6 penumpang, serta ruang tunggu pool dan armada disterilkan dengan disinfektan dan sinar UV secara rutin. Benar-benar terjaga keamanan dan kenyamanan berwisata dengan Cititrans, bukan? 

Pesan tiket sekarang melalui www.cititrans.co.id, aplikasi Cititrans yang telah tersedia di Apple Apps Store dan Google Play, atau 24 Hours Call Center di nomor 021-79171717 dan Whatsapp Virtual Assistant Bebi di nomor 081117941234. Yuk, agendakan berwisata ke lima destinasi tersembunyi bersama keluarga tercinta dan handai taulan!



88 comments:

  1. Sekarang makin banyak transportasi yang bisa dipilih buat bepergian. Bikin pengguna makin bisa lebih leluasa menentukan opsi perjalanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Pakai Cititrans bisa jadi pilihan oke :)

      Delete
  2. Ternyata banyaakkk banget hidden gem yg bisa di-explore kalo cus ke Bandung yaa

    Beneran deh, BDG nih kagak ada matinyeee
    pengin bgt lebaran ini main2 ke rumah sodara di BDG.
    Naik cititrans udah paling bener bangett dah, mupenggg!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaks hehehe :) Banyaaaakkk..siap2 jalan2 ke Bandung nih :D Main ke tempat wisata tersembunyi asyik!

      Delete
  3. Duh penasaran deh sama Stone Garden Citatah dan Hutan Pinus Manglayang. Tahun 2015 pernah ke Jakarta dan Bandung, bolak baliknya ya pakai armada Cititrans ini. Ya ampun itu pertama kalinya saya ke Jakarta dan Bandung, plus pertama kali juga naik travel. Nyaman euy.. Jadi pengen ke sana dan pakai Cititrans lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Seru amat pasti cerita jalan2 Jakarta-Bandung pakai Cititrans ya mbak Andy :D

      Delete
  4. Bagus-bagus banget wisata tersembunyi di Bandung ini mbak. Ternyata bandung nggak cuma kaya wisata belanja ya, kaya wisata alam juga.

    Saya pernah naik cititrans rute malang-surabaya, nyaman banget. Kemarin itu penumpang cuma dua orang, tapi tetap berangkat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren mbak Nanik udah nyoba jalan2 naik Cititrans :)

      Delete
  5. Emang Bandung makin banyak tempat yang bisa di-eksplore yah mbaaak,
    Selain kuliner yang asyik, belanja2, tempat wisatanya juga seru kok

    Makin nyaman berwisata pake Cititrans yah, tinggal duduk enak aja langsung dianter deh

    ReplyDelete
  6. Keren banget objek wisatanya. Semoga bisa ikutan mengunjungi. Instagramable banget yang jelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agendakan deh mau kapan wisatanya hehehe. Ajak2 ya :D

      Delete
  7. Bandung memang nggak ada matinya yaa kalau soal tempat wisata apalagi diulasannya ini tempat wisatanya itu berhubungan langsung dengan alam. Selain sebagai tempat healing bisa juga sebagai tempat untuk bertadabur alam juga. Travel Citirans terlihat sangat nyaman dan bersih yaa dan sangat mematuhi protokol kesehatan jadi aman banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa. Betah pula kalau udah berada di Bandung ya. Sekarang kita cobain hidden gems nya deh :) Betul, taat prokes tuh Cititrans.

      Delete
  8. Dari semua yang disebutkan belum pernah ada satupun yang aku kunjungi.Biasanya aku ke Bandung jalan-jalan di kotanya saja.Padahal banyak destinasi menarik yang wajib dikunjungi.Btw untuk Tebing Gunung Hawu kalau kita mau ikut permainan yang menguji andrenalin bayar berapa mom? kalau didampingi profesionalnya aku berani,hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk panjat tebing per orangnya dikenakan biaya 100K. Ada juga 400K untuk bertiga. Silakan cek lebih lanjut siapa tau ada perubahan :)

      Delete
  9. dari destinasi tersembunyi ini kalau aku penasaran sam bukit Moko, karena udah lama juga pengen kesana tapi belum terlaksana nih. Boleh juga nih beberapa destinasi lainnya untuk referensi nanti pas ke Bandung bersama keluarga atau sama teman-teman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, ajak teman2 dan keluarga mampir ke destinasi tersembunyi ini :)

      Delete
  10. wisata Bandung tidak ada matinya ya maak,selalu ada yang baruu jadi tidak bosen main ke Bandung. Malesnya cuma kalau kena macet hadewww...Makasih info travelnya seumur2 lom pernah naik travel ke Bandung kalau Semarang Solo pernah naik travel ketika SMA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kepengen main ke Bandung terus hehehe :) Iya sih sekarang muacettt hihihi.

      Delete
  11. Dari dulu aku penasaran banget ama stone garden & gua pawon mbak, tp skrg udah ada bocah kayaknya medannya ga ramah anak ya, ngeri2 cape gimana gitu bawa bocah kesana hehehe.

    Btw kursi travelnya keknya nyaman ya, ga kayak travel pada umumnya

    ReplyDelete
  12. Nah, Batu Kuda Manglayang tempat healing aku, kadang hiking, ngecamp atau muncak ke Manglayangnya.
    Atau sekedar duduk2 sambil nyemil indomi sama bakwan dan ngopi sambil dengerin suara alam dan ademnya huhuuy. Bikin mager ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren mbak, udah main ke mana2 ya mantap. Indomiean rame2 seru banget.

      Delete
    2. Ceu Nchie, aku mau tanya, Manglayang sama Cikole bagusan mana hutannya, Ceu?

      Delete
    3. MBak Vicky, bagus semua kayaknya, ada keunikan masing2 hahaha :)

      Delete
  13. Aman dan nyaman berwisata dengan Cititrans Jakarta - Bandung ya, enggak capek, tinggal duduk manis,sampai..
    Dan bisa pula mengunjungi 5 wisata tersembunyi yang ada...aku belum pernah semua duh!

    ReplyDelete
  14. Tebing Gunung Hawu ini keren sekali. Patut dicoba kalau liburan ke Bandung nih. Menantang begitu. Saya suka yang wisata menantang, itung-itung memacu adrenalin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deg2an banget pasti ya kalau bisa nmaik Tebing Gunung Hawu hihihii kabooorr... :D

      Delete
  15. Banyak banget pilihan destinasi wisata kalo ke Bandung ya. .😍

    Aku gak pernah ke Bandung tp suka baca2 begini. Ja pas suatu saat bs ke Bandung mungkin bs coba salah satu dr ini

    A

    ReplyDelete
  16. Duh Kangen berwisata nih mba kayak mba Nurul. Tapi pengen banget ke yang dekat-dekat seperti di Bandung ini. Aku penasaran juga maunya ke Bukit Moko mba. Teman pernah kesana dan nyaman. Aksesnya juga masih muda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk atuh agendakan main ke destinasi2 tersembunyi ini :D

      Delete
  17. Keren nih destinasinya kalau aku enggak berani ke tebing itu udah pasti ngos2an juga naiknya. Walau gitu zaman mudah kalau mendaki tetap aja seru sama teman-teman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha nikmatin dari bawah aja mbak kalau agak sulit naik tebingnya :)

      Delete
  18. Aku penasaran sama Gua Pawonnya nih Nurul, apalagi sebagai orang Sunda ya tahu cerita rakyat Sangkuriang.
    Seru sih ya jalan-jalan ke Bandung kalai pakai travel, aplagi cititrans ini aman & nyaman. Bagus juga sih kursinya ada 8 tapi cuma boleh diisi 6 penumpang jadi ga umpel2an siapa tau pulangnya bawa oleh2 banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, legendanya menarik banget Sangkuriang tuh :) Pakai Cititrans emang asyik ya jalan2 semakin seru :)

      Delete
  19. Wah asyik nih ke Bandung pake travel. Malah lebih praktis menurutku sih. Apalagi kalo ngajak keluarga ya. Sekalian bookingnya untuk satu keluarga.

    ReplyDelete
  20. WA beneran wisata tersembunyi ya. Penasaran sama semuanya apalagi nuansanya alam gitu. Lumayan bisa nambah asupan oksigen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, ga nyangka ya ada tempat wisata tersembunyi secantik ini?

      Delete
  21. Wahh emang seru ya mbak, KLO bisa jalan-jalan ke wisata tersembunyi seperti ini
    Kece kece, pas buat healing sejenak ya

    ReplyDelete
  22. Ya Allah,
    Cantiknya Hutan Pinus Manglayang.

    Aku suka banget kalau wisata Bandung memang banyakan ke explore alam.
    Trus pulangnya lapeerr, mampirlah ke wisata kuliner legends di Bandung.

    Ahooii~
    Naik travel andalan yang armadanya nyaman kaya Cititrans.

    ReplyDelete
  23. healing oh healing rasanya butuh sekali buat traveling menikmati keindahan alam dengan udara yang sejuk sambil kulineran

    ReplyDelete
  24. Tempat wisatanya banyak yang belum saya kunjungi. Kecuali Museum KAA ya, itu udah sering banget. Btw, kalau Cititrans emang udah langgananku. Asal gak dapat tiket kereta ke Jakarta. Atau kalau lagi malas ke stasiun, saya pilih naik travel karena agennya deket dari rumah, hehe. Tarif juga mayan murah dan cepet banget sampainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. OH ya mbak. Lebih nyaman juga bepergian menggunakan Cititrans :)

      Delete
  25. Aduuh.. dari dulu pengen banget ke Bandung tapi belum kesampaian.
    Destinasi di atas bisa jadi wishlistku nanti pas wisata ke Bandung.
    Kalo dilihat-lihat, lokasi antar obyek wisata agak jauh ya mba.
    Biar waktunya lebih efisien, mending pakai Cititrans

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agendakan jalan2 ke Bandung mbak, Senang pasti deh plus demen belanja hahaha :D

      Delete
  26. Merinding mba begitu ngebayangin mau kemah di tengah tebing batu, wooww banget. Gunung Hawu nih beneran memacu adrenalin, penasaran deh bisa ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, jarang2 ada model camping yang antimainstream gini. worth to try deh jika jalan-jalan ke arah sana yaaa..

      Delete
    2. Bagus ini siap2 deg2an hahaha :D

      Delete
  27. Aku tertarik yg gua Pawon dan tebing gunung Hawu mbaaa 😍😍. Adrenalin begitu yg aku suka.

    Udah lama banget ih ga ke Bandung. Trakhir kesana 2021 sbnrnya tapi ga kemana2, cuma di villa dan hotel Lembang hahahaha. Ntah kenapa Yaa tiap ke Bandung aku tuh mager bawaan. Jadi jarang kluar, biasa cuma di hotel 🤣. Makanya walo sering ke Bandung, tapi tempat wisata di sana aku ga banyak tahu 😅

    Cititrans ini langganan temen kantorku yg tiap weekend pulang ke Bandung. Baguuus ya dalamnya. Aku blm pernah naik travel kesana, slalu mobil sendiri. Tapi kalo bagus begitu , aku mau2 aja sih. Ga pengen naik travel yg terlalu rame dalamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya hawa Bandung itu dingin, walaupun ga sedingiiiin dan sesegar dulu hahaha. Udah banyak polusi dan wisatawan bererot pas weekend hhmmm. Cobain naik travel Cititrans deh biar seru bisa nikmatin perjalanan tanpa nyetir hehe :D

      Delete
  28. Dari beberapa tempat yang disebutkan diatas cuma tau bukit moko, beberapa yang lain masih asing banget. Mungkin karena gatau lokasinya dimana dan kurangnya referensi untuk bisa kesana, pake jasa travel seperti ini nih yang bisa mengantar ke tempat-tempat baru seperti ini yang jarang banget terjamah oleh pengunjung. Ternyata lokasi dan pemandangannya indah juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, coba ke Bandung dan sekitarnya menggunakan Cititrans. IYa indah banget :)

      Delete
  29. Ternyata banyak sekali lokasi tersembunyi yang super cakep. Mulai dari tebing teging yang mirip diluar negeri sampe hutan pinus yang segar menghijau seperti negara balkan. Indonesia memang super indah deh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, bang. Kayak di luar negeri ya padahal masih di Paris Van Java hehehe :D

      Delete
  30. Wah keren keren destinasinya ya Bu dan jadi pengin naik Cititrans yang armadanya bagus dan bersih. Terima kasih infonya Bu, semoga segera bisa berwisata ke Bandung di sisi yang lain. Salam sehat dan selamat beraktifitas.

    ReplyDelete
  31. Beneran wisata tersembunyi ini, mau ah bikin list buat dikunjungi kalau ke Bandung nanti. Dan ke sana pakai Cititrans Jakarta - Bandung saja biar aman dan nyaman perjalanannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, mbak Dian. Pakai Cititrans Jakarta - Bandung oek bangeeedd :D

      Delete
  32. Bandung begitu dirindukan nih, terakhir kali saat baru tamat kuliah deh main kesana. Duh, udara Bandung memang dirindukan yang sejuknya itu. Hmm, makin mudah aja nih kalo dari Jakarta ya bisa naik cititrans ini,kak. Sepertinya saat liburan nanti boleh juga deh cobain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah lama banget berarti ya mbak ga main ke Bandung :) Iya, makin mudah pakai Cititrans aja.

      Delete
  33. Eh mbak nurul. ketemu lagi. liat mobil travel di atas, kayanya udah hampir tiga tahun saya gak duduk duduk lagi di situ. hahaha. secara pandemi, hawanya mager. meski ada acara yang memungkinkan buat naik travel. dan karena masih takut covid, akhirnya jalan jalan ke kota terdekat aja, namun itu pun bawa mobil sendiri. Bandung memang keren kan mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Subhan :D Ntar dicoba deh naik CItitrans pas jalan2 ke Bandung. Iyaaa, memang keren Paris Van Java yach.

      Delete
  34. Aduh, Bandung. Pengin banget ke Bandung. Dan Memang menjadi salah satu kota yang ingn kukunjungi. Cantik-cantik dan banyak hidden germs nya ya.

    ReplyDelete
  35. Mantap Mba Nurul ... Destinasi nya malah belum pernah saya datangi hehehehe... Terdekat sepertinya main ke Manglayang. Mau dimasukan ke dalam list tempat yang mau dikunjungi ah terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan2 kudu jelajahin satu per satu hehehe.

      Delete
  36. Kota Bandung minim wisata alam. Untungnya tetangga deket (Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat) punya banyaaaak wisata alam. Untungnya lagi, Kota Bandung punya banyak destinasi wisata sejarah. Pokoknya, aku senang jadi warga Kota Bandung. Btw Mbak, kalo ke Bandung atuhlaaaah kabar-kabari. Kali aja kan kita bisa ketemuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget objek wisata Bandung sampai bingung mau yang mana dulu hahaha :D Iya insya allah kabar2i mbak.

      Delete
  37. Bandung tuh cakep banget emang yaa, udara segerr dan banyak tempat wisata. Saya dari dulu mau ke Bandung, tapi belum tercapai. Semoga nanti bisa dan mengunjungi tempat yang mbak rekomendasikan ini.

    ReplyDelete
  38. Pengen ke gua pawon nya nih, duh kangen traveling semenjak covid blm berani traveling jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelan2, ntar lama2 juga jalan2 jauh hehehe.

      Delete
  39. Jadi malu, hampir30 tahun di Bandung dan belum sempat ke lokasi-lokasi tersembunyi ini. Rekomendasi bagus nih buat nganterin temen-temen luar kota yang lagi main ke Bandung. Biar ngajaknya nggak kesitu-situ lagi ya. Nice sharing Nurul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes hihihih...Sip mbak sama2. Semoga kapan2 mbak Shanty bisa mampirin semua destinasi wisatanya ya.

      Delete
  40. Rumah mertua di bawah kaki gunung manglayang tapi belum pernah sama sekali ke batu kuda manglayang mudah2 weekend ini bisa mampir

    ReplyDelete
  41. Duh jadi pengen deh lihat Bandung dan wisata tersembunyi ini
    Saya belum pernah ke Bandung soalnya nih

    ReplyDelete
  42. Citatah ternyata terlihat indah dengan bebatuannya...
    Ada Cititrans nih yang bisa bawa ke lokasi asik di Bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, agendakan jalan2 ke Bandung naik Cititrans.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.