Daftar Isi [Tampilkan]

Wah, batal lagi deh pakai seragam sekolah yang sejak awal masuk tahun ajaran baru sudah dibeli tahun 2020 lalu! Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang telah direncanakan pun urung terlaksana mengingat kondisi pandemi yang semakin merajalela. Tetap semangat ya, keterbatasan pembelajaran dari sekolah jangan sampai menjadi momok menakutkan dalam mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).
 

Brain Academy by Ruangguru Bimbel Online Terbaik di Indonesia Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
 

Seragam sekolah memang tetap dipakai, khusus saat PJJ saja. Padahal anak-anakku sudah semangat 45 siap PTM di sekolah masing-masing. Teteh Rafa kini duduk di bangku kelas 10 SMAN 49 MIPA, sedangkan Fakhri di kelas 8 sains MTsN 4 Jakarta. Ya, mau bagaimana lagi, namanya situasi dan kondisi akibat Covid-19 belum pulih, malah makin parah.

Sebagai orang tua, aku dan papanya anak-anak berusaha memberikan semangat agar mereka tak putus asa dalam belajar online. Meskipun diakui sih, memang cukup sulit deh mata pelajaran untuk dipahami sebaik-baiknya. Alhamdulillaah, Rafa dan Fakhri terbilang mandiri melakukan PJJ di laptop maupun smartphone, mengerjakan PR, ulangan harian maupun ujian kenaikan kelas.

Dari laman sekolahmu, diketahui bahwa orang tua perlu memahami tujuan belajar anak dengan beberapa alasan. Pertama, punya panduan dalam menentukan cara mendukungnya. Kedua, dapat mengelola kembali harapan terhadap anak yakni masuk akal, sesuai dan bermanfaat. Ketiga, mendukung anak suka belajar dan siap menghadapi zamannya.

Mengapa begitu penting orang tua memberikan umpan balik terhadap proses dan capaian belajar anak? Karena umpan balik membantu proses berpikir dan belajar anak. Anak tak hanya 'disuapi' pengetahuan yang dapat anak konsumsi sendiri. 

Tentang Brain Academy by Ruangguru

Brain Academy by Ruangguru merupakan satu-satunya bimbel yang menawarkan kombinasi bimbingan belajar offline dan online di 29 kota di Indonesia. Brain Academy sebagai terobosan dalam bidang pendidikan dan pengembangan teknolgi belajar sangat diapresiasi oleh masyarakat. Kesulitan yang dihadapi saat membantu anak memahami materi sekolah atau menemani dan membantu anaknya belajar kini dapat diatasi dengan sangat baik.

Untuk Brain Academy online, pembelajarannya bersifat live interaktif dengan Star Teacher Master dan Klinik PR eksklusif untuk menyelesaikan tugas sekolah.

Layanan dan Cabang Brain Academy

Sama seperti Brain Academy Offline, layanan belajar Brain Academy Online dapat diikuti mulai dari kelas 4 SD sampai dengan kelas 12 SMA. Cabang Brain Academy yang tersedia secara offline antara lain di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara.

Perbedaan Brain Academy Online dan Offline

Brain Academy memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam pembelajaran, terutama di masa-masa pandemi seperti saat ini. Siswa bisa melakukan sesi tanya jawab soal lebih intens melalui aplikasi sehingga orang tua bisa tetap mempercayakan kualitas belajar anaknya. Jangan takut ribet karena gaptek, karena ada tim admin yang selalu siap membantu.

Perbedaan Brain Academy dengan Bimbel Lain

  • Kegiatan belajar mengajar di Brain Academy dikelola oleh pakar pendidikan terbaik yang telah mengajar dan dikembangkan materi belajar di berbagai negara di dunia maupun sekolah dan bimbel terbaik di Indonesia.
  • Brain Academy berkolaborasi dengan dengan orang tua untuk memantau nilai siswa. Di setiap sesi pertemuan, guru mendiagnosis kekuatan dan kelemahan siswa secara individual.
  • Guru-guru di Brain Academy. Program, kurikulum, dan teknologi di Brain Academy dikelola oleh pakar pendidikan terbaik yang telah mengajar dan mengembangkan materi belajar di berbagai negara di dunia maupun institusi pendidikan terbaik di Indonesia. 
  • Diajar oleh guru-guru terbaik. Guru diseleksi ketat, dari bimbel top, sekolah-sekolah favorit, dan lulusan PTN favorit. Guru dilatih dan terstandardisasi. 
  • Smart classroom. Fasilitas bimbel lengkap, modern, dan didukung dengan teknologi terkini. Gadget dan high-speed WiFi tersedia di kelas untuk mendukung pembelajaran digital.
  • Klinik PR hanya tersedia di jam kerja Master Teacher. Siswa dapat memesan slot klinik PR maximal 1 x 24 jam sebelum sesi klinik, dengan cara menghubungi admin untuk menginformasikan mata pelajaran dan jam yang diinginkan.


Siswa tak perlu khawatir jika ketinggalan pelajaran di sekolah maupun bimbel. Tersedia materi pengajaran melalui aplikasi Ruangguru. Selain itu, siswa juga bisa berinteraksi dengan guru secara langsung jika memiliki pertanyaan. Didukung oleh aplikasi tambahan khusus diagnostics test dan pendalaman materi HOTS yang diujikan di UN dan UTBK.

Brain Academy by Ruangguru Bimbel Online Terbaik di Indonesia Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog
Brain Academy Bimbel Online Terbaik dengan Master Teacher Berpengalaman

Keunggulan Bimbingan Belajar Brain Academy Online

1. Kelas Online Live Interaktif

Bimbel online dengan live teaching interaktif yang terjadwal bersama Star Master Teacher secara langsung via aplikasi dan desktop.

2. Klinik PR

Bimbingan belajar online dengan sesi Klinik PR untuk selesaikan tugas sekolah bersama Master Teacher secara eksklusif dalam grup kecil melalui video call.

3. Konseling Pendidikan

Konseling privat video online dengan guru wali dan disediakan juga laporan perkembangan anak untuk orangtua.

4. Modul Belajar

Bimbingan belajar online yang menyediakan modul lengkap untuk belajar 1 tahun yang dicetak dan dikirim ke rumah siswa.

5. Kelas Pengembangan Diri

Bimbel online dengan kelas tambahan seperti tips masuk PTN favorit, prospek karir, public speaking dan kreativitas.

6.Komunitas Diskusi Soal

Share berbagai latihan soal yang sulit dalam grup dan akan ada tutor serta teman dari seluruh Indonesia yang siap menjawab.

7. Klub Hobi Kekinian

Bertemu teman dari seluruh Indonesia dengan bergabung ke dalam lebih dari 50 klub hobi.

8. Tryout Ujian

Try Out Ujian dengan tipe soal terbaru untuk mempersiapkan siswa menghadapi ujian.

9. Paket Terbaru Brain Academy (Regular, Premium dan Elite)

10. Kelas Tambahan Gratis

Kelas ini merupakan kelas pengembangan diri di mana kesuksesan di masa depan membutuhkan lebih dari kemampuan akademis. Ada Critical Thinking, Communications, Problem Solving, Teamwork, Leadership, other skills.

 

Brain Academy by Ruangguru Bimbel Online Terbaik di Indonesia Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog

 

Brain Academy by Ruangguru Bimbel Online Terbaik di Indonesia Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog


Protokol New Normal Brain Academy Offline

  • Jaga jarak fisik antar orang minimal 1-2 meter.
  • Cek suhu badan.
  • Cuci tangan dan pakai hand sanitizer.
  • Tidak boleh berkerumun.
  • Kapasitas ruang belajar sesuai yang ditentukan.
  • Tidak diperkenankan untuk tetap berada di gedung Brain Academy apabila proses pembelajaran telah selesai.

Kunci Sukses Brain Academy

  1. Tes diagnostik di setiap sesi untuk mengukur kekuatan & kelemahan siswa.
  2. Sistem merekomendasikan materi belajar.
  3. Guru stand-by menjelaskan materi yang belum dipahami.
  4. Peserta bisa konsultasi di luar kelas (offline maupun online).
  5. Di rumah, siswa bisa belajar mandiri. 
  6. Semua materi (video, latihan soal, modul dan tryout) bebas akses 24 jam dari HP dan laptop.

Brain Academy by Ruangguru Bimbel Online Terbaik di Indonesia Nurul Sufitri Travel Lifestyle Blog

 
Menurutku, Brain Academy by Ruangguru ini mampu memutus jarak, ruang dan waktu untuk memuadahkan anak-anak selama PJJ. Sebagai orang tua, Brain Academy bisa menjadi solusi terbaik yang kesusahan membantu anak ketika PJJ, sehingga hubungan anak dan orang tua jadi lebih harmonis.

Selain anak memperoleh pengetahuan yang lebih dalam memahami beragam mata pelajaran, anak juga dapat mengembangkan diri di kelas tambahan secara gratis. Apalagi biaya belajar online maupun offline di Brain Academy lebih murah dibandingkan bimbel lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, daftarkan buah hati tersayang belajar di Brain Academy!


72 comments:

  1. Ruang guru seakan selalu memberikan solusi yang tepat saat pandemi. PJJ makin lama makin membuat jenuh peserta didik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senangnya ada solusi belajar online seperti Ruangguru ini :) Bisa membantu anak2 lebih memahami mapel di sekolah :)

      Delete
  2. Memang Brain Academy by Ruang Guru mampu memutus jarak, ruang dan waktu dan sangat memudahkan anak anak dalam mengikuti PJJ. Keren juga, solusi Pembelajaran Jarak jauh dengan adanya Klinik PR dan konseling pendidikan yang seringkali dibutuhkan anak anak dan orang tua. Terima kasih sharingnya Bu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, Pak Eko :) Betul sekali. Brain Academi sangat membantu anak-anak dan orang tua, sehingga belajar jadi lebih menyenangkan :D

      Delete
  3. Ruangguru ini keren banget ya mbak, produknya makin banyak, selalu berinovasi, promonya selalu menggiurkan, lumayan banget buat yg mau berlangganan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Fiturnya banyak dan berkualitas, harganya ramah di kantong :)

      Delete
  4. Makasih artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Kemarin ade baca di postingan nurul satu lagi tentang ruang belajar. Bedanya brain academy dengan ruang belajar apa ya, Rul? kan sama-sama dari Ruang Guru. Kalau dilihat dari keunggulannya, 2-2nya mempunyai keunggulan yang hampir sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. lah kok sama ya sama Ade,
      aku padahal udah baca berkali kali tapi masih belum mudheng banget.

      Tapi kalo ga salah sih Brain Academy ini jauh lebih interaktif dan menggunakan zoom meeting
      jadi anak akan merasa private

      Delete
    2. MBak Ade, kalau Brain Academy ini ada belajar offline dan online. Jadi kita bisa pilih gitu. Memang mirip2 sih fiturnya, namun Brain Academy tentu lebih banyak dan lengkap. Dari segi biayanya juga berbeda. Urusan PR dan tanya2 juga lebih oke. Pilihan belajar online-nya juga ada yang regular, premium dan elite dll. Silakan kunjungi aja website Ruangguru ya biar lebih jelas.

      Delete
    3. Mbak Tanti, Jawabannya sudah di atas ya, itu kelebihan Brain Academy. Masih banyak lagi sih. Iya, kalau mau lebih private tanya2 sama master teachernya anak bisa ikutan yang elite :D

      Delete
  6. Brain Academy bisa jadi solusi nih buat bantu belajar anak selama PJJ, jadi harmonis deh hubungan orangtua dan anak nanti. senangnya tersedia kelas tambahan juga untuk pengembangan diri ya..jadi yang dikembangkan bukan hanya sisi akademis tapi juga potensi si anak. Keren Brain Academy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuu banget :) IYa, dari segi mentalnya juga dipersiapkan di Brain Academy ini.

      Delete
  7. asik ya brain academy ini, dengan biaya segitu sudah dapat banyak sekali. sudah gitu enaknya ada tes diagnostik ya jadi jelas misal murid kurangnya dibagian mana aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Bisa diketahui deh si anak kurang di bagian mana, mana kelebihannya juga.

      Delete
  8. Brain Academy dari RuangGuru menjadi solusi dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Anak dan orang tua bisa sama sama tenang. Prestasi nilai tinggi pun tercapai

    ReplyDelete
  9. Keren banget sih Ruang Guru.. menyediakan layanan dengan menyesuaikan berbagai kebutuhan anak jaman sekarang. Apalagi udah jamannya gak perlu kesana-kemari les secara offline ya.. Tinggal buka gadget..beres urusan belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ALhamdulillaah ya. Udah ga pake ribet sekarang mah anak2 pakai Brain Academy aja belajarnya :) Iya, bisa online dan ada juga offline :D

      Delete
  10. Untuk SMP kelas 7-9 kelas regularnya nggak sampai 1,5 juta setahun. Ini murah banget sih menurut aku. Anakku yang cewek fix mau daftar Brain Academy untuk yang ini aja kayaknya mbak. Dari kemarin nimbang-nimbang mau ambil produk yang mana, abis baca tulisan mbak Nurul jadi makin yakin pilih yang ini aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiiiik, mamahnya udah ga bakalan pusing lagi deh hehehe :) Udah punya pilihan belajar di Brain Academy :)

      Delete
  11. Ternyata Brain Academy ngga hanya online ya, mereka juga ada bimbel offline di 29 kota? wah, keren banget deh. Anak-anak bisa makin terfasilitasi ya.

    ReplyDelete
  12. Bimbel di Ruangguru itu asyiknya bisa memanfaatkan fasilitas konseling pendidikan, ya. Jadi orang tua bisa memantau kemajuan belajar anaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini dia salah satu kelebihan Brain Academy :D

      Delete
  13. Inovasi-inovasinya Ruangguru ini oke ya. Brain Academy ini contohnya. Enak banget gabungin bimbel offline dan online. Jadi lebih mantap lagi belajarnya dan gak takut ketinggalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya allah anak2 kita sukses mbak aamiin. Iya, inovatif banget Ruangguru ini.

      Delete
  14. Brain Academy by Ruangguru ini adalah bimbel online terbaik ya mbak
    yang kusuka dari Brain Academy ini adalah sistem blended learningnya dan kelas pengembangan dirinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYaaaaa, cocok banget deh buat anak2 kita nih Brain Academy :)

      Delete
  15. Anak saya udah masuk tahun ketiga bimbel di Brain Academy. Dia betah di sini sampai gak mau pindah ke bimbel lain. Memang bagus Brain Academy untuk kegiatan belajarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, keren amat anak mbak Myra! Semoga sukses terus ya :D

      Delete
  16. Banyak hal yang bisa didapet anak jika join di Brain Academy ini ya, Mbak. Selain materi belajar akademik, ada juga materi-materi tambahan untuk bekal kuliah dll.. bahkan ada klub hobi juga.. menarik banget sepertinya.
    Terima kasih infonya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia kelebihan Brain Academy :D Sama2.

      Delete
  17. orang tua sebagai fasilitator belajar daring anak bisa kasih opsi untuk daftar di Brain Academy. Daripada darting karena enggak paham materi pelajaran ya kan, serahkan pada ahlinya aja. hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh bener banget. Bersama Brain Academy, anak2 bisa lebih memahami materi pelajaran deh.

      Delete
  18. Lagi menimbang-nimbang buat mendaftarkan anak ke Brain Academy ini biar lebih mudah mengerti mata pelajaran di sekolah apalagi sekarang sedang ada diskon lumayan gede ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa, diskonnya mayan banget mbak. Cuuuuz lah heheh :D

      Delete
  19. Senangnya ada materi pembelajaran secara online seperti ini jadi membantu sekali. Apalagi di masa pandemi begini, belajar online adalah pilihannya

    ReplyDelete
  20. Anakku yg baru masuk SMA belum punya seragam mbak hihihi, soalnya pihak sekolah kemarin ini masih nunggu online atau offline, ternyata masih online.
    Nah PJJ dilanjut makanya butuh juga pelajaran tambah ya buat anak-anak, ada pilihan bimbingan terbaik dari Brain Academy apalagi fasilitasnya juga bagus kaya ada smart classroomnya juga ya. Yang paling asyik sih ada master teacher yang bisa ngajari Klinik PR

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Heheheheh :D PJJ dilanjutin lagi. Anak2 harus makin semangat, makanya Brain Academy ini sangat membantu pembelajaran agar anak lebih memahami materi.

      Delete
  21. Brain academy ini lebih lengkap dari ruang belajarnya ruangguru yaa. anakku ambil yang ruanggurunya saja mbak, nanti kalau dia udah kelas 3 niatnya sih mau aku masukin ke brain academy. supaya bisa konsultasi PTN yang pas buat anakku nantinya sesuai dengan hasil belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Siiip kalau begitu. Sukses ya buat anak mbak Sri.

      Delete
  22. Keren ya Ruangguru. Banyak fitur dan layanan. Salah satunya ya Brain Academy ini. Kepengen deh bisa masukin anak bujang ke sini. Biar nilai raportnya bagus, sekaligus juga nyiapin dia masuk PTN dan mapus impiannya. Semoga deh ada rezekinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan mbak, iya dong Brain Academy by Ruangguru memang tepat banget buat solusi anak2 kita belajar :D Aamiin.

      Delete
  23. Dengan Brain Academy, suasana belajar online persis seperti di sekolah yaa...
    Banyak fitur menarik yang mendukung remaja ini menemukan minat dan bakatnya.

    Sama niih, kak Nurul...anak-anakku juga ada perasaan kecewa ketika belajar kembali online.
    Inginnya belajar di sekolah bersama teman dan Ustadzah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh..untuk mengobati rasa kecewa, anak2 bisa join Brain Academy aja supaya belajar online-nya makin happy dan lebih mudah memahami mata pelajaran sekolahnya.

      Delete
  24. Ruang gurukeren banget..kayaknya udah jadi pelopor bimbel, dan lengkap pula..pas banget untuk memaksimalkan belajar dimasa pandemi seperti sekarang

    ReplyDelete
  25. Habis AKM Oktober nanti rencanaku juga mau daftar Ruang Guru buat Najwa. Mau daftar sekarang, anaknya udah terlalu padat sama latihan dari sekolah untuk persiapan AKM. Jadi kasih jeda dulu deh. Minimal sebelum PAS udah daftar dulu biar dapat insight baru tentang cara memecahkan soal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nanti dicari aja momen yang tepat buat Najwa ikutan Brain Academy ini mbak.

      Delete
  26. Memang brain Academy ini udah lengkap banget paketnya ya Mba, kayak udah nggak ada lagi yang nggak ada di sini saking lengkapnya. Bahkan mau nanya PR aja bisa. Keren ya. Sayang pas kemarin aku udah daftarin yang Ruang Belajar itu satunya dari Brain Academy buat adik aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, asyik banget ya, komplit deh semua ada :D

      Delete
  27. Aku selalu suka platform belajar yang minta kita untuk tes dulu, baru deh direkomendasiin materi apa yang cocok dengan hasil tes kita. Kan suka bingung ya Mak kalau misal masuk nyobain, lah, materinya macem-macem dan kita jadi overwhelm sendiri harus mulai dari mana. Brain Academy udah ngasih alur yang tepat untuk user experience-nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mbak :) Jadi semakin yakin ya setelah kita tau hasil tesnya :)

      Delete
  28. Adik aku pun keliatannya makin enggak semangat belajar semenjak daring terus, karena dia pemahamannya lebih maksimal kalau dijelasin dengan konsep. Makanya pakai Ruangguru juga selama ini, biar semangat belajarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, harus ada cara khusus yang nyaman agar siswa lebih mudah memahami materi pelajaran.

      Delete
  29. Ruangguru selalu ada inovasi baru. Apalagi sekarang ada brain academy yang memadukan offline online. Pasti proses belajar mengajar makin paripurna ya kak. Orang tua jadi tenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, mas. Ruangguru memang kereeen!

      Delete
  30. Menarik niih ruangguru makin inovatif ga berhenti disitu aja. Selamat, dan keren!

    ReplyDelete
  31. Mantep sih inovasi dari Ruang Guru yang menghadirkan Brain Academi ini. Jujur, adikku juga sekolah online jadi kerasa banget kalau cara belajarnya itu beda. Nah, kalau modelnya bisa hybrid alias online dan offline jadi lebih asyik sih Mbak Nurul. Anak jadi bisa tanya langsung dengan mentornya pas milih yang offline. Lha kalau full online,kalau gak paham malah dipendhem sendiri jeh.
    Matur nuwun sekali infonya ya Mbak Nurul :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, Mbak Nurul :D Inovatif banget ya Ruangguru. ANak2 jadisemakin nyaman dan semangat belajar deh.

      Delete
  32. kalau ada test dulu sebelum dan setelah belajar malah bagus ya mbak, jadi kita tahu progres dan hal2 yang harus diperdalam lagi.. keren emang ruangguru nih, tahu aja kebutuhan orang tua yg kerepotan ngadepin pjj

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes benerrr :) Jadi tau kemampuan anak udah sampai mana :)

      Delete
  33. Memahami suatu kasus soal atau teori yg dulu membuat saya ikut bimbel. Dulu blm ada bimbel online, masih offline. Tp ikut bimbel saya merasakan tambahan penyelesaian soal yg berbeda dr yg biasa di kelas, menambah wawasan dlm menjawab soal. Sekarang sudah bisa online, lebih hewat waktu lg dan nggak mesti ongkos transport. ☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, zaman dulu aku sekolah juga bimbel masih offline semua hehehe :D Sekarang saman berubah semakin banyak bimbel online juga deh terutama di saat pandemi kayak gini.

      Delete
  34. Sekarang banyak banget ya aplikasi belajar yang bagus yang bisa memudahkan proses belajar di rumah, aku sendiri baru tau kalau Brain Academy by Ruang Guru punya banyak sekali keunggulan dan fitur keren kayak gini. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fitur2 Brain Academy memang komplit banget dan bisa diandalkan 😊

      Delete
  35. Bener bener belajar...gini gak nanggung2, benar2 maksimal gak rugi daftar bimbel diruang guru. ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk, join Brain Academy juga mbak anaknya :D

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.