Saturday, April 18, 2020

# traveling & culinary

Wisata Umbul Mukti, Wisata Alam Instagrammable di Semarang

Sejak pertama kali diresmikan pada tahun 2007, saat ini wisata Umbul Mukti atau Umbul Sidomukti tengah naik daun. Seiring tren Instagram yang terus meningkat, penampakan Umbul Sidomukti yang indah akhirnya menarik banyak turis lokal untuk mengunjungi dan berfoto ria di sana. Berada di 1200 mdpl di bawah kaki Gunung Ungaran, Umbul Sidomukti memberikan suasana alam yang segar. 

Setelah penat dengan suasana kota, teman-teman bisa mencari kelegaan di tempat ini. Kita bisa berenang di kolam yang terlihat berundak-undak, berkuda, panahan, wisata outbound, menikmati kopi dan sebagainya. Untuk kalian yang tertarik mengunjungi Umbul Sidomukti, silakan simak beberapa informasi di bawah ini 😊

wisata umbul mukti wisata alam instagrammable di semarang sewa mobil trac astra nurul sufitri travel lifestyle blogger

 

Wisata Umbul Mukti di Semarang 


wisata umbul mukti wisata alam instagrammable di semarang sewa mobil trac astra nurul sufitri travel lifestyle blogger
Wisata Umbul Mukti di Semarang (Foto: parapejalan.id)

Wahana dan Harga Tiket 

Harga tiket masuk sebesar 10 ribu pada weekday dan 15 ribu pada weekend. Ada juga wahana outbound diantaranya, Flying Fox seharga 30 - 50 ribu per orang, Marine Bridge seharga 20 ribu, Highest Triangle seharga 50 ribu dan sepeda awang seharga 30 ribu. ATV seharga 50 ribu, panahan seharga 30 ribu dan juga berkuda seharga 30 - 75 ribu. 

Selain paket wisata Umbul Sidomukti, ada juga paket pre-wedding dengan budget 500 ribu per pax dan paket pernikahan dengan budget 17 juta per pax. 

Kegiatan Wisata di Umbul Sidomukti 

Ada beberapa aktivitas seru yang bisa teman-teman lakukan di Umbul Sidomukti. Berikut beberapa referensi kegiatan yang bisa kalian lakukan: 

1. Berenang di atas awan 
Kolam renang alam menjadi ikon dari tempat wisata ini. Kolam renang ini berasal dari sumber mata air alami dengan tepian terbuat dari susunan batu yang aesthetic. Terdapat 3 tingkat kedalaman, tersedia juga kolam untuk anak-anak. 

wisata umbul mukti wisata alam instagrammable di semarang sewa mobil trac astra nurul sufitri travel lifestyle blogger
Kolam Renang (Foto: piknikasik.com)
 
2. Wisata Outbound 
Beberapa permainan ketinggian yang bisa dinikmati diantaranya, Flying Fox setinggi 70 meter, Marine Bridge dengan tinggi 30 meter dan panjang 50 meter, dll. Kalian yang kurang punya nyali pada ketinggian, bisa juga menikmati ATV, berkuda atau bermain panahan. 

wisata umbul mukti wisata alam instagrammable di semarang sewa mobil trac astra nurul sufitri travel lifestyle blogger
Wisata Outbound (Foto: traveldetik.com)

wisata umbul mukti wisata alam instagrammable di semarang sewa mobil trac astra nurul sufitri travel lifestyle blogger
Panahan (Foto: hargatiket.net)
 
3. Nongkrong di Pondok Kopi Pondok Kopi Umbul Sidomukti adalah salah satu cafe yang terkenal di sini karena tampilan yang instagramable. Rasanya masih kurang jika ke wisata Umbul Mukti tapi belum foto di Pondok Kopi dengan secangkir kopi

wisata umbul mukti wisata alam instagrammable di semarang sewa mobil trac astra nurul sufitri travel lifestyle blogger
Pondok Kopi di Umbul Mukti (Foto: PInterest)
 
4. Camping 
Jika teman-teman tak memiliki cukup budget untuk menginap di Umbul Sidomukti Resort, kalian tetap bisa menginap di camping ground Umbul Sidomukti dengan membawa tenda sendiri. Menyenagkan sekali bukan, camping di Umbul Mukti, apalagi suasana di malam hari tampak seru begini 😍 Teman-teman, kalau ingin penginapan murah low budget di Ambarawa tak jauh dari Semarang, kalian bisa mencoba Hotel Sari ya.

wisata umbul mukti wisata alam instagrammable di semarang sewa mobil trac astra nurul sufitri travel lifestyle blogger
Camping (Foto: ragentar)

Jam Operasional 

Area wisata Umbul Sidomukti pada dasarnya terbuka 24 jam. Bahkan ada saja orang yang camping di daerah sini pada waktu malam. Tapi tentu saja untuk wahana permainan hanya buka sampai sore. 

Fasilitas Pendukung 

Fasilitas umum standar tempat wisata juga dipenuhi oleh tempat ini. Diantaranya seperti toilet yang bersih dan juga mushola untuk salat. Di area sini juga terdapat tempat kuliner. Mulai dari cafe mewah hingga warung makan. Untuk kalian yang tertarik menginap juga terdapat penginapan di sini. 

Oh ya, jangan lupa mampir ke Lawang Sewu ya, teman-teman. Di sana kita bisa sewa pemandu wisata yang membantu kita berkeliling dan sekalian memotret lho. Hasil fotonya keren-keren dan pasti tak akan terlupakan, malah ingin mengunjunginya kembali.

Rute dan Transportasi

Tempat wisata ini beralamat di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Dari Semarang, ambil jalan yang mengarah ke Ungaran. Jika sudah sampai Pom Bensin Lemah Abang, masuk ke jalan dengan gapura bertuliskan Wisata Gedong Songo. Jalan saja lurus sampai pasar Jimbaran. Di depan pasar teman-teman akan menemukan gang masuk wisata Umbul Sidomukti. 

Untuk transportasi, kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi supaya lebih fleksibel. Selain itu, kalian juga bisa menyewa kendaraan di https://www.trac.astra.co.id/. Sistem pemesanan yang online akan sangat memudahkanmu 😀

TRAC berkomitmen dalam menyediakan jasa rental kendaraan. Kendaraan yang disewakan terjamin kebersihan, dan kenyamanannya. Kendaraan senantiasa tersedia dalam kondisi higienis (sudah dibersihkan dengan desinfektan) dan juga sopir sudah dipastikan kesehatannya. 

Jalurnya yang cukup terjal menuntut kendaraan yang dipakai dalam kondisi prima. Pastikan Teman-teman menggunakan kendaraan yang tepat saat berkunjung ke sana ya. Perjalanan ke Wisata Umbul Mukti tentu akan lebih nyaman jika ditunjang dengan kendaraan yang nyaman pula. 



64 comments:

  1. aduh ini semarang samapi belum kesini2, thn lalu mau ke sini, eh malah sakit berdua suami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Next vacation deh, bunda Tira in sya Allah bisa mampir ke sini ya :)

      Delete
  2. Wah menarik sekali ya mbak wisata di umbul sidomukti. Mudah2an ada kesempatan dan cukup keuangan untuk kesana. BTW kalau naik angkot itu bisa kah mbak ? atau hanua bisa naik trac astra ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya wisatawan pada naik bus sih :) Bisa bus umum maupun kendaraan pribadi. Tapi kalau mau lebih menikmati perjalanan ga pusing mikirin nyetir dan arah jalanannya, mendingan sewa dari Trac Astra aja :D

      Delete
  3. Kalau saya lebih suka berenangnya
    Harga tiketnya juga masih atau tergolong bersahabat
    Sungguh luar biasa betapa indahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss! Sama dong kan kita pencinta air dan angin hehehe :D Terjangkau deh HTM nya.

      Delete
  4. Jadi kangen deh sama Bandungan, aku pernah ke tempat kopi yang di Umbul Mukti itu. Lihat pemandangan sekitar dari situ enak banget dan masih dingin juga daerah sana ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, moment ga terpupakan ya minum kopi di pondokannya sambil menikmati pemandangan di sekitarnya :D

      Delete
  5. Menyambung pertanyaan di atas, harus naik kendaraan pribadi atau sewa kendaraan/travel ya?

    Masya Allah, pemandangannya indah ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bisa aja kalau mau bawa kendaraan sendiri. Biasanya kan kalau rombongan lebih nyaman sewa bus aja kan seru rame2 semobil :D

      Delete
  6. Aku belum pernah ke siniiii
    pengin banget.
    semoga abis corona pandemic, ada kesempatan untuk main ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, in sya allah ya kita bisa mampir ke Umbul Mukti nanti :)

      Delete
  7. Aku selama tinggal di Semarang belom pernah nih nyobain sewa mobil pake astra trac, ini bisa jadi solusi juga yaa saat jalan2 ke luar kota. Uda lama bgt ngga ke Umbul Sidomukti juga niih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba berwisata di Semarang menggunakan mobil sewaan dari Trac Astra, mbak Nia :D

      Delete
  8. Semarang dskt emang enak buat jalan jalan kayak gini, masih inget ke Ambarawa juga merasakan sensasi berbeda dari Semarang, pokoke JAteng emang destinasi wisatanya oke banget ya Nurul

    Aku belum pernah coba sewa mobil sih, coba ya kali ini pake TRAC

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya :) Ga jauh banget kok dari Semarang ke Ambarawa :) Sip, met mencoba sewa mobil Trac Astra ya :D

      Delete
  9. waah...menariik mbak nurul. cantik nian kolamnya dr atas. kayaknya bisa jd destinasi kalo pas pulkam niih. dan terpenting, semoga saat pulkam desember kondisi sdh jauuh lebih baik dr skrg. jd sdh bisa jalan2 lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Lisdha :) Berundak2 gitu ya kolam renangnya. Duh, beneran udah ga sabar kepengen nyebur nih nunggu corona usai :) Aamiin.

      Delete
  10. Belum banyak eksplor Semarang nih, wisata Umbul Sidomukti bisa jadi refrensi kalau ke sana lagi. Pengen ngerasain berenang di atas awan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan2 Laras bisa mampir berwisata ke Semarang :) Jangan lupa ke Umbul Mukti yaaaaa :) Berenang, mimi kopi, berkuda dll. Mantap!

      Delete
  11. Yaah belompernah kesana, padahal jaraknya nggak terlalu jauh dari Solo. Mudah2an pandemi ini segera berlalu, biar bisa main kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuh, besok2 mampir ke Umbul Mukti dong, mbak :) Biar kesampaian berenang di sana. Abis corona kelar yuk!

      Delete
  12. Wah Semarang, sayangnya waktu ke jawa 2 tahun lalu ngga ke sana. Semoga bisa ke sana dan berwisata di Umbul Mukti

    ReplyDelete
    Replies
    1. In sya allah ada waktunya kita mampir ke Umbul Mukti ini setelah pandemi corona usai aamiin :)

      Delete
  13. Aku baru tau nih tempat wisata ini di Semarang. Bagus banget ya tempatnya. Bisa buat ide alternatif jalan-jalan libur panjang nanti setelah Corona nih sama anak2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus banget :D Rasanya ga mau pulang hehehehe : Sip deh, bikin wish list nya dulu hehehe :D

      Delete
  14. Duuuh ini seru banget ya ngupi di umbul mukti. Mau fam camp ah disini seru kali yaa.. ini bisa jadi list wisata setelah pandemi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa habis bercangkir2 nih ngopi di pondokannya hahaha :) Yuk2 kita bisa kemping rame2 nih. Apalagi suasanan di malam hari hhmm... indahnya!

      Delete
  15. Boleh tahu sebaiknya kapan jam berkunjung yang terbaik agar nyaman, mba?
    Maksudnya untuk menghindari berdesakan di dalam kolam renang, hahaha

    Btw,
    Aku pengen coba marine bridgenya eui.
    Kayaknya seru tuh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya sih begitu buka hihihih :) Jadi belum begitu ramai dan bisa bebas berenang gonta-ganti kolam, pepotoan, dll seruuuuu :) Iya, mbak Anna, coba deh :)

      Delete
  16. waktu ke tempat ini aku pas terik matahari nih hehehe panas banget. Ternyata kalau malam-malam niat camping seru juga ya mbak tempatnya. Hiks tahun ini gak mudik lebaran ke Semarang jadinya gak bisa jalan-jalan ke sana lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, ternyata kemping malam2 itu asyik deh, baca pengalaman orang2 hehehe :) Ntar mbak, abis corona usai kita main2 ke Umbul Mukti deh sampai puas aamiin.

      Delete
  17. Aku pernah kesini mbak tahun 2015..indaaaah bangeeet. Kalau ada kesempatan mau ke sana lagi. Semoga covid cepat berlalu yaa biar bisa jalan jalan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, belum lama amat ya? Pasti pengen datang lagi ke sana :)

      Delete
  18. Lama nggak main k semarang. Sudah banyak potenso wisata yg dieksplore skrg ya mb. Mau jalan2 pun banyak travelnya. Jadi mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalau ke Semarang itu sekalian lewat, jadi sayang bnaget rasanya kalau ga mampir ke objek wisatanya hehehe :) Iya.

      Delete
  19. cakep banget nih pemandangannya. Menarik juga kalau berkunjung nih habis corona nanti.

    ReplyDelete
  20. look at all those pools! Aku jadi pengen langsung nyempluung mba. Next ke Semarang mau deeh mampir ke siniiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, kita nyemplung bareng! Haahha :) Bisa lama nih main airnya, belum lagi foto2nya wkwkwkw :D

      Delete
  21. Wah, tempat wisatanya asyik banget ya, mbak. Suamiku pasti betah nih.

    ReplyDelete
  22. Masha allah viewnya cantik banget mbak. Semoga pandemi ini segera berlalu ya, biar bisa bebas mengunjungi destinasi-destinasi wisatan canti seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ga sabar ya mbak kepengen jalan2 lagi :) Aamiin. Jangan lupa mampir ke Umbul Mukti ya :D

      Delete
  23. Yuhuuu nunggu ampek ujian wabah korona berlalu dulu ya kalo mmupeng pwngen kesana. Hahaha.

    Saya ke Semarang baru ke Lawang Sewu aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampe semua urusan anak2 kelar juga ya kenaikan kelas maupun masuk sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, plus kelar corona. Cuuuuzzz ke Umbul Mukti deh aamiin :)

      Delete
  24. Ada yang secantik ini di Semarang & aku belum pernah kesana. Huhu. Baca tulisan mba Nurul makin bikin pengen traveling. Ya Allah semoga pandemi cepat berlalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa nih grup BDC rame2 ke Umbul Mukti. Nanti kita cari penginapannya dekat situ :)

      Delete
  25. Masya Allah cakep banget ya pemandangannya. Baru tahu di Jateng ada tempat sekece ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dong :) Sekarang jadi tau deh heheh :D

      Delete
  26. Wah 5 tahun kost di Semarang saya cuma tahunnya Lawang Sewu aja hihi itupun belum benar benar masuk ke dalamnya, takut sih, serem. Skrg sih udah bagus Lawang Sewu yaa.

    Btw lain kali mau ah saya mampir ke sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, lama juga ngekost nya ya? Hihihihi :D Aku pernah ke Lawang Sewu, bagus ya museumnya. Sip2 kapan2 bolehlah berkunjung ke Umbul Mukti :D

      Delete
  27. Aku sering banget ke semarang, malah belum pernah ke umbul mukti. Suatu saat harus diagendakan ke sana nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin whish list salah satunya ke Umbul Mukti ya mbak :D

      Delete
  28. Boleh nih dicoba main kesini kalo udah ga lockdown biasanya kalo mudik bawa mobil suka transit di Semarang pengen coba mampir kesini sekalian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk, bawa rombongan BDC main ke Umbul Mukti hihihihi, sewa bus Trac biar bisa lebih menikmati pemandangan :)

      Delete
  29. Wah aku fokus panahan nih hahaha makkum coba ternyata susah siapa tahu ganti tempat jadi bisa. Jiah hahaha. Semoga bisa stay di kota ini maklum sukanya numpang lewat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memanah cinta ya hihihi :) Biar latihan fokus nih mbak Gita wkwkwkwk. Sip, kelar corona kita jalan2 bareng ya.

      Delete
  30. bagus banget pemandangnnya ya mba nurul, langsung membayangkan berendem di atas awan gitu, kayaknya bengong sejam juga ga akan kerasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngebayanginnya aja udah enak, apalagi beneran berenang di sana ya hehehe luar biasa 😍🤗🤗

      Delete
  31. Masyaa Allah, keren banget tempat wisatanya mbak. Jadi pengen ajak suami kesana. Bisa foto2 terus nih saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekalian berbulan madu aja, Elva dan suami 😘😘

      Delete
  32. Wow asyik ya bisa untuk glamping juga. Tiket masuknya murah, kalau mau nyobain wahananya baru bayar2 terpisah ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa 😍 Iya. Yuk Nit cobain ke Umbul Mukti kira rame2 nih.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.