Daftar Isi [Tampilkan]
Pada Hari Minggu, 27 Agustus 2017 lalu saya menghadiri workshop yang diselenggarakan oleh Indonesia Social Blogpreneur (ISB) di Burger King, Plaza Festival, Kuningan, Jakarta Selatan. Tema acaranya yaitu '10 Quick Tips on Content Marketing' dan How to Win a Blogging Contest'. Acara ini didukung oleh CNI, sebuah perusahaan multilevel marketing yang sudah dikenal di Indonesia selama kurang lebih 30 tahun.

Tips Menang Lomba Blog Ala Haya Zaki dan Membuat Content Marketing Bersama CNI

Tips Menang Lomba Blog Ala Haya Zaki dan Membuat Content Marketing Bersama CNI


Tips Menang Lomba Blog Ala Haya Zaki dan Membuat Content Marketing Bersama CNI
Teh Ani Berta Memberikan Sambutan (Foto: dokumen pribadi)

Tips Menang Lomba Blog Ala Haya Zaki dan Membuat Content Marketing Bersama CNI
Content Marketing
 
Teh Ani Berta turut hadir dan memberikan sepatah dua patah kata. Mas Niko Riansyah, seorang digital marketing specialist menjelaskan mengenai content marketing yang mesti kita kuasai, dengan cara yang jelas dan tepat. Ada lima website yang content marketing-nya sangat baik yaitu Content Marketing Institute, Copyblogger, Marketo, HubSpot dan Marketing Sherpa.


Tips Menang Lomba Blog Ala Haya Zaki dan Membuat Content Marketing Bersama CNI
Mas Niko Riansyah (Foto: dokumen pribadi)


Tips Menang Lomba Blog Ala Haya Zaki dan Membuat Content Marketing Bersama CNI
Content Marketing

Tips Content Marketing

Teman-teman, berikut adalah 10 Quick Tips on Content Marketing yakni:

Read a lot, in order to write well

Kalau suka menulis, berarti seseorang itu suka membaca. Membaca pastinya menambah wawasan dan pengetahuan kita. Apalagi untuk membuat tulisan yang menarik dan sesuai yang dibutuhkan.

Identify, then understand

Identifikasi dan pahami target pembaca. Ketika menulis, sebaiknya tempatkan diri kita sebagai pembaca. Untuk blog, kita mesti tahu siapa pengunjung kita agar bisa disesuaikan tema, judul, foto dan lainnya.

Look for relevant content, continuously

Cari konten yang sesuai, konsisten dan berkelanjutan.

Publish free, long term content

Mesin pencari yang memudahkan harus terdeteksi oleh Google.

Update blog continously

Blog harus diperbaharui dan diperhatikan terus-menerus. 6. No copy paste. Jangan copas alias copy-paste. Kalau kita melakukan ini tentu akan membuat buruk blog kita. Google pun bisa mendeteksi tulisan kalau ada yang copas-nya.

Hindari ‘registrasi’ yang menyulitkan pembaca. 
Contoh Nat Geo ID, nama email, handphone, kadang pas mau lihat harus klik ini-itu isi data-data sehingga menyebabkan exit batch tinggi.

Be creative and unique

Kita harus memiliki ciri khas tersendiri, beda dengan orang lain. Buat branding yang memang sesuai dengan minat dan kemampuan kita.

Use social media to inform, distribute and converse

Yang dibutuhkan pembaca konversi dari email, nama, telepon dari pembaca. Kalau dari youtube misal ada yang subscribe/ berlangganan kita, nanti dapat notifikasinya.

Outsource as needed

Blog/ social buzzer dibutuhkan oleh perusahaan seperti outsourcing content creation: sponsorship, thought leaders, analyst firm, partner and freelance writers.

Measure, quantify, adjust

Konten harus disesuaikan dengan pembaca. Mengapa tidak maksimal? Nah, berarti harus diperbaiki agar menjadi lebih bagus, lalu upgrade lagi agar lebih banyak audience-nya. Untuk membuat content marketing kita harus lihat di internet apa sih yang sedang menjadi TT/ trending topic?
 
Bagaimana supaya tulisan kita menjadi hits? Sesuaikan dengan target audience kita kemudian distribusikan di social media platform seperti Facebook, Twitter, Instagram, Linked In, Youtube dan lainnya. Setelah membuat tulisan lalu kita ukur sejauh mana lomba yang kita buat. Bagus atau ga traffic-nya, bounce exit, Google Analytics dan sebagainya. 

Bounce rate sampai 30% termasuk bagus. Begitu juga 50-60% masih terbilang cukup bagus. Konten panjang atau tidak? Penyebab hal ini karena ketika membuka blog maupun website, lama sekali masuknya, ada lock up maupun tidak mobile friendly. Keyword yang baik adalah sampai dengan 8 kata kunci. Konten ada 2 yakni search content dan social content.

What your wider team delivers

Passion, perpective, personality, knowledge, insight from the trenches, great customer stories.

Tips Menang Lomba Blog Ala Haya Aliya Zaki dan Membuat Content Marketing Bersama CNI
What Your Wider Team Delivers

Tips Menang Lomba Blog Ala Haya Aliya Zaki dan Membuat Content Marketing Bersama CNI
Bapak Gusti Aleandra dari CNI
 

Bisnis CNI

Teman-teman yang mungkin penasaran mengenai CNI ini ga usah khawatir. Ada Bapak Gusti Aleandra yang menjelaskan secara singkat, padat dan tepat cara memulai bisnis CNI. Pertama adalah afiliasi, dengan cara menyebarkan link afiliasi geraicni.com untuk user dapat berbelanja melalui link tersebut. 
 
Maka keuntungan langsung dan komisi bisa kita terima. Kedua adalah M-CNI dimana bisa digunakan untuk berbelanja produk CNI, cek bonus, komisi serta poin harian. Ketiga adalah menyebarkan manfaat dari produk CNI kepada kerabat seperti keluarga, teman dan relasi kerja. Cukup mudah, kan? 

Tips Menang Lomba Blog Ala Haya Aliya Zaki dan Membuat Content Marketing Bersama CNI

Paket Member CNI

Nah, ada tiga pilihan paket buat member CNI nih. Pertama yaitu paket bisnis dimana dengan berbelanja produk CNI (all item) senilai lima juta rupiah akan mendapatkan kartu eksekutif. Kedua yaitu paket sponsoring dengan berbelanja paket produk CNI tertentu senilai dua juta rupiah dan mendapatkan kartu eksekutif juga. Ketiga yaitu paket user, dengan pembelanjaan produk CNI (all item) senilai satu juta rupiah kita akan mendapatkan kartu user. Paket user ini cocok banget buat kita yang hanya ingin menikmati manfaat produk CNI dengan harga diskon.

Tips Menang Lomba Blog Ala Haya Aliya Zaki dan Membuat Content Marketing Bersama CNI

Estimasi Keuntungan Bisnis CNI

Teman-teman mesti tau nih, ternyata bisnis CNI ini berpotensi sekali mendapatkan kesempatan istimewa dalam i-Plan 2017. Mau tau? Sini, saya bisikin deh. Asyik kan kalau kita bisa punya penghasilan yang optimal melalui pengembangan jaringan? Seru juga lho mendapatkan jaminan penghasilan yang lebih pasti dan lebih besar. Bisa punya kesempatan untuk menikmati meeting/ training serta perjalanan ke luar negeri yang diadakan CNI. Ada lagi nih yaitu kesempatan berbisnis yang terjamin dengan mendapatkan asuransi kesehatan serta menjadi bagian dari titik distribusi CNI.

Oh iya, semangat i-Plan 2017 nya yakni simple, menarik, terjamin dan meningkat. I-Plan 2017 ini memberikan kepastian kepada setiap anggota untuk mendapatkan penghasilan yang pasti setiap periode. Periode ke-1 adalah tanggal 1 hingga 15 sedangkan period ke-2 adalah tanggal 16 hingga akhir bulan. Selengkapnya, silakan teman-teman kunjungi website CNI ya.

Jurus Jitu Menang Lomba Blog Ala Haya Aliya Zaki

Apa jurus jitu mbak Haya Aliya Zaki supaya bisa menang lomba blog? Oh ya, beliau sudah memenangkan lebih dari 40 lomba blog lho. Mulai ikutan lomba blog sejak tahun 2010. Selain berprofesi sebagai penulis, editor, blogger profesional, content writer, beliau juga sering didaulat menjadi juri di berbagai lomba penulisan, lomba blog dan sebagainya.

Mbak Haya sih bilang, kalau minat beliau dalam menulis kebanyakan di bidang kesehatan. Kan mbak Haya itu lulusan dari fakultas farmasi dan apoteker, hhhmmm keren banget yach?
 
Tips Menang Lomba Blog Ala Haya Aliya Zaki dan Membuat Content Marketing Bersama CNI
Mbak Haya Aliya Zaki Menjelaskan Cara Memenangkan Lomba Blog
 
Sebentar, teman-teman udah pada tau belum nama blog punya mbak Haya? Nih, kalau mau berkunjung ke blog mbak cantik yang satu ini adalah di www.melalakcantik.com dan www.hayaaliyazaki.com ya. Instagram, Twitter, Facebook, Youtube-nya di @hayaaliyazaki. Wah, daripada kebanyakan cerita, saya langsung kasih tau aja deh jurus jitu seorang mbak Haya Aliya Zaki. Ini dia....!

Passion

Pilihlah tema yang kita suka dan minati. Jangan memaksakan diri ikut lomba yang bidangnya ga kita pahami. Jika kita percaya diri menuliskannya, maka pembaca pun akan suka. Sebaliknya, jika kita ogah-ogahan menulis tema tersebut, bisa jadi hasilnya ga akan sesuai dengan persyaratan dan isinya ga sesuai hati. Oh ya, ada lagi ni, jangan mudah tergiur hadiahnya ya. Anggaplah hadiah itu sebagai bonus biar kita makin semangat nulisnya.

Siapa penyelenggaranya? Apa brand-nya?

Ada baiknya sebelum mengikuti lomba blog, kita cari tau dulu tuh apakah si penyelenggara ada kasus atau ga? Kalaupun memang pernah terjadi sesuatu hal yang tidak menyenangkan, namun kini sudah ada prosedur yang lebih baik lagi, ga ada salahnya kita ikutan lombanya.

Kita bisa cari tau lewat google mengenai brand tersebut. Apakah brand ini pernah tersangkut masalah? Misalnya tulisan tentang apartemen yang sedang hangat-hangatnya kan bisa menjadi pertimbangan. Mengangkat citra positif dari brand yang bersangkutan kemudian sampaikan argumen-argumen kita.

Siapa sajakah jurinya? 

Ada bagusnya juga sih kalau kita intip dulu kayak apa sih selera juri dalam penilaian suatu lomba blog? Contohnya, mbak Haya Aliya Zaki lebih ke story telling yang kuat, sedangkan teh Ani Berta lebih condong ke human interet dan sosial.

Prizes

Siapa sih yang ga suka dapat hadiah? Hohoho... laptop, gadget, uang tunai, tiket jalan-jalan, voucher belanja dan masih banyak lagi. Mau kan? Kata mbak Haya, biasanya beliau langsung print tuh foto hadiah laptopnya lalu sambil ngetik pantengin di depan mata, biar makin semangat hehehe. Boleh juga tuh ditiru caranya.

Cermati semua peraturan lomba blog

Peraturan lomba blog seperti judul, panjang kata, banner lomba yang harus dipasang itu kayak apa dan di sebelah mana, backlink, keyword, follow akun media sosial dari merek produk tersebut dan sebagainya. 
 
Mbak Haya memberikan contoh ketika beliau mengikuti lomba bertema ‘Vitalis Glamorous Queen’. Nah, jelas banget kan dari tiga kata tersebut mendeskripsikan sesuatu yang glamor, mewah dan ratu. Berarti penulisannya ya harus mewah dan ibarat ratu, begitu kira-kira.

Blog walking

Ini bukan berarti mencuri ide ya. Kita melakukan BW ini supaya bisa mencari celah, kira-kita hal apa yang belum ditulis oleh peserta lomba blog lain. Konten yang baik berupa tulisan, foto, infografis, video dan lain-lain juga diikutsertakan. 
 
Kalau lebih mampu dalam hal konten ya diperbagus aja tulisannya juga fotonya. Infografis dan sebaigainya nanti bisa dipelajari selanjutnya, jadi jangan memaksakan biar hasil tulisan kita pun memuaskan.

Riset

Bukan berarti riset ala ilmiah ya, teman-teman. Ini sekadar cari tahu lebih lanjut mengenai tema yang diperlombakan.

Referensi

Bisa diperoleh dari buku, jurnal, Wikipedia (tidak direkomendasikan), link website resmi dan institusi terkait.

Perhatikan 5W + 1H

5 W + 1 H

Tips Menang Lomba Blog Ala Haya Aliya Zaki dan Membuat Content Marketing Bersama CNI
5 W + 1 H
 
  1. Who berarti siapa yang akan kita jadikan objek dalam tulisan.  
  2. What yaitu apa merek produk maupun jasa yang akan kita bahas.  
  3. When adalah kapan kita melakukan penelitian/ riset.  
  4. Why yaitu alasan kita menuliskan tema tersebut.  
  5. Where yakni di mana kita menuliskannya. 
  6. Terakhir,  How berarti bagaimana kita mengungkapkan pengalaman kita kepada dalam bentuk tulisan. Jika kita merasa nyaman ketika menulis, maka pembaca pun akan merasa senang.
Caranya adalah: 

1. Clear Writing 

Pesan kunci diberi highlight dan perhatikan juga tanda baca. Ini contoh ya, “Saya makan ibu” tentu beda artinya dengan “Saya makan, ibu”. Bisa membedakannya, kan?

2. Gunakan kalimat pendek

Idealnya sih 1 kalimat itu 2 baris dan 14 kata. Lebih banyak kalimat aktif. 'me' lebih diperbanyak daripada 'di', misalnya seperti itu.

Tips Menang Lomba Blog Ala Haya Aliya Zaki dan Membuat Content Marketing Bersama CNI
Contoh Kalimat yang Terlalu Panjang

3. Minimalisasi Jargon

Istilah medis lazimnya dipakai oleh orang yang berkutat di bidangnya. Semakin mudah kalimat dipahami, maka semakin kita brilian bagi pembaca tulisan kita.

4. Hindari singkatan apalagi yang tak lazim

Ga perlu menuliskan singkatan ala anak alay. Selain memperburuk kalimat-kalimat secara nyata, ga bagus juga untuk penulisan kita.

5. Tidak ada typo

Jangan sampai pas sedang enak membaca tiba-tiba seperti tersandung. Jadi harus dicek dan ricek per huruf sebelum di-publish ya, teman-teman. 

6. Soft selling

Ada perbedaannya lho antara hard selling dan soft selling dalam content marketing. Contoh hard selling yakni iklan di televisi, radio dll. Kalau dalam blog berupa review, user experience dan bahasa yang digunakan pun cair sehingga mudah dicerna oleh pembaca serta bersifat persuasif.

7. Natural personal (tidak ngiklan banget)

8. Gunakan kalimat pembuka yang menarik (bisa berupa pertanyaan)

Konten yang dibutuhkan pembaca seperti tip, tutorial dan sebagainya.
Jangan fokus jualan, tapi fokus membantu permasalahan pembaca. Kasih solusi berupa masukan intinya produk ditambah review.

9. Teknik persuasif

Tulisan tidak ada janji berlebihan dan kata ‘dijamin’. Misalnya pakai produk X dalam seminggu dapat menguraikan lemak dan lain sebagainya. Setelah pemakaian sekian kali dan seterusnya, ulasan di blog membuat pembaca tertarik dan ingin membeli produk. 

10. Promosikan postingan

Tips Menang Lomba Blog Ala Haya Aliya Zaki dan Membuat Content Marketing Bersama CNI
Promosi Postingan
 
Ulasan produk di blog hendaknya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi atau bisa juga pengalaman orang lain. Konten yang komprehensif (luas dan lengkap) namun tetap dalam koridor tema. Oh ya, Mbak Haya menambahkan, sebaiknya hindari mengulang-ulang terus nama brand, tidak menulis nama competitor, nanti malah menjadi black campaign

Jujur kepada pembaca bahwa kita sedang mengikuti lomba blog. Bisa beri tag atau label atau tulis di akhir tulisan kita seperti “Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog…..”. Kita bisa pancing pembaca untuk berinteraksi. Komentar harus dijawab dan ditanggapi jika ada pertanyaan-pertanyaan, semakin banyak berarti semakin bagus.

Akhiri dengan kalimat tanya, ajakan dan diskusi dll. Misalkan seperti ini, "Jadi bagaimana, setuju kan jika kita selalu menjaga kebersihan lingkungan kita?" dan lain-lain. Lakukan blogwalking berupa pemberian komentar di blog orang lain.

Tidak melulu postingan lomba. Usahakan ga terus-menerus posting lomba, seimbangkan dengan tulisan yang sesuai minat kita alias organik. Bloggers sell stories not products. Ceritakan kisah semenarik mungkin seperti sudah dijelaskan di atas agar pengunjung dan pembaca blog semakin meningkat.

Tips Menang Lomba Blog Ala Haya Aliya Zaki dan Membuat Content Marketing Bersama CNI
Mbak Haya Aliya Zaki Sedang Menjelaskan Materi

Setelah selesai menulis, sebaiknya kita beristirahat, kemudian lakukan editing. Jangan terburu-buru karena energi mengedit sama dengan membuat tulisan. Lalu kalau sudah merasa oke baru di-publish. Ingat ya, teman-temna, Say no to copy paste. Berdoa, sportif, baca-baca, menikmati proses adalah hal paling berharga.

Tips Menang Lomba Blog Ala Haya Aliya Zaki dan Membuat Content Marketing Bersama CNI
Senangnya Saya Bisa Berfoto Bareng Mbak Haya Aliya Zaki

Tips Menang Lomba Blog Ala Haya Aliya Zaki dan Membuat Content Marketing Bersama CNI
Bersama Beauty Blogger Mbak Atisatya Arifin (Foto: dokumen pribadi)

Tips Menang Lomba Blog Ala Haya Aliya Zaki dan Membuat Content Marketing Bersama CNI
Bersama Annisa, Febrianty Rachma dan Mbak Atisatya

Tips Menang Lomba Blog Ala Haya Aliya Zaki dan Membuat Content Marketing Bersama CNI
Pose Bersama (Foto: Fitria/ ISB)
 

Tips Menang Lomba Blog Ala Haya Aliya Zaki dan Membuat Content Marketing Bersama CNI
Souvenir dari CNI
 
Nah, sekian dulu cerita saya kali ini. Semoga berkenan ya, teman-teman. Alhamdulillaah, terimakasih sharing ilmunya ya mbak Haya, teh Ani, mas Niko dan Pak Gusti. Semoga di lain kesempatan kita bisa berjumpa kembali. Wassalam.