Daftar Isi [Tampilkan]

Kali ini aku mau berbagi informasi singkat tentang sebuah bakteri yang berada di dalam tubuh kita. Ada berbagai macam mikroorganisme berbahaya yang bisa memicu penyakit pada manusia, salah satunya yaitu bakteri salmonella. Secara umum, bakteri ini sering kali dikaitkan dengan infeksi saluran pencernaan manusia dan hewan.


Bakteri Salmonella Pengertian, Penyebab dan Cara Mencegahnya


Bahkan, menurut World Health Organizations (WHO), salmonella termasuk 1 dari 4 penyebab utama diare secara global. Selain saluran pencernaan, bakteri ini juga bisa memicu penyakit di anggota tubuh lainnya jika tidak segera diatasi. Maka dari itu, untuk pemahaman yang lebih mendalam, mari simak uraian mengenai bakteri salmonella berikut ini!

Apa itu Bakteri Salmonella?

Bakteri salmonella adalah jenis mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran pencernaan. Infeksi bakteri salmonella juga dikenal sebagai Salmonellosis. Bakteri ini dapat tumbuh dan berkembang biak di saluran pencernaan, bahkan bisa menyebar ke feses. Selain itu, bakteri ini juga bisa bertahan cukup lama, baik selama beberapa minggu atau berbulan-bulan, di lingkungan yang kering maupun berair.

Penyebab dan Faktor Risiko Infeksi Bakteri Salmonella

Biasanya, bakteri salmonella terdapat pada berbagai jenis makanan yang telah terkontaminasi, seperti tidak dicuci dengan benar atau kurang matang ketika dimasak. Makanan-makanan yang mudah terkena bakteri ini adalah daging mentah, seafood, telur, mayones, susu, serta produk instan seperti selai dan chicken nugget.

Lebih dari itu, ada juga beberapa faktor risiko yang bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri ini. Faktor-faktor tersebut di antaranya yaitu:

  • Tidak menjaga kebersihan badan, seperti jarang mencuci tangan.
  • Memelihara hewan peliharaan, seperti burung, anjing, kucing, dan reptil yang dapat membawa bakteri dengan mudah.
  • Bepergian ke tempat yang kotor atau penuh penyakit.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu yang dapat melemahkan sistem imun.
  • Memiliki penyakit radang usus.

Gejala dan Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri Salmonella

Infeksi salmonella sering kali dialami oleh seseorang yang berusia di bawah 5 tahun atau lebih dari 65. Lalu, menurut WHO, pada dasarnya, gejala yang ditimbulkan baru akan muncul sekitar 6-72 jam setelah bakteri masuk ke tubuh. Adapun penyakitnya akan berlangsung selama 2-7 hari.

Selengkapnya, beberapa gejala umum yang disebabkan oleh bakteri ini, yaitu:

  • Diare
  • Kram perut
  • Mual dan muntah
  • Demam lebih dari 38°C
  • Tubuh merasa panas dan menggigil
  • Sakit kepala
  • Muncul darah di feses

Secara umum, penyakit yang disebabkan oleh salmonella adalah gangguan pencernaan. Namun, apabila tidak segera diobati, maka bakteri dapat menyebar luas ke organ tubuh lainnya sehingga memicu komplikasi berbahaya. Beberapa komplikasi tersebut adalah tipes, sepsis, meningitis, radang sendi, dan infeksi jantung.

Cara Mencegah Infeksi Bakteri Salmonella dengan Antis

Secara sederhana, perkembangan salmonella bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat dan bersih. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan diri adalah dengan rutin mencuci tangan menggunakan Antis.

Antis adalah pelopor hand sanitizer di Indonesia yang efektif membunuh bakteri pada tangan, sesuai dengan standar WHO dan teruji secara klinis. Antis mengandung 70% alkohol sehingga dapat membunuh 99% bakteri, seperti salmonella, hanya dalam 4 detik. Selain itu, formula Antis tidak akan membuat tangan kering dan bisa memberikan efek long lasting sehingga terlindungi dari bakteri untuk waktu yang lama.

Demikian penjelasan terkait apa itu bakteri salmonella, beserta informasi penting lainnya, mulai dari penyebab, penyakit yang disebabkan, dan cara mencegahnya. Bakteri ini termasuk mikroorganisme berbahaya yang dapat memicu berbagai macam penyakit.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, seperti mencuci tangan dengan Antis di mana dan kapan saja. Namun, apabila gejala infeksi berlangsung lama, maka segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat!

Referensi

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/apa-itu-salmonella

https://www.mitrakeluarga.com/artikel/infeksi-salmonella 


44 comments:

  1. memang kalau sudah diare tuh menyiksa ya mba, apalagi kalau anak-anak yang udah kena diare makanya butuh antis sih biar bisa jaga tangan ga kotor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mbak. Jangan sampai deh kena diare lagi.

      Delete
  2. Menjaga kebersihan makanan dan juga kesehatan adalah kunci, aku termasuk ibu yang bawel perkaran mau makan kudu bersih pokoknya. Sebelum dan sesudah makan harus mencuci tangan dengan benar. Di rumah juga kalau mau masak biasanya aku harus membersihkan lagi, walau kadang sudah ada yang dibersihkan saat belanja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu yang keren, memang harus begini kan kita menjaga kebersihan sedini mungkin ya.

      Delete
  3. Artikelnya sangat informatif, Mbak Nurul. Dari pengertian sampe cara mencegah, semuanya lengkap!

    Ternyata bisa berasal dari makanan yang kurang mateng, ya ampun, harus ekstra hati-hati nih di dapur 😬
    Tapi untungnya ada tips cara mencegahnya yang gampang banget diikutin. Memang penting soal jaga kebersihan ya, kayak cuci tangan itu jangan sampai lupa. Kalo lagi masak, pastiin bahan makanannya bersih dan dimasak dengan benar. Intinya sih, awareness kita tentang bakteri ini penting banget buat jaga kesehatan ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kan apalagi buat ibu hamil itu kudu makan yang matang dan bersih. Sip mbak Rien semoga bermanfaat ya .. Sama2.

      Delete
  4. Meskipunbudah ga musim covid, aku ttp ga nyaman klo ga sering2 bersihin tangan pakai hand sanitizer. Lebih yakin aja klo selalu siap sedia di tas, di meja, di rumah, dan di mobil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka bawa HS di tas saat bepergian :)

      Delete
  5. Baca nama bakterinya, salmonella, lha malah ingat telenovella.
    Hahaha.

    Btw,
    Fakta ini, pencerahan banget buatku, " Infeksi salmonella sering terjadi untuk usia di bawah 5 dan di atas 65"
    Pilih~pilih doi ya.
    Bisa~bisanya.
    Ckckck.

    Buat tips pencegahannya, well noted, Mak.
    Rajin cuci tangan ya diantaranya.
    Apalagi di rumahku ada anabul gemoy dan endul.
    Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku jadinya ingat samalona, nama sebuah pulau kecil di perairan makassar hahaha. Salmonela..samalona..kan mirip :D. Btw, penyakit tipus ini umum.bgt menyerang masyarakat. Kita emamg harus menerapkan perilaku hidup bersih sbg langkah preventif.salah satunya dg Antis

      Delete
    2. Mbak Anna, sip mbak hehehe sama2 ya semoga bermanfaat.

      Delete
  6. Diare itu memang paling gak asyik. Udahlah jadi bolak balik ke toilet, badan jadi lemes, semua rencana bisa ambyar. Bakteri Salmonella ini cukup sering jadi tersangka diare ya. Tapi sebenarnya semua dari diri sendiri yang mungkin kurang kontrol saat mengkonsumsi makanan, baik dari segi kebersihan maupun tingkat kematangan. Jadi tanpa sadar, kitalah yang menyediakan tempat untuk Salmonella bertandang.

    Yuk, jaga kebersihan dan kesehatan kita bersama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi lemas semua ya dari ujung rambut sampai kaki. Duh, jangan sampai kena diare lagi.

      Delete
  7. Kebersihan emang penting banget terutama buat saya yang punya anak kecil. Rasanya, dimanapun dan kapanpun pengen selalu bersih walaupun ya gak mungkin sempurna banget. Hehehe... Btw, merk antis emang udah terkenal deh kalau urusan hand sanitizer :)

    ReplyDelete
  8. Setelah ga covid orang mulai lalai ya, termasuk saya sih hehehe, ga seapik dulu, baca ini jd diingatkan, tetap ya bawa handsanitizer buat jaga jaga kalau lg di luar rmh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe tapi sebisa mungkin tetap usahakan mencuci tangan sebelum makan :)

      Delete
  9. Ngeri juga bisa merambat sampai ke sepsis dan meningitis yaa, malah infeksi jantung 😱😱.

    Tapi memang penting sih jaga kebersihan tangan dan makanan. Aku sendiri Krn plihara kucing, jadi pasti tiap megang mereka , selalu cuci tangan. Anak2 juga aku biasain begitu. Belum lagi pas COVID kemarin mba. Sedikit2 cuciiii tangan teruuuus 😄. Tapi akhirnya jadi terbiasa sampai skr.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa hiks :( IYa tapi bagus dong jadi kebiasaan cuci tangan, mantap!

      Delete
  10. Iya lhooo, Salmonella ini digadang-gadang sebagai penyebab infeksi saluran cerna yang biasa terjadi pada anak-anak. Biasanya ditandai dengan diare ya mba.

    Emang harus rajin menjaga kebersihan, apalagi anak-anak biasanya jarang cuci tangan kan kalo mau makan. Untung ada Antis lho udah teruji klinis dnegan kandungan 70% alkohol yang bisa ngebunuh 99% bakteri hanya dalam 4 detik. Wajib bawa Antis ke mana2!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bawa Antis ke mana2 kita pergi rasanya udah harus banget deh buat cuci tangan :)

      Delete
  11. Paling worry kalau dah msalah pencernaan y mba.. bakalan merembet kemana2 soalnya, penting bngt menjaga kebersihan tangan dan olahan makanan juga

    ReplyDelete
  12. Baca tulisan mbak nurul ini membuat saya teringat jaman SMP, pertama kali tahu dan belajar tentang bakteri salmonela tuh pas SMP kelas 1.

    Padahal cukup simple ya mencegah bakteri jahat ini masuk ke tubuh, sayangnya masih ada aja orang yang mengabaikan cuci tangan.

    Etapi, udah banyak juga sih orang-orang yang sadar kebersihan dan mencuci tangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting kita tetap ingat dan rajin mencuci tangan :D

      Delete
  13. Jangan sepelekan bakteri ini ya. Apalagi kalau yang diserang saluran pencernaan. Kan bisa bahaya itu.
    Rajin menjaga kesehatan bisa jadi salah satu solusinya menghindari bakteri merugikan ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, jangan abai soal kebersihan mulai dari mencuci tangan sebelum makan ya.

      Delete
  14. Mpo juga pakai antis, wanginya mpo suka dan praktis. di tas dan meja cemilan ada antis. Soalnya mpo sering pegang hp lalu makan cemilan

    ReplyDelete
  15. Menjaga kebersihan bukan cuma harus dilakukan saat pandemi kemarin ya Mak. Potensi penyakit, apapun itu, celah tempat masuknya dari mana aja. Terlebih kalau tubuh dan lingkungan yang nggak dijaga kebersihannya.

    ReplyDelete
  16. Wahn aku juga sering banget pakai antis tu kalau bepergian dan gak nemu tempat cuci tangan. Baik yang semprot maupun yang dituang itu.
    Pokoknya lebih aware deh soal kebersihan tanga buat dipakai makan atau megang wajah, apalagi sejak zaman covid jg ya.
    Jangan sampai krn jorok ada virus maupun bakteri bahaya kyk salmonella membuat kita sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antis spray itu praktis banget cara pakainya. Iya, setuju mbak.

      Delete
  17. kita seringkali abai dan menggampangkan urusan menjaga kebersihanini yaaa mba. yang pasti jangan pernah malas untuk cucui tangan dan selalu aware dengan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Bakteri Salmonella ini memang benar - benar mengganggu jika kita terdampak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Menjaga kebersihan dimuali dari yang mudah dulu seperti mencuci tangan.

      Delete
  18. Bakteri yang selalu bikin was - was, mahluk kecil banget tapi dampaknya besar, makanya kebersihan harus selalu terjaga yah supaya bakteri dan virus hempas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampai kita terjangkit penyakit dari bakteri ini ya.

      Delete
  19. Bahaya juga ya bakteri salmonella ini. Bisa mengganggu pencernaan hingga merembet ke penyakit-penyakit lain. Memang harus jaga kebersihan dan kesehatan, ya. Btw Antis ini udah terkenal sejak lama, ya. Aku juga suka pakai :)

    ReplyDelete
  20. keponakanku pernah dirawat di rumah sakit karena bakteri salmonella, muntah dan BAB bikin lemas aduh kasihan sih liatnya mana masih balita, makanya perlu ya orang tua mengetahui lebih dalam lagi tentang bakteri salmonella berikut cara mencegahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, kasihan :( Benar sekali, orang tua harus aware banget menjaga kebersihan keluarga.

      Delete
  21. Bakteri salmonella memang merepotkan, karena menimbulkan diare yang bener2 bikin badan tidak enak. Apalagi bahan2 makanan alami di negara kita spt telur, tidak pernah dijamin bebas salmonella oleh produsennya. Ini berbeda dengan di negara tetangga kita spt jepang dan singapore. Pemerintah di sana menjamin kebersihan produk telur bebas dari salmonella.
    Tapi di luar itu, memang sudah kewajiban kita menjaga kebersihan bahan2 makanan yang akan kita konsumsi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kita sendiri yang harus lebih waspada dalam memilih asupan untuk dikonsumsi tubuh. Semiga kita terhindar dari salmonella ini aamiin.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.