Daftar Isi [Tampilkan]

Hai, teman-teman apa kabar? Sudah makan atau belum? Semoga kalian sehat wal'afiat ya aamiin 😄 Saya kepengen berbagi makanan kesukaan saya yang seriiiiiiiing banget saya kunjungi. Dibilang dekat sekali dengan rumah saya ya ga sih, biasanya saya bawa motor kalau mampir ke warung soto favorit saya ini. Parkiran cuma muat 1 mobil jadi mendingan ber-mio ria aja.

 
 
Nah, mungkin teman-teman heran kok saya doyan banget makan soto ayam dan ceker? Hhhhmmm....bener juga yach, coba dipikir dulu hehehe kenapa ya? Sebenarnya sih jawaban utamanya yaitu karena saya pecinta menu serba ayam. Itu ayam mau diapain aja pasti saya makan, asal dimasak matang ya... tapiiiii saya ga suka hati ayam lho, ya sejak kecil saya anti makan itu. 

Kalau makan ayam, bisa ludes hingga ke sumsum tulangnya slluuuurrrpppss disedot deh 😍 Kalau tulangnya lunak maupun garing, ya saya santap juga sampai piring benar-benar bersih hahahaha. Rakus? Iya kayaknya wkwkwkwk ah ga juga. Kan nasehat orangtua apa? "Kalau makan harus dihabiskan ya, Nak. Sayang nanti nasinya nangis lho" hihihii.
  
Soto ayam dan ceker milik Mas Tri ini berada di depan Toko Gembira di sekitar perempatan Kelurahan Lama Jagakarsa, Jakarta Selatan. Tempatnya pas di pojokan, kelihatan kok dari jauh juga karena fans nya tuh kebanyakan ibu-ibu. 😍 Apalagi dekat situ ada sekolah Al Azhar Syuhada, nah pas deh keramaiannya. Buka pukul 07.30 WIB dan tutupnya sih katanya tergantung kelarnya aja habis pukul 15.00 WIB lah kira-kira.

Paling enak makan soto ini adalah sehabis olahraga. Bisa juga kalau saya pulang dari pasar wkwwk 😃 ssstttt jarang sekali terjadi saya ke pasar. Dekat banget padahal tuh Pasar Lenteng Agung, naik motor cuma 5 menit. Mama saya aja demen banget ke Pasar Minggu seminggu 3 kali sanggup deh. 

Oh ya, paling enak lagi kalau menyantap soto Lamongan itu pas perut teriak-teriak minta diisi. "Mas Tri, saya pesan 1 soto ayam plus ceker ya, jangan lupa nasinya setengah aja", kata saya. Cie...cie...kok separo doang nasinya? Ups..itu pura-puranya kalau saya sok diet, berharap perut kempes meskipun sedikiiiit aja hahaha 😋 Pernah juga saya ke sini setelah berenang di Matoa, sendirian. 

Ya, sendirian ala "me time" dong."Minumnya apa, bu?', tanya Mas Tri. "Biasa, teh tawar panas. Panas lho mas, bukan hangat", jawab saya. "Oke, bu, siaaap!", ucapnya kemudian. Terkadang isterinya juga ikut melayani pembeli kalau lagi ga repot dengan jadwal anaknya sekolah. Eits, sambalnya wajib masuk di kuah soto nih, ga boleh ketinggalan. Menurut saya cukup pedas kok, enak lah, cucok.

Mau tau ga kayak apa tempat soto ayam ceker yang saya maksud? Bukan restoran lho, ini warung biasa ala kaki lima, tapi kelihatannya lumayan bersih lah. Buat teman-teman yang ga terbiasa makan di tempat seperti ini, takut kenapa-kenapa ya bawa aja mangkok dari rumah 😎 Ah anggap aja bersih. Ga perlu over protective kudu serba higienis nanti malah jadi over sensitive kena penyakit. Tubuh kita harus bisa menyesuaikan diri lah, apa aja bisa, itu kata orangtua saya.




Makan enak saya ini ga bikin kantong cekak. Mau tau kan berapa harganya? 1 porsi soto ayam yaitu Rp 10.000, soto ceker Rp 10.000, soto ayam ceker Rp 13.000, nasi 1/2 Rp 2000 - Rp 3.000 dan teh tawar panas Rp 2.000 saja. Ada juga air mineral gelas Rp 500, kerupuk juga Rp 500. Murce yach. Hidup mama pintar! 💗 Eh saya sering banget bungkus bawa pulang buat anak-anak, suami maupun kedua orantua saya. Oh ya, saya sudah tau makanan ini sejak kurang lebih 5 tahun lalu saat anak saya les di Jalan Jagakarsa, ga jauh dari si soto.

Kuah sotonya hot..hot..hot asli panas bangeeedd...aduk-aduk aja ya jangan ditiup. Kata dokter, kalau kita meniup makanan bisa bahaya nanti malah menambah kuman-kuman dari mulut kita, begitulah kira-kira. Daging ayamnya empuk, cekernya apalagi hhhmmm....seporsi ada 4-5 ceker, tergantung siapa yang beli kayaknya hahahaha. Kalau yang datang saya, kayaknya suka dilebihin 1 ceker tuh 😊 "Makasih ya, Mas Tri". "Sama-sama, bu". 

Beberapa kali saya pernah persan banyak soto ayam ceker ini dibungkus untuk acara arisan dan lain-lain. Sudah hapal kalau saya bunkus biasanya kuah dipisah, sambalnya ditambahin, begitu juga jeruk nipisnya. Kalau buat papanya anak-anak kan gampang tinggal dipanaskan aja malam harinya. Soto ini recommended yach!

Itulah ulasan makanan kesukaan saya. Jangan bosan-bosan mampir ke blog saya ya. Nantikan tempat makan favorit saya di judul berikutnya. Ditunggu komentar teman-teman. Saya akan berkunjung ke blog kalian. Sampai jumpa! Wassalam.