Daftar Isi [Tampilkan]
Liburan akhir tahun biasanya saya sekeluarga menyempatkan jalan-jalan. Ga mesti ke luar kota sih, di sekitar Jakarta pun oke. Namun saat Desember 2016 lalu kami ga ke mana-mana alias DRS aka di rumah saja hihihi. Berhubung si bungsu ganteng saya baru kelar disunat, praktis kita stay at home deh.

Untuk mengisi waktu liburan, saya membelikan anak-anak saya satu paket alat dan bahan decoupage. Saya cari-cari di instagram toko online dan ternyata berjodoh dengan @shabbychicindonesia.

Meskipun jauh di Semarang, Jawa Tengah, tapi ga masalah dengan ongkos kirimnya hanya Rp 13.000 ke Jakarta. Saya suka motif tissuenya buatan Eropa yang bagus, keren, ga pasaran. Alat dan bahannya juga oke, harga besaing lah lumayan buat belajar keterampilan anak-anak dan saya tentunya. 

Sebelumnya kan saya sudah pernah membahas membuat tas anyaman decoupage. Nah kali ini materialnya bukan anyaman tapi kayu. Kenapa saya pilih talenan? Karena kebetulan ada stok talenan lama belum dipakai sama sekali. Koleksi? Hhhmm ga juga, punya-punyaan aja lah 😄

Starter Kit Decoupage


Beli alat dan bahan (starter kit) decoupage seharga Rp 123.000 dari @shabbychicindonesia di Semarang, Jawa Tengah. 
 
1 paket starter kit berisi:
- Kertas tissue/ paper napkin 1 lembar
- Cat pink 200 ml
- Lem 200 gram
- Varnish transparan 200 ml
- Kuas cat nylon 70 mm
- Kuas lem nylon 12 mm
- Amplas (bonus)


Alat dan Bahan Decoupage

Cantik, kan motif tissuenya? Yang motif burung itu pilihan Fakhri, si bungsu. Yang kupu-kupu besar warna dasar pink itu maunya teteh Rafa. Nah kalau saya sih kupu-kupu kecil aja yang banyak itu. Oh ya, 2 lembar tissue ini di luar paket starter kita yach, jadi saya nambah bayar lagi.

Tahap Pengecatan Talenan Decoupage

Siapkan koran bekas sebagai alas. Kan sayang lantai keramiknya tekena cat dan bahan-bahan lain.


Anak-anak Mengisi Liburan dengan Membuat Decoupage Talenan


Talenan yang Sudah Dicat Warna Pink

Cara membuat:

Langkah pertama, aplikasikan cat pink ke seluruh pemukaan talenan hingga seluruh permukaan depan dan dan belakang, sisi kanan dan kiri menggunakan cat acrylic.

Kedua, keringkan talenan di bawah terik matahari atau bisa juga menggunakan hair dryer. Jika sudah mengering, baru kita cat sisi lainnya, begitu seterusnya.


Talenan Dilem Merata

Ketiga, lumuri talenan dengan lem hingga merata.

Keempat, gunting tissue decoupage sesuai motif. Motif kupu-kupu besar dan burung ini sudah cocok dengan ukuran talenan. Kita tinggal mengguntingnya saja mengikuti pola kupu-kupu tersebut.
Talenan Decoupage Motif Kupu-kupu

Kelima, lepaskan dua lapisan terbawah tissue secara sangat hati-hati karena khawatir sobek. Lapisan ini tidak dipakai.

Keenam, tempelkan tissue di permukaan kedua sisi talenan. Lakukan satu per satu, misalnya sisi kanan dahulu baru kiri. Caranya adalah dengan menekan perlahan tissue tersebut ke permukaan talenan. Mulai dari bagian tengah hingga ke bagian pinggir sampai merata.

Ketujuh, lakukan pengeringan (bisa dijemur, diangin-anginkan atau menggunakan pengering rambut).
Talenan Decoupage Motif Burung
Kedelapan, siapkan cairan pernis dan kuasnya. Usapkan perlahan menggunakan kuas di atas permukaan tissue secara menyeluruh kemudian keringkan. Lakukan hingga 3 kali untuk mencapai hasil maksimal.


Bagaimana? Mudah, bukan? Yuk, bikin karya decoupage lainnya 😄 Semoga bermanfaat yach. 

Terima kasih teman-teman sudah mampir ke blog saya. Nanti saya akan berkunjung balik ke blog kalian. Sampai jumpa! Wassalam.