Thursday, May 04, 2017

# culinary # Review

Enaknya Makan Soto Ayam Ceker Lamongan Ala Mas Tri





Hai, teman-teman apa kabar? Sudah makan atau belum? Semoga kalian sehat wal'afiat ya aamiin 😄 Saya kepengen berbagi makanan kesukaan saya yang seriiiiiiiing banget saya kunjungi. Dibilang dekat sekali dengan rumah saya ya ga sih, biasanya saya bawa motor kalau mampir ke warung soto favorit saya ini. Parkiran cuma muat 1 mobil jadi mendingan ber-mio ria aja.


Nah, mungkin teman-teman heran kok saya doyan banget makan soto ayam dan ceker? Hhhhmmm....bener juga yach, coba dipikir dulu hehehe kenapa ya? Sebenarnya sih jawaban utamanya yaitu karena saya pecinta menu serba ayam.
Itu ayam mau diapain aja pasti saya makan, asal dimasak matang ya... tapiiiii saya ga suka hati ayam lho, ya sejak kecil saya anti makan itu. 

Kalau makan ayam, bisa ludes hingga ke sumsum tulangnya slluuuurrrpppss disedot deh 😍 Kalau tulangnya lunak maupun garing, ya saya santap juga sampai piring benar-benar bersih hahahaha. Rakus? Iya kayaknya wkwkwkwk ah ga juga. Kan nasehat orangtua apa? "Kalau makan harus dihabiskan ya, Nak. Sayang nanti nasinya nangis lho" hihihii.
  
Soto ayam dan ceker milik Mas Tri ini berada di depan Toko Gembira di sekitar perempatan Kelurahan Lama Jagakarsa, Jakarta Selatan. Tempatnya pas di pojokan, kelihatan kok dari jauh juga karena fans nya tuh kebanyakan ibu-ibu. 😍 Apalagi dekat situ ada sekolah Al Azhar Syuhada, nah pas deh keramaiannya. Buka pukul 07.30 WIB dan tutupnya sih katanya tergantung kelarnya aja habis pukul 15.00 WIB lah kira-kira.

Paling enak makan soto ini adalah sehabis olahraga. Bisa juga kalau saya pulang dari pasar wkwwk 😃 ssstttt jarang sekali terjadi saya ke pasar. Dekat banget padahal tuh Pasar Lenteng Agung, naik motor cuma 5 menit. Mama saya aja demen banget ke Pasar Minggu seminggu 3 kali sanggup deh. 

Oh ya, paling enak lagi kalau menyantap soto Lamongan itu pas perut teriak-teriak minta diisi. "Mas Tri, saya pesan 1 soto ayam plus ceker ya, jangan lupa nasinya setengah aja", kata saya. Cie...cie...kok separo doang nasinya? Ups..itu pura-puranya kalau saya sok diet, berharap perut kempes meskipun sedikiiiit aja hahaha 😋 Pernah juga saya ke sini setelah berenang di Matoa, sendirian. 

Ya, sendirian ala "me time" dong."Minumnya apa, bu?', tanya Mas Tri. "Biasa, teh tawar panas. Panas lho mas, bukan hangat", jawab saya. "Oke, bu, siaaap!", ucapnya kemudian. Terkadang isterinya juga ikut melayani pembeli kalau lagi ga repot dengan jadwal anaknya sekolah. Eits, sambalnya wajib masuk di kuah soto nih, ga boleh ketinggalan. Menurut saya cukup pedas kok, enak lah, cucok.

Mau tau ga kayak apa tempat soto ayam ceker yang saya maksud? Bukan restoran lho, ini warung biasa ala kaki lima, tapi kelihatannya lumayan bersih lah. Buat teman-teman yang ga terbiasa makan di tempat seperti ini, takut kenapa-kenapa ya bawa aja mangkok dari rumah 😎 Ah anggap aja bersih. Ga perlu over protective kudu serba higienis nanti malah jadi over sensitive kena penyakit. Tubuh kita harus bisa menyesuaikan diri lah, apa aja bisa, itu kata orangtua saya.




Makan enak saya ini ga bikin kantong cekak. Mau tau kan berapa harganya? 1 porsi soto ayam yaitu Rp 10.000, soto ceker Rp 10.000, soto ayam ceker Rp 13.000, nasi 1/2 Rp 2000 - Rp 3.000 dan teh tawar panas Rp 2.000 saja. Ada juga air mineral gelas Rp 500, kerupuk juga Rp 500. Murce yach. Hidup mama pintar! 💗 Eh saya sering banget bungkus bawa pulang buat anak-anak, suami maupun kedua orantua saya. Oh ya, saya sudah tau makanan ini sejak kurang lebih 5 tahun lalu saat anak saya les di Jalan Jagakarsa, ga jauh dari si soto.

Kuah sotonya hot..hot..hot asli panas bangeeedd...aduk-aduk aja ya jangan ditiup. Kata dokter, kalau kita meniup makanan bisa bahaya nanti malah menambah kuman-kuman dari mulut kita, begitulah kira-kira. Daging ayamnya empuk, cekernya apalagi hhhmmm....seporsi ada 4-5 ceker, tergantung siapa yang beli kayaknya hahahaha. Kalau yang datang saya, kayaknya suka dilebihin 1 ceker tuh 😊 "Makasih ya, Mas Tri". "Sama-sama, bu". 

Beberapa kali saya pernah persan banyak soto ayam ceker ini dibungkus untuk acara arisan dan lain-lain. Sudah hapal kalau saya bunkus biasanya kuah dipisah, sambalnya ditambahin, begitu juga jeruk nipisnya. Kalau buat papanya anak-anak kan gampang tinggal dipanaskan aja malam harinya. Soto ini recommended yach!

Itulah ulasan makanan kesukaan saya. Jangan bosan-bosan mampir ke blog saya ya. Nantikan tempat makan favorit saya di judul berikutnya. Ditunggu komentar teman-teman. Saya akan berkunjung ke blog kalian. Sampai jumpa! Wassalam. 


Facebook: Nurul Sufitri
Instagram: @nurul_sufitri
Twitter: @Nurulsufitri
Email: nurulsufitri@gmail.com
Linked In: Nurul Sufitri
WA: 08129634587

40 comments:

  1. Wedeeeew... Inget ceker inget sop ceker buatan mamanya nurul ya. Hehehe..

    Btw, itu tempatnya nyaman kok. Ga dekil2 juga. Bener kata mama ya.. Nggak perlu over higienis laah nanti malah bodynya terlalu sensitive ama kuman malah jd gampang sakit

    Klo lewat situ mampir aah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha inget ya mb Ade sop ceker buatan mamaku...enak ya 😃😃 tosa dulu yuk...aku mah makan di mana aja ala kaki lima mau, bintang lima juga okeh hehehe...yuk sini mampir ☺

      Delete
  2. Tau aja saya ngidam soto udah 5 bulan. tapi mana ada yang jual soto disini kalau gak mbikin sendiri.. kan jadi ngiler saya..

    theamazingjasmi.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooohhh hamil 5 bulan ya mb Jasmi. Tinggal di mana mb? Ya mjngkin bikin sendiri aja kl di sana ga ada yg jual hehehe.

      Delete
  3. Langsung kepo deh kalo ada yang post tentang soto ayam, makanan favorit aku banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mb Lily .... samaan dong kita. Iya enak yach...bumbu kuahnyA itu jg bikin enak sotonya.

      Delete
  4. Kaki lima kalau enak mah ya. saya ga pernah bawa mangkok dari rumah, kecuali memang macam beli baso lewat. Harganya murah juga ya, Mba Nurul. Atau memang harga soto segitu ya, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang enak deh jajanan kaki lima, Nit...hehe muraaahh kalo di Jagakarsa masih segini. Kali aja ada yg geli mangkok si abang kaki 5 jd bawa mangkok sendiri dari rmh hahaha...aku mah ga...punya abangnya ajalah nikmaaatt

      Delete
  5. Wah sama mbak, kita penggemar ayam. Cuma aku sukanya ayam bakar hehe. Toss juga kalau makan sampai tulang-tulangnya dikres-kres *ga mau rugi haha. Btw gambar sotonya bikin bisa moto kek gitu juga biar bikin org mupeng haha. Ehh gimana kalau kalimat "kalau makan dihabisin ya, nanti nasinya nangis lho" dijadikan quote massal aja haha secara itu sudah kita dengar turun temurun kan wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haa iyak ga mau rugi kita makN ayam sampe ke sumsumnya segala apalagi kalo garing ya, Febri...toss yuk sesama penggemar ayam! 😄

      Delete
  6. postingannya bikin naluri wisata tergerak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tks mas Agus..yuk nyoto ayam ceker! 😊

      Delete
  7. Wadawww, ngeliat foto soto ini bikin laperrrrrr
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo...eksekusi fotonya hihihi eh cari sotonya mbak Nurul... nama kita sama nih 😊

      Delete
  8. Belum pernah nyoba soto ceker mak. Kalo mie ayam ceker pernah. Pasti enak nih namanya aja soto lamongan. Saya suka soto yang kuning banget :-d hmm jadi ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooohh blm pernah ya...coba deh paati ketagihan mb Intan...iya Lamongan nih hhhmmm..

      Delete
  9. Aiihhhh tp kenapa jauuh bangetttt :D. Padahal pengen mba... Aku jg suka soto... Mau yg bening, yg santan, sukaaa lah.. Enaknya beda :).. Eh soto lamongan itu yg pake koya bukan sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mb Fanny...di Rawasari ada juga kah soto ayam ceker Lamongan? Iya benul...pake koya hhhmmm...nikmat!

      Delete
  10. aku sama anakku suka soto ayam mba syg misua ga doyan jd klo masak atau beli merasa berdosa krn ada yg ga mau makan hahaha
    di Jakarta masi murah y cmn 10-13rb saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mb Herva 😄 suami dan anak perempuanku ga doyan cekernya jd ayamnya aja. Aku n anak cowokku demen. Sanggup kok makan 10 ceker hehehe.

      Delete
  11. Kalo soal ceker aku gak bisa komen banyak mbak, soale aku gak doyan ceker :))
    Yg paling doyan ceker adik iparku, kalo kami beli soto/sop ada cekernya, yang ngabisin cekernya ya dia :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha cobain deh mbak ntar ketagihan. Sini...lemoar cekernya ke aku aja 😃😃😃

      Delete
  12. Yang salah adalah tengah malam saya blogwalking ke sini. Lapaaarrr :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.... eh ada loh mbak Myra..banyak juga yg jualan soto inian sampe pk 01.00 dini hari. Deket rumahku ada, cuma aku blm pernah beli tengah mlm n dini hari gitu hehe :D

      Delete
  13. Klo bunda suka perayaman. Klo aq suka per mie han hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka ayam suka juga mie hihihiii toss yuks :D

      Delete
  14. Kalau aku nggak suka ceker tapi suka soto Lamongannya so pasti enaak nih ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobaaaaa deh mbak Alida.... pasti ketagihan. Lembut kok daging cekernya hahhaha...

      Delete
  15. Soto cekernya menggoda 😍😍😍

    ReplyDelete
  16. Wahhh.. ini di jagakarsa ya mba, gak tau ey klo ada soto enak di daerah sana. klo ada waktu cuss melipir kesana akhh~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak tinggal di Jagakarsa juga? yuk lah cuuuuzzz :)

      Delete
  17. Sehari ini baca postingan makanan-makanan sambil bayangin aromanyaa. . wuuuhh bikin perut makin keroncongan mbaak. . heheheh harganyaa bersahabat mbak ya, makan 2 porsii bisaa lah #jadilupadiet wwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari ini hampir semua orang libur laptopan dan internetan ya hihihi...kecuali via hp in sya allah msh aman. Lupakan diet mb Lucky 😃 hajar teruuuus langsung 2 porsi tetap ga bikin cekak kan 😃😃😃

      Delete
  18. Paling sip dibuat sarapan pagi hari :D
    aduhh ini bacanya malah pas pulang kerja. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat sarapan enak...makan siang nikmat...apalagi makan malam, hhmmm....:D

      Delete
  19. belum sarapan nih mbak...sotonya bikin perutku krucuk2 mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seger nih buat sarapan mb Prana. Nambah semangat beraktifitas.

      Delete
  20. Waaah mbak, boleh nih buat berbuka. Tapi sayanya jauh di Depok, kira2 buka cabang nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma ada di Jagakarsa aja mbak :) Pas lewat sini mampir lah hehehe...

      Delete