Sunday, May 14, 2017

# #14FoodTalk # culinary

Nasi Bakar Peda


Nasi bakar  adalah salah satu menu Indonesia yang sangat dikenal. Biasanya nasi bakar berbumbu santan seperti nasi uduk, nasi liwet dan lainnya dibungkus daun pisang. Bentuknya mirip dengan nasi timbel tapi ada juga yang seperti lontong.

Karena berbumbu, nasi bakar nikmat rasanya dimakan tanpa lauk. Beberapa resep membuat nasi bakar ada yang di dalamnya diisi ikan teri, udang, ayam fillet, daging cincang maupun cumi, ditambah daun kemangi dan sambal.


#14FoodTalk adalah tema yang diusung oleh mbak Nita Lana Faera, mbak Ade Ummi Fikri, mbak Febrianty Rachma dan saya tentunya. Setiap bulan di tanggal 14 kami akan menulis bersama tentang makanan/ kuliner. 1 berarti satu tema cerita yang sama sedangkan 4 artinya kami berempat.

Kalau Bulan April lalu kami membahas tentang camilan favorit, makan di Bulan Mei ini adalah menu serba nasi. "Hhhmmm....nasi sih secara umum kayaknya begitu-begitu aja deh. Kan salah satu makanan pokok kita yang rasanya kalau ga masuk perut ya belum makan". 

Mungkin seperti ini pendapat teman-teman hehehe. Tapiiii..... tunggu dulu! Jangan beranjak dulu dooooong πŸ˜„ Kali saya akan ngomongin masakan sederhana yang gampang banget bikinnya, rasanya woooowww...nancep di hati! Mau tau kan? 


Apa keistimewaan nasi bakar? Sebelum dihidangkan, bungkusan nasi tersebut dibakar terlebih dahulu di atas bara api. Aroma nasi dan lauk yang ada di dalamnya menyatu dan harumnya….hhhmm begitu dibuka, bikin lapar deh. Apalagi aroma daun pisang dan daun kemanginya woooowww…😍
 


Ya, betul... "Nasi Bakar Peda" 😍 Dari namanya aja udah kebayang kan itu nasi bakar pakai ikan. Ikan apakah gerangan? Seperti apa yach rasanya? Amis, bau, enak atau eneg? Nih ya, saya kasih tau caranya supaya ikan yang tadinya beraroma kurang sedap, diolah dengan trik tertentu, bisa jadi nikmat dan harum lho. Oh ya, ini sih cara mama saya. Beliau yang sering kasih "jadi" ikan peda goreng buat saya dan anak-anak. Tinggal 'hap" lahap deh masuk perut xixixixi  πŸ˜†

Paling enak sih ikan peda dimasak dengan cara digoreng biasa. Mama saya pernah bilang, kalau mau peda tetap utuh atau ga hancur setelah matang, ada triknya. Jadi sebelum digoreng, kita bungkus ikan tersebut dengan daun singkong. Nah setelah ikan peda matang dan diangkat, baru deh pembungkus daun singkongnya dibuka.

Cara memilih ikan asin peda:
- Ikan peda yang baik tentunya ga mengandung formalin. Biasanya beraroma kurang sedap. Jadi sebaiknya kita pilih yang seperti ini ya.
- Daging ikan tanpa bahan pengawet tampak mudah rusak atau lebih lunak. Hindari memilih ikan yang berdaging keras atau alot.
- Warna ikan asin ga menarik, cenderung lebih gelap kecoklatan cenderung hitam. Jangan pilih ikan asin berwarna putih bersih ya, artinya itu mengandung formalin.
-  Ikan peda asin yang baik bisa bertahan 1-2 bulan saja.
- Jika ada lalat yang hinggap pada ikan, berarti ikan tersebut bebas formalin.

Nah, sudah tau kan teman-teman tentang ikan peda ini... 😍 Lapar yach jadinya? Yuk deh kita masak bareng. Ini resep dari mama saya, dijamin ketagihan hihihi. Oh ya, buatan mama saya ini biasanya ga pakai takaran pasti alias masak suka-suka. Terserah aja mau berapa banyak misal bawang merah, cabai hijau dan lain-lain.
 




Resep Nasi Bakar Peda

Bahan-bahan:

- Ikan peda 
- Minyak goreng
- Jeruk nipis 
- Bawang putih 
- Bawang merah 
- Cabai merah 
- Cabai hijau 
- Lengkuas 
- Daun salam 
- Nasi putih 
- Daun pisang untuk membungkus 
- Lidi untuk menyemat
- Daun kemangi (jika suka)


Cara membuatnya:

Cuci bersih dan keringkan ikan peda. Goreng hingga matang kemudian angkat

Lumuri peda dengan air jeruk nipis, diamkan sesaat, lalu suwir-suwir peda tersebut

Tumis bawang putih, bawang merah, cabai hijau, cabai merah hingga layu

Masukkah daun salam dan lengkuas, lalu aduk

Masukkan ikan peda suwir, aduk kembali hingga matang lalu angkat

Campurkan nasi putih dan peda suwir, aduk hingga merata dan matang

Siapkan daun pisang kemudian tambahkan nasi tumis peda tadi secukupnya. 

Gulung rapi, sematkan lidi di kedua ujung lipatan daun pisang 

Bakar hingga aroma tercium, lalu angkat

Sajikan nasi bakar peda dengan tahu goreng. Bisa juga tambahkan tempe dan lain-lain sesuai selera




Saya biasanya beli tahu Lembang dan tahu sutera Bandung. Tekstur tahu yang halus, lembut meskipun digoreng agak lama, tetap terasa kelembutannya. Enak deh pokoknya. Pan abdi ge urang Sunda ti Bandung atuh. jadi abdi ngartos naon-naon wae bahan na cik ditingali nya. Iye bumbu na tos ceukap teu acan? Ari sagala diemam jeung lauk asin, ngeunah lah jaminan na. Tong lepat sambel na kudu hot hot hot ditambih kurupuk sing loba krauk-krauk πŸ˜‚ 😊


Itulah cerita 'Nasi Bakar Peda' favorit saya. Yuk, cari tau apa aja sih menu nasi kesukaan teman-teman saya? Klik aja link di bawah ini 😍
Mbak Ade Ummi Fikri di www.adeufi.com
Nita Lana Fera di www.nitalanaf.com
Febrianty Rachma di www.tulisanfebri.com


Nantikan tulisan kami ya, catat tanggalnya! 14 oke πŸ‘ŒπŸ˜ƒ Wassalam.



Facebook: Nurul Sufitri

Instagram: @nurul_sufitri

Twitter: @Nurulsufitri

Email: nurulsufitri@gmail.com
Linked In: Nurul Sufitri
WA: 08129634587
 




44 comments:

  1. Jadii lapar liaat fotonyaa mbaak :D hehehe akuu suka banget nasi bakar tuna :D belum pernah coba ikan peda mbak, wkwkw

    makasiih yaak resepnya mbak :D aku simpen duluu nanti kalau lg ada mood masak bisa diliat lagi. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kembali mbak Lucky πŸ˜ƒ waaah kalo gitu cuuuuzzz cobain deh resep nasi bakar peda ini dijamin ketagihan deh πŸ˜„

      Delete
  2. Hemmm paragraf terakhir bikin aku roaming mbak, wakakaka ngomong bahasa Sunda ngerti2 dikit deh. Wowh berarti kalo ikan di pasar ada lalatnya itu malah justru tidak berformalin ya. Noted deh, aku juga suka beli tahu sutra lembut emang dan pas deh buat makan anget2 sama nasi dan sambal apalagi nasi bakar begini tinggal nyaplok aja dah haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang nikmat malan nasi bakar tuh pas panas anget gitu dikunyahnya hhhmmm aroma khas daun pisang ditambah peda suwir mantap deh Feb. Ngerti ya dikit2 Bahasa Sunda? πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

      Delete
  3. YA AMPUN GILA ENAKNYAAAAAA. Malem malem mampir sini langsung laper dan pengen beli peda besok.. Huhuhuuuu. Enak bener nih kayanyaaa, mesti dicobaaa. Makasi resepnya yaaa, besok mau buat aaaahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak Adriana ayuk lah langsung pagi2 ke pasar. Gampang kan ini resepnya suka2 mama saya hehehe...

      Delete
  4. Waaa... saya udah lama ga bikin nasi bakar. Waktu itu baru nyoba yg nasi teri, yg ngebawa hoki ke tabloid Saji, haha... Nasi bakar memang enaknya pakai jenis ikan asin, macam ikan peda ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Nit, pake teri medan hhhmmm enak. Bener deh mesti yg asin2 gitu ikan apa aja enak kok.

      Delete
  5. Ikan peda dimakan pake nasi biasa aja udah enak apalagi pake nasi bakar Mba duuuuh laper jadinya hahaha. Btw makasih resepnya Mba, ntar aku cobain :D semoga berhasil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama2 mbak Ata... pakein daun kemangi biar makin harum. Good luck ya pasti enak buatan mbak deh πŸ˜ƒ

      Delete
  6. aku belum pernah makan nasi bakar sih mba , nanti dicoba ah .hehe btw lihat fotonya jadi laper,hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Dina...wajib coba dooong 1 suap 2 suap lama2 nambH jadi 2 porsi hehehe ...

      Delete
  7. Pagi2 yaaa liat beginian, kriuk2 langsung perut :D. Aku prnh makan nasi bakar isiannya jamur2an.. Itu enaaaakkk... Trs prnh juga ngerasain yg isinya empal.. Tp memang yg bikin nasi bakar itu enak, aroma daunnya dan bumbu si nasi :D ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Fanny, nasi bakar isi jamur juga enak aku pernah.. yang asin2 gitu gurih enak ala teri2 dan sejenisnya bisa πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      Delete
  8. aduuuuh... jadi laper..aroma ikan beneran lewat he2..

    aku blm pernah nyicipin nasi bakar... mo coba resep ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berasa lewat ya nasi bakar pedanya di depan mata mb Nova? Hahaha yuk coba bikin sendiriπŸ˜„

      Delete
  9. Oh jadi ini semacam tulisan kolaborasi tentang resep gt ya Mbak Nurul? Okeee aku catet tanggalnya :D
    Ah iya, di Solo ada nasi bakar yang enak banget yg dalamnya ada ikan dan wangi kemangi, tp kayaknya bukan peda. Mau nyoba bikin tapi ikan pedanya diganti sm ikan lain kira2 mengirangi rasa ga ya? Soalnya susah banget nyari ikan peda :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makasih siip catat ya tanggal 14 setiap bulannya beda tema πŸ˜ƒ bisa mbak aelain ikan peda. Teri medan, teri belah tipis dll pokoknya yang asin2 gitu enak kok cobain bikin mbak.

      Delete
  10. Aish baru tahu supaya peda nggak ancur . Aku suka juga hanya di tambah cabe bawang aja selesai peda di goreng. Mau coba tips ini akh. Sederhana tp mengugah nambah hahhahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak Gita, dipaktekkan :) Gampang kan caranya hehehe :D Sambalnya yang pedas yach.

      Delete
  11. Bacanya tengah malam gini, jadi laper tengah malam mba hihihi

    ReplyDelete
  12. nasi bakar doank aja udah enak ditambah peda makin mantap hahaha mba klo aku lebih suka tahu susu tuh favorit bgt sampe kakakku dari bekasi aja pas aku gorengin tahu susus dy kepengen bekel krn di bekasi ga ada πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya tahu sutera dan tahu susu enak semua, mbak Herva :)

      Delete
  13. kombinasi makanan kesukaan bangt ini..aduhh aku nyesal abis ke gym liat ini hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa mbak sesekali abis nge-gym makan nikmat gini, ntar dibayar nge-gym lagi hahhaha...tq ya :D

      Delete
  14. Wih ngiler ama nasi bakar. Baunya harummm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai ke sana ya harumnya? hihihihi hhhmmm...tangkaaapp!!

      Delete
  15. wah aku pasti suka banget, jadi lapar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tks mb Tira. Yuk bikin sendiri biar lebih banyak porsinya, lebih variatif suka2 sendiri bumbunya hehehe...

      Delete
  16. kemangi nggak wajib ya mba buat nasi bakar? aku suka banget sama aroma wangi kemangi apalagi kalo nasi bakarnya dibuka panas-panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sih suka kemangi. Ada juga kan yang kurang suka. Selera aja sih mbak Fika, siiiipp :)

      Delete
  17. ditengah malam gini jadi laper liat fotonya

    ReplyDelete
  18. Aku lagi nyoba program nggak makan nasi, abis liat ini jadi bakal buyaaarrr, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga papa2 mbak Baiq, makan nasi 5 sendok makan aja hihii kan ntar ditebus dengan berolahraga :)

      Delete
  19. Wah, salah banget buka blog ini malam2, ngileeer liat foto2 makanan wkwkwwk
    Ada resepnya juga nih, eksekusi besok judulnya ini mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo Syuna Mom buruan dieksekusi. Enak nih malam Mingguan makan nasi bakar peda hehehe.

      Delete
  20. Wah cuma modal cabe bawang lengkuas sama daun salam. Simpel ya. Ini nih onigiri ala indonesia. Cuma daunnya ga bs dimakan hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Ade, simple ajalah bahan2nya. Pakai daun kemangi makin harum dan nikmat loh, coba deh bikin, tks ya.

      Delete
  21. Wah resepnya boleh dicoba nih, aku penggemar ikan :) Belum pernah bikin nasi bakar karena ribetnya itu loh, padahal blm dicoba haha. Pernah dikasih tetangga isinya ayam, bumbunya meresap dan bikin nagih hehe...

    Lihat fotonya aku jadi ngiler nih mba, butuh partner buat eksekusi hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang kok, coba dulu hihihi.... makannya sih cepet ya. Bikinnya emang mesti sabar.

      Delete
  22. Wah mbaa enak banget tuh, aku udah lama banget makan nasi bakar pedak. Jadi pengen lagii ..

    ReplyDelete
  23. Kebayang begitu daunnya dibuka. Wangi daun dan pedanya menggoda selera :)

    ReplyDelete