Friday, March 03, 2017

# blog competition # event & hang out

Wisata Belanja Seru di Museum Tekstil Jakarta Bersama Honestbee




Wisata Belanja Seru di Museum Tekstil Jakarta Bersama Honestbee

Kalau hari libur nasional, terkadang saya berwisata ke Bandung, tempat kelahiran saya plus bersilaturahmi dengan sanak saudara. Destinasi jalan-jalan paling jauh yang pernah saya kunjungi di Indonesia adalah Lombok, Nusa Tenggara Barat yaitu ke Pantai Senggigi. 

Nah, kali ini wisata saya berbeda dari biasanya. Gak pakai capek keringatan maupun kedinginan, gak menghabiskan waktu, hemat uang dan dapat banyak bonus, alhamdulillaah. Pada Hari Minggu tanggal 26 Februari 2017 lalu saya berwisata belanja di Museum Tekstil Jakarta, lokasinya di Jalan K.S Tubun No. 2-4 Jakarta. Acara Wisata Belanja blogger ini diselenggarakan oleh Kriya Indonesia yang diprakarsai oleh mbak Astri Damayanti dan didukung oleh Honestbee

Baru kali ini saya menghadiri blogger event. Awalnya ragu karena merasa newbie dalam dunia blogging, mulai ngeblog sekitar Bulan Oktober 2016 lalu, namun saya akhirnya putuskan mendaftar via email. Alhamdulillaah saya lolos seleksi dan diundang di acara Wisata Belanja tersebut. Pendaftar yang ingin ikut harus membalas email konfirmasi kehadiran, berhubung saking banyaknya blogger yang antusias dan antri mendapatkan undangan.
 
Sebenarnya lebih enak naik kereta api (KA), lebih cepat sampai dan praktis. Berhubung sudah bertahun-tahun gak naik KA jadi agak takut kayaknya. Katanya sih turun di stasiun Tanah Abang membingungkan hahahahaha. Alhasil saya pergi ke Museum Tekstil dengan kendaraan pribadi, sendirian saja. Dari Jagakarsa menuju museum tidak ada kendala yang berarti. Bisa jadi karena pas Hari Minggu pagi, jalan raya tidak macet sama sekali.

Menunggu di Mobil
Pukul 07.15 saya berangkat dari rumah. Alhamdulillaah tiba di Museum Tekstil pukul 07.50, tanpa macet, tanpa via jalan tol. Saya menunggu saja di mobil, karena memang kelihatan sangat sepi. Saya baru tahu jika jam operasional Museum tekstil yaitu pukul 09.00 hingga 15.00 WIB, buka Hari Selasa sampai Minggu, sedangkan Hari Senin dan hari libur nasional tutup. 

 
Lapangan Parkir Museum Tekstil Jakarta
Pukul 08.10 terlihat kehidupan hehehe orang-orang sudah tampak di depan mata satu per satu. Registrasi ulang dimulai pukul 08.30-09.00 WIB, cukup menuliskan kembali nomor Whatsapp dan paraf saja. Kami diberikan kupon untuk ditukarkan saat acara berlangsung yakni kupon snack, lunch alias makan siang dan goody bag. Saya dan para blogger lainnya juga diberikan vocher belanja sebesar Rp 150.000 dari Honestbee.



Sambutan Mbak Astri Damayanti di Museum Tekstil Bersama Honestbee
Acara Wisata Belanja Bersama Honestbee dimulai dengan pembukaan. Sepatah dua patah kata dilontarkan secara bergantian oleh mbak Astri Damayanti, dilanjutkan oleh pihak Museum Tekstil yakni Ibu Ari serta ada mbak Fanny.


Sambutan Mbak Astri Damayanti di Museum Tekstil Bersama Honestbee
Oh ya, sejak tadi saya bercerita penasaran gak sih dengan “Honestbee”? Apa itu ya? Kasih tau gak ya? Hhhmmmm….Honestbee merupakan layanan belanja dan pengiriman on demand untuk kebutuhan sehari hari berbasis online terkemuka asal Singapura. Mitra Honestbee di antaranya adalah Transmart Carrefour.


Belanja Jadi Mudah Bersama Honestbee
Buat teman-teman yang mungkin sibuk bekerja, hanya punya sedikit waktu untuk keluar sekadar berbelanja bulanan maupun sehari-hari, malas keluar rumah karena musim penghujan atau kemarau tapi tetap ingin semua kebutuhan terpenuhi tepat waktu, Honestbee lah jawabannya.  

Honestbee menawarkan cara belanja kebutuhan sehari hari yang lebih cepat dan mudah. Hari-hari Anda dan kita semua akan lebih ceria, bisa berkumpul lebih lama dengan keluarga. 

Kita sebagai konsumen bisa belanja kapan saja dan di mana saja, jadi hemat waktu dan biaya. Barang yang dipesan pun diantar sampai ke depan pintu rumah. Harga produk Carrefour yang ada di website maupun aplikasi di handphone sama dengan harga di toko offline nya. Kita bisa mengatur sendiri kapan barang dikirim ke alamat tujuan.


Sambutan Bapak Tony dari Honestbee di Museum Tekstil Jakarta

Acara berganti dengan berbelanja online bersama Honestbee. Pihak Honestbee yaitu Bapak Tony memperkenalkan secara singkat tentang perusahaan dan produk-produk serta cara membeli online. Di era digital seperti sekarang ini, apa pun dibuat lebih mudah, begitu pun dengan layanan belanja online yang kini sudah menjamur di mana-mana.   

Sejak tanggal 25 Januari 2107 lalu diluncurkan secara resmi, pelanggan Honestbee semakin bertambah jumlahnya. Sejak tahun 2015 Honestbee mulai beroperasi di kota-kota besar di seluruh negara Asia. Sampai saat ini layanan Honestbee terlebih dahulu ada di Singapura, Hongkong, Taiwan, Jepang, Malaysia, Thailand dan Indonesia.


Setiap asisten belanja Honestbee telah dilatih secara profesional bersama dengan staf Transmart Carrefour untuk memilih bahan makanan dengan kualitas terbaik dari segi kesegaran dan mutu produk. Jadi jika ada pesanan yang tidak tersedia, maka asisten belanja akan langsung menelepon dan sms untuk memberitahukan juga memberikan saran barang pengganti. 

Honestbee akan menerima order konsumen dan berbelanja di 17 outlate Transmart Carrefour terdekat dengan pengiriman. Sehingga waktu kirim tercepat bisa hanya satu jam saja dari waktu pemesanan. Konsumen juga bisa memesan untuk pengiriman hingga tujuh hari kemudian. Dalam aplikasi Honestbee kita bisa memilih waktu pengiriman yang diinginkan. 

Oh ya, di Museum Tekstil terdapat gedung pameran, galeri batik, pendopo batik, ruang pengenalan wastra, ruang perawatan kain, perpustakaan, mushola, gazebo, teater mini, toko cinderamata, toko galeri, taman pewarnaan alam dan kebun serat.


Sisi Lain Gedung Museum Tekstil Jakarta
Harga Tiket Masuk (HTM) Museum Tekstil untuk dewasa, mahasiswa dan anak-anak yaitu masing-masing Rp 5.000,- , Rp 3.000,- , dan Rp 2.000,- sedangkan  rombongan minimal 20 orang adalah Rp 3.750,- , Rp 2.250,- dan Rp 1.500,- Ada pula kursus membatik dengan cukup membayar Rp 40.000,- untuk turis lokal dan Rp 75000,- untuk turis asing.
  
Beberapa Koleksi di Museum Tekstil Jakarta
Hingga saat ini Museum Tekstil memiliki 2350 koleksi yang terdiri dari 886 koleksi kain batik, 819 koleksi kain tenun, 425 koleksi campuran, 70 koleksi peralatan, 150 koleksi busana dan tekstil kontemporer.

 
Beberapa Koleksi Kain di Museum Tekstil Jakarta
Tak kenal maka tak sayang. Nah kita harus mengetahui sejarah Museum Tekstil Jakarta ini, teman-teman. Museum Tekstil yang kini menjadi gedung utama pameran kontemporer/ tidak tetap awalnya adalah rumah tinggal warga berkebangsaan Perancis yang dibangun pada akhir abad ke-19. Rumah tersebut dibeli oleh Konsul Turki bernama Abdul Azis Al Mussawi Al Katiri. Pada tahun 1942 dibeli oleh seorang Belanda yaitu DR. Karel Christian Cruq.


Tentang Museum Tekstil Jakarta
Gedung Museum Tekstil yang juga memiliki gedung pameran tetap ini memiliki sejarah pada masa perang kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Pada waktu itu gedung tersebut digunakan sebagai Markas Pemuda Barisan Pelopor dan Barisan Keamanan Rakyat (BKR). 

Tak lama setelah itu tahun 1947 dibeli oleh warga Cina bernama Lie Sion Pin, kemudian dibeli oleh Departemen Sosial RI pada tahun 1952. Terakhir pada tahun 1976 diserahkan kepada Pemda DKI sebagai Museum Tekstil Jakarta yang diresmikan pada tanggal 28 Juni 1976 oleh Ibu Tien Soeharto.

Saat ini Museum Tekstil Jakarta di bawah Pengelolaan Unit Pengelola Museum Seni Rupa Jakarta, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Museum ini merupakan salah satu tujuan wisata edukasi pertekstilan bagi masyarakat umum serta meningkatkan apresiasi kita terhadap kain batik. 

Galeri batik yang dikelola oleh Yayasan Batik Indonesia diresmikan pada tanggal 2 Oktober 2010. Selain berbagai macam koleksi batik tanah air seperti batik dari Jawa, Sumatera dan lainnya, ada juga bahan perwana batik alami, motif-motif cap batik, tata cara proses membatik dan berbagai macam interior yang bermotif batik seperti tempat tidur, furniture, topeng dan wayang golek.
   
Para peserta yang sudah memegang voucher langsung mencoba masuk ke aplikasinya. Kami bisa berbelanja dua kali dengan memasukkan kode kupon yang tertulis di masing-masing voucher yang telah dibagikan. Kali ini kita berkesampatan mencoba satu kali terlebih dahulu karena untuk mengejar waktu sesuai jalannya acara. 

Nah, namanya juga ibu-ibu alias emak-emak paling demen ginian. Acara seru wisata sambil belanja. Oh ya, kita bisa lihat di aplikasi yang di-download di HP android di playstore atau langsung "idhonestbee".  Caranya sangat mudah. Jika belum pernah menggunakan aplikasi ini, klik sign up. Isi email dan nomor HP. Toko online nya ada beberapa macam, seperti Transmart Carrefour, Javara, Hatten Wines dll.

Barang yang sudah dipesan akan tiba di museum sekitar pukul 12.00-13.00 dengan membayar biaya pengiriman Rp 10.000 saja dari yang seharusnya yaitu Rp 20.000. Wah, terima kasih banyak ya, Honestbee. Banyak potongannya nih, ibu-ibu makin cinta aja sama Honestbee. Untuk pembelian di rumah misalnya, kan masih ada sisa Rp 75.000 wah seru nih bisa lihat dan pilih produk yang diminati.


Mendengarkan Penjelasan Mbak Fanny Tentang Koleksi di Museum Tekstil
Masuk ke sesi selanjutnya yaitu berkeliling ke museum bersama mbak Fanny. Meskipun orang bule, tapi dia terbilang cukup fasih berbicara Bahasa Indonesia dengan baik. Sambil mendengarkan penjelasannya, saya asyik jepret sana-sini, foto selfie ke sana- ke sini, terpesona keindahan kain batik asli Indonesia.


Bertemu Wajah dengan Teman Lama dan Menambah Teman Baru
Ternyata blog itu sangat menyenangkan, bisa menyalurkan hobi saya menulis. Sensasinya berbeda dengan keikutsertaan saya dalam menulis beberapa buku antologi, satu novel berantai dan satu storypedia beberapa waktu yang lalu. Ditambah lagi  kita bisa memiliki banyak teman baru setelah online menjadi teman offline plus seperti reuni dengan teman lama 😄
 
Keluar dari ruang utama museum, kami menuju beranda belakang dan samping. Kami disuguhi minuman Teh Botol Sosro dan istirahat sejenak. Sesi berikutnya adalah demo masak bersama Chef Jun Joe Winanto yang nama IG nya @dapuresepayah. Semua produk untuk demo masak ini dibeli di Transmart Honestbee. Wuuuiih mantap! Chef Jun akan memperlihatkan kepada kami bagaimana membuat ayam rica-rica yang enak dan puding sarikaya gula merah yang rasanya hhhmmm…bikin ketagihan!

Demo Masak Chef Jun Joe Winanto di Museum Tekstil Bersama Honestbee
Resep yang pertama yang dibuat adalah “Ayam Rica Rica”. Secara umum dibutuhkan satu ekor ayam, diungkeb. Cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jeruk lemon. Saya baru tahu kalau ingin mendapatkan air perasan lemon lebih banyak, caranya adalah diguling-gulingkan sambil ditekan. Nah, tambah ilmu lagi deh. 

Alhamdulillaah. Daun sereh, garam, kunyit, santan, 500 ml air, apa lagi ya? Hahaha gagal fokus mencatat, akibat sudah ngeces sama keharuman si ayam yang sedang dimasak sih. Selanjutnya adalah foto bersama. Pasti kece-kece dan sumringah semua. Alhamdulillaah. 
Foto Kece Bloggers Wisata Belanja Seru di Museum Tekstil Jakarta Bersama Honestbee

Pose Bareng Wisata Belanja Seru di Museum Tekstil Jakarta Bersama Honestbee

Akhirnya tiba saat yang ditunggu-tunggu. Setelah cukup lelah berkeliling museum, kami makan siang bersama. Penukaran voucher makan siang dan goody bag lah yang menyenangkan kaum emak, bukan? Meskipun ada juga beberapa blogger lelaki sih hehehe.

Makan Siang Bareng Penulis Keren

Goodybag dari Honestbee
Setelah makan siang, peserta yang sudah berbelanja online Honestbee bisa langsung memperoleh produk belanjaannya di lobi museum persis tempat registrasi awal. Wah, senangnya bukan main. Ibarat anak-anak yang telah merayakan pesta ulang tahun saja. Bawaan kami membuat senang anak-anak di rumah. Saya pulang sendirian karena kebanyakan teman-teman naik kereta api. Akhirnya sampai rumah pukul 14.20 WIB alhamdulillaah.

Ini adalah contoh ketika saya melakukan pemesanan produk Transmart Carrefour di rumah. Caranya mudah kok. Download aplikasinya dari playstrore. Sign up terlebih dahulu jika belum pernah menggunakan aplikasi ini. Apabila sudah pernah maka klik sign in. Masukkan email dan nomor handphone. Lalu di layar HP atau website jika melalui laptop akan terlihat toko-toko online nya, kita tinggal pilih, misal ingin Transmart Carrefour. 

Ada pilihan beberapa departemen seperti home, promotions, recommended, fresh fruits & vegetables, fresh meats & seafood, dairy-eggs & chilled food, drinks, bakery, food cupboard, snack & sweets, frozen food, household & cleaning, health & beauty, babies, alcohol, ready to eat serta tobacco. 

Setelah selesai berbelanja, harap cek kembali apakah produk sudah masuk ke dalam 'keranjang belanja" atau belum, alamat pengiriman, nomor HP dan kode voucher apabila punya seperti saya nih dapat 2 kode kupon untuk dibelanjakan batas akhir tanggal 31 Maret 2017. Saya mencoba 1 kali belanja dengan memasukkan 1 kode kupon. 
Langgak-langkah Belanja Jadi Mudah Bersama Honestbee

Konfirmasi dan Penilaian Pengiriman Produk Transfmart Carrefour Honestbee


Produk Transmart Carrefour Honestbee Sesuai Pemesanan

Produk yang diterima sesuai dengan pemesanan.


Perut kenyang, hati pun riang. Pengalaman bertambah, makin seru pertemanan kita. Semoga bisa bertemu lagi dengan para blogger kece di lain kesempatan. Terima kasih Museum Tekstil, Kriya Indonesia, Honestbee, Mbak Astri CS, Nita Lana, seluruh panitia acara serta teman-teman lain yang tidak bisa disebutkan per satu 😊





Facebook: Nurul Sufitri
Instagram: @nurul_sufitri
Twitter: @Nurulsufitri
Email: nurulsufitri@gmail.com
Linked In: Nurul Sufitri
WA: 08129634587


















32 comments:

  1. wuih.., liputannya lengkap. Asyik dong sudah belanja. Aku belum, lagi cari solusi tempat pengiriman barang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smg bsk2 kita ketemu lg ya mbak Rebellina ☺😊 jln2 sambil mkn2 hehehe

      Delete
  2. Yeaaaay liputannya seru banget. Klo ke museum tekstil aku pengen bngt belajar nyanting loh, apa sih istilahnya mbatik ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mb Amanda..bisa ikutan kursus membatik kok 😄 hebat kalo minat berarti orangnya sabar 😆😆😄😃

      Delete
  3. Halo mbak Nurul, senang bisa hadir di blog ini, wah seru banget ya ... tanpa keringat, tanpa lelah, hemat tapi bahagia sampai pulang ke rumah
    hehehe
    salam kenal juga dari saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai..hai mbak Maya. Salam kenal juga yach. Makasih sdh berkunjung ke blog saya yang masih "mini" ini 😄 iyaaa seneng bgt menambah pengetahuan ttg kain batik Indonesia, teman baru dan ketemu teman lama juga dan belanja mudah ga pake ribet hehehe..

      Delete
  4. Yeayyy moga next event kita ketemuan lagi ya, sambil belanja2 pakai Honestbee, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jeng Nita 😄 pa kabar? Sehat ya...btw aku kan krm email ke Honestbee spy alamat delivery ke rmhku bisa ada eh alhamdulillaah jd bisa klik Jagakarsa hehehe kalo rezeki emang ga ke mana ya. Tks yaaaa 😄

      Delete
  5. Wah lengkap banget liputannya, asyik yah selain jalan-jalan keliling museum, kita bisa belanja online yang mudah dan cepat, cocok buat emak-emak males seperti saya...hihihi. Senang banget bisa kenalan, next kita ketemuan lagi yach. Feelingku menang ini hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Elisa...tulisan mbak apalagi keren bgts 😊 Smg di lain kesempatan kita bisa ketemu lagi ya siiiippp 😘😍 ayo lanjutkan voucher belanjanya...

      Delete
  6. Noted, tulisan reportasenya keren banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Tanti Amelia pa kabar? Terima kasiiiihhh pujiannya 😄 alhamdulillaah pengalaman perdana sangat menyenangkan. Kpn2 kl ketemu lagi aku colek mb Tanti yach hehehe cu.

      Delete
  7. Udah nyobain belanja lewat Honestbee, praktis yah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak April..ternyata caranya mudah dan bnyk promonya...btw aku beli semua produk diskonan loh hihihi emak kan ga mau rugi 😉😄 slm kenal...nanti aku balik berkunjung ya.

      Delete
  8. Belum pernah nih ke museum tekstil, padahal warga Jakarta. Jadi pengen ke sana ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ... uni Aira. Kan dirimu sering naik KA gampang katanya turun di Tanah Abang 😄😃 ajak si bungsu pasti seneng deh. Tks ya.

      Delete
  9. Salam kenal juga mbak, selamat datang di dunia per bloggeran hehe. Menyenangkan kan bisa belanja, ketemu teman banyak dan makan-makan rame-rame xixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Feb, Mba Nurul bukan orang baru di dunia kepenulisan. Doi sebelumnya udah bikin blog tapi password-nya lupa, haha...

      Delete
    2. Aku emang doyan jalan2, makan2, ngumpul2 mb Feb...di IG juga tertulis traveling, eating. Jd hrp maklum kalo hampir di tiap tulisanku aku sisipin kalimat2 itu 😄😃😆 mkn2 dll. Saat mulai draft novel Love Asset sampai sekarang kerjaannya jg ngumpul n mkn2 sama temen2 nulis. Makasih yaaaa kpn2 kl kita ketemu yuk mkn2 bareng.

      Delete
    3. Jeng Nita, msh inget 2011 di Gramed Matraman dll? Mak Nita sering jln bareng kita pas Love Asset meskipun dia ga ikutan nulis di novelnya. Baeeek bgt dia mah kita suka jln2 n makan bareng haha...ada uni Aira jg di komen ini...tks ya Nita 😊 Ngebakso yuk? Lagi hujan skrg di sini.

      Delete
  10. Makasih mbak Febrianty sdh mampir ke blog saya yang masih minimalis ini hehehe...Smg kpn2 kita bisa bertemu yach c u 😊

    ReplyDelete
  11. Iya bun, jeruk lemon selain ukuran besar dan cara mengeluarkan air jeruk penting. Salah satunya dengan di tekan pakai tekenan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh...tnyt begitu caranya ya...mbak mpo Ratne 😀 makasih yaaaa. Kpn2 dicoba deh.

      Delete
  12. Enak ya wisata sambil belanja. Saya juga udah nyobain belanja di Honestbee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Leyla 😄 praktis, cepat dan ramah ya pelayanan memuaskan Honeatbee oke bgts. Tks mb Leyla udh mampir ke blog aku.

      Delete
  13. Gallo mba Nurul. Salam kenal ya. Asik tulisannya. Selamat ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali mbak Rach :) Terima kasiiih yaaa..

      Delete
  14. Banyak juga koleksinya ya Mbak, pengenlah sekali-kali kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ke sana mbak Yelli....seru..jadi nambah pengetahuan tentang kain Indonesia. tks ya.. :)

      Delete
  15. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata alam.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar pariwisata

    ReplyDelete
  16. Saya tertarik dengan judul dan tulisan anda, Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Pariwisata

    ReplyDelete
  17. Liat bentuk bangunan museum textile ini puersis banget sama toko pakaian sekaligus cafe yg ada di kota Kudus. Bekas tempat tinggal jaman Belanda dulu.

    ReplyDelete