Monday, March 20, 2017

# art & craft # decoupage

Cara Mudah dan Murah Membuat Talenan Decoupage DIY

Liburan akhir tahun biasanya saya sekeluarga menyempatkan jalan-jalan. Ga mesti ke luar kota sih, di sekitar Jakarta pun oke. Namun saat Desember 2016 lalu kami ga ke mana-mana alias DRS aka di rumah saja hihihi. Berhubung si bungsu ganteng saya baru kelar disunat, praktis kita stay at home deh.

Untuk mengisi waktu liburan, saya membelikan anak-anak saya satu paket alat dan bahan decoupage. Saya cari-cari di instagram toko online dan ternyata berjodoh dengan @shabbychicindonesia.

Meskipun jauh di Semarang, Jawa Tengah, tapi ga masalah dengan ongkos kirimnya hanya Rp 13.000 ke Jakarta. Saya suka motif tissuenya buatan Eropa yang bagus, keren, ga pasaran. Alat dan bahannya juga oke, harga besaing lah lumayan buat belajar keterampilan anak-anak dan saya tentunya. 

Sebelumnya kan saya sudah pernah membahas membuat tas anyaman decoupage. Nah kali ini materialnya bukan anyaman tapi kayu. Kenapa saya pilih talenan? Karena kebetulan ada stok talenan lama belum dipakai sama sekali. Koleksi? Hhhmm ga juga, punya-punyaan aja lah 😄

Starter Kit Decoupage


Beli alat dan bahan (starter kit) decoupage seharga Rp 123.000 dari @shabbychicindonesia di Semarang, Jawa Tengah. 
 
1 paket starter kit berisi:
- Kertas tissue/ paper napkin 1 lembar
- Cat pink 200 ml
- Lem 200 gram
- Varnish transparan 200 ml
- Kuas cat nylon 70 mm
- Kuas lem nylon 12 mm
- Amplas (bonus)


Alat dan Bahan Decoupage

Cantik, kan motif tissuenya? Yang motif burung itu pilihan Fakhri, si bungsu. Yang kupu-kupu besar warna dasar pink itu maunya teteh Rafa. Nah kalau saya sih kupu-kupu kecil aja yang banyak itu. Oh ya, 2 lembar tissue ini di luar paket starter kita yach, jadi saya nambah bayar lagi.

Tahap Pengecatan Talenan Decoupage

Siapkan koran bekas sebagai alas. Kan sayang lantai keramiknya tekena cat dan bahan-bahan lain.


Anak-anak Mengisi Liburan dengan Membuat Decoupage Talenan


Talenan yang Sudah Dicat Warna Pink

Cara membuat:

Langkah pertama, aplikasikan cat pink ke seluruh pemukaan talenan hingga seluruh permukaan depan dan dan belakang, sisi kanan dan kiri menggunakan cat acrylic.

Kedua, keringkan talenan di bawah terik matahari atau bisa juga menggunakan hair dryer. Jika sudah mengering, baru kita cat sisi lainnya, begitu seterusnya.


Talenan Dilem Merata

Ketiga, lumuri talenan dengan lem hingga merata.

Keempat, gunting tissue decoupage sesuai motif. Motif kupu-kupu besar dan burung ini sudah cocok dengan ukuran talenan. Kita tinggal mengguntingnya saja mengikuti pola kupu-kupu tersebut.
Talenan Decoupage Motif Kupu-kupu

Kelima, lepaskan dua lapisan terbawah tissue secara sangat hati-hati karena khawatir sobek. Lapisan ini tidak dipakai.

Keenam, tempelkan tissue di permukaan kedua sisi talenan. Lakukan satu per satu, misalnya sisi kanan dahulu baru kiri. Caranya adalah dengan menekan perlahan tissue tersebut ke permukaan talenan. Mulai dari bagian tengah hingga ke bagian pinggir sampai merata.

Ketujuh, lakukan pengeringan (bisa dijemur, diangin-anginkan atau menggunakan pengering rambut).
Talenan Decoupage Motif Burung
Kedelapan, siapkan cairan pernis dan kuasnya. Usapkan perlahan menggunakan kuas di atas permukaan tissue secara menyeluruh kemudian keringkan. Lakukan hingga 3 kali untuk mencapai hasil maksimal.


Bagaimana? Mudah, bukan? Yuk, bikin karya decoupage lainnya 😄 Semoga bermanfaat yach. 

Terima kasih teman-teman sudah mampir ke blog saya. Nanti saya akan berkunjung balik ke blog kalian. Sampai jumpa! Wassalam.


Facebook: Nurul Sufitri
Instagram: @nurul_sufitri
Twitter: @Nurulsufitri
Email: nurulsufitri@gmail.com
Linked In: Nurul Sufitri
WA: 08129634587

56 comments:

  1. oalaaahhhh gitu toh caranya... temenku jg ada yg jualan ini mba.. aku pernah beli tas nya waktu itu utk mamaku... kirain susah bikinnya :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang bgt kok mbak Fanny....anak2ku aja aekali bikin bisa hehehe ayo dicoba 😊

      Delete
  2. Talenan beli sendiri ya kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mpok Ratne :) Talenan ada di rumah, dikasih sama mamahku ga tau kapan udah lama tapi bagus materialnya kuat jd msh awet. So...aku percantik aja deh, hasilnya lumayan. Tks.

      Delete
    2. Mb, talenan ini stlh di-decoupage gini bisa dipakai hari2 di dapur utk motong2 gk? Atau cm buat pajangan aja?

      Delete
    3. Biasanya sih buat pajangan :) Soalnya sayang kan udah cantik talenannya eh dipakai hihihi ya terserah aja sih.

      Delete
  3. Jadi cantik hasilnya.. Bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih....mbak Ipeh. Lumayan kan buatan anak2ku hehehe.

      Delete
  4. Replies
    1. Tks mbak Farida...mengasah keterampilan anak sejak dini nih.

      Delete
  5. wuiiih talenannya jadi cantik. lucu juga ya kalau jadi media arsip foto keluarga ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy, mb Ade, tks :) Kan ini mengisi liburan karena Fakhri abis disunat hehehe jd diem di rumah aja tapi tetap kreatif menghasilkan karya seni.

      Delete
  6. Untuk anak2 yang suka lukis jadi ada media yang baru ya. Ntar sama Mama talenannya jangan dipake buat motong daging, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ya ga dong Tante Nita...ntar anak2 mewek hasil karyanya dipake talenan daging wkwkwkwk bisa ajah :D

      Delete
  7. Aku baru tau decoupage ada starterkit nya.. Aku jd pengen nyoba juga ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak mbak yg jual starter kit. All in 1 ga ribet jadinya 😃 yuk bikin sendiri...

      Delete
  8. Waw bunda kreatif ikh n brmanfaat juga buat mengisi liburan anak2😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe mamaciiih bun 😄 ya lumayan buat latihan tangan biar lentur bikin craft bun. Ayo dicoba.

      Delete
  9. sanagt tertarik , keren banget

    ReplyDelete
  10. Ya ampun makasih bngt tulisan nya ! Saya ngefans berat sama shabbychic 😂😂😂 itu mau beli start kit nyari hastag di instagram yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama2 mbak Dina. Ada di IG kok kalo ga salah Surabaya atau Semarang lupa aku.

      Delete
  11. Cantik hasilnya, kalau talenannya plastik bisa mba? Talenanku plastik udah pada kumel, siapa tau bisa ganti baru, yg lama di decoupage aja ntar buat pajangan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih :D Wah, aku belum pernahcoba dari bahan plastik. Tapi bisa lah yaaa...tinggal teknik lemnya aja paling. Iya bagus buat pajangan mbak Dewi. Tks yaaa.

      Delete
  12. Aaaah lucu talenannya. Jadi sayang malahan kalau ddipakai hehehe. Jadi kepikiran, bikin dekorasi decoupage apa ya selain talenan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiih teh Efi :) Iya atuh jgn dipake kalau udah kece mah dipajang aja. Yuk bikin DIY gampang bgt kok.

      Delete
  13. Ralat mbak :Semarang itu adanya di Jawa Tengah hehe. Wah kreatif banget..diriku ga setelaten itu hikshiks. Ehh tapi pas udah jadinya kece ya. Anak2 juga mengisi waktu dengan hal postif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, betull... Jateng :) Mesti coba Feb...ketagihan deh apalagi udh tau caranya gampang kan hehehe...

      Delete
  14. Keren bgt Mba Nurul. Pengen bisa sich bikin talenan spt itu, diwarnain,dikasih gambar, tapi kurang berbakat sptnya kalau menyangkut ketrampilan spt itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikinnya bareng anak aja mb Dewi, jadi menyenangkan deh. Makasih :D

      Delete
  15. Semarang masa di Jawa Timur, mak? Kan di Jawa Tengah hehehe... Tissue itu apa sih? Semacam sticker? Saya kira talenan buat masak ternyata buat dekorasi toh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe tks ya koreksinya mbak 😃 udah saya edit hehe. Tissue Eropa khusus buat decoupage. Ada jg buatan Cina dll sih cm beda aja 😃

      Delete
  16. Hai mba. Kreatif banget. Aku tuh kok nggak bisa juga trampil nih buat yang seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iseng2 ini mbak, lumayan ternyata bisa juga jadinya keren gini jd buat pajangan de talenannya hehee...

      Delete
    2. Anakku pernah mba menggambar untuk telenannya. Mnurutku dia berbakat tapi dia nggak percaya diri

      Delete
    3. Wah kayak anakku dong demen gambar. Support aja mbak beliin alat2nya 😊

      Delete
    4. Wah kayak anakku dong demen gambar. Support aja mbak beliin alat2nya 😊

      Delete
  17. Kereenn...emang kece ya kalau talenan kita decoupage sendiri, terkesan mewah dan motifnya bisa disesuaikan sama selera :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, asal kita bisa pilih motifnya yang sesuai dengan talenan, jadinya cantik gini deh.

      Delete
  18. Bagus uwowow, aku suka padahal barang2 kolekasi lucu2 begini. Kudu nunggu anakku pada gede dulu ini mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga mesti nunggu anak gede2 hahHa ayo mbak Tetty bikin deh 😀

      Delete
  19. Cakeeep. Jadi pengen nyoba, pas banget ya buat aktivitas anak2, apalagi balita biar anteng dikasi beginian haha *emaklelah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentar lagi lan liburan sekolah dan akhir tahun. Cocok tuh buat bikin decoupage barangnya apa aja lah pasti keren 😊

      Delete
  20. Kemeriahan juga Aku bljar kyk gini mba temenku kan buka kursus kyk gini, keren emang jadi pajangan cakep banget Aku kmrin tas ama helas ama cangkirnya yg d hias

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah dihias jadi sayang kan dipakainya hahaha buat pajangan aja cantik2 😀

      Delete
  21. Kreatifnya mba Nurul. Aku mah gak sempet lagi gambar-gambar begitu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe gara2 ga ke mana2 jd keluar deh rasa kreatifnya. Lumayan bareng anak2ku nih.

      Delete
  22. Ya ampun aku dari kapan tau pingin nyoba decoupage belum jadi-jadi, nih, Mba Nurul.. hahaha :D Seru ya ajak anak-anak bikin kayak gini.. Anak jadi kreatif.. Tekniknya gak terlalu susah ya mba? Pingin bikin juga tapi belum pernah belajar atau ikut workshop-nya.. Langsung bikin sendiri bisa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak bikin. Asik.loh apalagi pas pilih2 motif tissuenya..paati bisa 😀😀

      Delete
  23. Wah mba, ini sih sayang kalau buat talenan beneran, jadi pajangan baru cocok..coba dong mba bikin workshop singkat buat blooger Depok..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya emang jadi pajangan aja talenannya. Sayang kalau dipakai hehehe 😊

      Delete
  24. Salut banget bisa bikin itu talenan jd caem. Klo aku mah bisanya bikin talenan jd bau bumbu dapur hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi....sekali2 punya barang2 daput yg cantik mbak biar betah masaknya 😀😀

      Delete
  25. Wowowo cakep banget hasilnya, dan sepertinya mudah nih cara bikinnya. Boleh dong ya pankapan buka WS decoupage nih mba, anak2 dan emaknya tentu jadi makin kreatif trus hasilnya bisa dong ya dijual, jadi mendatangkan rupiah yeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya dari hobi bisa jadi duit hehe aku pernah ditawari WS anak TK cuma jauh banget dan wilayah macet dan aku pas ga bisa 😊

      Delete
  26. Menarik ya bikin decoupage ini. Yuk kapan2 mbak Nurul bikin workshop gitu untuk temen2 blogger di Depok cara bikin decoupage. Kan lucu tuh buat properti foto...

    ReplyDelete