Friday, November 17, 2017

# event & hang out # Family's health

Sehat Bersama Obat Generik Kualitas Paten Kemasan Biru Produksi PT. Hexpharm Jaya Laboratories


Hai, teman-teman apa kabar? Semoga kita semua sehat wal'afiat ya, aamiin ya rabbal 'aalamiin. Kesehatan itu merupakan anugerah dari Allah SWT dan kita harus menjaganya dengan sangat baik. Sehat itu mahal. Sakit itu ga enak banget. Paling malas mesti minum obat, apalagi kalau harga obatnya selangit, hhmm... bisa ga jadi menebus resep di apotek deh. Meskipun misal dibayarkan oleh asuransi dari kantor tempat kita atau suami maupun isteri, tetap aja yang namanya menderita sakit itu ga mau kan, hush..hush...sannaaaaa! 

Pernah minum obat generik? Hah? Belum tau juga? Ooohh...takut ga sembuh? Waaahh....sepertinya kali ini waktu yang tepat untuk kita semua mengetahui dengan jelas seperti apa produk obat generik dan bagaimana proses pembuatannya. Sebagian masyarakat pun sepertinya masih enggan mengonsumsi obat generik. Ada juga yang malu atau gengsi karena harganya murah. Eeiits, jangan salah kaprah dulu. Obat generik yang diproduksi oleh PT. Hexpharm Jaya Laboratories (HJ) ini terjangkau harganya dan berkualitas paten tepatnya.

Senang banget rasanya pada Hari Senin, 13 November 2017 lalu saya berkesempatan mengunjungi sebuah pabrik obat. Sendirian? Tentu ga dong. Saya, mbak Rach Alida serta teman-teman blogger lainnya ramai-ramai datang ke Cikarang. Titik kumpulnya sih di Plaza Semanggi, nah dari situlah kami menuju HJ menggunakan bus. Saya berangkat dari Jagakarsa pukul 05.20 WIB ke Plaza Semanggi mengendarai transportasi motor online lho . Antusias sekali deh. Yuk, kita simak bareng-bareng cerita saya!

Bersama Mbak Rach Alida dan Sebagian Teman Blogger yang Sudah Tiba di Plaza Semanggi (Foto: Teman Blogger)

Bus Siap Menunggu Blogger Menuju PT. Hexphram Jaya Labs di Cikarang (Foto: Teman Blogger)

Akhirnya kami berangkat pukul 07.20 WIB setelah menunggu teman yang agak telat datangnya dari pukul 07.00 hehehe cuuuzz... emak mau piknik dulu yach. Jadi ingat saat masih bersekolah ikutan study tour nih. Singkat cerita, setelah melalui jalan tol dan beragam kemacetan, tibalah saya dan teman-teman di PT. Hexpharm Jaya Labs. Alhamdulillaah kami disambut dengan baik dan begitu hangat oleh pihak HJ.

Selamat Datang Para Blogger (Foto: Rach Alida. B)

PT. Hexpharm Jaya Laboratories merupakan perusahaan farmasi yang tergabung dalam Kalbe Group yang memiliki visi menjadi perusahaan terdepan yang berkelanjutan pada segmen pengobatan terjangkau melalui ketangkasan, inovasi dan keunggulan internasional. Adapun keunggulan kompetitif ada pada sistem dan infrastruktur yang handal.


Kantor dan Pabrik Hexpharn A Kalbe Company (Foto: Nurul Sufitri)

Kantor Hexpharm Jaya Labs (Foto: Nurul Sufitri)

Bicara tentang sistem yang handal, ada dua unsur penting yang diterapkan PT. Hexpharm Jaya Labs untuk menjamin mutu produk terbangun dari, selama dan setelah proses produksi. Pertama adalah Good Manufacturing Practice yang kini dengan standar PIC/S. Kedua adalah Pharmaceutical Inspection/ Scheme dan sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2015, sistem manajemen yang bertujuan untuk memastikan perusahaan selalu menghasilkan produk-produk bermutu yang sesuai dengan spesifikasi yang telah diterapkan. 

Bapak Mulia Lie - Direktur Utama PT. Hexpharm Jaya Labs (Foto: Nurul Sufitri-Slide HJ)

Direktur Utama PT. Hexpharm Jaya Laboratories (HJ) Bapak Mulia Lie mengatakan bahwa selama hampir empat dasawarsa, HJ semakin mantap dalam memposisikan dirinya sebagai perusahaan yang berkualitas dan ekonomis. Misi HJ yaitu ingin membangun masyarakat yang lebih sehat dengan menyediakan produk-produk kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia, dengan tetap mempertahankan mutu mulai dari pengembangan hingga proses produksinya. 

Visi: menjadi perusahaan terdepan yang berkelanjutan pada segmen pengobatan terjangkau melalui ketangkasan, inovasi dan keunggulan internasional. 

Misi: membangun masyarakat yang lebih sehat melalui produk-produk kesehatan yang ekonomis dan berkualitas. 

Motto: total commitment for your health


Bapak Harry (Foto: Nurul Sufitri)

Bapak Boni Anom (Foto: Nurul Sufitri)
 
Kegiatan produksi PT. Hexpharm Jaya Laboratories (HJ) dilakukan di Jalan Angsana Raya Blok A3 No. 1 Delta Silicon 1 Kawasan Industri, Lippo Cikarang Bekasi Jawa Barat. Seluruh fasilitas yang digunakan untuk kegiatan produksi tesebut telah disesuaikan dengan standar CBOP (Cara Pembuatan Obat yang Baik) yang berlaku. 


Bapak Boni Anom selaku Group Product Manager dari PT. Hexpharm Jaya Laboratories memberikan kata sambutan dan profil perusahaan secara singkat. PT. Hexpharm Jaya Labs. berdiri pada tahun 1971 dimana berfokus terhadap pengembangan, produksi dan pemasaran obat. Awalnya pabrik berada di Cipanas namun tahun 2012 pindah ke Cikarang. HJ ini tenyata masuk ke dalam 20 perusahaan farmasi terbesar dan 3 perusahaan farmasi generik terbesar di Indonesia lho. Hebatnya bukan main!

Beliau juga menuturkan,"Obat generik ada dua yakni generik berlogo dan generik bermerek. Teman-teman mungkin tahu deh, sebelumnya obat generik bewarna putih. Nah, yang diproduksi sekarang berwarna biru dan sedikit hijau. Sejak Juni 2017 nih warna kemasan obatnya berubah menjadi biru. Kenapa biru? Biru menandakan kenyamanan, ini dimaksudkan konsumen mendapatkan kenyamanan saat minum obat HJ generik dan segera sembuh dari penyakit yang diderita".


Bapak Parlindungan Doroksaribu-Site Head HJ Paling Kanan (Foto: Nurul Sufitri)


Pihak PT. Hexpharm Jaya Labs (Foto: Nurul Sufitri)
 





Pilih obat generik itu HJ alias Harus Jeli. Caranya adalah:

Jelas produsennya. Pastikan diproduksi oleh pabrik farmasi yang tersertifikasi CPOB, berpengalaman dan terpercaya.

Efektif khasiatnya. Kualitasnya setara dengan obat paten.

Lihat kemasannya. Pastikan dalam kondisi terkemas dengan baik dan informasi yang lengkap.

Ingat! Belinya di tempat yang resmi. Untuk memastikan kualitas dan melindungi dari obat palsu.






Mengapa HJ Generik? Setara dengan obat paten, terjamin khasiatnya, diproduksi di pabrik yang moderen, rangkaian produk generik yang lengkap serta memenuhi standar produksi yang ditetapkan pemerintah.


Obat Generik HJ Kualitas Terjamin (Foto: Nurul Sufitri-Slide Show HJ)


Kualitas terjamin dari produk obat generik HJ:
ISO 9001: 2015 Produk, manajemen kualitas dan kepuasan konsumen
ISO 14000 Sistem manajemen lingkungan
OHSAS Manajemen kesehatan dan keselamatan kerja
cGMP / CPOB Cara pembuatan obat yang baik

Oh ya teman-teman, PT. Hexpharm Jaya Labs memastikan bahan aktif obat untuk menjamin efek terapi obat. Proses penerimaan, pemeriksaan, penyimpanan dan penimbangan bahan baku obat menggunakan fasilitas modern. Proses penanganan bahan baku produksi hingga sampai ke konsumen menggunakan teknologi barcoding system

Pemastian dosis obat dilakukan menggunakan alat yang terkalibrasi, akurat dan handal. Kestabilan mutu produk obat juga dilakukan melalui proses pengemasan primer dan sekunder. Sehingga obat yang dihasilkan memiliki efek terapi yang baik, aman dan stabil. Nanti ada foto-foto ketika saya melihat proses-proses tersebut ya. 
Dr. Artati Selaku Medical Department Head PT. Hexpharm Jaya Laboratories (Foto: Nurul Sufitri)
  
Dr. Artati selaku Medical Department Head PT. Hexpharm Jaya Laboratories menjelaskan bahwa ada dua jenis obat yang diproduksi dan beredar di masyarakat yaitu obat paten dan obat generik. Obat paten yaitu obat yang masih memiliki hak paten. Pada umumnya hak paten ini berumur 20 tahun. Setelah lebih dari 20 tahun, obat ini baru boleh diproduksi oleh perusahaan lain. Nah, kalau obat generik adalah obat yang sudah habis masa patennya. Obat ini bisa diproduksi oleh semua jenis perusahaan farmasi tanpa perlu membayar royalti. 

Nama obat dibedakan berdasarkan nama kimia, nama generik serta nama dagang sebagai berikut:

Foto: PT. Hexpharm Jaya Labs


Foto: PT. Hexpharm Jaya Labs

Adapun farmakokinetik pada manusia yaitu absorpsi, distribusi, metabolism/ biotransformasi dan ekskresi. Farmakokinetik merupakan cabang ilmu dari farmakologi yang mempelajari perjalanan obat sejak awal diminum sampai keluar dari organ ekskresi tubuh manusia. Umumnya, proses atau fase aliran obat dimulai dari penyerapan (absorpsi) kemudian tersebar ke seluruh jaringan tubuh melalui darah (distribusi), lalu dimetabolisikan oleh organ seperti hati (biotransformasi) akhirnya ada sisa dari hasil metabolisme yang dieliminasi (ekskresi).

Untuk membuktikan kadar obat sama atau hampir sama antara obat generik sepadan dengan obat paten bisa dilakukan dengan cara uji bioekivalen dan bioavailabilitas.

Uji Bioekuivalensi Glimepiride 3 mg HJ (Foto: PT. Hexpharm Jaya Labs)

Teman-teman mungkin tidak menyangka bahwa sebagian obat-obat produksi PT. Hexpharm juga diekspor ke luar negeri lho, seperti ke Singapura, Kamboja, Myanmar dan Hongkong. Indonesia memang sudah semakin meningkatkan kualitas maupun kuantitas produk ekspornya. Nah, untuk dapat memasarkannya ke luar negeri, tentu ada persyaratan standarisasi yang harus diikuti karena beda negara, beda juga regulasinya.

Bapak Parlindungan Doroksaribu - Site Head PT HJ (Foto: Nurul Sufitri)
 
Bapak Parlindungan Doroksaribu selaku Site Head/ Kepala pabrik HJ menjelaskan bahwa untuk memastikan perusahaan memiliki keunggulan kompetitf dalam PQCDSME (Productivity, Quality, Cost, Delivery, Moral, Safety dan Environment), PT. Hexphram Jaya menggunakan sistem kesehatan dan keselamatan kerja OHSAS 18001 : 2007, sistem manajemen lingkungan ISO 14001 : 2004 serta Lean manufacturing dan Total Productive Management (TPM). Dengan demikian, mutu produk yang dihasilkan selain baik, harga pun lebih kompetitif.

Mengenai infrastuktur yang handal seperti yang sudah disebut di atas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni:
  • Mesin-mesin yang digunakan di produksi didesain sesuai dengan teknologi terkini, sesuai pula dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh  Good Manufacturing Practice.
  • Fasilitas laboratorium yang handal menunjang pemeriksaan produk baik sebelum, selama dan setelah proses produksi dilakukan.
  • Sistem Penunjang seperti HVAC, PWG, Clean Steam, IPAL menjamin proses produksi berjalan sesuai speks dan hasil produksi tidak mencemari lingkungan.

Cara Pembuatan Obat yang Baik (Good Manufacturing Practice)

PT Hexpharm Jaya labs telah disertifikasi dengan standar GMP mengacu pada PIC/S (Pharmaceutical Inspection Convention Scheme, yaitu lembaga Internasional yang mengeluarkan standar untuk pharmaceutical product.
Selain itu PT Hexpharm Jaya labs. juga telah memenuhi standar/ regulasi di negara-negara tujuan ekspor seperti negara  Singapura, Kamboja, Myanmar, Hongkong, sehingga produk HJ dapat diterima di negara-negara tersebut.

Ada 10 prinsip CPOB di HJ yaitu tulis prosedur kerja, patuhi prosedur yang tertulis, catat yang dikerjakan, validasi yag dikerjakan, rawat fasilitas dan peralatan kerja, miliki kompetensi kerja, desain dan bangun fasilitas peralatan kerja sesuai persyaratan, jaga kebersihan, lakukan kontrol untuk memastikan kualitas pekerjaan dan lakukan audit untuk memastikan kepatuhan. 


Quality Management System ISO 9001 : 2015


PT Hexpharm Jaya Labs. mengadopsi sistem management mutu ISO 9001 : 2015, merupakan sistem manajemen untuk mutu produk  yang diterima di seluruh negara. Perusahaan yang telah menerapkan sistem manajemen ini telah terbukti mengendalikan mutu dari produk yang dihasilkannya sesuai dengan spesifikasi yang dipersyaratkan.

 
Lean Manufacturing (Foto: PT. Hexpharm Jaya Labs)

Lean Manufacturing dimaksudkan untuk mereduksi waste dan meningkatkan mutu produk yang dihasilkan, sehingga biaya pembuatan produk dapat dikurangi dan mutu produk dapat tingkatkan secara berkesinambungan.

Sejak tahun 2012 HJ telah menerapkan Total Productive Management (TPM), yang bertujuan meningkatkan mutu produk  melalui peningkatan kehandalan mesin dan kualitas dari operator  yang mengoperasikannya. Nah, dengan demikian harga obat dapat terjangkau/ kompetitif untuk semua  lapisan masyarakat. 


Ada lima pokok definisi TPM yaitu:

  • Bertujuan membangun budaya perusahaan yang senantiasa berupaya meningkatkan efektifitas mesin (OEE).
  • Membangun sistem PM yang terintegrasi untuk memerangi losses.
  • Melibatkan semua departemen yang terkait dengan perawatan mesin.
  • Melibatkan setiap anggota organisasi mulai dari top manajemen hingga lapis terdepan.
  • Mencapai zero losses melalui kegiatan Kelompok Kecil (SGA)

Semua level karyawan di PT. Hexpharm Jaya Laboratories wajib melakukan peningkatan yang berkesinambungan/ continual improvement. Sebagai bentuk komitment PT. Hexpharm Jaya Labs. dalam pencegahan kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja dan pencemaran lingkungan PT. HJ menerapkan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja OHSAS 18001 : 2007 dan ISO 14001 : 2004.

Sebagai strategy development PT. HJ menerapkan Balance Score Card, yaitu strategi yang mempertimbangkan penilaian kinerja perusahaan dari keseimbangan empat aspek, yaitu finansial, konsumen, proses internal serta pembelajaran dan pertumbuhan.




Untuk menjaga mutu produk yang dihasilkan dari kontaminasi yang disebabkan oleh pest, PT. Hexpharm Jaya Labs. melakukan  pengendalian melalui penerapan Pest Management.

Nah, itu profil perusahaan dan ulasan tentang HJ. Tiba saatnya ishoma alias istirahat, sholat zuhur dan makan siang bersama deh. Setelah itu, naaahhh...ini bagian paling seru buat saya dan teman-teman. Mau ke mana sih? Mau ngapain? Kami dibagi ke dalam dua kelompok untuk berkeliling dan saya termasuk kelompok pertama menuju bagian quality control (QC) dipandu oleh Ibu Titis.

Demo Cara Mengenakan Kostum Steril (Foto: Nurul Sufitri)


Kostum Steril untuk Masuk Ruang Quality Control dan Ruang Produksi (Foto: Nurul Sufitri)

Perlu diketahui bersama nih, teman-teman. Ternyata untuk bisa masuk ke dalam bagian QC maupun produksi, seluruh karyawan dan staf yang memang tekait hal pekerjaan sesuai bidangnya masing-masing, wajib mengenakan kostum ini. Tujuannya adalah supaya steril sesuai regulasi keamanan. Ada masker, penutup kepala, pakaian lengan panjang berkancing penuh selutut serta penutup sepatu/ alas kaki kita. Oh ya, ternyata ada batas kecepetan pengendara dan pejalan kaki juga. Ga boleh meludah dan buang sampah sembarangan. Benda-benda logam misalnya bros, peniti, jarum pentul, cincin, anting, gelang bahkan aksesoris HP pun harus dilepaskan. Kami boleh mengabadikan dalam bentuk foto dengan syarat harus ada orangnya.


Cara Masuk Kelas E (Foto: Nurul Sufitri)


Tata Cara Masuk Kelas E (Foto: Nurul Sufitri)

Cara pakainya pun ada aturannya lho. Masker dan penutup kepala serta pakaian dikenakan biasa, namun khusus untuk penutup kaki ini harus satu per satu. Salah satu kaki kanan atau kiri yang sudah dipakaikan penutup harus langsung pindah tempat yang telah dibatasi dengan bangku panjang. Setelah itu, baru kaki yang satunya lagi menyusul hihii..mudah-mudahan ga bingung ya.


Quality Control Lab HJ (Foto: Nurul Sufitri)


Saya dengan Kostum Steril di HJ (Foto: Nurul Sufitri)


Bersama Bapak Haryanto dan Ibu Titis di Ruang QC (Foto: Nurul Sufitri)


Penjelasan Kemasan Baru Obat Generik Berwarna Biru Oleh Bapak Haryanto (Foto: Nurul Sufitri)



Ruang Quality Control/ QC merupakan ruangan untuk mengambil contoh dan hasil yang diperoleh selama satu hari. Selain itu juga dilakukan proses identifikasi bahan baku. Ternyata hanya butuh dua menit saja untuk mengidentifikasi apakan bahan baku yang dikirim sesuai atau tidak dengan standar yang ada. Sampel tadi ditimbang dan diserahkan ke bagian instrumen yang telah dilarutkan untuk dimasukkan ke dalam mesin.

Di sini, air yang digunakan bukan air biasa, namun air yang telah melalui suatu proses tertentu. Mineralnya sudah dihilangkan agar tidak terindikasi dengan bahan obat. Jadi tak perlu ragu dengan obat produksi HJ nih, kan sudah teruji dan lulus BPOB, aman dikonsumsi,


Proses di Ruang QC (Foto: Nurul Sufitri)


Foto: Nurul Sufitri

Saya sempat bertanya kepada Ibu Titis tentang para karyawan di HJ terutama di ruang QC ini. Untuk bagian seperti yang ada pada gambar, karyawannya lulusan sekolah menengah kejuruan maupun sekolah menengah farmasi. Sedangkan level supervisor ke atas minimal S1 misalnya seperti profesi apoteker, jurusan farmasi, kimia dan seterusnya.


Bersama Teman-teman di Ruang QC (Foto: Nurul Sufitri)

Keliling ke ruang QC pun selesai. Selanjutnya kami lanjut ke ruang produksi. Nah, kostum steril tetap dikenakan, tapi unik lho ini. Masker dan penutup kepala dipakai, bajunya beda nih. Penutup sepatunya kini berwarna putih, melapisi yang berwarna hijau.


Saya Mengenakan Kostum Steril Kedua Ala Astronot (Foto: Nurul Sufitri)



Kalau ada pertanyaan kenapa obat generik harganya murah? Ini karena bagian/ hal yang tidak efektif dan efisien tidak digunakan alias dieliminasi saja. Jangan salah loh, semua mesin-mesin di HJ ini dirawat dengan sangat baik dan meminimalisasi kerusakannya. Batch hanya boleh sekali jalan tidak boleh berulang-ulang dan pastinya bebas hama.


Setiap kali hendak memasuki ruangan, ada proses identifikasi (Foto: Nurul Sufitri)


Di Ruang Produksi (Foto: Nurul Sufitri)

Tekanan maupun suhu udara yang ada di ruang produksi berbeda dengan ruang QC. Semakin kita beada di ruangan proses selanjutnya, semakin ketat pengawasannya bersifat komputerisasi.


Ruang Produksi HJ (Foto: Nurul Sufitri)

Pengoperasian semua peralatan dalam proses awal hingga selesai menggunakan proses komputerisasi yang sangat canggih. Bahkan aliran udara yang ada di ruang produksi ini diatur sedemikian rupa mencapai suhu tertentu dan sekian kali, berganti terus-menerus. Sistem logistik terencana dan diawasi  secara ketat. Misalnya ada selisih nol koma sekian saja pasti akan terdeteksi oleh komputer dan tak akan lolos ke proses selanjutnya. Begitu pula dengan penimbangan bahan obat, harus pas takarannya.


Identifikasi Bahan Obat (Foto: Nurul Sufitri)


Proses Penimbangan Bahan Obat (Foto: Nurul Sufitri)


Barcoding di Ruang Produksi HJ (Foto: Nurul Sufitri)


Alat Pengecekan Barcoding di Ruang Produksi HJ (Foto: Nurul Sufitri)

Mesin-mesin yang digunakan untuk memproduksi obat HJ ini didatangkan dari Jerman. Namun sudah cukup banyak pula mesin yang dibuat lokal alias asli Indonesia lho. Kualitasnya tak diragukan, justru lebih efektif dan efisien, serta harus diperhatikan perawatan mesinnya. Inilah kunci utama obat generik bisa menjadi murah harganya.


Proses Produksi Obat di HJ (Foto: Nurul Sufitri)


Proses Produksi Obat di HJ (Foto: Nurul Sufitri)


Proses Pengeringan Bahan Obat di HJ (Foto: Nurul Sufitri)


Proses Penimbangan Tablet di HJ (Foto: Nurul Sufitri)


Saya dkk di Ruang Produksi HJ (Foto: Nurul Sufitri)

Pabrik HJ ini terpantau oleh Building Automation System. Jika tekanan udara rendah, maka komputer akan memberikan sinyal agar mesin bekerja lebih keras, sehingga suhu udara disesuaikan.


Saya Senang dan Bangga Berada di PT. Hexpharm Jaya Labs (Foto: Nurul Sufitri)


Proses Pembungkusan Obat HJ (Foto: Nurul Sufitri)


Proses Pengemasan Obat di HJ (Foto: Nurul Sufitri)
Di ruang packaging, ada serah terima produk untuk dikemas biru. Produk yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan perusahaan akan tereliminasi secara otomatis karena ada sensornya seperti metal detector.


Proses Pengemasan Obat Generik Kemasan Biru (Foto: Nurul Sufitri)


Proses Packaging (Foto: Nurul Sufitri)


Pengemasan Obat Secara Komputerisasi di HJ (Foto: Nurul Sufitri)

Jadilah Obat Generik Kemasan Baru Berwarna Biru Buatan HJ (Foto: Nurul Sufitri)





Itulah beberapa proses pembuatan obat di PT. Hexpharm Jaya Labs. Canggih banget kan? Mesin buatan Indonesia ternyata sudah teruji kehebatannya. Steril sekali lho. Begitu selasai berkeliling, kostum dibuka dan langsung dibuang, dikumpulkan di tempat khusus, ga boleh dibawa pulang buat kenang-kenangan di rumah hehehe.

Oleh karena itu, ubah mind set kita kalau obat paten lebih manjur daripada obat generik. Justru obat generik itu berkhasiat untuk kesehatan tubuh kita. Ingat ya, JELI memilih obat seperti yang sudah saya ulas di atas. Ingat juga bahwa faktor-faktor yang memengaruhi khasiat obat ada pada hal genetik, jenis kelamin dan kehamilan. Jadi tiap orang berbeda-beda proses penyembuhan penyakitnya.






Tanda Mata dari HJ (Foto: Nurul Sufitri)

Terima kasih banyak kepada seluruh pihak HJ yang telah berkenan dan menerima kehadiran saya dan teman-teman dengan sambutan yang sangat baik dan mengesankan. Semoga pengetahuan dan pengalaman kali ini bisa dibagikan kepada masyarakat umum.

Teman-teman, yuk mengonsumsi obat generik kemasan baru berwarna biru dari PT. Hexpharm Jaya Laboratories! Memenuhi standar produksi, setara dengan obat paten, terjamin khasiatnya, diproduksi di pabrik yang moderen serta memiliki produk generik yang lengkap. Wassalam. 

 
Facebook: Nurul Sufitri
Email: nurulsufitri@gmail.com
Instagram: @nurul_sufitri
Twitter: @Nurulsufitri
Linked In: Nurul Sufitri
WA: 08129634587


32 comments:

  1. Wkwkwkw duh si teman itu bangunnya kesiangan kali yaaaa :P

    Aku masih bertanya2 cara kerja mesin yg bisa milah2 produk bagus dan cacat yg mana itu.

    BTW pdhl pengen punya bajunya satu buat di rumah haha :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe bisa jadi kesiangan yach :) Sepeetinya di bagian produksi deh mesinnya. Oh ya aku pun kepengen bawa pulang bajunya ya tapi mesti lgs dibuang di pabriknya 😀

      Delete
  2. Obat generik kualitas paten. wow pasti langsung reda penyakitnya minum obat itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong. Kita mesti yakin dg khasiat obat generik 😊 Apalagi setelah tahu dan melihat cara pembuatan obat HJ secara langsung. Makin yakin deh.

      Delete
  3. Berasa naik roket nggak sih mbak pakai kostum begitu dan di antara mesin2..hihi. Kebayang ribetnya, mungkin kalau sy kerja di sana, saya kebagian masukin obat ke kardusnya..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya kostumnya ini memang steril nih. Kayak astronot ya. Ga boleh dibawa pulang langsung dibuang tuh.

      Delete
  4. Bajunya lucuuu.. sayang ya ga boleh dibawa pulang. Alasannya takut terkontaminasi katanya.. xixixi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Ade. Steril banget ya. Makanya makin yakin deh dengan khasiat obat generik HJ 😊

      Delete
  5. lucu ya masuk ke pabriknya harus pake baju seragam khusus dulu. kalo aku, ada ukuran badanku nggak ya secara aku gemuk. hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak wajib banget. Ada tuh buat badan gede..bisa kok hehe.

      Delete
  6. Dengan adanya tulisan ttg obat generik, saya yakin makin banyak yang tercerahkan ya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Semoga aja masyarakat Indonesia ga malu dan ragu lagi minum obat generik. Mesti JELi pilihnya.

      Delete
  7. Mantab informasi tentang obat HJ Generik lengkap sekali mba. Jadi ga ragu lagi sekarang pilih obat generik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tks mb Ria 😊 Sosialisasikan khasiat obat generik HJ ini biar masyarakat makin yakin dengan khasiatnya.

      Delete
  8. makasih infonya , lengkap ya , dan aku baru tahu

    ReplyDelete
  9. asyik makin banyak teman- teman menginformasikan keberadaan obat generik. Makin banyak juga orang paham akan dan tidak ragu meminumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita ga perlu ragu, malu dan takut mengonsumsi obat generik ya. Alhamdulillaah kita sosialisasikan smg masyarakat kini makin paham.

      Delete
  10. Catet banget yes harus JELI kalau beli obat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup..betul. JELI itu penting saat memilih obat generik mbak Kurnia 😀

      Delete
  11. Wah aku banget nih mba. Dulu aku kurang suka banget obat generik. Gara2 omongan orang aneh2 aku kebawa. Tapi ternyata generik juga bagus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Sarah. Sekarang udah ga ragu lagi kan :D

      Delete
  12. Laah, aku mah malah cocoknya obat generik mba kalo batuk ato pilek. Pernah pas batuk dulu, lamaaa.. Udh berkali2 k dokter, mana obatnya mahal2 yg diksh pas tau ak yg pake asuransi. Ga sembuh2. Trs aku nyobain generik, eh alaahh malah sembuh :p. Tau gitu dr awal beli generik aja. Jauh lbh murah juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya mbak Fanny? Bagus donk ya? Aku juga ga masalah tuh minum obah generik apalagi produksi Hexpharm Jaya. Khasiatnya oke banget, in sya allah penyakit hilang hati senang karena harga obatnya kompetitif dan terjangkat bagi masyarakat :)

      Delete
  13. Dulu sempet ragu sama generik, setelah tau proses produksinya ga ragu lagi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi mbak Tetty 😊 Yang penting kita JELI ketika hendak mengonsumsi obat generik ya sip.

      Delete
  14. Canggih banget perusahaannya ya mbak, memang benar-benar berskala besar dan terjamin. Terima kasih infonya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Yelli. Canggih, moderen dan higienis tingkat tinggi dlm pembuatan obatnya 😊

      Delete
  15. kalau pakai baju astronot, terjaga banget ini higienis dan kualitasnya. Aku suka berobat di Puskesmas kalau sakit yang ringan gitu. Dan obatnya memang sering pakai obat generik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya ya saking higienisnya gitu. Jadi sekarang orang2 sudah mulai paham ya tenteng produksi dan manfaat obat generik.

      Delete
  16. Makin percaya kan sekarang sama obat generik

    ReplyDelete