Monday, April 17, 2017

# art & craft # decoupage

Cara Mudah Mempercantik Kotak Meteran Listrik dengan Decoupage DIY



Teman-teman, pernah kepikiran ga kalau benda yang ada di foto ini bisa tampak lebih kece? Warna aslinya kan hijau lumut dan sudah lama ga dilap jadi berdebu hehehe πŸ˜ƒ Rasanya malas deh mesti membersihkan si kotak meteran listrik ini. 

Nah, karena saya merasa kasihan sama si kotak, maka pas liburan sekolah Desember 2016 lalu saya berinisiatif mempercantiknya. Gimana, lumayan kan? Buatan anak saya yang kini duduk di SD kelas 6 nih. Berdua lah bikinnya bersama saya. Teteh Rafa memang suka kerajinan tangan.

Ini sekilas tentang decoupage ya, barangkali ada yang belum tahu.
Decoupage berasal dari bahasa Perancis dΓ©couper, yang artinya memotong. Decoupage merupakan kerajinan atau bentuk seni menggunting dan menempelkan gambar dari potongan-potongan bahan (biasanya kertas maupun tissue). Potongan tersebut ditempel pada objek, lalu dilapisi dengan pernis/ pelitur. Tergantung jenis media yang digunakan, bisa satu hingga beberapa lapisan.

Semua alat dan bahan untuk men-decoupage kotak meteran listrik ini masih sama dengan 1 paket DIY tas ayaman dan talenan seperti di postingan saya sebelumnya. Hemat banget kan? Hihihi... namanya juga mama pintar 😘 Nah, kotak meteran listrik ini yang terakhir dibuat. Mau tahu caranya? Ikuti saja langkah-langkah mudahnya di bawah ini.


1. Siapkan alat dan bahan



Paket starter kit berisi:
- Kertas tissue/ paper napkin 1 lembar
- Cat pink 200 ml
- Lem 200 gram
- Varnish transparan 200 ml
- Kuas cat nylon 70 mm
- Kuas lem nylon 12 mm
- Amplas (bonus)

 
2. Bersihkan kotak meteran listrik lalu amplas merata.

3. Ambil kuas, lalu cat perlahan-lahan sampai ke pinggir dan belakang menggunakan cat acrylic. Kotak tersebut dicat warna pink ke seluruh permukaan kemudian keringkan di bawah panas sinar matahari atau bisa juga menggunakan hair dryer. Oh ya, sebelumnya siapkan alas atau koran bekas ya, supaya lantai rumah bebas dari noda cat.


4. Setelah mengering, cat ulang si kotak untuk mendapatkan hasil pengecatan yang maksimal. Agar memudahkan, cat saja terlebih dahulu bagian atas, baru ke samping. Atur saja lah bagaimana enaknya hehehe saya mah suka-suka buatnya. BIsa juga untuk anak bagian yang mudah misalnya atas, untuk saya bagian samping ke bawah.
 


5. Siapkan tissue decoupage, lalu gunting sesuai gambar/ motif. Yang saya dan teteh Rafa pilih adalah motif kupu-kupu besar dan kecil. 

6. Lepaskan dua lapisan terbawah tissue secara sangat hati-hati karena khawatir sobek. Lapisan ini tidak dipakai.

7. Lem permukaan kotak secara merata.

8. Tempelkan potongan tissue di permukaan kotak meteran listrik. Terserah bagian mana dulu yang hendak ditempel ya. Saking banyaknya kupu-kupu kecil, kedua tangan sudah pegal rasanya hehe πŸ˜— beberapa potongan tissue motif kupu-kupu kecil ada yang kelupaan tidak dilepaskan dua lapisan terbawah. Hasilnya tampak beda, masih kelihatan kertas tissue nya yang agak tebal. Ga apa-apa, namanya juga kreasi seni, yang penting happy 😍

9. Lakukan pengeringan (bisa dijemur, diangin-anginkan atau menggunakan pengering rambut).

10. Siapkan cairan pernis dan kuasnya. Usapkan perlahan menggunakan kuas di atas permukaan tissue secara menyeluruh kemudian keringkan. Lakukan hingga 3 kali untuk mencapai hasil maksimal.

Catatan: Mestinya sih kupu-kupu besar ga seperti itu penampakan akhirnya. Sebaiknya sih digunting juga hingga tersisa gambar si kupu-kupu besar. Tapiiii...sudah sore ah, lelah mau istirahat tapi tanggung belum kelar. Yaaach jadinya seperti foto paling atas, ga apa-apa kan yach? Lumayan deh, jadi keren kotak meteran listrik rumah saya. Minimal indah dipandang mata, ga kucel lagi πŸ˜„ 

Gimana? Mudah kan? Selain untuk mengisi waktu luang, dalam hal ini liburan sekolah, seni decoupage ini bisa mempererat rasa kekeluargaan, menambah silaturahmi dan lain-lain. Yuk, coba bikin! 

Terima kasih ya, teman-teman sudah sudi mampir dan membaca tulisan saya. Saya akan berkunjung juga ke blog kalian. Wassalam.


Facebook: Nurul Sufitri

Instagram: @nurul_sufitri

Twitter: @Nurulsufitri

Email: nurulsufitri@gmail.com

Linked In: Nurul Sufitri
WA: 08129634587
 

29 comments:

  1. Ya ampun mbaaa, kreatif bangeeettt.. Sampe kepikiran meteran listrik dicakepin gini.. Hihi Jadi kece bgt mba.. Aku jd pingin belajar decoupage, belum pernah nyoba nih mba.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Dita.... iya nih soalnya kotaknya udah jelek, dipajang di dpn pintu rasanya ga enak dipandang mata, aku kecein deh hihihi...beli yang 1 paket aja mbak kayak aku...

      Delete
  2. Saya suka motif decoupage tapi belum pernah coba eum, semoga nanti sempet bikin ah, tfs ya Mba Nurul.. salam kenal^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus ya kupu2nya hehehe...ayo coba mbak...lumayan mengasah keterampilan dan kesabaran kita, slm kenal juga mbak Sandra.

      Delete
  3. EEEaaaa syuka pas baca, namanya juga mama pintar haha. Btw ada yang kurang nih mana foto tete Rafa dan mamanya lagi ngecat haha. Decoupage, noted baru ini nih dengarnya . Makasih mama pintar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kita kan mama pintar, hemat pangkal kaya kan, Febri hehehe...fotonya ada yg pas bikin talenan decoupage. Tks yach udah mampir.

      Delete
  4. wah ini recommended banget

    biar jadi ada hiasan di luar rumah tampil manis dan menawan

    dengan tips dan trik dari mbak nurul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaah mbak Arreza cobain deh...kan jadi enak dipandang mata apalagi nongkrongnya di depan pintu masuk tuh si kotak hehee tq ya mbak.

      Delete
  5. Mama Rafa - Fahri mantap kali lah, haha... Udah rempong masak, ngurus anak, ngurus rumah, masih sempat ya dandanin kotak listrik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiiiih tante Nita :D Ya ini pas liburan aja sekali2 kreatif ternyata bisa juga hehehe...ayo ikut bikin!

      Delete
  6. Aiiih kepikiran aja yaa bikin decoupagenya di meteran listrik mba. :) jd pgn bikin jg.. Kmrn aku baru aja bikin utk no rumah ku, pake decoupage di talenan pizza gitu.. Suka ih ama hasilnya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya donk hehehe abis kotak meteran listikku udah buluk gitu, kan malu kalo ada tamu datang hihihihi...Wah, mana mbak Fanny foto decoupage nomor rumah buatan mbak? Lihat donk :)

      Delete
  7. Waah kereeen. Cuma kalau di rmh ade ga bs warna pink. Hiiiks. Secara perempuan cuma one n only, its me. Kalauh suara kalau pake warna2 perempuan.

    Btw, itu beli starter kit nya dimana ya, rul? Dan itu dah 1 paket sama cat, pernis, dan kuas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu sepaket belinya mbak Ade. Ganti aja pink nya jadi hijau hehhehe...

      Delete
  8. Sukak. Nurul, di mana beli starter kit-nya. Mksh. WA Bunda 082153732170.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di IG banyak deh bun, cari aja malah makin bingung saking beraneka ragamnya.

      Delete
  9. Ish creative banget sih bunda nurul.. anak2ku dua2 cowok kira2 mau ngga ya kalo aku ajak buat kerajinan tangan seperti itu hehe.. thanks for sharing bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe makasih mb Elly 😊 anak cowok bisa juga kok bikin decoupage barang khas laki2 misal mobil2an dll.

      Delete
  10. Iihh lucu juga ya mbak Nurul kotak meteran listrik di warna warniin begitu. Pink lagi warnanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya donk 😊 pink kupu2 menarik banget kan...

      Delete
  11. Kreatif amat Mbak Nurul, aku mah malah ga kepikiran, heuheu. Cantik bgt watna pink kusukaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tks mb Tetty. Kebetulan aja gemes aku lihat kotak listrik ini kotor dan karatan. Jadi cantik kan 😘😍

      Delete
  12. Wah rajin mba, cakep hasilnya. aku mah nggak pernah nengokin meteran listrik, kecuali kalau kedatangan tukang catat meteran listrik hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kotak meteran listriknya pas ada di depan ruang tamu. Ga sengaja sih mau hias ini tadinya πŸ˜€

      Delete
  13. Ya ampuun rajinnya mbaa... aku minta dibikinin aja deh. Gak bakat bikin beginian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh tks yach ini pas liburan anak2 aja bikinnya. Pas ga ke luar kota.

      Delete
  14. wah cantiknya mba,,kreatif sekali. suka liat di instagram juga ada yang suka meredesain pernak pernik di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mb Hanni 😊 iya nih lumayan kan kotaK meteran listrikku jd cantik dan enak dipandang hehehe.

      Delete