Daftar Isi [Tampilkan]

Di kala harga minyak melambung tinggi, air fryer merupakan sebuah solusi. Kini harga minyak goreng sudah semakin stabil. Tetapi semakin banyak para ibu, termasuk aku yang tetap ingin memiliki air fryer sebagai alat masak modern yang menjadi kebutuhan harian. Secara umum, pengertian air fryer adalah alat untuk "menggoreng" bahan makanan dengan menggunakan udara panas.  

Air Fryer Sharp Cooking Club Resep Banana Blueberry Muffin Beef Sirloin Tenderloin Steak

Urusan masak kekinian dengan gaya hidup sehat, siapa sih yang kudet alias kurang update? Belakangan ini aku dan beberapa teman yang tergabung dalam grup maupun komunitas blogger sering membahas cara membuat makanan sehat yang praktis dan menyehatkan. Memiliki berat badan ideal dan sehat itulah tujuannya.

Usut punya usut hahaha aku dan mereka kepengen banget memiliki alat masak mumpuni yang bisa meminimalisasi penggunaan minyak goreng. Kita bisa menikmati berbagai menu digoreng yang lebih sehat dan mudah. Harapannya sih ga worry lagi soal kolesterol dalam darah serta beberapa penyakit yang menghantui.

Nah, aku sudah tahu jawabannya! Sharp Air Fryer KF-DP55 dengan desain modern dan sentuhan touch screen-nya mampu menghidupkan suasana dapur supaya kita lebih semangat dan rajin memasak. Dalam acara Sharp Home Visit, pihak Sharp menjelaskan manfaat penggunaan air fryer dan kami senang bisa menyaksikan demo masak dua menu favorit tepat di depan mata. 

 
Masak Praktis Banana Blueberry Muffin dan Beef Sirloin / Tenderloin Steak dengan Air Fryer Sharp
Sharp Home Visit & Cooking Class with Indonesian Food Blogger

Sharp Home Visit & Cooking Class

Bersama komunitas Indonesian Food Blogger (IDFB) aku jadi tahu tentang Sharp Air Fryer. Ga cuma itu lho, aku dan teman-teman IDFB juga ikutan Sharp Cooking Class yang diadakan di kediaman Mbak Anne yang merupakan founder IDFB. Acara Sharp Home Visit dan Sharp Cooking Class yang diadakan IDFB dan Sharp Cooking Club (IG: @sharpcookingclub) pada hari Jumat, 13 Januari 2023 lalu membuat kami sangat antusias.

Live cooking demo yang disiarkan secara langsung melalui Instagram Live bersama Chef Deny Gumilang begitu menyedot perhatian netizen. Bagaimana tidak? Ada kuis berhadiah yang diberikan kepada mereka yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar dan cepat. Aku dan beberapa teman lainnya juga memenangkan lomba plating muffin, horeeeee!! 😍

Chef Deny Gumilang @denygumilang merupakan Runner Up Master Chef Indonesia S4 sekaligus Food and Beverage Consultant. Bisa dibayangkan dong keseruan kami saat itu? Oh ya, dari IDFB sendiri ada bintang tamuanya lho, yakni Charles Bonar Sirait.  

Peserta Sharp Cooking Class adalah anggota Indonesian Food Blogger. Beberapa teman yang rajin dan pandai membuat camilan dan minuman membawa hasil memasaknya. Aku? Cukup bawa diri saja hehehe ups! Kegiatan memasak dimulai pukul 10.00 WIB. Mbak Anne turut membantu Chef Deny memasak dua menu yakni Banana Blueberry Muffin dan Grilled Sirloin / Tenderloin Steak menggunakan Sharp Air Fryer KF-DP55 warna hitam dan biru muda. 

 

Masak Praktis Banana Blueberry Muffin dan Beef Sirloin / Tenderloin Steak dengan Air Fryer Sharp
Bersama Teman-Teman IDFB
 

Teman-teman bisa menonton tayangan video reel aku di Instagram ya.

Masak Banana Blueberry Muffin dan Grilled Sirloin / Tenderloin Steak dengan Sharp Air Fryer

Cara Menggunakan Air Fryer

Cukup mudah menggunakan air fryer untuk memasak. Keluarkan wadah berlubang, masukkan bahan makanan yang akan dimasak. Selanjutnya masukkan wadah ke dalam air fryer, atur temperatur dan masak hingga matang. Sambil memasak bersama Mbak Anne, Chef Deny Gumilang juga memberikan contohnya.  

Ternyata semudah itu masak pakai air fryer. Oh ya, meskipun air fryer dikenal sebagai alat masak tanpa minyak, boleh juga jika kita tetap ingin pakai sedikit minyak. Caranya, minyak goreng disemprotkan secara merata ke seluruh bagian dalam wadahnya. Terutama untuk bahan makanan yang teksturnya kering dan butuh hasil akhir renyah seperti kentang goreng ya. Kalau bisa gunakan olive oil atau minyak sawit dengan high smoke point gar tidak menimbulkan asap saat menggoreng maupun sisa rasa yang kurang enak. 

 
Masak Praktis Banana Blueberry Muffin dan Beef Sirloin / Tenderloin Steak dengan Air Fryer Sharp
Masak Muffin & Beef Steak Menggunakan Sharp Air Fryer

Tips Memasak Pakai Air Fryer dan Cara Membersihkannya

Menurut Chef Deny, saat kita hendak membuat muffin menggunakan tepung kemasan bermerk yang agak lama tersimpan, usahakan kita ayak terlebih dahulu tepungnya agar tidak menggumpal. Untuk memasak sirloin maupun tenderloin steak, permukaan daging harus dikeringkan dahulu dengan tissue kering. Hal ini dilakukan supaya tekstur daging yang dihasilkan menjadi garing. 

Mengenai Sharp Air Fryer, sang chef pun memberikan contoh penggunaannya, cara membersihkan, mengatur waktu/ durasi masak dan sebagainya. Peserta juga boleh bertanya soal air fryer ini. Aku tanya tentang marinasi daging ayam dan ikan sebaiknya bagaimana agar hasil akhirnya sesuai harapan. Kata Chef Deny, memarinasi daging ayam membutuhkan waktu seharian atau semalaman sedangkan untuk ikan cukup sebentar saja tak perlu makan waktu lama. 

Untuk membersihkan air fryer kita bisa tambahkan air dalam wadah/ panci masak lalu memasukkannya ke dalam boks air fryer ibarat seperti kita memasak saja. Dengan gambaran kita membersihkan wajan biasa bekas masak nasi goreng. Wajan diberi air lalu dipanaskan. Hasilnya, sisa bahan makanan terlepas dari alat masak deh dengan sempurna. Atau bisa juga dicuci dengan spon yang halus dan lembut, diberi sedikit cairan pencuci piring, gosok permukaannya dan cuci perlahan deh.  

Inilah bagian yang ditunggu-tunggu. Ya, mencicipi muffin dan steak! Bagaimana rasanya? Bagian dalam muffin terasa lembut dan matang pastinya. Bagian luar garing, enak rasanya. Untuk steak, daging terlihat matang saat dibelah. Kentang gorengnya juga garing. Begitu juga dengan sayurannya terasa enak di lidah. 

 

Air Fryer Sharp Cooking Club Resep Banana Blueberry Muffin Beef Sirloin Tenderloin Steak
Aku Bersama Chef Deny Gumilang

Resep Banana Blueberry Muffin

Bahan:
Pisang Ambon
Fresh blueberry/ jam
95 gram tepung terigu segitiga
80 gram gula pasir
1 butir telur ayam
40 gram fresh milk
35 gram minyak goreng
1,5 gram baking powder
1,5 gram baking soda

Cara membuat:

1. Panaskan air fryer 170 ⁰C (pre heat).
2. Ayak semua bahan kering.
3. Campur susu dan gula, aduk sampai gula larut. Masukkan telur, aduk rata, kemudian minyak lalu masukkan bahan kering aduk hingga rata.
4. Siapkan mangkok kertas muffin, masukan adonan sedikit. Beri blueberry dan pisang, masukkan adonan lagi sampai setengahnya. Lalu tambahkan blueberry dan pisang, tambahkan adonan lagi sampai 3/4 saja karena nanti adonan akan naik mengembang.
5. Masukkan ke dalam air fryer yang bawahnya diberi grill agar kertas muffin tidak langsung menyentuh muffin agar tidak gosong.
6. Panaskan dalam oven kurang lebih 20 menit atau sampai matang dan berwarna cokelat. 

 
Masak Praktis Banana Blueberry Muffin dan Beef Sirloin / Tenderloin Steak dengan Air Fryer Sharp
Banana Blueberry Muffin

Resep Grilled Beef Sirloin / Tenderloin Steak

Bahan bahan:
200 gram sirloin
80 gram unsalted butter
1/2 tsp salt
1/2 tsp blackpepper
1 pc fresh rosemarry
3 pcs garlic
Olive oil
Steak sauce
French fries 

Cara membuat:

1. Keringkan permukaan daging steak dari air, usahakan agar steak berada di suhu ruangan.
2. Bumbui dengan garam, lada hitam dan olive oil seluruh permukaan daging steak.
3. Pre heat fryer 200 ⁰C.
4. Panggang daging di air fryer sesuai tingkat kematangan yang diinginkan.
5. Angkat lalu istirahatkan setidaknya 5 menit lalu siap untuk disajikan utuh atau dipotong beberapa bagian.
6. Sajikan dengan pelengkapnya. 

 
Masak Praktis Banana Blueberry Muffin dan Beef Sirloin / Tenderloin Steak dengan Air Fryer Sharp
Beef Sirloin / Tenderloin Steak

Spesifikasi Sharp Air Fryer

Sharp Air Fryer dengan Temperature Control yang panasnya bisa disesuaikan maksimal 200 ⁰C dan Timer yang dapat diatur hingga 60 menit dan mudah dibersihkan ini menjadi air fryer idaman keluarga. Aku terpincut dengan si elegan biru muda nih, ingin lekas membelinya. Nih, aku kasih tahu spesifikasi dan keistimewaan Sharp Air Fryer KF-DP55 ya, teman-teman!

Spesifikasi SHARP Air Fryer KF-DP55:
Kapasitas: 5,5 Liter
Daya listrik: 1575 Watt
Max temperature 200° C
Timer up to 60 minute
Rapid air system
Deteachable fry pan
Auto continue

-12 pilihan menu
- Garansi resmi SHARP 1 tahun
- Dimensi box: 38cm x 32cm x 37cm
- Dimensi body: 26cm x 33cm x 32cm
- Dimensi panci air fryer: 21cm x 21cm x 14cm
Bahan Material: Stainless Steel dengan lapisan anti lengket
Panjang kabel: 1 meter
Tegangan: 220-240 Volt / 50 Hz
Dimensi (PxLxT): 34.8 cm x 28.6 cm x 34.2 cm
Berat: 6 kg
Warna: Hitam dan biru muda

Baca:

Keseruan Talkshow WALHI Forest Cuisine Blogger Gathering dan Masak Bersama Chef William Gozali

Masak Bersama Barbie: Resep Es Teler Cupcakes ala Chef Stella Lowis  

Yuk, Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala Festival Jajanan Bango di Rumahmu dengan Menu Otentik Nusantara!

Manfaat dan Kelebihan Masak dengan Air Fryer

Masak apapun menggunakan air fryer itu makin semangat. Serba dimudahkan dan kesehatan pun makin diperhatikan. Iya dong, kan meminimalisasi penggunaan minyak goreng. Sebenarnya banyak sekali manfaat dan kelebihan masak dengan air fryer. Teman-teman bisa mencari tahu lebih rinci ya. Di sini aku hanya memberikan info singkatnya saja. 

Hasil Masakan Jadi Lebih Sehat

Air fryer menggunakan sistem sirkulasi udara panas dalam penggunaannya. Alat memasak yang satu ini bisa menyaring minyak ke dasar wadah sehingga kita bisa memasak dengan menggunakan sedikit minyak atau bahkan tidak sama sekali. Selain itu juga dapat mengurangi risiko obesitas karena kandungan lemak dan kalori tinggi.

Memasak Lebih Aman

Dengan teknologi penggorengan terbaru dan modern, memasak dengan air fryer menghasilkan masakan yang masak secara merata. Tentu berbeda sekali dengan teknik deep frying dengan banyak minyak yang memiliki risiko cukup tinggi misalnya khawatir tumpah maupun terciprat. 

Efisiensi Waktu

Air fryer sudah dilengkapi dengan thermostat yang dapat disetel. Kita dapat menyesuaikan suhu dengan tepat sehingga memasak menjadi lebih efisien. Terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan padat, tentu cocok sekali masak menggunakan air fryer.

Bentuk Ringkas dan Mudah Dibersihkan

Air fryer memiliki bentuk yang ringkas sehingga tidak memakan banyak tempat jika diletakkan di meja makan atau dapur. Air fryer termasuk dalam alat memasak modern yang mudah dibersihkan menggunakan alat pencuci piring biasa yang berbahan halus dan lembut.

 

Masak Praktis Banana Blueberry Muffin dan Beef Sirloin / Tenderloin Steak dengan Air Fryer Sharp
Lomba Platting Muffin

 
Masak Praktis Banana Blueberry Muffin dan Beef Sirloin / Tenderloin Steak dengan Air Fryer Sharp
Indonesian Food Blogger & Sharp Cooking Club


Masak Praktis Banana Blueberry Muffin dan Beef Sirloin / Tenderloin Steak dengan Air Fryer Sharp
Goodie Bag Sharp Cooking Club
 

Teman-teman, itulah cerita keseruan aku dan teman-teman member Indonesian Food Blogger (IDFB) dalam acara Sharp Cooking Club memasak Banana Blueberry Muffin dan Beef Sirloin / Tenderloin Steak menggunakan Sharp Air Fryer tipe KF-DP55. Mudah bukan? Oh ya, alhamdulillaah kami mendapatkan Hand Mixer Sharp, celemek dan cempal masak nih. Terima kasih Sharp dan IDFB.

Kalian ingin memiliki alat masak ini dengan cara mudah? Yuk, kunjungi laman https://www.cocorolife.id supaya dapat promo dan diskon menarik. Jangan lupa recook kedua resep di atas. Selamat masak dan makan enak! Sampai jumpa lagi.  

62 comments:

  1. Sekarang masak masak makin praktis ya mbk, apalagi ada air fryer. No minyak minyak club ya, mengurangi minyak goreng. Cara pakainya juga gampang ya tinggal pencet pencet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mbak. Makin sehat deh kita mengonsumsi makanan dengan minyak sedikit atau tanpa sama sekali :)

      Delete
  2. Akupun pengen punya air fryer sharp ini mbak, bentuknya nggak terlalu besar jadi nggak makan tempat. Nggak cuma bisa buat menggoreng tapi bisa juga buat bikin jenis masakan lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Multi fungsi ya air fryer ini bermanfaat banget dan praktis :)

      Delete
  3. Penasaran pengen coba masak pake air fryer mba apalagi ringkas dan mudah dibersihin selama ini kalau masak aku ya rombongan banget peralatannya capek bersihinnya. Btw salfok sama hadiah yang dibawa sampe hand blender dibawa pulang rezeki sekali ya mba

    ReplyDelete
  4. Seru banget bisa begini, mbak.
    bisa berkreasi buat makanan.

    ReplyDelete
  5. Udah lama penasaran sama alat airfryer ini.. Secara emang sih minyak goreng harganya belom bersahabat. Apalagi ini bisa untuk bikin kue juga.. Multiguna.. Meski yaa watt nya lumayan ya gede..

    ReplyDelete
  6. Memang berarti banget buat ngatasi harga migor yang naik. Tapi, dari dulu pengen gini buat ngurangi permasalahan gorengan di rumah tangga. Saya mau banget ngurangin gorengan, tapi keluarga doyannya gorengan. So, airfryer bisa jadi solusi. Di sini juga jadi tau airfryer bisa buat kue, asyik deh, komplit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bikin gorengan pakai air fryer mbak, kuy coba deh.

      Delete
  7. Ada chef Denny, lama juga gak ketemu sama chef Denny. Kebayang sih ini lihat menu-menunya enak banget mak Nurul. Boleh dicoba juga ini ya masak steak menggunakan air fryer karena selama ini aku masih untuk menggoreng saja, ayam terutama karena bikin males goreng ayam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, aku juga kepengen recook kedua menu tersebut, mbak CHie.

      Delete
  8. Waaaah, kepengen banget nih punya air frier Sharp karena bisa bikin masakan jadi lebih sehat yaaah, ngurangin minyak dan kalo goreng2 tuh udah gak beletrok kena tangan lagi deh hehe. Ternyata bisa buat bikin muffin juga yaaah bener2 multifungsi banget deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYaaa mbak :D Bakalan lebih rajin masaknya nih buat keluarga.

      Delete
  9. Ngiler sama steaknyaa! hahaha. pengen banget sih punya air fryer, tapi masih bingung milihnya nih, haha. ternyata memang bisa pakai minyak ya, sedikit. Walau pakai minya, tapi tetep lebih sehat sih ya masak pakai air fryer gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. AKu udah punya pilihan. Mau beli warna biru aja hahaha :D

      Delete
  10. Wishlist aku banget nih air fryer buat nambah koleksi peralatan masak, selain karena praktis juga nggak makan tempat. Sekarang pilihan air fryer di pasaran makin banyak aja ya mak, Sharp makin nambah bingung deh, mau beli air fryer yang mana hehe ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap2 mbak buat masak di bulan puasa bentar lagi nih :)

      Delete
  11. Mupeng buangettt punya air fryer kek gini
    Karena makin tambah usia, pastinya kudu aware dgn kondisi kesehatan ya.
    Aduhaii itu dapur mba Anne kok cantiiikkk beudss
    Mirip dapur para seleb chef

    ReplyDelete
  12. Air flyer ini alat masak idaman ibu-ibu
    Bisa membuat proses masak jadi cepat dan menyenangkan
    Masakan jadi lebih sehat ya mbak

    ReplyDelete
  13. Ternyata penggunaan air fryer ini bisa masak macem-macem dan enak gini ya..
    Aku pengen bisa masak muffin pakai air fryer. Secar masak tempe mendoan tuh gak kaya digoreng pakai minyak. Bener-bener hidup sehat ini luar biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makanan sehat buat tubuh kita lebih sehat lagi.

      Delete
  14. Aku ngiler lihat foto Banana Blueberry Muffin nya, itu satu adonan jadi 7 ya, Nurul? Air Fryer memang sekarang makin banyak yang pakai untuk hasil masakan yang lebih sehat. Adik ipar tiga tiganya udah pakai semua, aku pengen juga tapi sayangnya nyari Air Fryer merk Sharp yang daya nya di bawah 1000 watt ada gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak Wati. Ntar juga turun dayanya kalau udah jalan pemakaian :)

      Delete
  15. yeaaay akhirnya bisa liat chef Denny lagi setelah terakhir di Spoke Bistro. Aku udah pengen banget punya airfryer tapi bingung mau co yang mana hihi, dan setelah baca-baca blog mba, aku mau lebih deep untuk pilih Sharp ini deh. Ngeliat beef sirloin tenderloin steak nya menggugah selera banget, happy kalo bisa masak steak di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horeee...toss donk aku juga udah mantap mau beli air fryer :D

      Delete
  16. idaman banget punya air fryer sharp ini, karena menggoreng manual itu memang ribet , minyak mahal dan banyak drama kecipratan minyak panasnya mbak
    dengan air fryer jadi lebih praktis dan sehat juga
    berarti untuk goreng ikan2 juga bisa ya mba pake ini

    ReplyDelete
  17. Belum punya air fryer mupeng banget sejak dulu, memasak tanpa minyak ya maak...

    ReplyDelete
  18. Aku selalu penasaran sama air fryer, tapi belum bisa beli. Kan asyik banget ya kalau punya di rumah. Goreng-goreng gak mikir gosong lagi deh, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, solusi banget air fryer Sharp ini mbak.

      Delete
  19. Pengen banget punya nih Mbak
    Sayangnya dengan watt besar seperti itu saya masih harus bersabar dulu
    Nunggu pindah ke rumah pribadi yang daya listriknya lebih tinggi
    Padahal sudah enggak sabar mau masak-masak dengan air fryer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting udah tau sekarang air fryer mana yang ingin dibeli :D

      Delete
  20. Waaah aku penasaran steak nya nih kalo dimasak pake air fryer 😄. Berarti kalo mau level kematangan medium rare, masak di fryernya jangan kelamaan kali yaaa. Soalnya aku dan suami ga bisa makan steak yg well-done 😅.

    Lama2 jadi pengen punya juga airfryer ini mba. Apalagi sejak asisten masakku resign. Walopun jadi katering, tapi sesekali aku pengen masak yang simple2 juga. Nah punya air fryer gini kayaknya mempermudah, apalagi aku paling takuuut kalo udh goreng2 Krn serem keciprat minyak panasnya 🤣. Pake airfryer kan jadi aman yaaa 😁👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk lah dibeli segera Sharp air fryer. Siap2 masak2 terus puasa Ramadan sebentar lagi. Pilih warna apa? Hehehehe....

      Delete
  21. Sering banget liatin org2 masak pake air fryer enak bener masaknya jadi gampang. Dan jadi pebih sehat ya minim minyak goreng2an. Truuus paling seneng liat org yg masak pake alat ini jd lebih crispy gtuuu meski pake sedikit minyak. Hadeeh jd mupeng 🥲

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kepengen lekas punya air fryer Sharp juga yach. Toss mbak :D Serba praktis dan lebih menyehatkan.

      Delete
  22. Waaah, jadi pengen banget nih...asik ya...bisa masakan tradisional dan barat juga...tampilan makanan nya jadi lebih cantik juga

    ReplyDelete
  23. resepnya patut banget apalagi lihat fotonya menarik buat mencoba makanan ini, asli bikin ngiler deh. Air fryer ini emang idaman emak-emak banget deh

    ReplyDelete
  24. duh ini lagi racun alat masak serbaguna, multifungsi. kayaknya bakalan beli ini dah aku hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha must have item nih mbak biar masaknya makin rajin :)

      Delete
  25. Asyik akhirnya bisa main ke rumah Mbak Anne dan menikmati dapurnya yang luas dan nyaman hihi mupeng pengen kopdar jugaaa

    ReplyDelete
  26. Masih masuk wishlist daku nih air fryer Sharp pengen gitu makan makanan yang tidak digoreng biar lebih sehat moga bisa kebeli bulan ini aamiin mupeng resepnya chef enak-enak semua deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget, mengurangi minyak goreng di setiap masakan demi kesehatan :)

      Delete
  27. Mba, aku baru tahu kalau masak beef steak bisa pake air fryer. Pastinya lebih sehat, ya, soalnya gapake grill yang biasanya suka ada gosong2 nya dikit atau biar ngga kebanyakan minyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penasaran kan kepengen coba sendiri? Hehehehe :D Yuk dicoba.

      Delete
  28. pas aku aku fokus menghayal steak nya, malah muncul iklan obat prostat. 🤣

    ReplyDelete
  29. cara penggunaannya mudah sekali ya
    cara bersihkannya juga gampang

    ReplyDelete
  30. Enak banget ya sekarang, tinggal pencet-pencet aja udah jadi makanan yang enak.

    ReplyDelete
  31. Lama tidak meninggalkan jejak di diblog ini. Semoga sehat selalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Pak Munaji. Alhamdulillaah sehat.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di blogku ini. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan aku munculkan.