Saturday, December 21, 2019

# Arab Saudi # info & tips

Jadi Bisa Khusyuk dan Tenang Saat Ibadah dengan Paket Umroh & Haji dari XL

Mengunjungi Ka’bah adalah impian saya sejak lama. Alhamdulillah Allah Yang Maha Kuasa memberikan hadiah spesial untuk saya dan suami beribadah umroh 10 hari plus city tour Istanbul Turki pada 29 April hingga 8 Mei 2019 lalu. Ada bonusnya lho, kami bisa dua kali sholat tarawih berjamaah di Masjidil Haram dan dapat satu hari berpuasa penuh hingga berbuka. Oh ya, saya juga mau berbagi tips seputar Paket Umroh & Haji XL agar kita bisa beribadah khusyuk, tenang dan komunikasi dengan keluarga pun berjalan lancar.

pengalaman ibadah umroh plus city tour istanbul turki yang mengesankan alhijaz nurul sufitri travel lifestyle blogger review


pengalaman ibadah umroh plus city tour istanbul turki yang mengesankan alhijaz nurul sufitri travel lifestyle blogger review
City Tour Istanbul Turkey



Tentang Umroh dan Haji 

Ka’bah atau Baitullah adalah kiblat sholat sekaligus simbol kesatuan, ketauhidan dan keimanan kepada Allah SWT. Ka’bah berada di tengah Masjidil Haram dengan bentuk kubus. Baitullah ini memiliki 1 pintu yang terbuat dari emas dan di dalamnya berupa ruangan kosong dengan 3 pilar yang dibuat atas inisiatif Abdullah bin Zubair. 

Secara bahasa umroh artinya berkunjung dan secara istilah berkunjung ke Baitullah atau Ka’bah untuk melakukan ibadah tertentu seperti Ihram, Thawaf, Sai’ dan Tahalul. Masyarakat biasa menyebut umroh sebagai haji kecil. Rangkaian ibadah yang ada dalam umroh adalah haji tetapi tidak ada wukuf dan waktunya lebih fleksibel karena bisa dilakukan kapan saja. 

Ibadah haji maupun umroh adalah wajib bagi setiap umat muslim yang mampu secara materi, fisik, keilmuan dan ketersediaan/ kuota. Dasar persyaratan ibadah haji dan umroh sebagaimana firman Allah dalam Al Qur’an Surah Al Baqarah ayat 197 adalah “Dan sempurnakan ibadah haji dan umroh karena Allah”. “Antara Umrah yang satu dengan yang lainnya, menghapus dosa antara keduanya” (Hadist Muttafaqun ‘Alaih). 

Baca: Cara dan Syarat Daftar Haji di Kantor Kementerian Agama RI

Pengalaman Umroh di Tanah Suci 


Setelah city tour di Turki, saya dan suami serta rombongan umroh lainnya tiba di Bandara Madinah dengan pesawat Turkish Airlines TK 98 sekitar pukul 04.40 waktu Arab Saudi. Kami melalui proses imigrasi dengan lancar dan menuju Hotel Madinah Concorde kemudian check in, sholat subuh dan sarapan. Alhamdulillah komunikasi di antara jamaah pun jadi bisa lancar dengan adanya Paket Umroh & Haji XL. 

Kami berziarah ke Makam Rasulullah SAW dan kedua sahabatnya yaitu Abu Bakar Assidiq dan Ummar bin Khattab (Taman Raudhah yang berada di dalam Masjid Nabawi). Di sana jamaah juga melaksanakan sholat subuh, zuhur, ashar, maghrib, isya dan memperbanyak ibadah sholat sunnah di Masjid Nabawi. Saya dan suami terpisah ketika beribadah dan setiap kali janjian bertemu Paket Umroh & Haji XL sangat membantu.

pengalaman ibadah umroh plus city tour istanbul turki yang mengesankan alhijaz nurul sufitri travel lifestyle blogger review
Di Masjid Nabawi

Beberapa destinasi wisata maupun ziarah Madinah yang kami kunjungi diantaranya adalah: 
  • Masjid Quba, masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW. 
  • Melewati Masjid Jum’ah, Masjid Qiblatain, Masjid Tujuh, tidak berhenti maupun masuk ke dalamnya. 
  • Pasar Kurma, pasar di tengah kebun kurma yang menjual oleh-oleh jamaah seperti kurma, zaitun, cokelat, kismis, permen dan sebagainya. 
  • Jabal Uhud, gunung tempat terjadinya Perang Uhud yang dijanjikan Allah SWT merupakan bukit yang ada di surga. 

pengalaman ibadah umroh plus city tour istanbul turki yang mengesankan alhijaz nurul sufitri travel lifestyle blogger review
Di Masjid Quba

pengalaman ibadah umroh plus city tour istanbul turki yang mengesankan alhijaz nurul sufitri travel lifestyle blogger review
Di Hubaidiyah Camel Farm
 
Setiap melaksanakan ibadah umroh, saya dan suami pasti selalu teringat anak-anak di rumah. Teteh Rafa dan ayang Fakhri dititipkan kepada nenek dan kakeknya yang menemani keseharian mereka selama ditinggalkan di Jakarta. Kami saling menelepon, whatsapp, sms dan alhamdulillaah ada Paket Umroh & Haji XL komunikasi jadi bisa lancar deh. Ketika membeli oleh-oleh pun saling mengabari kira-kira mau kurma apa, cokelat dan permen apa, aksesoris dan lain sebagainya supaya sesuai selera.

pengalaman ibadah umroh plus city tour istanbul turki yang mengesankan alhijaz nurul sufitri travel lifestyle blogger review
Toko Alamgir Murah

Baca: Al Baik Fried Chicken, Kuliner Arab Saudi Favorit Jamaah Haji dan Umroh

Setelah menunaikan sholat subuh dan sarapan, kami menyiapkan koper di depan kamar masing-masing untuk diangkut menuju Mekkah. Ada koper salah satu teman saya di hotel yang rupanya masih tertinggal di bus. Untung komunikasi lancar menggunakan Paket Umroh & Haji XL jadi bisa dapat lagi kopernya mendarat dengan selamat. Kami sholat Jumat di Masjid Nabawi, makan siang di hotel dan check out pukul 14.00 menuju Mekkah. Kami singgah di Bir Ali untuk ambil Miqot. 

Tibalah kami di sebuah hotel di Mekkah. Check in, makan malam, sholat isya dan maghrib dijamak takhir. Selanjutnya berkumpul di lobby untuk bersama-sama menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan yang begitu dinantikan yaitu umroh. Beberapa jamaah masih ada yang belum turun ke lobby jadi saling menelepon satu sama lain agar bergegas. Paket Umroh & Haji XL memang menjadi andalan jamaah deh.

pengalaman ibadah umroh plus city tour istanbul turki yang mengesankan alhijaz nurul sufitri travel lifestyle blogger review
Di Jabal Rahmah

Sarapan pada pukul 07.00 kemudian berziarah ke Jabal Tsur (tempat bersembunyinya Rasulullah saat dikejar kaum Quraisy), Padang Arafah (tempat wukuf jamaah haji), Jabal Rahmah (tempat yang diyakini merupakan bertemunya Nabi Adam dan Siti Hawa), melewati Muzdalifah (tempat mabit dan ambil batu untuk lontar jumroh jamaah haji), melewati Mina (tempat mabit dan lontar jamaah haji) serta Jabal Nur/ Gua Hira (tempat turunnya wahyu yang pertama untuk Rasulullah).

pengalaman ibadah umroh plus city tour istanbul turki yang mengesankan alhijaz nurul sufitri travel lifestyle blogger review
Ka'bah

Kami ambil miqot di Ji’ranah, kembali ke hotel untuk makan siang, sholat zuhur lalu menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan umroh kedua. Melaksanakan sholat ashar, maghrib, isya dan tarawih berjamaah serta memperbanyak ibadah sunnah juga. 

Sahur bersama maupun sendiri-sendiri di hotel, kemudian menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan sholat Subuh. Setelah itu kami menuju peternakan unta (Camel Farm) dan ambil miqot di Masjid Hudaibiyah. Kami menuju Masjidil Haram untuk sholat zuhur dan melaksanakan ibadah umroh ketiga (bagi yang berkenan). 

Setelah sahur bersama, kami menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan Thawaf Wada (perpisahan), sholat sunnah lalu menunggu waktu sholat subuh berjamaah. Kembali ke hotel, rombongan menuju Jeddah dan sebelumnya mampir berbelanja di Toko Alamgir Murah yang berada di daerah pusat perbelanjaan Corniche. 

Khusus di bulan Ramadhan, Bakso Mang Udin dan toko-toko besar lainnya tutup di siang hari dan aktif di sore hingga malam hari. Menuju Bandara Jeddah untuk kembali ke Indonesia dengan pesawat Turkish Airlines TK 93 pukul 16.45 dan tiba di Istanbul pukul 20.30. 

Pukul 02.15 waktu Istanbul jamaah melanjutkan perjalanan dengan TK 56 menuju Jakarta dan tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno – Hatta dengan selamat pada pukul 18.00 WIB. Alhamdulillaah segala puji dan syukur ke hadirat Allah SWT akhirnya saya, suami dan seluruh rombongan sampai dengan selamat. 

Tips Menggunakan Paket Umroh & Haji XL di Saudi Arabia 

Apa itu Paket Umroh & Haji XL dan bagaimana caranya agar saya dapat menikmatinya saat beribadah ke Tanah Suci? XL Axiata menawarkan Paket Umroh & Haji bagi siapa pun yang ingin beribadah ke Tanah Suci. Paket ini memberikan kuota data yang lebih besar dengan harga terjangkau, serta memberikan dukungan jaringan yang lebih luas di Arab Saudi. 

Paket Umroh & Haji XL dapat diaktifkan baik saat masih berada di Indonesia maupun sesampainya di Tanah Suci. Pokoknya tidak perlu mengganti kartu, begitu mudah bukan? 

Cara Daftar Paket Umroh & Haji XL

  1. Sebelum berangkat: Aktifkan paket umroh dan haji dengan menekan *123*747# atau buka aplikasi myXL di ponsel kemudian pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan. 
  2. Saat kedatangan: Saat tiba di Negara tujuan pastikan layanan data roaming di ponsel dalam keadaan aktif. 
  3. Cek penggunaan paket : Tekan *123*747# atau buka aplikasi myXL di ponsel untuk mendapatkan informasi terkait penggunaan data roaming selama di luar negeri. 

Syarat & Ketentuan Paket Umroh dan Haji XL

  • Layanan Internet dan Blackberry harian dapat langsung digunakan tanpa melakukan aktivasi terlebih dahulu 
  • Pelanggan HARUS melakukan aktivasi Paket Umroh & Haji XL dan Haji terlebih dahulu sebelum menggunakannya 
  • Harga Paket Umroh & Haji XL sudah termasuk PPN 10% 
  • Pelanggan dapat membeli lebih dari satu Paket Umroh dan Haji, adapun kuota akan diakumulasi dari masa berlaku dihitung yang paling lama 
  • Tekan *123*747# atau buka aplikasi myXL untuk melakukan aktivasi, cek paket, dan cek kuota Paket Umroh dan Haji 
  • Saldo akan dipotong langsung setelah aktivasi berhasil dan masa aktif paket akan dihitung setelah pelanggan tiba di Arab Saudi 
  • Pelanggan akan kembali ke tarif dasar ketika bonus kuota telepon dan SMS atau masa berlaku paket telah habis 
  • Setelah kuota batas pemakaian wajar habis, maka pelanggan tetap dapat menggunakan internet sampai dengan masa aktif kuota berakhir tanpa biaya tambahan. 

Mudah Berkomunikasi Saat Umroh & Haji 


pengalaman ibadah umroh plus city tour istanbul turki yang mengesankan alhijaz nurul sufitri travel lifestyle blogger review
Paket Umroh dan Haji XL
 
Nikmati kemudahan menelepon, SMS, dan akses internet sepuasnya saat melaksanakan ibadah umroh dan haji di Saudi Arabia. Paket Umrah & Haji XL tersedia di Online Store yakni Traveloka Apps, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Kaskus, JD.ID, Sepulsa dan Ayopop Apps.

pengalaman ibadah umroh plus city tour istanbul turki yang mengesankan alhijaz nurul sufitri travel lifestyle blogger review
Paket Umroh dan Haji XL
pengalaman ibadah umroh plus city tour istanbul turki yang mengesankan alhijaz nurul sufitri travel lifestyle blogger review
Paket Umroh dan Haji XL

pengalaman ibadah umroh plus city tour istanbul turki yang mengesankan alhijaz nurul sufitri travel lifestyle blogger review
Paket Umroh dan Haji XL

Teman-teman, ingat ya benefit jika memakai Paket Umroh & Haji XL di Saudi Arabia kita jadi bisa internetan, nelepon dan sms mulai dari Rp 149.000,- tanpa harus ganti kartu. Bisa diaktifkan di Indonesia ataupun di Tanah Suci. Karena XL, semua #JADIBISA ibadah dan komunikasi lancar. 




56 comments:

  1. Masyaallah, Mbak....
    Seneng banget rasanya, semoga saya dan keluarga mendapatkan undangan dari Allah untuk mengunjungi rumah-Nya seperti Mbak ya....

    Dan saya baru tahu XL ada paketan buat Haji dan Umrah, padahal saya make XL dari 2006 dg nomer yang sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhandulillaah 😊😊 Semoga Mbak Pendar dan keluarga lekas diundang Allah ke Baitullaah ya aamiin. Dicoba aja paketnya mbak 😊

      Delete
    2. Aaamiin, YaRabbalaamiin.
      Kalau ada paket umrah palingan ada paketan internet pas di luar negeri ya, Mbak hehe. Soalnya kalau pakai FREE Wifi saya paling takut karena saya transaksi dan segala akun semua di HP dan laptop.

      Delete
    3. Iya sebaiknya jangan pakai yg free wifi khawatir data2 di ponsel kita dihack sma orang jahat. Aamiin in sya allah terlaksana beribadah di Tanah Suci ya mbak Hanila.

      Delete
  2. Nice article. Nambah ilmu seputar XL untuk haji dan umrah. Sukses, sehat, & berkah selalu untuk anda sekeluarga. Aamiin

    ReplyDelete
  3. iiihh pengen jadinya lihat photo2 umroh ataupun berangkat haji jadi kepingin pergi kesana.😄😄

    Semoga tahun depan atau yang akan datang bisa terlaksana Amiinn!!..😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. In sya Allah bisa terwujud umroh ke Tanah Suci aamiin yra :)

      Delete
  4. Selalu ada undescribable feeling ketika membaca cerita atau melihat foto2 kawan yang umroh.. Semoga saya dan keluarga segera dimampukan.. Makasih sharingnya mbak, jadi ada gambaran bagaimana proaes umroh, khususnya komunikasi selama di tanah suci. nambah wawasan buat persiapan kelak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 :) Semoga tercapai keingina umroh ya mbak. Iya, in sya Allah dimampukan oleh Allah SWT.

      Delete
  5. Banyak ya kemudahannya. Semoga saya bisa sampai juga ke tanah suci. Amiin

    ReplyDelete
  6. Berarti nggak perlu ganti kartu yang ada di sana ya mba kalau pakai XL.

    Membaca perjalanan mba dan suami ke tanah suci membuat saya ingin kemari. Semoga saja suatu saat Allah akan mengundang saya ke tanah suci. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Aamiin yra semoga terlaksana beribadah umrohnya kelak.

      Delete
  7. Alhamdulillah ya Mbak, diberikan kesempatan beribadah di tanah suci. Pasti pengen balik lagi dan lagi, hihihi ...

    Berada di luar negeri memang bukan jadi alasan memutus komunikasi dengan keluarga di tanah air. Jaman sudah semakin canggih. Apalagi saat ini provider juga sudah membidik pasar-pasar negara tertentu yang sekiranya banyak dikunjungi warganegara kita dalam waktu yang lama, salah satunya menyediakan paket khusus di kelompok negara tertentu.

    Paket Umroh dan Haji-nya XL ini menurutku murah banget, lho. Coba atuh bayangin ya, kalau kita bepergian tanpa pakai paket. Huaaa, jebol deh tagihan akhir bulan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah :) Terima kasih :D Iya murah banget komunikasi bisa lancar deh. Keluarga itu yang utama jadi harus tau situasi maupun kondisinya biar hati tenang dan ibadah jadi lancar.

      Delete
  8. Seneng banget ya mbak bisa datang ke tanah suci

    ReplyDelete
  9. Beribadah biar bisa lebih tenang kalau mudah terkoneksi dengan keluarga di tanah air. Semoga aku bisa nyusul umroh ya rul, aamiin 🥰

    ReplyDelete
    Replies
    1. In sya allah, Mbak Diah menyusuk berkunjung ke Baitullah aamiin :)

      Delete
  10. Maa Syaa Allah. 😍 Kapan ya saya bisa berangkat haji 😍 thanks shari gnya bundaa.

    ReplyDelete
  11. Selalu ikut merasa amazing membaca cerita-cerita tentang saat beribadah suci di baitullah.

    Semoga kelak akupun merasakan kehebatan pengalaman seperti mbak. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. In sya allah setiap umat aan mendapatkan gilirannya masing2 kelak aamiin.

      Delete
  12. Praktis ya kalau umroh sudah dipaketkan kuotanya jadi pas komunikasi bisa lebih cepat. Ibu saya kemarin anak-anak nya ga ada yang teliti soal ini. Akhirnya komunikasi mengandalkan WiFi hotel hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sih sebaiknya pakai paket aja biar hati tenang dan nyaman hehehe. Bisa juga wifi hotel hanya saja terbatas kan hehehe.

      Delete
  13. Hiks auto mupeng ...
    Apalagi ada bakso Mang Udin
    Lha mau ibadah atau kulineran ya saya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiks, ga makan baksonya pula akuh soalnya pas puasa hari pertama jadi tutup hihihi :D

      Delete
  14. XL lumayan hemat dari provider lain untuk bepergian ke luar negeri.

    ReplyDelete
  15. Ooh...
    Berarti tak perlu beli nomor baru ya.
    Saya juga pakai xl dari zaman kapan tau sampai sekarang tak pernah ganti.
    Bagus ini artikelnya. Mudah-mudahan saya segera dimampukan menunaikan haji dan umroh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ga perlu beli nomor baru. Yang punya nomor XL ini adalah suamiku hehehe. Lumayan lah hati tenang :)

      Delete
  16. Membaca pengalaman teman-teman yang beribadah ke Tanah Suci selalu bikin haru. Terselip doa semoga kami dimudahkan untuk beribadah di Tanah Haram

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dimudahkan dan terealisasi beribadah ke Tanah Suci aamiin :)

      Delete
  17. wah ... xl sangat membantu ya dalam perjalanan dan selama di Mekkah - Madinah selama umroh. doakan ya semoga aku bisa nyusul umroh juga.

    ReplyDelete
  18. Paket Umroh dan Haji XL sangat membantu bagi yang mau melaksanakan ibadah Haji dan Umroh ya mbak 😍 ga perlu repot2 ganti kartu lagi selama disana, ibadahpun InsyaAllah lancar dan khusyuk 🤗 semoga nanti dpat panggilan juga untuk melakukan ibadah Umroh ataupun Haji, Aamiin.. 😊

    ReplyDelete
  19. Masyaa Allah tabarakallah. Semoga aku bisa menyusul umroh tahun depan. Aamiin.

    Enak ya paket umroh XL bisa beli beberapa paket dan kuotanya diakumulasi. Paket juga baru aktif kalau sudah sampai di Arab. kalau paket sms & telp belum habis masih bisa tetap dipakai. Nggah hangus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Iya jadi hemat dan lengkap deh paketnya tinggal pilih mau yg mana :)

      Delete
  20. MasyaAllah mbak, baca ini makin pengen segera jadi tamu Allah aku...

    Apalagi bisa ibadah lancar dan tetap terhububg dgn keluarga ya

    ReplyDelete
  21. MasyaAllah bahagianya bisa menjad tamu-Nya.
    Kemarin bapak ibuku waktu hajian juga mengaktifkan paket ini. Tapi yang bikin penasaran andai kita punya modem XL gtu yang bukan utk hape apa bisa juga ya mbak diupgrade jd bisa buat inetan di LN juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah alhamdulillaah ya mbak. Kalau soal modem coba tanyakan langsung deh aku belum tau nih hehehe.

      Delete
  22. MasyaAllah beruntung dan bahagia sekali ya mbak sudah bisa ke rumah Allah, bisa Umroh. Apalagi pakai paket ini, walau fokus di Baitullah tapi tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga uang ada di rumah.
    Semoga aku Dan keluarga jga bisa dilancarkan rejekinya dan bisa Umroh sekeluarga. Aamiin ya Rabb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah 😍 Betul sekali. Aamiin mbak semoga tercapai umroh dan hajinya kelak 🤗

      Delete
  23. Perjalanan ibadah umroh satu tujuan yang ingin dikunjungi.
    Meski demikian komunikasi dengan keluarga pasti tak lepas tentu saja, dengan paket spesial umroh ini jadi lebih aman dan nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali 😊😊 Ibadah kudu bisa khusyuk ya dan komunikasi lancar.

      Delete
  24. MasyaAllah, senang rasanya ya Mbak kalau bisa ibadah dengan khusyuk karena tidak kepikiran yang di rumah sebab komunikasinya lancar jaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, iya mbak 😊 Kudu tetap.terjalin komunikasi dg keluarga biar hati tenang dan ibadah juga lancar.

      Delete
  25. Subhanallah...
    Udah nyampe ke tanah suci.
    Semoga kami nanti juga bisa menginjakkan kaki ke sana. Aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin yra in sya allah disegerakan ke Baitullah ya mas 😊

      Delete
  26. Wahhh.. cita2 saya ni buk. Memberangkatkan ortu kesana.. semoga suatu saat nanti tercapai aminn

    ReplyDelete
    Replies
    1. In sya allah terlaksana ke Baitullaah aamiin 😘🤗

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman-teman :) Semoga betah membaca kisah seru dan penuh memori di 'rumah' saya. Silakan tinggalkan pesan, kesan maupun saran. FYI, seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Oh ya, komentar dengan link hidup tidak akan saya munculkan.