Daftar Isi [Tampilkan]

Akhir-akhir ini saya makin menggemari teh tarik. Apa yang bikin minuman ini begitu menarik hati dan membuat saya jatuh cinta ingin lagi dan lagi? Cara membuat teh tarik ini begitu unik. Campuran teh dan susu dilempar-lempar dari gelas yang satu ke gelas yang lain berkali-kali, sehingga menghasilkan busa lembut. Ini juga yang saya suka, seperti hiburan saja.
 


 Cara Menarik Teh Tarik Menjadi Hiburan Menarik Bagi Komsumen (Foto: Foody.id)

Teh tarik adalah sejenis minuman yang terbuat dari campuran teh dan susu. Biasanya teh tarik ini disajikan bersama hidangan roti  canai, nasi lemak, roti telur dan sebagainya. Pada umumnya, minuman ini dapat dinikmati di Asia Tenggara, khususnya Malaysia dan Singapura.

Nah, di Indonesia, minuman teh tarik dapat kita temukan di Kepulauan Riau dan Aceh. Teman-teman mungkin pernah mendengar ‘teh tarek’? Nah sebutan itu merupakan khas logat masyarakat di sana. Zaman sekarang sih kita bisa menikmati teh tarik di mana saja, terutama di kota-kota besar. Makin beragam pula variasi minumannya lho. 



Teman-teman ketemu lagi di #14FoodTalk nih. Tema Bulan Oktober 2017 kali ini adalah serba minuman. Oh ya, masih ingat kah dengan kami yang doyan makan dan jalan-jalan? Saya bersama mbak Ade Ummi Fikri, Nita Lana Faera dan Febrianty Rachma memang ga bisa lari dari kenyataan kalau kita tuh demen memanjakan lidah dan perut hehehe.

Teh tarik aceh merupakan salah satu minuman favorit saya. Minuman khas ‘Serambi Mekkah’ ini sudah tersohor dan menjadi andalan daya tarik wisata manca negara. Teh tarik ini salah sajian minuman teh yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Nah ada yang membedakannya. Ini merupakan campuran teh yang diseduh dan ditambahkan dengan susu kental manis. 


Proses Melempar-lempar Teh Tarik (Foto: Inspirasikukeni)

Nama ‘tarik’ berasal dari cara pembuatan minuman tehnya. Minuman ini dituangkan ke dalam dua gelas secara bergantian dan berulang-ulang sambil ditarik saat menuangkannya, sehingga menghasilkan minuman teh yang berbusa. Komposisi teh tarik adalah teh, air panas dan susu kental manis ini. 

Teman-teman, yuk kita coba membuat sendiri teh tarik original yang lebih sederhana. Sebentar saja juga jadi. Kalau mau lebih variatif sih bisa kita tambahkan potongan cincau hitam, kolang-kaling dan lainnya. Saya sih lebih suka minum teh tarik panas dan hangat.

Saya jarang minum minuman dingin, jadi batuk..uhuk! Hehehe…Tapi terserah sih kalau memang suka disajikan dingin menggunakan es batu ya silakan saja. Resep ini diambil dari berbagai kumpulan resep ada yang dan saya coba-coba sendiri di rumah. Rasanya? Hhmm…ga kalah dengan teh tarik ala resto, mantaap!
 

Resep Teh Tarik Original

Bahan-bahan:
Teh 1 kantong
Susu kental manis 70 ml
Air panas ½ liter

Cara membuatnya:
  • Siapkan gelas sebanyak 2 buah lalu tuangkan air panas dan celup-celup 1 kantong teh ke dalamnya. Setelah warna air mulai berubah seperti halnya warna khas teh, tambahkan susu kental manis dan aduk-aduk supaya tercampur merata.
  • Tuangkan campuran teh ke dalam gelas yang satunya lagi yang masih kosong, secara perlahan sambil menarik gelasnya seperti halnya kucuran air. Ulangi tahap ini sampai kira-kira 10 kali dan air tehnya telah mengeluarkan busa
  • Sajikan teh tarik original yang sudah jadi beserta camilannya.


Bahan dan Resep Teh Tarik Special Khas Aceh

Teh hitam 2 kantong aroma melati
Susu evaporasi 60 ml
Susu kental manis 4 sendok makan
Air mendidih 200-300 ml

Oh ya, sekadar informasi nih, teman-teman. Susu evaporasi itu berbeda dengan susu kental manis. Jika pada susu kental manis sudah terdapat penambahan gula yang bertujuan mencegah bertumbuhnya bakteri di dalam susu, susu evaporasi merupakan jenis susu sapi segar yang kadar airnya dihilangkan sebanyak 60 persen. Sebagai pengganti susu evaporasi, kita bisa gunakan susu sapi segar yang baru diperah. Ya kalau kepepet susah juga memperoleh susu sapi segar, silakan ganti dengan susu lainnya deh.

Cara membuatnya:
  • Sama seperti di atas ya, siapkan 2 gelas. Agar lebih nyaman, usahakan gelas yang memiliki pegangan/ gagang dan bahan gelasnya plastik atau stainless, bukan bahan beling atau kaca. Perhatikan deh kalau di resto maupun rumah makan yang menyediakan teh tarik. Biasanya kan begitu jenis gelas-gelasnya. Oh ya, kalau bisa gagang gelas sesuai dengan telapak tangan agar proses pelemparan bisa stabil.
  • Seduh teh hitam dalam gelas menggunakan air panas sampai warna airnya berubah menjadi hitam. Kemudian tambahkan susu kental manis dan susu evaporasi. Aduk-aduk kembali sebentar supaya teh hitam tersebut bercampur secara merata dengan susunya.
  • Siapkan gelas kosong satunya dan tuangkan gelas yang berisi campuran teh dan susu ke dalam gelas tersebut. Ada triknya nih supaya busa yang dihasilkan lebih maksimal yakni lempar-lemparkan campuran susu dan the sesuai ketinggian maksimal tangan kita.
  • Sajikan teh tarik bersama hidangan yang kita sukai.

Sekarang sudah tahu kan resep membuat teh tarik original dan special? Hayooo… teman-teman langsung praktekkan deh, buatan sendiri sepertinya lebih afdol dinikmati bersama keluarga tercinta. Simak juga penuturan tentang minuman favorit teman-teman saya. Kunjungi blog mbak Ade di adeufi.com lalu Nita Lana Faera di nitalanaf.com dan Febrianty Rachma di tulisanfebri.com 😍 Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Wassalam.