Daftar Isi [Tampilkan]

Nasi bakar  adalah salah satu menu Indonesia yang sangat dikenal. Biasanya nasi bakar berbumbu santan seperti nasi uduk, nasi liwet dan lainnya dibungkus daun pisang. Bentuknya mirip dengan nasi timbel tapi ada juga yang seperti lontong.

Karena berbumbu, nasi bakar nikmat rasanya dimakan tanpa lauk. Beberapa resep membuat nasi bakar ada yang di dalamnya diisi ikan teri, udang, ayam fillet, daging cincang maupun cumi, ditambah daun kemangi dan sambal.



#14FoodTalk adalah tema yang diusung oleh mbak Nita Lana Faera, mbak Ade Ummi Fikri, mbak Febrianty Rachma dan saya tentunya. Setiap bulan di tanggal 14 kami akan menulis bersama tentang makanan/ kuliner. 1 berarti satu tema cerita yang sama sedangkan 4 artinya kami berempat.

Kalau Bulan April lalu kami membahas tentang camilan favorit, makan di Bulan Mei ini adalah menu serba nasi. "Hhhmmm....nasi sih secara umum kayaknya begitu-begitu aja deh. Kan salah satu makanan pokok kita yang rasanya kalau ga masuk perut ya belum makan". 

Mungkin seperti ini pendapat teman-teman hehehe. Tapiiii..... tunggu dulu! Jangan beranjak dulu dooooong 😄 Kali saya akan ngomongin masakan sederhana yang gampang banget bikinnya, rasanya woooowww...nancep di hati! Mau tau kan? 

Apa keistimewaan nasi bakar? Sebelum dihidangkan, bungkusan nasi tersebut dibakar terlebih dahulu di atas bara api. Aroma nasi dan lauk yang ada di dalamnya menyatu dan harumnya….hhhmm begitu dibuka, bikin lapar deh. Apalagi aroma daun pisang dan daun kemanginya woooowww…😍
 


Ya, betul... "Nasi Bakar Peda" 😍 Dari namanya aja udah kebayang kan itu nasi bakar pakai ikan. Ikan apakah gerangan? Seperti apa yach rasanya? Amis, bau, enak atau eneg? Nih ya, saya kasih tau caranya supaya ikan yang tadinya beraroma kurang sedap, diolah dengan trik tertentu, bisa jadi nikmat dan harum lho. Oh ya, ini sih cara mama saya. Beliau yang sering kasih "jadi" ikan peda goreng buat saya dan anak-anak. Tinggal 'hap" lahap deh masuk perut xixixixi  😆

Paling enak sih ikan peda dimasak dengan cara digoreng biasa. Mama saya pernah bilang, kalau mau peda tetap utuh atau ga hancur setelah matang, ada triknya. Jadi sebelum digoreng, kita bungkus ikan tersebut dengan daun singkong. Nah setelah ikan peda matang dan diangkat, baru deh pembungkus daun singkongnya dibuka.

Cara memilih ikan asin peda:
- Ikan peda yang baik tentunya ga mengandung formalin. Biasanya beraroma kurang sedap. Jadi sebaiknya kita pilih yang seperti ini ya.
- Daging ikan tanpa bahan pengawet tampak mudah rusak atau lebih lunak. Hindari memilih ikan yang berdaging keras atau alot.
- Warna ikan asin ga menarik, cenderung lebih gelap kecoklatan cenderung hitam. Jangan pilih ikan asin berwarna putih bersih ya, artinya itu mengandung formalin.
-  Ikan peda asin yang baik bisa bertahan 1-2 bulan saja.
- Jika ada lalat yang hinggap pada ikan, berarti ikan tersebut bebas formalin.

Nah, sudah tau kan teman-teman tentang ikan peda ini... 😍 Lapar yach jadinya? Yuk deh kita masak bareng. Ini resep dari mama saya, dijamin ketagihan hihihi. Oh ya, buatan mama saya ini biasanya ga pakai takaran pasti alias masak suka-suka. Terserah aja mau berapa banyak misal bawang merah, cabai hijau dan lain-lain.
 




Resep Nasi Bakar Peda

Bahan-bahan:

- Ikan peda 
- Minyak goreng
- Jeruk nipis 
- Bawang putih 
- Bawang merah 
- Cabai merah 
- Cabai hijau 
- Lengkuas 
- Daun salam 
- Nasi putih 
- Daun pisang untuk membungkus 
- Lidi untuk menyemat
- Daun kemangi (jika suka)


Cara membuatnya:

Cuci bersih dan keringkan ikan peda. Goreng hingga matang kemudian angkat

Lumuri peda dengan air jeruk nipis, diamkan sesaat, lalu suwir-suwir peda tersebut

Tumis bawang putih, bawang merah, cabai hijau, cabai merah hingga layu

Masukkah daun salam dan lengkuas, lalu aduk

Masukkan ikan peda suwir, aduk kembali hingga matang lalu angkat

Campurkan nasi putih dan peda suwir, aduk hingga merata dan matang

Siapkan daun pisang kemudian tambahkan nasi tumis peda tadi secukupnya. 

Gulung rapi, sematkan lidi di kedua ujung lipatan daun pisang 

Bakar hingga aroma tercium, lalu angkat

Sajikan nasi bakar peda dengan tahu goreng. Bisa juga tambahkan tempe dan lain-lain sesuai selera




Saya biasanya beli tahu Lembang dan tahu sutera Bandung. Tekstur tahu yang halus, lembut meskipun digoreng agak lama, tetap terasa kelembutannya. Enak deh pokoknya. Pan abdi ge urang Sunda ti Bandung atuh. jadi abdi ngartos naon-naon wae bahan na cik ditingali nya. Iye bumbu na tos ceukap teu acan? Ari sagala diemam jeung lauk asin, ngeunah lah jaminan na. Tong lepat sambel na kudu hot hot hot ditambih kurupuk sing loba krauk-krauk 😂 😊


Itulah cerita 'Nasi Bakar Peda' favorit saya. Yuk, cari tau apa aja sih menu nasi kesukaan teman-teman saya? Klik aja link di bawah ini 😍
Mbak Ade Ummi Fikri di www.adeufi.com
Nita Lana Fera di www.nitalanaf.com
Febrianty Rachma di www.tulisanfebri.com


Nantikan tulisan kami ya, catat tanggalnya! 14 oke 👌😃 Wassalam.