Daftar Isi [Tampilkan]


Dear friends, Hari Sabtu (18/3/17)  lalu saya ke FX Sudirman Jakarta, kira-kira pukul 9 pagi sudah sampai. Hujan mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak semalam hingga pagi tanpa henti. Kalau yang lain masih di bawah selimut, saya sudah sampai di basement nih. Parkiran masih kosong, santai deh. Mall belum buka, mbak-mbak dan mas-mas karyawannya masih beberes. Ngapain saya ngemall pagi-pagi gitu? Hehehe niat banget ya? Iya dong….kan mau ikutan arisan. 😍 

Arisan ilmu namanya. Bersama komunitas Kumpulan Emak2 Blogger disingkat KEB, baru kali itu saya bisa join. Seat yang tersedia hanya kurang lebih 25 saja. Padahal banyak peminatnya tuh di komen grup FB KEB. Alhamdulillaah saya beruntung menjadi salah satu pesertanya. 
 

 
Beberapa makmin2 KEB yang baik hati dan kece-kece juga sudah hadir di sana.😘

Foto: dokpri

Pertama kali bertemu wajah dengan mak Efi pas masih pagiiii sekali. Ga lama setelah itu datang deh makmin lain dan beberapa member KEB. Kita merapikan hiasan/ dekorasi pita, balon dll tapi saya ga bisa niup balonnya hehehe.
  

Foto: dokpri

MC, mak Efi, mak Mira, mak Sumarti, mak Maya dkk memberikan sepatah dua patah kata di awal, tengah dan akhir acara. Ini dia penampakan mak2 cantik KEB...

 

Tiap peserta berdiri dan memperkenalkan diri, termasuk saya. Sebagai tambahan saya bilang, "Sebenarnya hari ini adalah ulang tahun anak saya. Tapi demi hadir di arisan ilmu KEB yang bagus ini, saya bela-belain datang". Hahahaha...pada tepuk tangan semua. "Anaknya ga diajak, mak?', tanya mak Efi. "Ga mak, kebetulan tadi pagi sedang kegiatan Pramuka di sekolah", jawab saya. "Semoga saya bisa menambah ilmu ngeblog ya bersama emak2 blogger dan bintang tamunya aamiin".
 
Saya Bersama Marischka Prudence (Foto: dokpri)
 
Tema arisan ilmu KEB yang ngehits ini adalah “Kreatif Menulis Kisah Perjalanan”.  Ada bintang tamunya lhoooo 😍 ga kalah sama acara di televisi. Seorang travel blogger tersohor nan jelita yaitu Marischka Prudence. Yang mana orangnya? Ini dia, taraaaa….hohoho… keren khaaann!

Prue pernah bekerja sebagai jurnalis di Metro TV . Itu pun ga sengaja ikutan Journalist Development Program dan lolos. Perempuan cantik ini banyak ditugasi meliput bencana alam yang terjadi di Indonesia, seperti peristiwa meletusnya Gunung Merapi di Jawa Tengah 2010 lalu. Khabarnya sih dulu Prue dijuluki "Si Muka Bencana".  Hanya bertahan satu tahun belajar di FISIP UI, Prue pindah ke ITB Fakultas Seni Rupa dan Desain karena berpikir ingin menjadi seniman. Karena jago diving dan memiliki sertifikat advance yang oke banget, Prue terpilih menjadi co-host program Archipelago  dan memandu program Travelista. 

Itulah sekilas profil Marischka Prudence yang katanya meskipun bukan benar-benar seorang pendaki gunung, tapi pernah naik ke Gunung Gede dan Gunung Rinjani. Kini ia sudah melanglang buana, melangkahkan kedua kakinya traveling ke manapun ia mau, kapanpun ia suka. Dapat penghasilan pula sebagai travel blogger yang terkenal...mantap deh Prue!
  
Menurut Prue, nama panggilan Marischka Prudence, sebenarnya  menulis blog tentang travel itu secara umum sama dengan proses menulis berita. Ada planning, hunting, writing dan editing.  

Ketika kita hendak menceritakan kisah atau cerita, ini lho hal-hal yang harus diperhatikan yakni:
- What : Pilih topik bahasan utama. Apa destinasinya? Apa Objeknya? Apakah kuliner, jalan-jalan, kesehatan dll.
- Who : Siapa objek yang diceritakan? Akan lebih baik jika personalisasi digambarkan.
- When : Kapan? Informasikan event yang berlangsung misalnya festival, sedang musim apa dll.
- Where : Tempat adalah unsur penting dalam travel blogging karena pembaca ingin tahu informasi lokasi.
- Why : Beritahu pembaca mengapa lokasi itu menarik, mengapa kegiatan adat dilakukan?
- How : Bagaimana cara sampai di lokasi? Bagaimana merencanakan keuangan untuk traveling ke sana?

Saat kita akan menulis, ada empat unsur utama atau tema yang mesti kita perhatikan nih. Pertama, spesifikasi atau fokus cerita. Plih satu saja misalnya naik gunung. Kedua, pembagian tema. Ketiga, kita dapat membagi cerita dari satu lokasi lho. Pembaca kurang begitu suka kalau melihat tulisan yang terlalu panjang. Kan lumayan tuh bisa jadi beberapa judul postingan blog kita. Nah, yang keempat adalah memberikan penekanan sudut pandang atas tema.
 
Oh ya, Prue juga memberikan masukan buat kita nih. Saat membuat cerita, hendaklah jangan terpaku pada cara maupun gaya tertentu. Menjadi diri sendiri pasti jauh lebih baik. Fokus pada tema utama itu penting. Sebaiknya tentukan kita mau menulis tentang apa, ingat ya satu topik saja. Kemudian kita juga harus memikirkan apa ya yang kira-kira hal yang banyak disukai dan mudah diingat oleh pembaca? Sebagai tambahan, tentu ada pesan dan kesan yang tentunya baik dan bernilai lebih untuk disampaikan.

Untuk travel blog, elemen terpenting itu adalah konten, nama, promosi dan desain.  Agar blog kita makin diminati pembaca, pastikan tulisan kita unik alias berbeda dengan yang lainnya. Selain menulis dengan gaya kita sendiri, yang pasti kejujuran dan kreatifitas kita sebagai penulisnya juga sangat penting. 

Saat upload foto jangan lupa ditulis caption nya, rename foto, tag label supaya saat pembaca mencari di google, foto kita akan muncul dan mempermudah orang membaca tulisan kita di blog. Ternyata, travel writing itu bukan hanya cerita, teman-teman. Selain memiliki informasi seperti sudah saya ulas di atas, berbagi opini kita kepada pemba juga penting lho.....daaaaannnn ada satu hal yang memantapkan tulisan kita, yaitu rasa. Ibarat masak aja, kalau ga ada rasanya alias hambar, bahan masakan semahal apapun akan ga berasa enak dong. Beberapa contoh blog perjalanan misalnya pergidulu.com ,  backpackerborneo.com dll

Ingin menjadi penulis traveling atau travel blogger yang profesional?  Bisa! Kita bangun perusahaan sendiri, jalan-jalan, sampaikan dan bagika semua pengetahuan kita tentang perjalanan, jadi deh ...dapat keuntungan/ profit.
 
Mungkinkah kita bisa dapat penghasilan dari ngeblog? Bisa dong. Ada kiat-kiatnya nih. Seperti menggunakan blog adv, sponsored post, social media engagement, workshop/ event appearence/ speaker, brand engagement/ (judge, consultant), contributors, books.

Ada cara-cara menaikkan/ boost  traffic di blog nih. Di antaranya berpromosi dengan menggunakan semua elemen media. Kemudian buatlah konten semenarik mungkin kombinasi foto dan tulisan akan lebih mengundang pelanggan. Jangan lupa memberi tag/ label serta link sharing misalnya guest post. Dalam  analisa statistik blog, kita akan terbantu mengembangkan travel blog.  Kita dapat mengetahui karakteristik pengunjung, sebaran pengunjung, prime time dan hot topic.

Di sela-sela membagikan ilmu menulisnya, Prue juga bagi-bagi hadiah buat bloggers yang bertanya maupun menjawab pertanyaan. Kira-kira apa ya isi 'kado kecil'nya? Hehehe...peserta antusias banget bertanya dan menjawab. 

Berikut adalah ekspresi keceriaan emak2 blogger saat mendapatkan hadiah beruntung.


Foto: dokpri
Ada kenang-kenangan kaos untuk Prue spesial dari KEB juga nih. 

Oh ya, pas di awal acara, makmin membagikan selembar kertas kecil ala notes kepada kami. Kami harus menuliskan destinasi wisata apa, di mana, kapan ingin berangkat dalam waktu dekat. Mesti detil juga tuh katanya kalau kita niat traveling supaya kesampaian, aamiin. Kertasnya digulung kemudian di akhir acara diambil secara acak ya... ibarat arisan aja.

Foto: dokpri

Nah, ini dia emak2 blogger yang beruntung mendapatkan bingkisan dari makmin2 KEB. Sumringah semua ya!

Foto: dokpri

Mak yang dresscode nya paling ciamik kece deh pakai topi nih....

  
Bloggers Arisan Ilmu KEB "Kreatif Menulis Kisah Perjalanan" (Foto: KEB)

Namanya juga emak-emak. Di situ ada arisan, pasti ada makanan. Memang kita ga bayar kok untuk ikutan di arisan ilmu KEB ini. Cuma bawa ala 'potluck' aja. Ini lho.... segini belum semuanya...pokoknya emak-emak boleh membungkus kue kayak arisan beneran aja. Dipilih...dipilih 😄

KEB
Potluck ala Emak2 Blogger KEB (Foto: dokpri)

Akhirnya tiba juga waktu kami berpisah. Pukul 13.00 kami say "see you again", bukan "bye-bye". Makasih ya buat semua makmin dan emak2 KEB. Kan bulan depan akan ada lagi arisan ilmu dengan tema berbeda, in sya allah. Beberapa teman ada yang masih melanjutkan acara blogger lain di Bogor, ada pula di mana lagi tuh. Nah, kalau saya sih langsung buru-buru menuju Hotel Grandhika di Jl. Iskandarsyah, depan persis Pasaraya. Ada event lain juga, di mana akan ada beberapa member KEB  juga di sana. 

Oke deh, sekian cerita saya kali ini. Semoga bermanfaat ya. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata hehehe. Terima kasih buat teman-teman yang berkunjung ke blog saya, in sya allah saya akan mengunjungi blog kalian. Wassalam.