Daftar Isi [Tampilkan]

Hai..hai..teman-teman 😀 Kemarin aku kedatangan tamu jauh nih dari Cipinang mlipir ke Jagakarsa demiiiii....demi ini hihihihi... Aku dan Nita awalnya kenal di FB. Kita kebetulan tergabung dalam komunitas menulis. Banyak lah macem2 nama komunitasnya...Aku nulis apa...(masih antologi2 dst gitu lah yang serba keroyokan dari lomba.


 
Kadang pernah juga dapet keroyokan yang ga jelas hahaha), Nita nulis yang laen. Suka komen2an lama2 jadi akrab di FB karena mungkin sepikiran ya. Terakhir kita sama pemikiran di opini tentang"Full Day School" yang beberapa waktu lalu hebbboooh benerrr...
 
Nah... balik lagi ke awal ya. Kita itu pernah ketemu paling 2 kali ya kalo ga salah di acara "perbukuan" lah..udah deh ke sini nya ga pernah ketemu lagi. Singkat cerita (pengennya sih panjang cuma ini bentar lagi mau jemput anakku yang sibuk Pendalaman Materi (PM) persiapan UN kelas 6, aku suka liat2 blog punya Nita namanya www.nitalanaf.com wuuuiiihhh keren bin mantap. Tulisannya menggugah rasa makan dan selera baca kita. Foto2nya ciamik wow..wow..wow..jadi naksir deh kepengen punya juga. 

Bukan latah bukan sihir. Aku emang bercita2 mesti menelurkan minimal 1 buku solo sebelum usia 40 tahun uuuppsss! Untuk menyalurkan hobi nulis dan masak juga foto2 terutama postingan2 di FB, aku pikir sudah saatnya aku nge-blog. Sejak SD aku memang sering nulis diary. Sdah lama pula ga nulis-nulis buku lagi jadi kangen banget nih. 

Buat teman-teman yang ingin mengetahui cara mengganti blogspot.com dengan domain sendiri, silakan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:


Mendaftarkan nama domain di penyedia nama domain. Boleh pilih Rumahweb.com karena sudah sangat terpercaya. 

1.   Masuk ke https://order.rumahweb.com. 

2.   Cek ketersediaan nama domain yang diinginkan. Ketik nama domain di kotak atas misal: nurulsufitri. Untuk eksistensi domain, sebagai rekomendasi gunakan.Com. lalu klik "Cek Domain". 

3.   Jika domain tersedia, klik tombol "Pesan".

4.   Klik "Lanjutkan".

5.   Klik "Lanjutkan" lagi.

6.  Di halaman berikutnya kita ditawarkan untuk menyewa Web Hosting, klik saja "Saya tidak membutuhkan hosting" karena di blogger hanya butuh domain saja.

7.   Klik "Lanjutkan" lagi.

8.   Klik "Check Out".

9.  Apabila baru pertama kali menggunakan rumahweb.com, maka kita buat akun baru. Caranya klik "Buat Akun Baru".

10.  Pilih metode pembayaran.

11.  Lakukan pembayaran.

12.  Konfirmasi pembayaran.

13.  Domain sukses menjadi milik kita.

Apabila merasa masih kesulitan atau bingung atau kurang yakin, silakan tanya langsung ke Customer Support rumahweb.com dengan cara chatting biasa.



Apabila kita telah berhasil mendaftarkan nama domain, langkah berikutnya adalah memasangnya di blog supaya domainnya dapat diakses. Caranya adalah sebagai berikut:

1.  Masuk ke Dasbor Blog.

2.  Masuk ke menu "Setelan">"Dasar" lalu klik "+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda".

3.  Masukkan nama domain kita (jangan lupa gunakan www) setelah itu klik "Simpan".

4.  Di situ akan muncul peringatan Kesalahan. Yang mesti dilakukan adalah mencatat 2 DNS Record yang ada di situ untuk kita pasang nanti pada pengaturan DNS domain.

5.  Log in ke http://clientzone.rumahzone.com untuk mengatur DNS domain.

6.  Masuk ke menu "Domains">"List Domain Saya".

7.  Klik "Kelola Domain".

8. Selanjutkan klik "Managed DNS". Tertulis peringatan: "Domain dalam Status Unlocked. Disarankan mengaktifkan Registrar Lock demi Keamanan".

9.  Jika muncul pesan tersebut klik saja "Start". Tertulis,"Domain Anda belum terdaftar di sistem DNS kami, untuk memulai klik tombol "START".

10. Tampak tulisan "Action Completed Successfully! Domain registered into DNS system successfully". Jika muncul seperti itu maka klik saja "Update".

11.  Klik "Add New Record".

12. Masukkan kode DNS Record yang sudah diberikan oleh blogger pada langgah ke-4. 

          1) Domain         : Masukkan kode "Nama" yaitu www

          2) TTL                 : Biarkan seperti itu 14400
          3) Record Type : Pilih CNAME
          4) Hostname     : Masukkan kode "Tujuan" yaitu ghs.google.com
          Jika sudah diisi semua, klik "Add Record".

       Sekarang kita masukkan DNS Record yang ke-2. Hanya mengulang seperti di atas.
          1) Domain          : Masukkan kode "Nama"
          2) TTL                  : Biarkan seperti itu (14400)
          3) Record Type  : Pilih CNAME
          4) Hostname      : Masukkan kode "Tujuan".
          Jika sudah, klik "Add Record".

    13. Masukkan 4 DNS Records tambahan agar nanti domain kita bisa diakses tanpa www.
          1) Domain               : Kosongkan saja
          2) TTL                       : Biarkan seperti itu (14400)
          3) Record Type       : Pilih A
          4) IP or Hostname  : Masukkan 216.239.32.21
          Jika sudah, klik tombol "Add Record".

Berikutnya tambahkan 3 DNS Records langsung di seperti di atas dengan memasukkan IP or Hostname sebagai berikut:
          216.239.34.21
          216.239.36.21
          216.239.38.21

    14. Kembali ke Tab "Setelan" di Blogger lalu klik "Simpan".
   15. Jika semua langkah-langkah di atas telah diikuti dengan benar seharusnya domain kita sudah sukses terpasang.
    16. Agar domainnya bisa diakses tanpa www, jangan lupa centang pada bagian
          "Alihkan namadomain.com ke www.namadomain.com"
    17. Selesai. Apabila domainnya belum bisa diakses, silakan tunggu maksimal 1x24 jam.
 



Oh ya, pada saat melakukan pembayaran aku transfer via Mandiri Mobile sebesar Rp 125.000. Waktu itu kebetulan karena saldo rekening yang satu itu kurang mencukupi, maka aku alihkan dahulu dananya dari BRI (via mobile juga). Prosesnya lumayan cepat kok. Lalu aku konfirmasi pembayaran via sms. Tak lama kemudian cek email, konfirmasi pembayaran dll. Sempat juga chatting dengan beberapa Customer Support loh karena bingung lah, belum yakin lah dan sebagainya. Itu pun petugas CS nya bergantian nama hahahahaha...Yah..harap maklum, namaya juga newbie ;)

Seneng banget akhirnya blog aku jadi deh. Maka, jreeeeeeng jadilah blog aku, bernama Nurul Sufitri's Blog. Ya...masih baru, masih harus bekerja keras nih supaya isi dan tampilan blognya bagus dari berbagai sisi.

Makasih banyak ya Nita, bersedia main ke rumahku, berbagi ilmu dll. Jauh2 naik gojek hihihi PP. Semoga menjadi berkah untukmu dan kita aamiin YRA. Semoga berkenan masakanku nasi goreng asal2an dan bubur ayam ala Nurul. Alhamdulillaah :)

Membuat Blog Baru

Silakan tulis pesan, kesan dan apa saja di bawah ini. Maaf ya, komentar tidak bisa langsung terbaca saat itu juga, tetapi akan muncul setelah proses moderasi. Tinggalkan email atau sosmed kalian, supaya kita bisa menambah pertemanan. Terima kasih atas kunjungannya .😀