Daftar Isi [Tampilkan]

Bakwan jagung dan jamur terbuat dari campuran adonan tepung berbumbu ditambah jagung dan jamur, kemudian digoreng dengan minyak banyak. Biasanya bakwan ini disantap sebagai camilan mapun menu makanan harian. Camilan gorengan ini sering dijual dan disajikan mulai  warung makan, pedagang kaki lima hingga restoran berbintang. 


 
Rasa bakwan yang enak, gurih dan krispi ini ga cukup dimakan hanya satu. Saya aja bisa menghabiskan 5 hingga 10 bakwan jagung pedas dalam sekali waktu lho. Oh ya, bakwan dibuat dengan bermacam-macam isi. Ada yang dicampur adonan tauge dan wortel aja, udang, sosis, bakso, jamur, teri dan masih banyak variasi lainnya.

Teman-teman, kali ini saya akan berbagi cara membuat bakwan jagung dan jamur ala saya, favorit saya nih. Biasanya di dalam bakwan terdapat kejutan cantik. Apakah itu? Ya, betul! Cabai rawit orens hahahaha…huh..hah..huh..hah dong jadinya.




Seperti biasa, setiap bulan saya membahas makanan bersama teman-teman saya yang demen makan. Apa aja doyan sih, emang dasar tukang makan hehehe. Bersama Mbak Ade UFi, Nita Lana Faera dan Febrianty Rachma, di Bulan Desember ini kami mau berbagi makanan dengan tema #14FoodTalk yaitu 'gorengan'. Ayo...tunjuk tangan deh yang suka mamam cantik gorengan! 

Bikin gorengan sebenarnya gampang banget. Buktinya tuh abang gorengan yang jualannya dipikul ataupun di pinggir jalan bisa dengan cepat dan mudah menghasilkan aneka camilan gorengan. Ada tahu, risol, bakwan, singkong, pisang, combro, misro, pisang molen, tempe, ubi dan lain-lain. 

Memang sih kebanyakan mengonsumsi makanan berminyak atau digoreng ini bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan tubuh kita. Itu kan kalau kebanyakan. Makanya, makan gorengan secukupnya. Ingat pepatah "Berhentilah makan sebelum kenyang". Kalau perlu, buat sendiri aja dengan bahan-bahan yang bagus kualitasnya dan minyak goreng yang menyehatkan. 

Menikmati bakwan jagung dan jamur ini paling asyik ditemani secangkir teh atau segelas besar, hehehe tergantung selera sih mau sebanyak apa tehnya. Bisa teh tawar panas atau hangat. Enak juga teh manis hangat. Sedap banget deh! Oh ya teman-teman, ternyata teh tarik cocok juga lho sebagai teman si bakwan.

Baca yuk, 'Resep Cara Membuat Teh Tarik Original dan Spesial Khas Aceh'.


Resep Bakwan Jagung dan Jamur



Jagung (Foto: palembang.tribunnews.com)

Jamur Tiram (Foto: vemale.com)

Daun Bawang (Foto: dokpri)

Bahan-bahan:
- 3 bonggol jagung manis.
- Jamur tiram
- Tepung terigu
- Telur ayam 2 butir
- Bawang putih 6 siung
- Bawang merah 6 siung
- Daun bawang, cuci kemudian iris tipis-tipis
- Garam secukupnya
- Lada bubuk
- Cabai rawit sesuai selera, potong ukuran kecil
- Air secukupnya
- Minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya:
1. Pisahkan jagung dari bonggolnya, cuci hingga bersih, pipilkan dan sisihkan di mangkok.
2. Jamur tiram dicuci hingga bersih, potong-potong kecil memanjang.
3. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu dan air, aduk rata.
4. Telur 2 butir dikocok merata kemudian tuangkan ke dalam adonan tepung tadi.
5. Masukkan seluruh bahan dan bumbu yang sudah diiris maupun dipotong-potong seperti jamur, bawang putih, bawang merah dan daun bawang.
6. Tambahkan garam, lada bubuk serta potongan cabai rawit yang telah disiapkan.
7. Siapkan wajan, tambahkan minyak goreng, tunggu hingga panas.
8. Masukkan adonan bakwan satu per satu ke dalam wajan. Takarannya bisa sebanyak satu satu lebih ukuran sendok makan. 
9. Masak dengan api sedang, balikkan sisi lain bakwan jika warnanya sudah menguning.
10. Angkat dan tiriskan.
11. Bakwan jagung dan jamur siap disajikan.

Gimana? Gampang kan buatnya? Mudah disajikan dong bakwan jagung dan jamur tiram ala saya. Yuk, lah direalisasikan cepetan bikinnya hehehe. Kalau sudah jadi, kasih tau saya ya 😄 Teman-teman pasti penasaran juga deh dengan 'gorengan' kesukaan teman-teman saya di #14FoodTalk ini. 

Silakan klik link blog di bawah ini:
Mbak Ade UFi di adeufi(dot)com
Nita Lana Faera di nitalanaf(dot)com
Febrianty Rachma di tulisanfebri(dot)com 

Semoga teman-teman berkenan dengan resep bakwan jagung dan jamur ala saya. Mudah-mudahan enak ya aamiin hihihi.... Sampai jumpa lagi di #14FoodTalk di Bulan Januari 2018 ya. Wassalam.