Daftar Isi [Tampilkan]

‘Banyak nyamuk di rumahku…u..u… Gara-gara kamu…u… malas bersih-bersih’. Teman-teman masih ingat penggalan syair dalam lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi cilik Eno Lerian? Berarti betul ya, nyamuk suka tempat yang kotor? Tapi ternyata nyamuk juga senang berada di lokasi maupun ruangan yang bersih kok. Rasanya tiada hari tanpa nyamuk, bahkan sudah menjadi masalah harian bagi masyarakat kita. 


Nyamuk dikenal dengan nama mosquito, berasal dari kata Bahasa Spanyol atau Portugis yang artinya lalat kecil.  Indonesia sebagai negara tropis memiliki iklim hangat yang digemari nyamuk untuk hidup dan berkembang biak. Nyamuk bandel mengganggu akivitas dan kehidupan manusia, gigitannya membahayakan kesehatan kita. Selain mengakibatkan rasa gatal, nyamuk menularkan penyakit berbahaya seperti demam berdarah dan malaria.


Alhamdulillaah pada Hari Kamis, 16 November 2017 lalu saya berkesempatan hadir di sebuah community gathering  ‘HIT Expert’ di ev Hive D' Lab di Jalan Riau No. 1 Gondangdia Jakarta. Acara ini merupakan kelanjutan dari launching ‘HIT Expert dengan formula baru’ yang telah dilaksanakan sebelumnya yakni di Hotel Mulia Senayan, 9 November 2017. HIT, merek insektisida berpengalaman dari Godrej Indonesia meluncurkan revolusi terbarunya yaitu HIT Expert.

Sebelum acara dimulai, foto dulu ah (Foto: Nurul Sufitri, oleh mbak Almazia Pratita BP)

Acaranya sih dimulai pukul 14.00 WIB namun saya ternyata sudah tiba lebih awal pada pukul 13.10 WIB. Dari Jagakarsa saya menggunakan commuter line dari Stasiun Lenteng Agung menuju Stasiun Gondangdia, dilanjutkan dengan transportasi motor online. Tak heran deh, jadi cepat sekali sampai di Hive D' Lab. 

Pas sampai di lokasi tujuan, pas hujan turun rintik-rintik kemudian mulai cukup deras. Semangat sekali saya, kan ingin belajar jadi ibu expert 😊 ibu inspirasi HIT. Setelah mengisi daftar kehadiran, seorang ibu dari pihak HIT mempersilakan saya menikmati coffee break.

Daftar hadir acara HIT Expert (Foto: Nurul Sufitri)

Menikmati secangkir kopi, sosis solo, bikang ambon dan pisang molen sambil diiringi lagu Bruno Mars 'Versace on The Floor' (Foto: Nurul Sufitri)

Satu per satu teman blogger pun berdatangan. Sejenak kedua mata saya tertuju pada sosok cantik berhijab dengan blouse putih dan jumper jeans. Wah, aslinya lebih cantik lho! Langsung pikiran saya teringat kata-kata "Ada yang lebih bagus dari HIT? Yang lebih mahal banyak". Ya! Betul sekali teman-teman, dia adalah dr. Lula Kamal. Praktisi kesehatan sekaligus public figure ternama yang sudah sekian lama menjadi brand ambassador produk HIT.  Orangnya ramah banget dan bersedia diajak foto bersama saya hihihi...

Saya bersama dr. Lula Kamal di acara community gathering HIT Expert (Foto: Nurul Sufitri)

Saya besama mbak Almazia Pratita, salah satu founder Blogger Perempuan (Foto: Nurul Sufitri)

Sekitar pukul 14.45 WIB acara dimulai. Sebagai MC ada mbak Lia Atmajaya yang cantik dan ceriwis, mampu menghidupkan suasana hingga riuh rendah. Sepertinya orangnya humoris dan murah senyum. "Selamat siang, teman-teman blogger semua. Apa kabar? Semoga yang kehujanan, kebasahan sekarang sudah lebih enakan ya. Panggil apa nih? Ibu-ibu atau mbak saja? Hehehe... Ayo, mari kita berkumpul bersama-sama. Ada bintang tamu kita kali ini yaitu dr. Lula Kamal yang cantik", begitu kata mbak Lia Atmajaya membuka acara. Suasana mencair dan lebih menyenangkan deh.
 
dr. Lula Kamal dan MC mbak Lia Atmajaya (Foto: Nurul Sufitri)

Permainan 'mitos' atau 'fakta' (Foto: Nurul Sufitri)




Dr. Lula Kamal menyapa kami dengan senyumannya yang khas. "Ada yang sudah pernah menggunakan HIT? Ooohh...ternyata banyak juga ya. Ibu merupakan inspirasi keluarga. Ibu juga orang yang paling melindungi keluarga terutama anak-anaknya dalam keadaan apapun termasuk kondisi berbahaya. Nah, jadi wajar sekali bukan, kalau kini teman-teman blogger sebagai ibu-ibu yang hampir semuanya sudah memiliki buah hati, pasti ingin tahu lebih jelas mengenai cara aman dan ampuh membasmi nyamuk", ujar dr. Lula Kamal.

dr. Lula Kamal dan mbak Lia Atmajaya (Foto: Nurul Sufitri)

Terdapat banyak jenis nyamuk yang ada di Indonesia yang jumlahnya mencapai sekitar 2700 spesies. Ada sih nyamuk yang tak berbahaya, tapi kita mesti waspada nih dan mengetahui jenis nyamuk apa saja yang membahayakan kesehatan dan keselamatan manusia. Beberapa nyamuk yang berbahaya bagi masyarakat di antaranya yakni:

  • Nyamuk Anopheles. Nyamuk ini dijumpai di selokan tergenang dan rawa-rawa. Bisa menyebabkan penyakit malaria dan penyakit kaki gajah.
  • Nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Nyamuk-nyamuk ini bisa menjadi penyebab penyakit demam berdarah. Pada umumnya berwarna belang hitam dan putih.  

Sekarang kita lanjutkan ke permainan mitos atau fakta yuk!", kata mbak Lia. Kami dibagi ke dalam beberapa kelompok. per kelompok memegang dua kartu besar bertuliskan 'mitos' dan 'fakta'. Nah, pertanyaannya adalah:

  • Apa benar bahwa nyamuk merupakan binatang paling mematikan di dunia? Jawaban yang benar adalah fakta. Betul bahwa nyamuk salah satu sumber penyakit mematikan. Nyamuk membawa banyak bibit penyakit dan hidup dengan manusia hanya membutuhkan air 1 cc untuk bertelur. 

Nyamuk adalah hewan paling berbahaya dan mematikan di dunia (Foto: Nurul Sufitri-slide HIT)

Data dari World Health Oraganization (WHO) 2016 menyebutkan bahwa nyamuk adalah binatang paling mematikan di dunia. Penyakit yang ditularkan melalui nyamuk mencakup lebih dari 17 % dari semua penyakit menular dan menyebabkan sekitar 725.000 orang meninggal dunia setiap tahunnya. 

Bahkan berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Indonesia, Incidence Rate (IR) penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sebagai salah satu penyakit yang disebabkan oleh nyamuk hingga saat ini terus berkontribusi besar dalam meningkatkan jumlah kasus di Indonesia. Pada tahun 2016, tercatat sebanyak 201.885 orang di 34 provinsi terjangkit DBD dan 1.585 orang meninggal akibat penyakit yang dibawa oleh nyamuk tersebut.

Oh ya, teman-teman apakah suka menggantung pakaian di balik pintu mapun tempat terbuka? Saya.... eh, ngaku aja deh hehehe. Nah, ini dia nyamuk paling senang menempel di pakaian terutama berwarna gelap seperti hitam dan merah. Ada perbedaannya lho antara pakaian yang sudah pernah dipakai meskipun hanya sekali dan pakaian yang masih baru alias belum dipakai meskipun sudah dicuci. 






Kata dr. Lula Kamal, nyamuk paling senang akan bau manusia. Maka pakaian yang akan terlebih dahulu dicari dan dijadikan sarang oleh si nyamuk bandel adalah jelas pakaian yang sudah dipakai kemudian digantung tersebut. Jangan suka menumpuk pakaian kotor juga ya. Nyamuk betah berlama-lama hinggap dan bersarang di dalamnya lho.

Penjelasan singkat tentang nyamuk bandel oleh dr. Lula Kamal (Foto: Nurul Sufitri)

Oleh karena itu, manusia sebagai makhluk yang berakal budi tentu punya solusi aman dan ampuh untuk membasmi nyamuk.  Ada beberapa jenis produk obat nyamuk HIT di antaranya aerosol, natural fragrance, HIT magic, HIT one push, pompa tabung, Hit Non-Stop & Hit Non-Stop dengan Power dan HIT mat elektrik. HIT adalah rangkaian produk obat nyamuk yang terinspirasi dari Ibu dalam melindungi seluruh anggota keluarga dari gigitan nyamuk dan serangga. Kini HIT Expert formula baru hadir untuk memberikan perlindungan bagi keluarga dari gangguan nyamuk bandel

HIT Expert memadukan teknologi serta formula baru yang efektif dan lebih cepat membasmi nyamuk bandel. Zaman sekarang nyamuk makin cepat berkembang biak, apalagi suhu udara semakin panas. Bisa beradaptasi dengan cuaca, bukan cuma musim hujan saja lho.

Nyamuk dapat bersarang dan bersembunyi di dalam dan luar ruangan (Foto: Nurul Sufitri-slide HIT)

Yuk, perhatikan gambar di atas. Nyamuk suka sekali tinggal di tempat-tempat seperti akuarium tanpa ikan, baju yang digantungkan, pigura, buku, gordyn, bantal, mainan dan sebagainya. Nyamuk zaman sekarang makin sering kawin sehingga telur makin banyak dan ukuran telur kecil-kecil. Nah, kalau  fogging itu hanya mematikan nyamuk dewasa namun tidak memusnahkan telur-telurnya. 

Memasuki musim hujan banyak penyakit yang berisiko menyerang kita, salah satunya demam berdarah. Pada saat musim hujan itulah banyak seperti kaleng bekas, ban bekas, pot tanaman, hiasan meja, kolong sofa, wadah atau tempat-tempat tertentu terisi air diletakkan begitu saja. Terjadilah genangan air selama beberapa saat yang akhirnya menjadi tempat berkembang biak nyamuk tersebut.  

Semakin meningkatnya populasi nyamuk sebagai penular penyakit, maka risiko terjadinya penularan juga semakin meningkat. Untuk itu, pemerintah mengharapkan agar masyarakat berpartisipasi secara aktif melalui gerakan 3M.  


Gerakan 3M yakni: 

1. Mengubur kaleng-kaleng bekas.

2. Menguras tempat penampungan air secara teratur.

3. Menutup tempat penyimpanan air dengan rapat.
 

Inilah HIT Expert dengan formula baru (Foto: Nurul Sufitri)

Ada 2 wangi premium HIT Expert yaitu Sweet Floral dan Fresh Citrus (Foto: Flyer HIT)

Tentang Godrej Indonesia

Godrej Indonesia merupakan sebuah perusahaan rumah tangga dan perawatan pribadi terkemuka di Indonesia. HIT diproduksi oleh Godrej Group Company setelah mengakuisisi perusahaan PT. Megasari Makmur pada tahun 2010. Di Indonesia, PT. Megasari Group merupakan pemimpin atau pelopor pada kategori pembasmi serangga yaitu HIT, Stella pengharum udara, dan Mitu tisu dan perawatan bayi. Termasuk favorit rumah tangga lainnya seperti Proclin, Klinpak, Polytex, Carrera, Cap Gajah, Biosol dan Shock.  

Godrej Consumer Products sendiri merupakan perusahaan Home and Personal Care terbesar di India dan sudah mengembangkan sayapnya di tiga benua, yaitu Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Godrej Indonesia selalu melakukan pengembangan dan penyempurnaan pada semua varian produk-produk yang berkelas dunia. Selain itu juga mencari cara baru untuk memuaskan konsumen dengan harga terjangkau.

Godrej Indonesia telah menginvestasikan hampir USD 100 juta dalam membangun fasilitas berseni tinggi di Indonesia. Baru-baru ini, Godrej mendirikan pabrik baru seluas 30.000 meter persegi di Gunung Putri untuk memproduksi HIT dan Mitu. Ruang kerja kolaboratif pun dirancang sesuai dengan filosofi Godrej 'Brighter Living', merupakan langkah menjadikan Godrej Indonesia menjadi tempat inspiratif untuk bekerja.    

HIT Expert diciptakan karena terinspirasi dari sosok seorang IBU yang senantiasa melindungi keluarganya dari mara bahaya, tidak terkecuali dengan gigitan nyamuk dan serangga lainnya. Maka itulah produk ini juga selalu dioptimalkan terus menerus agar menjadi sebuah produk yang benar-benar ampuh dan terpercaya melindungi setiap keluarga.      

Godrej Indonesia selalu memberikan produk berkualitas seperti generasi baru HIT Expert yang menjadi solusi expert mengatasi nyamuk bandel. Bandel berpenyakit, bandel main petak umpet dan bandel bikin bentol. Ada dua pilihan wangi premium yang memberikan perlindungan aman kepada keluarga Indonesia.  

Sebagai pembasmi nyamuk bandel yang aman dan terpercaya, HIT Expert termasuk dalam kelas U yaitu Unlikely To Present Acute Hazard. Menurut WHO, jenis insektisida ini aman dan tak menyebabkan bahaya akut dalam batas pemakaian normal.

 
Adapun Kelebihan HIT Expert antara lain: 
  1. Formula baru dengan Micro Particles. Efektif basmi nyamuk bandel.
  2. Double Nozzle. Semprotan lebih jauh dan menyebar, semprot secukupnya, tidak boros. 
  3. Wangi premium.
  4. Ergonomic Shape. Desain cap egonomis, lebih nyaman digenggam dan semprotan lebih halus.


Tips menggunakan HIT Expert menurut dr. Lula Kamal di antaranya:
  • Semprotkan HIT Expert pada kamar di sore hari. Biarkan kamar dalam kondisi hibernate dan jangan masuk ke dalamnya 1 hingga 2 jam. Matikan AC saat menyemprot dan tutup pintu kamar rapat-rapat. 
  • Meskipun harumnya enak, tak perlu lah mengendus-endus wangi produknya. Oh ya, HIT Expert ini pun aman untuk penderita asma. Ada teman blogger yang bertanya tentang hal ini. Tentu aman dong, karena asma bisa tercetus oleh wanginya bukan formulanya. Intinya, jika tidak disengaja dihirup-hirup sih aman.  
  • Cukup semprotkan pada semua dinding tempat nyamuk biasa hinggap dan berpijak. Obat anti nyamuk akan meresap ke dalam sistem tubuh nyamuk melalui kakinya.


Teman-teman, perlu diketahui bahwa bahan-bahan yang terkandung dalam HIT Expert ini tidak akan berbahaya jika dalam penggunaanya sesuai dengan aturan atau cara pemakaiannya. Memang semua jenis obat, zat kimia maupun zat lainnya harus kita perhatikan secara benar dalam penggunaanya. HIT Expert memiliki tingkat keamanan yang bisa dipercaya oleh masyarakat terutama para Ibu di Indonesia. 

Pulang bareng teman-teman blogger naik commuter line ke arah Depok (Foto: Nurul Sufitri)

Tak terasa acara seru kali ini pun usai. Hujan masih mengguyur di sekitar Gondangdia dan kemungkinan merata di Jakarta. Karena kesulitan memesan transportasi online, akhirnya saya dan teman-teman berempat memutuskan berjalan kaki dari Ev Hive D' Lab menuju Stasiun Gondangdia. Supaya dapat tempat duduk, kami naik kereta ke Kota terlebih dahulu. Nah, setelah itu baru deh ke arah Depok. 

Memang, IBU itu selalu penuh inspirasi, cerdas dan kreatif. Seperti HIT Expert dengan formula baru yang ampuh dan inovatif mampu mengatasi nyamuk bandel untuk melindung keluarga tercinta dengan aman. Jadi, sudah tak ragu lagi kan pakai HIT Expert? 

Facebook: Hit Terinspirasi Ibu
Twitter: @IbuInspirasiHIT 
Instagram: @ibuinspirasihit

Terima kasih kepada Blogger Perempuan dan HIT Expert atas undangannya. Semoga kita bisa bertemu lagi di lain kesempatan. Mudah-mudahan tulisan saya ini bemanfaat buat teman-teman. Wassalam. 

Tanda mata dari HIT Expert (Foto: Nurul Sufitri)