Daftar Isi [Tampilkan]
 
Jambi merupakan sebuah provinsi di Sumatera yang memiliki semboyan ‘Sepucuk Jambi Sembilan Lurah’. Menurut Dinas Kebudayaan Provinsi Jambi, sedikitnya ada empat taman nasional yang wajib dikunjungi dan akan sangat disayangkan jika kita lewatkan. 
 
Mengunjungi Taman Nasional di Jambi dengan Pesawat NAM Air
Foto: news.mongabay.com
 
Teman-teman pasti penasaran deh dengan keempat taman nasional yang ada di Jambi. Yuk, kita beramai-ramai ke sana!  Naik pesawat Nam Air aja. Hhhmm…, mengapa harus dengan pesawat Nam Air? Anak perusahaan dari Sriwijaya Air ini didirikan pada tahun 2013. Dengan rute yang menjangkau jauh ke pelosok Indonesia, Nam Air menawarkan dua kelas penerbangan yaitu kelas ekonomi dan bisnis. 

Kelas ekonomi Nam Air  menawarkan tingkat kenyamanan yang tinggi. Kita bisa duduk manis dengan nyaman dan kalau kantuk mendera, bisa juga nih tidur nyenyak selama perjalanan. Kok bisa begitu ya? Bisa dong, kan jarak antar kursi penumpang adalah 29-30 inci, jadi cukup lega deh. Oh ya, bagasinya gratis, lho! Jadi, ga ada salahnya kita pergi ke Jambi dengan mencoba menggunakan pesawat Nam Air.

Teman-teman, ini dia keempat taman nasional di Jambi yang akan saya ceritakan di sini. Ada Taman Nasional Bukit Dua Belas, Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Taman Nasional Berbak dan Taman Nasional Kerinci Seblat. Yuk, kita simak bersama-sama!

Taman Nasional Bukit Dua Belas

Mengunjungi Taman Nasional di Jambi dengan Pesawat NAM Air
Foto: news.mongabay.com
 
Taman nasional dengan luas 605 meter persegi ini terkenal dengan adanya Suku Anak Dalam yang tinggal di sana. Kita bisa dengan mudah menemukan mereka di Taman Nasional Bukit Dua Belas ini. Bukan hanya itu saja, kita pun bisa melihat banyak sekali aneka flora dan fauna yang membuat kita berdecak kagum dan bersyukur kepada Yang Maha Kuasa. 

Untuk fauna, kita akan menemukan berbagai binatang langka seperti enggang klihingan, elang ular bido, rangkong badak,  buhung gading, dan paok delima, juga dari jenis mamalia seperti beruang, kancil, harimau sumatera dan masih banyak lagi.

Di jenis flora, ada aneka tanaman/ tumbuhan yang kerap kali dijadikan obat-obatan seperti tuno akar, tembalau, cendawan balus, selusuh kayu, selusuh akar, akar penyegar, sentubung, tubo kayu, terap, rotan sio dan tunam. 

Tentu saja semua satwa dan tumbuhan yang ada di taman nasional ini akan membuat kita semakin terpukau dengan keindahan serta kekayaan alam Indonesia. Dari Jambi, kita membutuhkan waktu lima jam perjalanan darat menuju Desa Pematang Kabau melalui Pauh.

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Mengunjungi Taman Nasional di Jambi dengan Pesawat NAM Air
Foto: vebma.com
 
Yang menjadi daya tarik taman nasional ini adalah karena tempat ini merupakan pusat reintroduksi orang utan. Seperti halnya di Taman Nasional Bukit Dua Belas, di sini kita juga bisa menemukan Suku Anak Dalam, namun di sini lebih banyak suku yang tinggal seperti Suku Talang Mamak dan Suku Melayu Tua.

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh menyimpan keanekaragaman hayati dan rumah bagi masyarakat tradisional. Hewan yang dapat kita temui adalah harimau sumatera, beruang madu, tapir, babi hutan, burung rangkong, kuaw dan satwa lainnya. Sudah mulai penasaran dan ingin melihat taman nasional ini secara langsung? Yuk, segera cek harga tiket pesawat Nam Air sekarang!

Taman Nasional Berbak

Mengunjungi Taman Nasional di Jambi dengan Pesawat NAM Air
Foto: infokehutanan.jambiprov.go.id
 
Yang menjadi unik di Taman Nasional Berbak ini adalah adanya perpaduan antara hutan rawa gambut dan hutan rawa air tawar yang terbentang di pesisir timur Sumatera. Datanglah pada Bulan Oktober sampai Februari karena kita bisa menyaksikan singgahnya ribuan burung migran di Pantai Cemara dari Siberia menuju Australia, yang tentunya membuat kita kagum karena banyaknya jumlah burung tersebut.

Selain itu ada banyak flora dan fauna yang bisa ditemukan saat kita berkunjung ke sini. Untuk primata, kita bisa menemukan beruang madu, beruk, kera ekor panjang dan siamang. Ada juga harimau sumatera seperti di taman nasional lainnya. Selain itu ada pula buaya muara, buaya sinyulong, tuntong, kura-kura gading, labi-labi dan python, serta berbagai jenis ikan air tawar.

Untuk fauna, ada sekitar 73 famili vegetasi di antaranya dari jenis pohon besar. Ada jelutung, ramin, pulai dan meranti. Adapun jenis anggrek yaitu celogyn, bulbophylum dan cymbidium.

Taman Nasional Kerinci Seblat

Mengunjungi Taman Nasional di Jambi dengan Pesawat NAM Air
Foto: kerincinews.com
 
Taman Nasional Kerinci Seblat ini merupakan taman nasional terbesar di Sumatera dengan luas 1.368.000 hektar dan juga ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2004. Di taman nasional ini terdapat mata air panas, sungai-sungai beraliran deras, gua-gua, air terjun dan danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara.

Di taman nasional ini juga terdapat sekitar 4000 spesies tumbuhan dan yang paling terkenal adalah bunga Rafflesia Arnoldii atau lebih dikenal dengan sebutan bunga bangkai. Di sini pula merupakan tempat berkembang biak satwa seperti badak, harimau, gajah, tapir serta berbagai jenis burung yang menjadikan taman nasional ini harus dipertimbangkan menjadi tempat berlibur.

Jadi, segera terbang ke Jambi dan nikmati keindahan dan keanekaragaman flora dan faunanya dengan terbang bersama pesawat Nam Air.