Tuesday, October 31, 2017

# traveling # traveling & culinary

Mengunjungi Taman Nasional di Jambi dengan Pesawat Nam Air



Jambi merupakan sebuah provinsi di Sumatera yang memiliki semboyan ‘Sepucuk Jambi Sembilan Lurah’. Menurut Dinas Kebudayaan Provinsi Jambi, sedikitnya ada empat taman nasional yang wajib dikunjungi dan akan sangat disayangkan jika kita lewatkan. 

Teman-teman pasti penasaran deh dengan keempat taman nasional yang ada di Jambi. Yuk, kita beramai-ramai ke sana!  Naik pesawat Nam Air aja. Hhhmm…, mengapa harus dengan pesawat Nam Air? Anak perusahaan dari Sriwijaya Air ini didirikan pada tahun 2013. Dengan rute yang menjangkau jauh ke pelosok Indonesia, Nam Air menawarkan dua kelas penerbangan yaitu kelas ekonomi dan bisnis. 

Kelas ekonomi Nam Air  menawarkan tingkat kenyamanan yang tinggi. Kita bisa duduk manis dengan nyaman dan kalau kantuk mendera, bisa juga nih tidur nyenyak selama perjalanan. Kok bisa begitu ya? Bisa dong, kan jarak antar kursi penumpang adalah 29-30 inci, jadi cukup lega deh. Oh ya, bagasinya gratis, lho! Jadi, ga ada salahnya kita pergi ke Jambi dengan mencoba menggunakan pesawat Nam Air.

Teman-teman, ini dia keempat taman nasional di Jambi yang akan saya ceritakan di sini. Ada Taman Nasional Bukit Dua Belas, Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Taman Nasional Berbak dan Taman Nasional Kerinci Seblat. Yuk, kita simak bersama-sama!


Taman Nasional Bukit Dua Belas

Foto: news.mongabay.com
Taman nasional dengan luas 605 meter persegi ini terkenal dengan adanya Suku Anak Dalam yang tinggal di sana. Kita bisa dengan mudah menemukan mereka di Taman Nasional Bukit Dua Belas ini. Bukan hanya itu saja, kita pun bisa melihat banyak sekali aneka flora dan fauna yang membuat kita berdecak kagum dan bersyukur kepada Yang Maha Kuasa. 

Untuk fauna, kita akan menemukan berbagai binatang langka seperti enggang klihingan, elang ular bido, rangkong badak,  buhung gading, dan paok delima, juga dari jenis mamalia seperti beruang, kancil, harimau sumatera dan masih banyak lagi.

Di jenis flora, ada aneka tanaman/ tumbuhan yang kerap kali dijadikan obat-obatan seperti tuno akar, tembalau, cendawan balus, selusuh kayu, selusuh akar, akar penyegar, sentubung, tubo kayu, terap, rotan sio dan tunam. 

Tentu saja semua satwa dan tumbuhan yang ada di taman nasional ini akan membuat kita semakin terpukau dengan keindahan serta kekayaan alam Indonesia. Dari Jambi, kita membutuhkan waktu lima jam perjalanan darat menuju Desa Pematang Kabau melalui Pauh.


Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Foto: vebma.com
Yang menjadi daya tarik taman nasional ini adalah karena tempat ini merupakan pusat reintroduksi orang utan. Seperti halnya di Taman Nasional Bukit Dua Belas, di sini kita juga bisa menemukan Suku Anak Dalam, namun di sini lebih banyak suku yang tinggal seperti Suku Talang Mamak dan Suku Melayu Tua.

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh menyimpan keanekaragaman hayati dan rumah bagi masyarakat tradisional. Hewan yang dapat kita temui adalah harimau sumatera, beruang madu, tapir, babi hutan, burung rangkong, kuaw dan satwa lainnya. Sudah mulai penasaran dan ingin melihat taman nasional ini secara langsung? Yuk, segera cek harga tiket pesawat Nam Air sekarang!


Taman Nasional Berbak

Foto: infokehutanan.jambiprov.go.id
Yang menjadi unik di Taman Nasional Berbak ini adalah adanya perpaduan antara hutan rawa gambut dan hutan rawa air tawar yang terbentang di pesisir timur Sumatera. Datanglah pada Bulan Oktober sampai Februari karena kita bisa menyaksikan singgahnya ribuan burung migran di Pantai Cemara dari Siberia menuju Australia, yang tentunya membuat kita kagum karena banyaknya jumlah burung tersebut.

Selain itu ada banyak flora dan fauna yang bisa ditemukan saat kita berkunjung ke sini. Untuk primata, kita bisa menemukan beruang madu, beruk, kera ekor panjang dan siamang. Ada juga harimau sumatera seperti di taman nasional lainnya. Selain itu ada pula buaya muara, buaya sinyulong, tuntong, kura-kura gading, labi-labi dan python, serta berbagai jenis ikan air tawar.

Untuk fauna, ada sekitar 73 famili vegetasi di antaranya dari jenis pohon besar. Ada jelutung, ramin, pulai dan meranti. Adapun jenis anggrek yaitu celogyn, bulbophylum dan cymbidium.


Taman Nasional Kerinci Seblat

Foto: kerincinews.com
Taman Nasional Kerinci Seblat ini merupakan taman nasional terbesar di Sumatera dengan luas 1.368.000 hektar dan juga ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2004. Di taman nasional ini terdapat mata air panas, sungai-sungai beraliran deras, gua-gua, air terjun dan danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara.

Di taman nasional ini juga terdapat sekitar 4000 spesies tumbuhan dan yang paling terkenal adalah bunga Raflesia Arnoldii atau lebih dikenal dengan sebutan bunga bangkai. Di sini pula merupakan tempat berkembang biak satwa seperti badak, harimau, gajah, tapir serta berbagai jenis burung yang menjadikan taman nasional ini harus dipertimbangkan menjadi tempat berlibur.

Jadi, segera terbang ke Jambi dan nikmati keindahan dan keanekaragaman flora dan faunanya dengan terbang bersama pesawat Nam Air.

Facebook: Nurul Sufitri
Email: nurulsufitri@gmail.com
Instagram: @nurul_sufitri
Twitter: @Nurulsufitri
Linked In: Nurul Sufitri
WA: 08129634587

42 comments:

  1. Jambi termasuk yg blm prnh aku datangin. Wisata alamanya keren ternyata yaaa.. Itu yg menyusuri sungai, aku suka tuh wisata begitu mba. Ngeri2 gimanaa gitu, apalagi kalo diksh tau ama tukang perahunya masih ada buaya ato ular piton huahahahah.. Lgs inget ular anaconda di film itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha...mbak Fanny jadi keingetan film anaconda ya begitu lihat foto turis lai menyusuri sungai :) Keren banet ini, aku juga kepengen ke Jambi, naik pesawat Nam Air :D Kapan2 lah mbak traveling ke Jambi siiip.

      Delete
  2. Duh aku kalo kesini mau banget deh mendaki gunug Kerinci.
    Tapi aku masih harus kumpulin duit dulu nih buat ke Jambi haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, keren deh kalau suka naik gunung. Adikku pernah mendaki Gunung Kerinci loh, katanya sih bener2 kereeeen dan makin mensyukuri Dia Yang Maha Kuasa.Ada promo kan dari Nam Air. ceki2 deh :)

      Delete
  3. untuk mengunjugi daerah" lain itu sekarang gak sulit karena NAM AIR menawarkan penerbangan ke berbagai daerah dengan nyaman. jika kita berkunjung ke jambi jangan lupa untuk berkunjung ke taman nasional yang ada disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, mbak Desy! Siiip lah Nam Air ini sudah menjangkau pelosok Indonesia loh, met jalan2 :)

      Delete
  4. salam dari orang jambi mbak :D sayangnya taman-taman tersebut dari kota cukup jauh dan ada yang nggak bisa dilewati dengan kendaraan jadi harus tracking dulu. Tapi untuk petualang worth it kok sama pemandangan dan pengalaman yang didapat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak di Jambi..... Iya salam kembali ya. Oh begitu ya. Ga apa2 sih mesti tracking dulu namanya juga petualangan hehehe. Iya .. pengalaman yang berkesan nih.

      Delete
  5. Iiih seru pastinya ke taman nasional bukit 30. Melihat hewan2 dibelantara hutan. Serasa ke taman safari. Tapi ini hutan asli ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Taman Nasional Bukit 30 memang menawan hati. Taman nasional ini dilindungi oleh pemerintah, mbak Ade. Rata2 di Jambi itu taman asli yang dikelola lebih terorganisasi dan menjaga alam eksistensi flora dan faunanya.

      Delete
  6. Belum pernah sama sekali kesini nih. Nam air juga belum pernah coba. Asyik juga ya Jambi wisatanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan ke Jambi naik Nam Air, mbak Gita :) Asik dong :)

      Delete
  7. Aku jadi ingat film Sokola Rimba yang menceritakan tentang anak suku dalam di Jambi. Dalam film itu hutannya lebat dan masih asli flora dan faunannya. Semoga bisa terbang ke Jambi dengan Nam Air nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ada promo Nam Air ini mbak Laras. Siapa tau pas liburan bisa traveling ke taman nasional di Jambi hehehe :)

      Delete
  8. kapan ya bisa jalan-jalan ke jambi. liat pemandangan asri banget

    ReplyDelete
  9. Whoaaa jauhnya ke Jambi ya. Indonesia kaya dengan cagar alam yang cantik2 ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi dekat mbak kalau naik pesawat hehehe apalagi sedang ada promo nih dari Nam Air. Met traveling deh, mbak Leyla :)

      Delete
  10. Suka sama pemandangan Taman Nasional kerinci, cakep banget hamparan danau gitu ya mba? Temenku ada yg di Jambi, tapi kalau ke sana pasti jauh banget nih, harus siap biaya juga ya, ling jauh nyebrang sampe ke Lampung aja tahun 2010 dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cakep banget dong pemandangan alam di Jambi. Wah kalau udah di Lampung bisa langsung aja lah dengan Nam Air cuuuzzz ke Jambi hehehe.

      Delete
  11. Eiya baru inget dari bengkulu sekarang juga udah ads pesawat direct ke Jambi, kapan-kapan mau ke Jambi lagi deh. Dulu pas ke sana ga tau kalau ada Taman Nasionalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, dari Bengkulu deket ya mbak Ata? Bentar lagi liburan nih, siapa tau mau ke taman nasional di Jambi :)

      Delete
  12. Wah, banyak objek wisatanya ya di Jambi. Aku belum pernah ke sana sih... inshaaAllah kapan2 semoga ada rejeki. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Ninna. Iya, taman nasionalnya menarik untuk dikunjungi nih. Siip traveling cek2 traveloka deh naik Nam Air.

      Delete
  13. Jambi identik dg Kerincinya dan hutannya. Hal tersebut yg langsung terlintas dlm pikiranku. Blm pernah naik NAM Air siy. Krn dulu thn1999 blm ada.Kebetulan dulu waktu kuliah,kampus dan dosen2ku salah satu penggiat kemanusiaan utk anak rimba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooohh mbak Dewi kuliah di Jambi? Wah paling ga pasti ada tau2 nya dong ya tentang Jambi dan tempat wisatanya? Iya betul, Jambi identik dengan Gunung Kerinci dan hutan-hutannya.

      Delete
  14. Baru tahu di Jambi banyak banget taman nasionalnya.
    Seru kali ya ajak anak2 ke sana keliling taman nasional buat tahu kekayaan alam negerinya TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak April 😀 sekali2 liburan agak jauhan yuk hehe anaka2 pasti sukaaa 😊

      Delete
  15. Kerinci Seblat, aku pernah nonton dokumenternya, epic banget mba dan abis baca ini Jambi harus jadi wishlist travel aku nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Catat deh whishlist ke Jambi nih mbak Nunu :D Ohh Kerinci Seblat awesome pastinya ya, pesona Indonesia kita.

      Delete
  16. Sama kayak mba APril baru Tahu JAmbi punya taman nasional yang banyak mb hahahah aku yak kemana aja?kalau pesawat NAm aku udah pernah pake maskapai ini waktu kemananya lupa alhamdulilah nyaman kok meski kelas eko hehehhe wong dibiyain kantor jd nerimo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow jadi mbak Herva pernah naik Nam Air ya? Kelas ekonominya cakep ini ternyata mbak, bisa duduk nyaman ga sempit jaraknya. Hahaha paling asik dibiayai kantor sih mantaaap!

      Delete
  17. Wah.. kece2 banget mbak nurul lokasinya

    ReplyDelete
  18. Sesungguhnya saya penasaran banget mau ke Taman Nasional Kerinci Seblat. Kayaknya asik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk lah coba traveling ke Kerinci Seblat....naik Nam Air yach 😀

      Delete
  19. owhh nam air itu punyanya sriwijaya air ya ? kirain nam air itu dari vietnam, karena namanya unik ... wisata ke jambi pastinya asyik ya, bisa mampir ke tamana nasional plusss ketemu bunga raflesia arnoldi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...awalnya kupikir juga begitu mbak. Ternyata bukan punya Vietnam hihihi. Iyaa ada bunga bangkai di sana yuuiks 😘😍😘😍

      Delete
  20. Nam Air langganan suami kalau ke Pekanbaru dari Medan, mb. Pramugarinya ada yang berhijab loh. Keren

    Taman Nasional Kerinci Seblat, aku taunya dari gantungan kunci yang dikasih suami pas pergi ke Sungai Penuh Jambi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooooh boleh ya ada pramugari berhijab di Nam Air? Keren dong 😊😊 waaah suaminya udah jd pelanggan setia Nam Air nih 😊

      Delete
  21. Ingin segera ku panggul ransel dan pergi ke Jambi. Mau melihat langsung Suku Anak Dalam =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung cek dan booking pesawat Nam Air deh. Wahhb mau lihat suku anak dalam nih.... siiip lah

      Delete