Sunday, October 01, 2017

# blogging & social media

Basic Blogging Workshop Bersama Ibu Tekno dan Depok Menulis



Belajar itu ga kenal usia. Asalkan ada niat disertai usaha plus doa tentunya, in sya allah berhasil. Tanggal 9 September 2017 lalu saya ikutan basic blogging workshop nih. Seru banget belajar ngeblog buat pemula bersama Ibu Tekno-mbak Inne Ra dan Depok Menulis yang bekerjasama dengan akutahu(dot)com.


Workshop ngeblog buat pemula ini diadakan di Tranz Eat Margonda Depok mulai pukul 10.00 - 16.00 WIB. Mbak Inne Ra lah sebagai narasumber utamanya 😄 Pertama kali saya kenal dengan mbak Inne Ra ini melalui Facebook, saling memberikan komentar dan like. Ga nyangka deh akhirnya bisa bertemu wajah saat mengikuti blogger event di Museum Tekstil Jakarta beberapa bulan yang lalu.

Mbak Inne Ra = Ibu Tekno (Foto: dokpri)
Mbak Inne ini ramah orangnya. Waktu itu malah mbak Inne lah yang lebih mengenali dan menyapa saya duluan. "Mbak Nurul, ya?", tanya beliau. lalu saya jawab,"Ini mbak Inne?" 😊 

Secara kan saya masih newbie, belum hapal nama dan wajah teman-teman baru gitu hehehe. Lucunya, kami sama-sama mendapat juara lomba blog yang disponsori oleh supermarket online ternama. Ternyata ketemu lagi saat ini nih sudah punya nama yang keren yaitu 'Ibu Tekno'. 

Ibu Tekno memiliki slogan "Sahabat ibu belajar memanfaatkan teknologi", wuuiiihhhh mantap dong! Ibu Tekno yang merupakan alumnus CodingMum ini juga berprofesi sebagai CodingMum Mentor dan digital trainer yang dapat mengajarkan kita, teman-teman atau siapa aja secara berkelompok maupun privat. Follow aja instagramnya yaitu @ibutekno dan untuk lebih jelasnya bisa dilihat di www.ibutekno.com

Mbak Talita Zahrah Membuka Acara (Foto: dokpri)
Nah, kalau yang membuka acara workshop ini adalah mbak Talita Zahrah. Half engineer dan teman nulis-nya @DepokMenulis yang tukang makan dan seorang picnic lady. Ia adalah Social Media Manager di Jualio. Teman-teman bisa mengenal mbak Talita lebih dekat di talitazahrah.wordpress.com yach. Facebook yaitu Talita Zahrah Fauziyyah.

Pengenalan akutahu(dot)com oleh Mas Fadil (Foto: dokpri)
Sebagai social enterprise, akutahu(dot)com memiliki tujuan memberi inspirasi dan mencerdaskan pembacanya. Ada berita terbaru yang sehat, inspiratif serta edukatif yang berasal dari dalam maupun luar negeri. 

Tentang akutahu(dot)com (Foto: website akutahu(dot)com

Nah, sekarang kita masuk ke materi ngeblog buat pemula ya, teman-teman. "Blog itu adalah website, namun website tidak sama dengan blog. Blog merupakan salah satu macam dari website dan lebih personal", kata mbak Inne Ra. 

Adapun komponen blog ada 50% content dan 50% nya lagi adalah platform. Penyedia layanan blog banyak sih seperti Wordpress, Blogger/ blogspot, Squarespace, Weebly, TypePad, Medium, Drupal, Wordpress.org, Tumblr, Joomla, Wix dan Ghost. Oh ya, kalau mau kenal lebih dekat dengan mbak Inne, teman-teman bisa berkunjung ke inne.web.id ya.


5 W + 1 H (Foto: dokpri)
Who berarti siapa yang akan kita jadikan objek dalam tulisan. What yaitu apa merek produk maupun jasa yang akan kita bahas. When adalah kapan kita melakukan penelitian/ riset. Adapun why yaitu alasan kita menuliskan tema tersebut. Where yakni di mana kita menuliskannya. Terakhir, how berarti bagaimana kita mengungkapkan pengalaman kita kepada dalam bentuk tulisan. Jika kita merasa nyaman ketika menulis, maka pembaca pun akan merasa senang.

Langkah membuat blog:
- Tentukan konsep blog (mind map)
- ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)



Log in Wordpress (Foto: dokpri)

Contoh Blogpost Saya di Wordpress (Foto: dokpri)

Di sisi kiri ada Site tittle, di bawahnya berjejer vertikal ada new site, stats, plan. Selanjutnya manager ada site page, blog post, media, comments. Di bawah personalize ada themes. Kemudian di Configure ada sharing, people, plugin, domain, settings, paling bawah ada add new sites.

Sebenarnya saya masih agak bingung nih karena saat di workshop koneksi internet kurang mulus. Jadi sebagian peserta ada yang bisa dan tidak tersambung wifi nya. Sedangkan saya akhirnya menggunakan handphone saja hahaha jadi tulalit deh belajarnya hehe.. Mbak Inne, harap maklum nih saya meraba-raba begini reportnya 😊

Tampilan Wordpress (Foto: dokpri)
Tapi kagetnya saya nih, gara-gara cari tahu tentang WP, eh ga sengaja muncul WP saya lho. Masa saya sendiri baru ingat kalau tahun 2011 dulu pernah coba-coba bikin diary di WP. Hahaha saya utak-atik gimana cara edit profile dan sebagainya sepertinya belum ngerti wkwkwkwk..Nanti deh pas lagi ada waktu santai, akan saya lanjutkan. 
 
Wordpress Milik Saya yang Terlupakan Nurulsufitri.wordpress.com (Foto: dokpri)
 
nurulsufitri.wordpress.com (Foto: dokpri)

Bersama Eva dan Ayi (Foto: dokpri)
Saya mengajak Eva, teman arisan yang juga senang menulis. Ada juga Ayi teman sekolah sejak SMP dan SMU ikutan juga. Kedua teman saya ini memang hobi menulis, nah biar makin terasah dan terarah nulisnya, mereka senang banget tuh pas saya beritahu ada pelatihan ngeblog ini. Ahamdulillaah ya 😄

Foto Bersama di Akhir Acara Blogging Workshop (Foto: dok. Ibu Tekno dan Depok Menulis)
Terima kasih Netty yang kasih info perdana tentang acara ini. Makasih mbak Inne Ra, Depok Menulis dan kawan-kawan. Bermanfaat sekali lho acaranya. Semoga di lain kesempatan kita bisa ikutan lagi dan bersilaturahmi ya aamiin. Wasalam.

Facebook: Nurul Sufitri
Email: nurulsufitri@gmail.com
Instagram: @nurul_sufitri
Twitter: @Nurulsufitri
Linked In: Nurul Sufitri
WA: 08129634587

22 comments:

  1. belajar dengan pakarnya itu mmg sesuatu banget ya mbak
    tambah saudara dan tambah illmu
    seru acaranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, mbak Avy.. tambah ilmu plus teman2...

      Delete
  2. waaah...terima kasih mbak...
    semoga makin semangat nge-blognya, mbak. Makasi juga karena sudah mau sharing... sukses terus ya, mbak Nurul ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali, mbak Inne 😊😀 iya dong pasti semangat membara nih alhamdulillaah.

      Delete
  3. Thanks sharing ilmunya mbak Nurul. Penting ternyata menentukan siapa calon pembaca blog kita yaaa.. Selama ini saya prinsipnya cuma yg penting nulis dulu huehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mbak Annisa..kita harus tau target pembaca kita. Biar fokus menulisnya terarah gitu... 😊

      Delete
  4. Wah temannya dapat rejeki juga tuh, bisa belajar nulis di event ini. Btw acara selama itu jam 10 smpai 16 tapi karena kitanya happy dan nyaman dengan karena bicara tentang dunia kita jadinya seneng pastinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hehe teman2ku aku ajakin aja hehe karrna memang hobi nulis. Kalau cuma iseng2 mah ga bakalan wkwkwk.. ternyata ga sampai sore banget kok..kelar deh..

      Delete
  5. acaranya bagus nih mbak,,,tapi kebanyakn ibu-ibu ya?hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makasih 😁 hehe kebetulan yg kelihatan nih ibu2 ya tapi sebagian ada yg belum jd ibu. Yuk lah kapan2 join 😊

      Delete
  6. Aku pengen banget ikut acara ini mb,hanya kebetuluan terlalu jauh. Semoga nanti ada yang dekat sini. Seru banget ya mba kalau belajar sama ahlinya gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya..semoga di dekat domisili mbak Amallia bakalan ada... kadang jauh pun aku jabanin hehe. Seru banget loh.. 😀😀

      Delete
  7. Wah Mba Inne ternyata mastah coding ya. Hadehh ini susah banget deh kalau pas ketemu template yang coding-nya sulit. Saya pun baru tau kalau jenis web ternyata banyak juga ya, haha... Moga makin nambah ilmunya Mba Nurul, dan Alhamdulillah bisa menularkan hobi ke teman-teman dekat juga ya. Cause good women gonna do good things together, ehciehhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa....susah banget pasti ya coding2an gitu... Alhamdulillaah giat mencari ilmu hihi :) Berbagi ilmu dengan cara mengajak teman mudah2an aja berkah bareng2 ya Nit aamiin.

      Delete
  8. Wah senengnya ada kesempatan nambah ilmu dan wawasan ya mba, terlebih di bidang nulis, cocok tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mbak Yanti :) Alhamdlillaah...aku juga makin semnagat belajar nih :)

      Delete
  9. Seru ngikutin workshop blogger neh mbak, tambah kawan dan pengetahuan seputar blogging.. BTW di Bengkulu juga ada lho komunitas blogger yang tiap bulan ngadain workshop/kelas blogger..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh di Bengkulu ada juga ya workshop seperti yang aku ikutin ini? Buat nambah ilmu dan teman2 asik pastinya ya mas.

      Delete
  10. Belajar blogging itu asik banget emang, ibu2 sekalipun bisa. Aku juga ada mbak blog wp, tapi ga terlalu keurus skrg. Ini aja di blogspot udah ngos2an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...iya ya kita kan emak bertangan gurita banyak banget yang mesti diurusin. Aku juga punya WP udah lamaaa banget ga keurus. Nanti lah kalau senggang mungkin hihihi.

      Delete
  11. wah seru yah kalau ada event seperti itu, ada nara sumber yang bisa ngajarin kita lebih baik lagi ngurusin blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak Dewi, seru bingit. Makin tambah ilmu dan pertemanan.

      Delete