Wednesday, August 30, 2017

# blog competition # blogging & social media

Jurus Jitu Menang Lomba Blog Ala Haya Aliya Zaki dan Membuat Content Marketing Bersama CNI





Pada Hari Minggu, 27 Agustus 2017 lalu saya menghadiri workshop yang diselenggarakan oleh Indonesia Social Blogpreneur (ISB) di Burger King, Plaza Festival, Kuningan, Jakarta Selatan. Tema acaranya yaitu '10 Quick Tips on Content Marketing' dan How to Win a Blogging Contest'. Acara ini didukung oleh CNI, sebuah perusahaan multilevel marketing yang sudah dikenal di Indonesia selama kurang lebih 30 tahun. 



Teh Ani Berta Memberikan Sambutan (Foto: dokumen pribadi)

Teh Ani Berta turut hadir dan memberikan sepatah dua patah kata. Mas Niko Riansyah, seorang digital marketing specialist menjelaskan mengenai content marketing yang mesti kita kuasai, dengan cara yang jelas dan tepat.


Mas Niko Riansyah (Foto: dokumen pribadi)
Ada lima website yang content marketing-nya sangat baik yaitu Content Marketing Institute, Copyblogger, Marketo, HubSpot dan Marketing Sherpa.


Teman-teman, berikut adalah 10 Quick Tips on Content Marketing:

1. Read a lot, in order to write wellKalau suka menulis, berarti seseorang itu suka membaca. Membaca pastinya menambah wawasan dan pengetahuan kita. Apalagi untuk membuat tulisan yang menarik dan sesuai yang dibutuhkan.

2. Identify, then understand. Identifikasi dan pahami target pembaca. Ketika menulis, sebaiknya tempatkan diri kita sebagai pembaca. Untuk blog, kita mesti tahu siapa pengunjung kita agar bisa disesuaikan tema, judul, foto dan lainnya.

3. Look for relevant content, continuously. Cari konten yang sesuai, konsisten dan berkelanjutan.

4. Publish free, long term content. Mesin pencari yang memudahkan harus di-track oleh Google.

5. Update blog continously. Blog harus diperbaharui dan diperhatikan terus-menerus. 6. No copy paste. Jangan copas alias copy-paste. Kalau kita melakukan ini tentu akan membuat buruk blog kita.  Google pun bisa mendeteksi tulisan kalau ada yang copas-nya.

Hindari ‘registrasi’ yang menyulitkan pembaca. Contoh Nat Geo ID, nama email, handphone, kadang pas mau lihat harus klik ini-itu isi data-data sehingga menyebabkan exit batch tinggi.

 
7. Be creative and unique.  Kita harus memiliki ciri khas tersendiri, beda dengan orang lain. Buat branding yang memang sesuai dengan minat dan kemampuan kita.

8. Use social media to inform, distribute and converse. Yang dibutuhkan pembaca konversi dari email, nama, telepon dari pembaca. Kalau dari youtube misal ada yang subscribe/ berlangganan kita, nanti dapat notifikasinya.

  9. Outsource as needed. Blog/ social buzzer dibutuhkan oleh perusahaan. Outsourcing content creation: sponsorship, thought leaders, analyst firm, partner and freelance writers.

Outsourcing Content Creation (Foto; dokumen pribadi)

10. Measure, quantify, adjust. Konten harus disesuaikan dengan pembaca. Mengapa tidak maksimal? Nah, berarti harus diperbaiki agar menjadi lebih bagus, lalu upgrade lagi agar lebih banyak audience-nya. Untuk membuat content marketing kita harus lihat di internet apa sih yang sedang menjadi TT/ trending topic

 
Bagaimana supaya tulisan kita menjadi hits? Sesuaikan dengan target audience kita kemudian distribusikan di social media platform seperti Facebook, Twitter, Instagram, Linked In, Youtube dan lainnya. Setelah membuat tulisan lalu kita ukur sejauh mana lomba yang kita buat. Bagus atau ga traffic-nya, bounce exit, Google Analytics dan sebagainya.

What your wider team delivers:

What Your Wider Team Delivers (Foto: dokumen pribadi)

Bounce rate 30% termasuk bagus. Begitu juga 50-60% masih terbilang cukup bagus. Konten panjang atau tidak? Penyebab hal ini karena ketika membuka blog maupun website, lama sekali masuknya, ada lock up maupun tidak mobile friendly. Keyword yang baik adalah sampai dengan 8 kata kunci. Konten ada 2 yakni search content dan social content.


Bapak Gusti Aleandra dari CNI (Foto: dokumen pribadi)

Teman-teman yang mungkin penasaran mengenai CNI ini ga usah khawatir. Ada Bapak Gusti Aleandra yang menjelaskan secara singkat, padat dan tepat cara memulai bisnis CNI. Pertama adalah afiliasi, dengan cara menyebarkan link afiliasi geraicni.com untuk user dapat berbelanja melalui link tersebut. Maka keuntungan langsung dan komisi bisa kita terima. Kedua adalah M-CNI dimana bisa digunakan untuk berbelanja produk CNI, cek bonus, komisi serta poin harian. Ketiga adalah menyebarkan manfaat dari produk CNI kepada kerabat seperti keluarga, teman dan relasi kerja. Cukup mudah, kan?

Memulai Bisnis CNI, Pilihan Paket dan i-Plan 2017 (Foto: dokumen pribadi)


Nah, ada tiga pilihan paket buat member  CNI nih. Pertama yaitu paket bisnis  dimana dengan berbelanja produk CNI (all item) senilai lima juta rupiah akan mendapatkan kartu eksekutif. Kedua yaitu paket sponsoring  dengan berbelanja paket produk CNI tertentu senilai dua juta rupiah dan mendapatkan kartu eksekutif juga. Ketiga yaitu paket user , dengan pembelanjaan produk CNI (all item) senilai satu juta rupiah kita akan mendapatkan kartu user. Paket user ini cocok banget buat kita yang hanya ingin menikmati manfaat produk CNI dengan harga diskon.


Teman-teman mesti tau nih, ternyata bisnis CNI ini berpotensi sekali mendapatkan kesempatan istimewa dalam i-Plan 2017. Mau tau? Sini, saya bisikin deh. Asyik kan kalau kita bisa punya penghasilan yang optimal melalui pengembangan jaringan? Seru juga lho mendapatkan jaminan penghasilan yang lebih pasti dan lebih besar. Bisa punya kesempatan untuk menikmati meeting/ training serta perjalanan ke luar negeri yang diadakan CNI.  Ada lagi nih yaitu kesempatan berbisnis yang terjamin dengan mendapatkan asuransi kesehatan serta menjadi bagian dari titik  distribusi CNI. 

Oh iya, semangat i-Plan 2017 nya yakni simple, menarik, terjamin dan meningkat. I-Plan 2017 ini memberikan kepastian kepada setiap anggota untuk mendapatkan penghasilan yang pasti setiap periode. Periode ke-1 adalah tanggal 1 hingga 15 sedangkan period ke-2 adalah tanggal 16 hingga akhir bulan. Selengkapnya, silakan teman-teman kunjungi website CNI ya.





Apa jurus jitu mbak Haya Aliya Zaki supaya bisa menang lomba blog? Oh ya, beliau sudah memenangkan lebih dari 40 lomba blog lho. Mulai ikutan lomba blog sejak tahun 2010. Selain berprofesi sebagai penulis, editor, blogger profesional, content writer, beliau juga sering didaulat menjadi juri di berbagai lomba penulisan, lomba blog dan sebagainya. 

Mbak Haya sih bilang, kalau minat beliau dalam menulis kebanyakan di bidang kesehatan. Kan mbak Haya itu lulusan dari fakultas farmasi dan apoteker, hhhmmm keren banget yach?

Sebentar, teman-teman udah pada tau belum nama blog punya mbak Haya? Nih, kalau mau berkunjung ke blog mbak cantik yang satu ini adalah di www.melalakcantik.com dan www.hayaaliyazaki.com ya. Instagram, Twitter, Facebook, Youtube-nya di @hayaaliyazaki.

Wah, daripada kebanyakan cerita, saya langsung kasih tau aja deh jurus jitu seorang mbak Haya Aliya Zaki. Ini dia....!



Passion. Pilihlah tema yang kita suka dan minati. Jangan memaksakan diri ikut lomba yang bidangnya ga kita pahami. Jika kita percaya diri menuliskannya, maka pembaca pun akan suka. Sebaliknya, jika kita ogah-ogahan menulis tema tersebut, bisa jadi hasilnya ga akan sesuai dengan persyaratan dan isinya ga sesuai hati. Oh ya, ada lagi ni, jangan mudah tergiur hadiahnya ya. Anggaplah hadiah itu sebagai bonus biar kita makin semangat nulisnya.

Siapa penyelenggaranya? Apa brand-nya?
Ada baiknya sebelum mengikuti lomba blog, kita cari tau dulu tuh apakah si penyelenggara ada kasus atau ga? Kalaupun memang pernah terjadi sesuatu hal yang tidak menyenangkan, namun kini sudah ada prosedur yang lebih baik lagi, ga ada salahnya kita ikutan lombanya. 

Kita bisa cari  tau lewat google mengenai brand tersebut. Apakah brand ini pernah tersangkut masalah? Misalnya tulisan tentang apartemen yang sedang hangat-hangatnya kan bisa menjadi pertimbangan. Mengangkat citra positif dari brand yang bersangkutan kemudian sampaikan argumen-argumen kita.

Siapa saja kah jurinya? Ada bagusnya juga sih kalau kita intip dulu kayak apa sih selera juri dalam penilaian suatu lomba blog? Contohnya, mbak Haya Aliya Zaki lebih ke story telling yang kuat, sedangkan teh Ani Berta lebih condong ke human interet dan sosial.


Prizes. Siapa sih yang ga suka dapat hadiah? Hohoho... laptop, gadget, uang tunai, tiket jalan-jalan, voucher belanja dan masih banyak lagi. Mau kan? Kata mbak Haya, biasanya beliau langsung print tuh foto hadiah laptopnya lalu sambil ngetik pantengin di depan mata, biar makin semangat hehehe. Boleh juga tuh ditiru caranya.

Ada lagi ni cara supaya bisa jadi pemenang berbagai lomba blog, perhatikan ya 😄

Cermati semua peraturan lomba blog seperti judul, panjang kata, banner lomba yang harus dipasang itu kayak apa dan di sebelah mana, backlink, keyword, follow akun media sosial dari merek produk tersebut dan sebagainya. 

Mbak Haya memberikan contoh ketika beliau mengikuti lomba bertema ‘Vitalis Glamorous Queen’. 

Mbak Haya Aliya Zaki Menjelaskan Cara Memenangkan Lomba Blog (Foto: dokumen pribadi)
Nah, jelas banget kan dari tiga kata tersebut mendeskripsikan sesuatu yang glamor, mewah dan ratu. Berarti penulisannya ya harus mewah dan ibarat ratu, begitu kira-kira.
Apa lagi yang dilakukan supaya blog kita menang lomba dan ramai pembacanya?

Blog walking. Ini bukan berarti mencuri ide ya. Kita melakukan BW ini supaya bisa mencari celah, kira-kita hal apa yang belum ditulis oleh peserta lomba blog lain.

Konten yang baik berupa tulisan, foto, infografis, video dan lain-lain. Kalau lebih mampu dalam hal konten ya diperbagus aja tulisannya juga fotonya. Infografis dan sebaigainya nanti bisa dipelajari selanjutnya, jadi jangan memaksakan biar hasil tulisan kita pun memuaskan.

Riset. Bukan berarti riset ala ilmiah ya, teman-teman. Ini sekadar cari tahu lebih lanjut mengenai tema yang diperlombakan. 

Referensi. Bisa diperoleh dari buku, jurnal, Wikipedia (tidak direkomendasikan), link website resmi dan institusi terkait.

5 W + 1 H

5 W + 1 H (Foto: dokumen pribadi)
Who berarti siapa yang akan kita jadikan objek dalam tulisan. What yaitu apa merek produk maupun jasa yang akan kita bahas. When adalah kapan kita melakukan penelitian/ riset. Adapun why yaitu alasan kita menuliskan tema tersebut. Where yakni di mana kita menuliskannya. Terakhir, how berarti bagaimana kita mengungkapkan pengalaman kita kepada dalam bentuk tulisan. Jika kita merasa nyaman ketika menulis, maka pembaca pun akan merasa senang. 

Caranya adalah:
- Clear Writing. Pesan kunci diberi highlight  dan perhatikan juga tanda baca. Ini contoh ya, “Saya makan ibu” tentu beda artinya dengan “Saya makan, ibu”. Bisa membedakannya, kan?

- Gunakan kalimat pendek. Idealnya sih 1 kalimat itu 2 baris dan 14 kata.

Contoh Kalimat yang Terlalu Panjang (Foto: dokumen pribadi)

- Lebih banyak kalimat aktif. 'me' lebih diperbanyak daripada 'di', misalnya seperti itu.

- Minimalisasi Jargon. Istilah medis lazimnya dipakai oleh orang yang berkutat di bidangnya. Semakin mudah kalimat dipahami, maka semakin kita brilian bagi pembaca tulisan kita.

- Hindari singkatan apalagi yang tak lazim. Ga perlu menuliskan singkatan ala anak alay. Selain memperburuk kalimat-kalimat secara nyata, ga bagus juga untuk penulisan kita.

- Tidak ada typo. Jangan sampai pas sedang enak membaca tiba-tiba seperti tersandung. Jadi harus dicek dan ricek per huruf sebelum di-publish ya, teman-teman.

- Soft selling
Ada perbedaannya lho antara hard selling dan soft selling dalam content marketing. Contoh hard selling yakni iklan di televisi, radio dll. Kalau dalam blog berupa review, user experience dan bahasa yang digunakan pun cair sehingga mudah dicerna oleh pembaca serta bersifat persuasif.

- Natural personal ‘tidak ngiklan banget’

- Gunakan kalimat pembuka yang menarik (bisa berupa pertanyaan)

- Konten yang dibutuhkan pembaca seperti tip, tutorial dll
Jangan fokus jualan, tapi fokus membantu permasalahan pembaca. Kasih solusi berupa masukan intinya produk ditambah review.

- Teknik persuasif (tidak ada janji berlebihan dan kata ‘dijamin’). Misalnya pakai produk X dalam seminggu dapat menguraikan lemak dan lain sebagainya. Setelah pemakaian sekian kali dll membuat pembaca tertarik dan ingin membeli produk.

- Ceritakan pengalaman pribadi dan atau pengalaman orang lain

- Konten komprehensif (luas dan lengkap) namun tetap dalam koridor tema.

- Hindari mengulang-ulang terus nama brand

- Tidak menulis nama competitor, nanti malah menjadi black campaign.

- Jujur kepada pembaca bahwa kita sedang mengikuti lomba blog. Bisa beri tag atau label atau tulis di akhir tulisan kita seperti “Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog…..”.

- Pancing pembaca berinteraksi. Komentar harus dijawab dan ditanggapi jika ada pertanyaan-pertanyaan, semakin banyak semakin bagus

- Akhiri dengan kalimat tanya, ajakan dan diskusi dll. Misalkan seperti ini, "Jadi bagaimana, setuju kan jika kita selalu menjaga kebersihan lingkungan kita?" dan lain-lain.

- Blogwalking berupa pemberian komentar di blog orang lain.

- Tidak melulu postingan lomba. Usahakan ga terus-menerus posting lomba, seimbangkan dengan tulisan yang sesuai minat kita.

-Bloggers sell stories not products. Ceritakan kisah semenarik mungkin seperti sudah dijelaskan di atas agar pengunjung dan pembaca blog semakin meningkat.

- Promosi posting








Setelah selesai menulis, sebaiknya kita beristirahat, kemudian lakukan editing. Jangan terburu-buru karena energi mengedit sama dengan membuat tulisan. Lalu kalau sudah merasa oke baru di-publish. Ingat ya, teman-temna, Say no to copy paste. Berdoa, sportif, baca-baca, menikmati proses adalah hal paling berharga.


Senangnya Saya Bisa Berfoto Bareng Mbak Haya Aliya Zaki (Foto: dokumen poribadi)


Bersama Beauty Blogger Mbak Atisatya Arifin (Foto: dokumen pribadi)


Bersama Annisa, Febrianty Rachma dan Mbak Atisatya (Foto: dokumen Pribadi)

Pose Bersama (Foto: Fitria/ ISB)
 

Souvenir dari CNI (Foto: dokumen pribadi)
 
Nah, sekian dulu cerita saya kali ini. Semoga berkenan ya, teman-teman. Alhamdulillaah, terimakasih sharing ilmunya ya mbak Haya, teh Ani, mas Niko dan Pak Gusti. Semoga di lain kesempatan kita bisa berjumpa kembali. Wassalam.


Facebook: Nurul Sufitri
Email: nurulsufitri@gmail.com
Instagram: @nurul_sufitri
Twitter: @Nurulsufitri
Linked In: Nurul Sufitri
WA: 08129634587

65 comments:

  1. Sportivitas adalah kejujuran ya...
    Baru tahu juga dari mba Haya ya ada juga peserta lomba yang nyalin dari peserta lainnya. Aish!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloooo mbak Gita Siwi 😊 bener banget tuh, ga boleh nyalin seenaknya pake copas2an segala. Lebih baik percaya aja sama diri sendiri dan jujur.

      Delete
  2. Thank you for sharing sis... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak Adinda 😊 Semoga bermanfaat yach.

      Delete
  3. Senang ya bisa belajar bersama praktisi blog yg sudah karatan katanya... ilmunya manfaat. ☺☺☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak Maria. Alhamdulillaah ga nyangka juga aku bisa ikutan ini. Orangnya rendah hati yach dan sharing ilmunya bener2 bermanfaat.

      Delete
  4. Replies
    1. Sama-sama, mbak Ayu :) Semoga bermanfaat ya.

      Delete
  5. mantep banget ilmunya mba, thansk for sharing ya. saya senang baca liputan acara begini serasa dapat ilmunya juga meski nggak bisa ikutan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Makasih kembali, sip lah, silakan baca2 ya.

      Delete
  6. aduh itu mba Haya tipsnya emang bikin semangat ya bagian nge-print hadiahnya pantengin teros hadiahnya biar semangat aku jadi pengen cobain hahaha keren banget mba Haya uda menang sampe 40 kali manteeeeepp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, mbak Herva.... yang sering menang lomba blog nih...hihi kejar terus kemenangan nulismya. Ikutin aja cara mbak Haya print foto hadiahnya biar makin semangat 😀

      Delete
  7. Mantap tipsnya, saya sendiri masih perlu praktek-praktek biar bisa menang lomba blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget emang ya, mbak Haya. menang lombanya aja udah lebih dari 40. Sip mbak Hanni, met ikutan lomba deh :)

      Delete
  8. Asyiik dapat ilmu lagi. Memang kalau mau bagus bacaan kita tuh harus uniq dan kreatif ya. Buat ciri khas sendiri. Aah keren masukkannya. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulsan kreatif dan unik memang ga ada matinya. Apalagi kalau itu menjadi ciri khas tulisan kita, mb Ade. Iya, sama2 yach semoga bermanfaat.

      Delete
  9. Saya termasuk pribadi yang langsung jiper saat ada lomba blog, karena saya merasa tulisan saya belum sebagus senior. Alhamdulillah bisa ikut serta di workshop ini, saya jadi percaya diri untuk ikut lomba blog. Meski tidak menang, tetapi setidaknya saya sudah berusaha dengan ikutan lomba blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Anisa :) Seperti yang dibilang mbak Haya, semua butuh proses hehehe, ga apa2 mbak terus aja ikut macam2 lomba blog. Anggaplah latihan menulis. Suatu hati in sya allah akan 'gol' aamiin.

      Delete
  10. Aaahhhh mau banget bisa menang lomba sebanyak itu. Aku perhatiin beberapa yg sering menang lomba, mereka oke banget baik sisi konten dan juga infographicnya. Harus banyak belajar nih aku. Tfs mba nurul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yach, mbak Wian. Super deng mbak Haya menangnya buanyaaak hihihi...Betul, kita mesti lebih giat belajarnya. Sama2 :D

      Delete
  11. Wahh ada diriku xixi, iya bener banget menulis sesuatu yg sesuai passion kita itu perlu apalagi jika itu berkaitan dengan lomba ya. Ehh bounce rate ku berapa ya emmmm mari mulai kita jaga. Seneng kita bisa ketemu pertama kali dan seneng juga bisa hadir di acara ini ,ilmu banget ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yak, Febri...hampir 1 tahun kita online terus akhirnya bisa ketemu secara 'nyata' hahaha... Oh iya.. mesti sesuai passion nulisnya. Biar hasilnya bagus, sesuai hati dan kebutuhan.

      Delete
  12. Ya ampun Mbak Nurul, baca ini kayak ikutan di sana deh diriku hahaha..komplit bangets.
    Makasih sudah berbagi informasi acara ini..
    Btw, itu poin buat menang lombanya Mbak Alya, keren amat yaak, bisa dicontek ..biar giat berusaha lagi..siapa tau rejeki :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mbak Dian apa kabar nih? Hehehe waaah makasih...aku kepengen berbagi aja sih buat temen2 yang niat belajar dan supaya menang lomba blog hehehe. Aku pun mauuu buanget menang lomba blog kayak mbak Haya. Balajar ga kenal usia jadi tetap semangaaaattt! Aku catat manual yang di acara kemarin, soalnya aku suka lupa juga hihihi....Semoga bermanfaat ya siiiip.

      Delete
  13. Makasih mba Nurul sudah berbagi melalui tulisan yang panjang dan lengkap. Aku masih harus banyak belajar nih tentang menulis buat lomba supaya bisa menang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, mbak Alida :) Iya nih, aku juga mesti makin rajin belajar nih biar bisa menanng lomba blog.

      Delete
  14. Hemmm mungkin aja mbak, selera bahasanya juri berbeda dg kita, itu gmn ? Mungkin ada solusi kah ? #DuniaFaisol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya pasti beda lah kan tiap orang punya rasa dan selera yang berbeda. Jadi bisa aja tuh kita cari tau siapa aja jurinya pas ikutan lomba blog

      Delete
  15. wiiih lengkap bangeeeet tips2nya. makasiy sharing nya yaa^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama-sama, semoga bermanfaat. Makasih mbak Putu.

      Delete
  16. Aaaaakkk makasih mbak nurul atas sharingnya, aku baca sampai tuntas tas tas. Akuvpenasaran sama tips menang lomba dari mb haya. Thanks ya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, lagi banyak lomba blog nih mbak. Hehehe sama-sama. Tks juga ya udah mampir dan baca-baca tulisanku. Semoga menang yach!

      Delete
  17. wah asik banget bisa ngikutin acara keren kaya gini ya mbk. btw, makasih sharingnya. Tips-tips dari mbk Haya keren keren. Trimakasih sudah berbagi mbk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak Muthi :D Alhamdulillaah ya mbak Haya mau berbagi ilmunya buat kita semua. Sama-sama.

      Delete
  18. Baca materinya gini aja udah seru. Apalagi kalau nyimak langsung acaranya ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, mbak. Kalau ketemu langsung sama mbak Haya, asyik tuh bisa sekalian tanya2 juga. Eh, aku bisa foto bareng mbak Haya juga loh hehhe.

      Delete
  19. Seru banget yaa! Dapat ilmu dan nambah teman-teman baru ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru abisss... Nambah teman2 baru asyik deh.

      Delete
  20. Saya jadi semangat ikut lomba nich Mbak Nurul..bookmark ah..terima kasih sudah dishare ilmunya yaa Mbak 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoooo, mbak Dira, semangaaattt! banyak lomba nih bulan ini. Tiap bulan ada lomba terus kok hehehe asal rajin aja bisa terasah tulisan kita. Sama-sama :)

      Delete
  21. Terima kasih, mbak Nurul Sufitri. Saya jadi bisa ikutan belajar banyak dari membaca tulisan ini, walaupun saya nggak datang. Yuk, sama-sama terapkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kembali, mbak Windhu :) Yuk, kita sama2 belajar biar menang lomba blog aamiin.

      Delete
  22. Very helpful banget mbak ilmunya, thank you for sharing :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kembali, mbak Revi :) Iya, senang ya semoga bermanfaat dan diterapkan. Semoga menang lomba blog!

      Delete
  23. Wah... Ulasannya sangat lengkap mbak nya. Tapi saya yakin setidaknya dengan ulasan mbak menjadi bahan untuk instropeksi diri saya untuk ngeblog.

    Salam admin blog Sikonyolcom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih 😊 Tetap semangat ngeblognya ya dan semoga menang lomba juga siiiip.

      Delete
  24. Biasanya saya nulis lomba itu dekat dengan deadline krn saat saat tersebut idenya baru munvul, mangkanya gak pernah menang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... memang sebaiknya nulis buat lomba blog ga mepet DL mbak. Kata mbak Haya, mengedit tulisan sama energinya ketika menulis. Kasih jeda dulu santai2 gitu nanti dibaca ulang dll.

      Delete
  25. Wahhhh. Aku catet ya mba tips-tips nya, kemaren gak sempat datang, sedih, tapi baca ini jadi semangat mau ikutan lomba blog akh,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan catat tips2nya mbak Riyardi. Ayookk...semangaaat ikutan lomba blog.

      Delete
  26. Wah detail sekali ulasannya. Membaca postingan ini jadi banyak pengetahuan tentang blogging. Tapi yang jadi pertanyaan, kenapa ya wikipedia malah tidak di rekomendasikan? padahal saya dikit-dikit wikipedia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wikipedia itu bisa ditulis sama orang-orang mbak. Iya makasih ya semoga bermanfaat 😊

      Delete
  27. Aku ngeblog dari 2008 entah kenapa belum punya trigger buat ikutan lomba blog. Padahal hadiahnya lumayan yah. Entah mengapa kalo nulis blog dengan iming-iming hadiah kok rasanya jadi gak ikhlas nulisnya. Hahahha. Mungkin seharusnya saya majangin hadiahnya depan laptop kali yah, biar semangat nulisnya. :D

    Makasih udah berbagi mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, keren mbak udah lama jiga ya ngeblognya. Betul sekali, ikuti cara mbak Haya tuh. Pantengin hadiannya di depan laptop biar makin semangat hehehe.

      Delete
  28. Beruntung banget terdampar di mari. Tipsnya keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah makasih mbak Murti 😀

      Delete
  29. nice info mba, bookmark dulu :)

    ReplyDelete
  30. wah, tipsnya keren sekali saya jadikan referensi untuk mengikuti kontes neh. makasih ya mbak.
    Ehh, itu ada mbak Ani Berta, sya pernah jalan bersamanya waktu Trip ke Bengkulu.. Salam ya,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..makasih kembali. Oh..pernah jalan bareng sama teh Ani ya? Asyik tuh ke Bengkulu. Iya.. sip 😊

      Delete
  31. Kak hadiah lomba saya sudah hampir setahun belum di kirim-kirim.
    sudah berkali-kali di tanyakan tapi belum ada balasan yang pasti.
    apa yang harus saya lakukan ka ?

    ReplyDelete