Thursday, March 23, 2017

# blogging & social media # event & hang out

Cara Kreatif Menjadi Travel Blogger Ala Marischka Prudence



Dear friends, Hari Sabtu (18/3/17)  lalu saya ke FX Sudirman Jakarta, kira-kira pukul 9 pagi sudah sampai. Hujan mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak semalam hingga pagi tanpa henti. Kalau yang lain masih di bawah selimut, saya sudah sampai di basement nih. Parkiran masih kosong, santai deh. Mall belum buka, mbak-mbak dan mas-mas karyawannya masih beberes. Ngapain saya ngemall pagi-pagi gitu? Hehehe niat banget ya? Iya dong….kan mau ikutan arisan. 😍 


Arisan ilmu namanya. Bersama komunitas Kumpulan Emak2 Blogger disingkat KEB, baru kali itu saya bisa join. Seat yang tersedia hanya kurang lebih 25 saja. Padahal banyak peminatnya tuh di komen grup FB KEB. Alhamdulillaah saya beruntung menjadi salah satu pesertanya. 
Beberapa makmin2 KEB yang baik hati dan kece-kece juga sudah hadir di sana.😘

Foto: dokpri

Pertama kali bertemu wajah dengan mak Efi pas masih pagiiii sekali. Ga lama setelah itu datang deh makmin lain dan beberapa member KEB. Kita merapikan hiasan/ dekorasi pita, balon dll tapi saya ga bisa niup balonnya hehehe.
  

Foto: dokpri

MC, mak Efi, mak Mira, mak Sumarti, mak Maya dkk memberikan sepatah dua patah kata di awal, tengah dan akhir acara. Ini dia penampakan mak2 cantik KEB...

 

Tiap peserta berdiri dan memperkenalkan diri, termasuk saya. Sebagai tambahan saya bilang, "Sebenarnya hari ini adalah ulang tahun anak saya. Tapi demi hadir di arisan ilmu KEB yang bagus ini, saya bela-belain datang". Hahahaha...pada tepuk tangan semua. "Anaknya ga diajak, mak?', tanya mak Efi. "Ga mak, kebetulan tadi pagi sedang kegiatan Pramuka di sekolah", jawab saya. "Semoga saya bisa menambah ilmu ngeblog ya bersama emak2 blogger dan bintang tamunya aamiin".
 
Saya Bersama Marischka Prudence (Foto: dokpri)
Tema arisan ilmu KEB yang ngehits ini adalah “Kreatif Menulis Kisah Perjalanan”.  Ada bintang tamunya lhoooo 😍 ga kalah sama acara di televisi. Seorang travel blogger tersohor nan jelita yaitu Marischka Prudence. Yang mana orangnya? Ini dia, taraaaa….hohoho… keren khaaann!

Prue pernah bekerja sebagai jurnalis di Metro TV . Itu pun ga sengaja ikutan Journalist Development Program dan lolos. Perempuan cantik ini banyak ditugasi meliput bencana alam yang terjadi di Indonesia, seperti peristiwa meletusnya Gunung Merapi di Jawa Tengah 2010 lalu. Khabarnya sih dulu Prue dijuluki "Si Muka Bencana".  Hanya bertahan satu tahun belajar di FISIP UI, Prue pindah ke ITB Fakultas Seni Rupa dan Desain karena berpikir ingin menjadi seniman. Karena jago diving dan memiliki sertifikat advance yang oke banget, Prue terpilih menjadi co-host program Archipelago  dan memandu program Travelista. 

Itulah sekilas profil Marischka Prudence yang katanya meskipun bukan benar-benar seorang pendaki gunung, tapi pernah naik ke Gunung Gede dan Gunung Rinjani. Kini ia sudah melanglang buana, melangkahkan kedua kakinya traveling ke manapun ia mau, kapanpun ia suka. Dapat penghasilan pula sebagai travel blogger yang terkenal...mantap deh Prue!
  
Menurut Prue, nama panggilan Marischka Prudence, sebenarnya  menulis blog tentang travel itu secara umum sama dengan proses menulis berita. Ada planning, hunting, writing dan editing.  

Ketika kita hendak menceritakan kisah atau cerita, ini lho hal-hal yang harus diperhatikan yakni:
- What : Pilih topik bahasan utama. Apa destinasinya? Apa Objeknya? Apakah kuliner, jalan-jalan, kesehatan dll.
- Who : Siapa objek yang diceritakan? Akan lebih baik jika personalisasi digambarkan.
- When : Kapan? Informasikan event yang berlangsung misalnya festival, sedang musim apa dll.
- Where : Tempat adalah unsur penting dalam travel blogging karena pembaca ingin tahu informasi lokasi.
- Why : Beritahu pembaca mengapa lokasi itu menarik, mengapa kegiatan adat dilakukan?
- How : Bagaimana cara sampai di lokasi? Bagaimana merencanakan keuangan untuk traveling ke sana?

Saat kita akan menulis, ada empat unsur utama atau tema yang mesti kita perhatikan nih. Pertama, spesifikasi atau fokus cerita. Plih satu saja misalnya naik gunung. Kedua, pembagian tema. Ketiga, kita dapat membagi cerita dari satu lokasi lho. Pembaca kurang begitu suka kalau melihat tulisan yang terlalu panjang. Kan lumayan tuh bisa jadi beberapa judul postingan blog kita. Nah, yang keempat adalah memberikan penekanan sudut pandang atas tema.
 
Oh ya, Prue juga memberikan masukan buat kita nih. Saat membuat cerita, hendaklah jangan terpaku pada cara maupun gaya tertentu. Menjadi diri sendiri pasti jauh lebih baik. Fokus pada tema utama itu penting. Sebaiknya tentukan kita mau menulis tentang apa, ingat ya satu topik saja. Kemudian kita juga harus memikirkan apa ya yang kira-kira hal yang banyak disukai dan mudah diingat oleh pembaca? Sebagai tambahan, tentu ada pesan dan kesan yang tentunya baik dan bernilai lebih untuk disampaikan.

Untuk travel blog, elemen terpenting itu adalah konten, nama, promosi dan desain.  Agar blog kita makin diminati pembaca, pastikan tulisan kita unik alias berbeda dengan yang lainnya. Selain menulis dengan gaya kita sendiri, yang pasti kejujuran dan kreatifitas kita sebagai penulisnya juga sangat penting. 

Saat upload foto jangan lupa ditulis caption nya, rename foto, tag label supaya saat pembaca mencari di google, foto kita akan muncul dan mempermudah orang membaca tulisan kita di blog. Ternyata, travel writing itu bukan hanya cerita, teman-teman. Selain memiliki informasi seperti sudah saya ulas di atas, berbagi opini kita kepada pemba juga penting lho.....daaaaannnn ada satu hal yang memantapkan tulisan kita, yaitu rasa. Ibarat masak aja, kalau ga ada rasanya alias hambar, bahan masakan semahal apapun akan ga berasa enak dong. Beberapa contoh blog perjalanan misalnya pergidulu.com ,  backpackerborneo.com dll

Ingin menjadi penulis traveling atau travel blogger yang profesional?  Bisa! Kita bangun perusahaan sendiri, jalan-jalan, sampaikan dan bagika semua pengetahuan kita tentang perjalanan, jadi deh ...dapat keuntungan/ profit.
 
Mungkinkah kita bisa dapat penghasilan dari ngeblog? Bisa dong. Ada kiat-kiatnya nih. Seperti menggunakan blog adv, sponsored post, social media engagement, workshop/ event appearence/ speaker, brand engagement/ (judge, consultant), contributors, books.

Ada cara-cara menaikkan/ boost  traffic di blog nih. Di antaranya berpromosi dengan menggunakan semua elemen media. Kemudian buatlah konten semenarik mungkin kombinasi foto dan tulisan akan lebih mengundang pelanggan. Jangan lupa memberi tag/ label serta link sharing misalnya guest post. Dalam  analisa statistik blog, kita akan terbantu mengembangkan travel blog.  Kita dapat mengetahui karakteristik pengunjung, sebaran pengunjung, prime time dan hot topic.

Di sela-sela membagikan ilmu menulisnya, Prue juga bagi-bagi hadiah buat bloggers yang bertanya maupun menjawab pertanyaan. Kira-kira apa ya isi 'kado kecil'nya? Hehehe...peserta antusias banget bertanya dan menjawab. 

Berikut adalah ekspresi keceriaan emak2 blogger saat mendapatkan hadiah beruntung.


Foto: dokpri
Ada kenang-kenangan kaos untuk Prue spesial dari KEB juga nih. 

Oh ya, pas di awal acara, makmin membagikan selembar kertas kecil ala notes kepada kami. Kami harus menuliskan destinasi wisata apa, di mana, kapan ingin berangkat dalam waktu dekat. Mesti detil juga tuh katanya kalau kita niat traveling supaya kesampaian, aamiin. Kertasnya digulung kemudian di akhir acara diambil secara acak ya... ibarat arisan aja.

Foto: dokpri

Nah, ini dia emak2 blogger yang beruntung mendapatkan bingkisan dari makmin2 KEB. Sumringah semua ya!

Foto: dokpri

Mak yang dresscode nya paling ciamik kece deh pakai topi nih....

  
Bloggers Arisan Ilmu KEB "Kreatif Menulis Kisah Perjalanan" (Foto: KEB)

Namanya juga emak-emak. Di situ ada arisan, pasti ada makanan. Memang kita ga bayar kok untuk ikutan di arisan ilmu KEB ini. Cuma bawa ala 'potluck' aja. Ini lho.... segini belum semuanya...pokoknya emak-emak boleh membungkus kue kayak arisan beneran aja. Dipilih...dipilih 😄

KEB
Potluck ala Emak2 Blogger KEB (Foto: dokpri)

Akhirnya tiba juga waktu kami berpisah. Pukul 13.00 kami say "see you again", bukan "bye-bye". Makasih ya buat semua makmin dan emak2 KEB. Kan bulan depan akan ada lagi arisan ilmu dengan tema berbeda, in sya allah. Beberapa teman ada yang masih melanjutkan acara blogger lain di Bogor, ada pula di mana lagi tuh. Nah, kalau saya sih langsung buru-buru menuju Hotel Grandhika di Jl. Iskandarsyah, depan persis Pasaraya. Ada event lain juga, di mana akan ada beberapa member KEB  juga di sana. 

Oke deh, sekian cerita saya kali ini. Semoga bermanfaat ya. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata hehehe. Terima kasih buat teman-teman yang berkunjung ke blog saya, in sya allah saya akan mengunjungi blog kalian. Wassalam.
 


Facebook: Nurul Sufitri
Instagram: @nurul_sufitri
Twitter: @Nurulsufitri
Email: nurulsufitri@gmail.com
Linked In: Nurul Sufitri
WA: 08129634587


52 comments:

  1. Replies
    1. Iya mbak Milda...seru ketemu emak2 blogger yg kece 😊 Smg kpn2 kita bs ketemu jg ya tq mbak.

      Delete
  2. Aku ga sempet nanya, tips Prue tetep cantik gitu walau ngebolang. Aku mah panas-panasan dikit,makin eksotis aja kulit hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya knp ga kepikiran tanya itu hihihi..mak Efi mah pasti tetep cantik aja lah 😀😄

      Delete
  3. Wah seneng bs ketemu sm mak nutul jg kmrn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2...senang bisa bertemu wajah sama mak Ophi jg 😊

      Delete
  4. keren acaranya. semoga bisa jadi travel blogger sejati semua

    ReplyDelete
  5. Seru bun asyik yaa mba, arisan ilmu... Sayangnya blm bisa ikutan waktu itu karena mudik haha. Padahal aku ngefans sm Si Marischa Prudence :)

    Btw thanks reportasenya yo mba, sangat bermanfaat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mbak Melinda, serruuuu bgts, humble gitu Prue dan cantik pula :) Smg di lain waktu kita bisa ketemu ya tks.

      Delete
  6. First time kita ketemu ya mba seru acaranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah ya seru...seneng aku bisa ketemu mbak Mudrikah juga. Tks yach mbak.

      Delete
  7. mba prue mah, itu rambut mau diwarnain apa aja, ttp cantik yaaa.. mau panas2an, malah bikin eksotis..kok aku malah jd dekil panas2an gitu wwkwwkwkwk ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu ga kepikiran tanya rahasia kecantikan Prue :) hehehe apalagi aku mbak, baru nyebur bentar aja udah keliatan gelapan ga tahan sinar matahari hihihi. tq ya mbak Fanny.

      Delete
  8. Arisan ilmu yang ini padat ilmu buat perbaiki travel blog. Jadi makin ingin sering jalan-jalan deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mbak Helena udah siap2 kayaknya nih liburan lebaran mau ke mana? Pasti bakalan keren ceritanya ntar. Tks yaaaa udah mampir :)

      Delete
  9. Keren! Meski nggak bisa datang bisa dapet info komplit dari postingan ini. Thanks Nurul! ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, uni Ratna Aira, semoga bermanfaat yach.

      Delete
  10. kira kira saya bisa jadi travel blogger tidak ya. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalo mas Roy mah ga perlu diragukan lagi...udah ahlinya soal jln2 sesuai blognya...Mari jln2 di kepulauan2 hehehe..mantap!

      Delete
  11. wow keren tipsnya.. nanti di praktekin deh ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiiiipppp jalan2 ga mesti mahal jg...cari triknya mbak Ade...jd bisa nulis blog tentang traveling.

      Delete
  12. Aduh sayangnya ini berbarengan dengan event launching resto yang di JGC. Padahal penting banget juga. Ketika cerita travel lebih diniatkan untuk rekam cerita, hasilnya pun memang lebih bernyawa ya. Pembaca seakan-akan ada di sana juga, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaach betul, jeng Nita. Kan dirimu doyan jalan2, makan2 tuh cocok deh bikin cerita traveling yang ngenyangin hehehe.

      Delete
  13. Bintang tamu nya cakep ya... Eits jadi salah fokus hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lah hehehe kan doi dulu reporter metro tv. Tks mbak Stefanny.

      Delete
  14. Sebenarnya pengen banget nih ikutan, cuma pas lagi ada acara blogger juga ke Bogor. Btw tetap ya namanya menulis harus berpegang pada 5W1H, dan setuju sama mbak Marisca kalau jangan terlalu panjang menulis tentang travel dengan membaginya dalam beberapa artikel. Noted deh Btw aslinya cantik ya mbak, pengalaman travellingnya banyak juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aslinya cantik dan ramah :) Iya aku penasaran aja apalagi temanya menarik biar aku bisa belajar juga. Sippp Jeng Febri kpn2 siapa tau kita bisa ketemu ya :D

      Delete
  15. Asikk.
    Tapi gua ga emak-emak mbak.
    Hahaha

    ReplyDelete
  16. Keren nih acaranya. lumayan bisa mencuri ilmunya..habis yg datang emak2 semua hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga papa bagus kan emak2 emang butuh 'piknik' hahaha

      Delete
  17. Wah mbak, makasih ilmunya ya. Bagus nih buat yang suka traveling dan ingin menuliskannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, Nin, dibuat cerita jalan-jalannya, biar makin cihuy blognya.

      Delete
  18. Materinya bagus.
    potluck kalau emak2 gitu deh. Full ya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong, kan penyelenggara event dan bintang tamunya juga bagus, mbak Gita :)

      Delete
  19. Wa ternyata di event ini kita barengan yaks. Wah kok belum kenalan apa gimana, padahal kita gank depok city kan ya. Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Tetty :) Aku waktu itu belum join grup Depok xixixi masih kenalan sama yang lain juga hehe...ternyata barengan yach.

      Delete
  20. Noted tipsnya mbak :)
    Biar bisa jadi travel bloggerjuga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip..Amel :) biar kalau jln2 ada ceritanya ditulis yach.

      Delete
  21. Mantap banget ya jadi travel blogger kayak mbak Prue. Pasti prosesnya ga mudah juga itu. Bisa dicoba nih tips dari mbak Prue

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, betul...semua ada prosesnya ga bisa instan hehe..Bertahap gitu ya mbak Prue bisa jadi travel blogger seperti sekarang ini.

      Delete
  22. Masih baru traveling ke tempat yg deket aja, soalnya uang ya buat bayar SPP haha.. ngarep diajak traveling dari nulis. Aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa tau nanti bisa traveling jauh kayak Prue aamiin ya mbak Leyla :)

      Delete
  23. Wow Prue. Wah aku kog ngga tau klo ada acara ini yak. Pengen ih ikutan acara spt ini. Sering melakukan travelling tp msh blm semuanya aku tulis. Smoga bisa ketulis satu persatu lah..hahahaha *menyemangatiDiriSemdiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini event KEB. Seru banget deh, mbak Dewi. Siapa tau kapan2 ada lagi hehehe. Semangaaattt!

      Delete
  24. Seru banget arisan ilmunya. Makasih penjelasan dari mba nurul, pelajaran banget nih. Masih bingung ngasih rasa di tulisan kayaknya datar dan ga kreatif. Huhuhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak Ainun :D Learning by doing aja mbak pasti bisa deh.

      Delete
  25. Ada akyuuuuu.. Hihihi.. Ini pertama kalinya ketemu mba Nurul, trus kita belum pernah ketemu lagi nih mba.. Aaah aku seneng bisa ikut acara ini, nambah ilmu banget buat blog aku yg memang nichenya jalan-jalan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Dita, kita pertama kenal di sana ya hehehe. Ya sip cocok tuh kan dengan niche mbak Dita. Yuk, bikin tulisan traveling lagi yang kece!

      Delete
  26. ilmu travel writing dari prue komplit bangeeeeet, duh udah cantik + gak pelit, berkah deh bagi2 ilmu gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah pinter, cantik dan ga pelit. Sepaket deh Prue ini mantap kan :)

      Delete